Travel Beauty Essentials for Oily Skin

Sebagai seorang wanita tentunya banyak sekali pernak-pernik yang kita pikir harus dibawa serta saat bepergian, terutama untuk produk make-up dan skincare. Meski sedang piknik, kita juga tetap mau tampil cantik kan biar bisa menghasilkan foto-foto yang instagenic. Kalau semua produk dibawa pasti akan ribet, menambah beban bagasi, dan serasa mau pindahan yang ada. Berikut ini tips produk kecantikan apa saja yang sebaiknya dibawa dan tidak menyusahkan kita.

SKINCARE

Ini merupakan kategori produk yang wajib banget hukumnya untuk dibawa. Nggak mungkin kan kita bepergian tapi ketika pulang kulit malah jadi kusam dam rusak. Nah, produk skincare apa saja yang sebaiknya kita bawa?

1. Micellar Water

Di siang hari saat plesiran, kita pasti mengenakan make-up atau minimal sunscreen bagi kamu yang tidak suka pakai make-up. Saat pulang ke hotel, kita tetap harus membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel. Produk yang paling praktis sebagai tahap awal membersihkan wajah adalah dengan membawa micellar water, yang juga memiliki fungsi sebagai make-up remover. Jadi kalaupun menggunakan make-up, cukup dengan satu jenis produk saja sudah bisa membersihkan semua kotoran di wajah. Untuk kulit berminyak, Nivea Make-up Clear bisa kamu pilih karena komposisi bahannya yang aman untuk kulit plus harganya juga ramah di kantong.

youtube

 

2. Sabun Wajah

Biasanya produk ini nggak bakal absen dari tas kita ya. Sudah wajib hukumnya kita harus cuci muka saat mandi pagi dan sore. Untuk sabun pembersih ini, kita bisa membawa yang ukuran kecil agar menghemat ruang koper. Jika memungkinkan, pilih jenis sabun yang mengandung antioksidan atau bahan yang bisa menenangkan kulit untuk meredakan panasnya paparan sinar matahari saat kamu jalan-jalan di siang harinya.

fashioncommune

 

3. Toner

Toner juga tetap perlu dibawa untuk memastikan kulit kamu sudah benar-benar bersih tanpa residu kotoran atau make-up. Sebaiknya bawalah jenis toner yang berfungsi hydrating daripada exfoliating, untuk menghindari risiko kulit kamu jadi kemerahan. Toh setelah pulang tamasya, kamu bisa langsung melakukan perawatan exfoliating dengan nyaman dan tenang di rumah.

vogue

4. Sleeping Mask

Jika sehari-hari kamu punya segambreng urutan skincare yang harus dipakai, seperti serum, masker, eye cream, dll, saat bepergian boleh saja langsung di-skip ke pelembab/ sleeping mask yang bisa digunakan di siang atau malam hari. Sekarang ini juga sudah ada produk sleeping mask yang bisa berfungsi sebagai pelembab untuk siang hari. Dengan membawa sleeping mask yang multifungsi ini pastinya akan sangat efisien buatmu. Bagi kulit berminyak, pilih sleeping mask yang berbahan gel agar tidak membuat wajahmu menjadi kilang minyak ya. Contoh produk sleeping mask dengan fungsi ganda yang sekarang lagi hype di dunia kecantikan adalah COSRX Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask.

cosrx.kr

5. Face & Body Sunscreen

Produk satu ini pasti nggak boleh lupa dibawa dong pas travelling. Kalau tidak, bagaimana kita bisa menangkal ganasnya sinar matahari?

Jika saat travelling nanti kamu bakal sering terpapar sinar matahari, pilihlah sunscreen yang mengandung SPF tinggi dan PA+++ serta berbahan water based. Fungsinya adalah agar kulit wajahmu terlindungi lebih lama dan tidak cepat berminyak. Namun, perlu diperhatikan kalau setelah menggunakan sunscreen kamu mau menggunakan alas bedak seperti BB Cream/ Foundation yang mengandung SPF juga, pilih saja sunscreen dengan SPF yang lebih rendah. Usahakan agar jumlah SPF di wajah tidak lebih tinggi dari angka 50 karena, konon katanya, jika memakai kandungan SPF terlalu tinggi nantinya malah dapat memicu jerawat. Sementara untuk body sunscreen, silahkan saja pilih produk yang nyaman di kamu dengan SPF dan PA maksimal tentunya.

medicalnewstoday

6. Face Mist (optional)

Biasanya untuk membantu menyegarkan wajah dan make-up fixing dengan ekspres, face mist sering dibawa oleh para traveller. Jika kamu tergolong orang yang suka dengan produk ini, bisa juga ikut kamu masukkan ke dalam tas. Pilih jenis produk yang memiliki efek antioksidan dan menyegarkan seperti bahan green tea atau aloe vera.

allure.com

Tips: Agar lebih ringkas dalam membawa produk skincare, kamu bisa gunakan botol-botol kecil travel size yang banyak dijual di toko-toko kecantikan.

MAKEUP

Sudah selesai urusan perawatan kulit, kini saatnya lanjut ke produk make-up apa saja yang praktis untuk dibawa dalam pouch kesayanganmu.

1. BB Cream/ Cushion

Karena tujuannya adalah untuk piknik bukannya ke pesta, sebaiknya tidak perlu membawa primer kecuali memang kamu nggak bisa lepas tanpanya. Cukup dengan membawa BB cream/ cushion yang mempunyai fungsi oil-control untuk menjadi tameng wajah seharian.

Kenapa bukan foundation? Kandungan foundation umumnya lebih berat dari BB cream/ cushion dan dapat menutup pori-pori kulit. Saat travelling, kita pasti akan lebih banyak beraktifitas di luar ruangan dan jika memakai foundation kulit wajah akan terasa kurang nyaman. Tapi kembali lagi pada selera masing-masing, mana yang lebih nyaman untukmu.

scene.sg

2. Eye make-up kit

Tiga jenis riasan mata yang perlu dibawa saat travelling adalah: eyebrow pencil, eyeshadow, dan eyeliner.

Yes, ketiga produk tersebut sudah menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Untuk pensil alis saat ini sudah banyak sekali ragam jenisnya, ada yang berbentuk maskara, gel, dan spidol. Namun, jenis yang paling nyaman dan praktis untuk dibawa bepergian tetaplah yang berupa pensil matic/ retractable, bukan jenis pensil kayu yang perlu diraut. Nggak kebayang kan lagi buru-buru mau jalan, eh, si pensil malah tumpul dan harus diraut dulu. Makan waktu pastinya. Oleh karena itu, amannya bawa saja yang jenis matic/ retractable. Jika di tengan jalan pun kamu mau touch-up bisa dilakukan dengan cepat.

Tips: Jangan lupa membawa eye primer/ eyeshadow base jika kamu memiliki kelopak mata yang cenderung berminyak.

Sementara itu untuk eyeshadow, disarankan untuk membawa warna natural yang bisa cocok dengan warna baju apapun yang kamu pakai. Selain praktis, juga bisa menghemat waktu berdandanmu. Meski dengan warna dan riasan sederhana, kamu masih akan tetap tampil menawan kok.

Untuk eyeliner, pilihlah yang berbahan waterproof dan smudgeproof agar tetap awet seharian tanpa takut luntur terkena keringat. Biasanya yang berbahan liquid memiliki konsistensi yang lebih kuat daripada yang berbahan gel/ pensil. Salah satu rekomendasi produk eyeliner in budget yang cocok di mata berminyak adalah Wardah Hi-Optimum EyExpert.

Bagaimana dengan maskara? Perlu tidak dibawa juga? Nah, lagi-lagi kembali ke rutinitas favoritmu seperti apa. Jika rasanya tidak perlu-perlu amat menggunakan maskara, produk tersebut bisa kamu biarkan tetap di rumah.

simply-gold

3. Blush-on

Produk satu ini sifatnya opsional sih. Boleh kamu bawa atau tidak. Jika kamu sudah cukup pede dengan tampilan no-makeup makeup, ya tidak perlu bawa juga tidak masalah. Atau kalau kamu memang suka dengan tampilan yang fresh, bisa membawa blush-on dengan warna soft pink. Sekarang ini juga sudah banyak produk dwifungsi lip & cheek dalam bentuk cream palette yang lebih praktis dan bisa menjadi pertimbangan kamu. Kalau kamu kurang suka blush-on dalam bentuk cream, silahkan tetap bawa terpisah.

beautyeditor.ca

4. Lipstick

Untuk jenis lipstick, saran saya adalah dengan membawa yang berbahan waterproof bagi kamu yang malas touch-up. Lebih efisien dengan membawa lipstick dibanding membawa lip gloss atau lip palette. Pilih juga warna-warna yang bisa membuatmu kelihatan segar ya.

The Odyssey Online

5. Bedak

Bagi kulit berminyak biasanya disarankan agar memakai bedak tabur untuk membantu mengurangi minyak berlebih di wajah. Namun, kini juga sudah cukup banyak produsen kosmetik yang menawarkan bedak berbahan mineral dalam bentuk compact yang relatif lebih nyaman dibawa kemanapun. Jangan memilih yang berbahan two way cake ya, karena akan membuat kulit wajahmu menjadi berat setelah sebelumnya mengenakan BB cream. Baik bedak tabur atau bedak compact yang kamu bawa lebih befungsi sebagai touch-up praktis untuk mengurangi minyak di wajah.

marieclaire

6. Kuas make-up

Item satu ini terkadang menjadi dilematis bagi beberapa orang. Saran saya tetap saja bawa 3 kuas utama untuk membantumu berdandan lebih cepat, yakni: foundation brush untuk aplikasi BB cream (tidak perlu jika kamu pilih BB cushion), powder brush untuk aplikasi blush-on dan bedak, serta eye brush untuk aplikasi eyeshadow. Tapi jika kamu merasa lebih nyaman tanpa kuas pun tidak masalah.

gemmaetc

Last but not least, jangan sampai lupa membawa kapas dan cotton bud untuk membantu membersihkan wajah ya!

Demikian tips dalam membawa produk kecantikanmu saat bepergian. Cukup praktis dan anti ribet kan?

Advertisements

One thought on “Travel Beauty Essentials for Oily Skin

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s