8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Nama “niacinamide” belakangan ini ramai diperbincangkan oleh para beauty enthusiast. Konon dikarenakan ragam manfaatnya yang bagus untuk merevitalisasi kulit wajah dan mengurangi keluhan pada kulit berminyak dan berjerawat.

Niacinamide atau dikenal juga dengan nama Nicotinamide merupakan bentuk vitamin B3, yang juga menjadi nutrisi penting dan diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan, sistem saraf, dan fungsi kerja otak bergantung pada Niacin ini.

Niacin alami bisa kamu dapatkan pada daging merah, ayam, ikan seperti salmon dan tuna, sayuran hijau, tomat, dan lainnya. Namun, bagi kulit wajah kita yang bermasalah dibutuhkan tambahan Niacin dari luar untuk membantu mengurangi keluhan yang ada. Apa saja manfaat Niacinamide untuk kulit wajah kita?

1. Mendorong kekebalan kulit

Seperti dilansir dari The Beauty Issue, di dalam kulit kita sebenarnya ada sekelompok sel yang bernama sel Langerhans. Sel ini bertanggungjawab dalam memberikan perlindungan dan memperbaiki mekanisme kulit. Namun, jika kulit kita sering terpapar sinar matahari, sel ini justru akan “bersembunyi” dan tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Akibatnya kulit kita malah rentan terhadap invasi mikroba dan kehilangan pertahanan terhadap aktivitas prakanker.

Dengan adanya tambahan kandungan Niacinamide dari luar akan membantu meningkatkan kekebalan kulit kita terhadap mikroba dari luar tersebut.

2. Meningkatkan kinerja kelenjar epidermis

Sel-sel kulit akan bekerja maksimal jika kondisi kelenjar lipid epidermis berfungsi optimal. Kelenjar lipid dalam kulit bekerja untuk menahan kelembaban, menjaga hidrasi kulit dalam waktu yang lama, dan melindungi kulit dari bahaya polusi lingkungan. Niacinamide dapat membantu meningkatkan produksi ceramide, salah satu komponen penting yang diperlukan kelenjar lipid, untuk menjaga kekuatan kulit dan mencegah terjadinya trans epidermal water loss atau hilangnya kelembaban kulit.

 3. Mengurangi noda bekas jerawat dan kulit kemerahan

Pemakaian niacinamide secara teratur dapat membantu meningkatkan struktur kulit sehingga akan mengurangi noda bekas jerawat, kemerahan, dan sensistifitas kulit yang disebabkan oleh polusi lingkungan karena berkurangnya fungsi kerja kelenjar lipid.

 4. Mengontrol produksi kelenjar minyak

Sudah banyak diberitakan bahwa sering mencuci muka untuk kulit berminyak bukanlah solusi yang baik. Salah-salah kulit malah menjadi dehidrasi dan justru membuat kelenjar minyak semakin aktif berproduksi. Efek niacinamide yang memperbaiki kelenjar lipid dapat mendorong terkontrolnya kinerja kelenjar minyak pada kulit wajah. Jadi, bagi kamu yang ingin mengontrol minyak berlebih di wajah dapat mulai mencoba memasukkan niacinamide dalam rutinitas perawatanmu.

 5. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Kulit yang sering terpapar sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mengaktifkan radikal bebas serta memicu produksi sel pigmen yang berlebih. Inilah yang menyebabkan munculnya melanin/ noda hitam di permukaan kulit. Salah satu fungsi lain niacinamide adalah dapat melindungi kulit dari panasnya paparan sinar UV matahari.

 6. Mengurangi hiperpigmentasi kulit

Seperti sudah dijelaskan di atas, paparan sinar UV dapat memicu produksi melanin yang menyebabkan timbulnya noda hitam di permukaan kulit dan membekas (hiperpigmentasi). Noda hitam ini sering menjadi keluhan banyak wanita karena sulit dihilangkan. Niacinamide dapat membantu pigmentasi tersebut dengan memperlambat perpindahan melanin menuju lapisan permukaan kulit. Jika kamu selama ini bingung mencari kandungan yang tepat yang dapat menghilangkan noda hitam, kamu perlu mencoba produk perawatan berbahan niacinamide.

7. Meminimalisir garis halus dan kerutan di wajah

Niacinamide ternyata juga dapat mendorong produk kolagen lho! Sudah umum diketahui bahwa kolagen dalam kulit sangat penting karena berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Kolagen dan elastin baru dapat terbentuk akibat fungsi kelenjar lipid yang membaik dan bekerja optimal.

 8. Memperbaiki kulit kusam dan pucat

Aktivitas sehari-hari yang membuat kulit sering terpapar polusi dapat menyebabkan kondisi kulit yang stress dan membuat warna kulit kusam dan pucat. Niacinamide juga dapat bekerja sebagai antioksidan dengan kelebihan dapat mengurangi efek buruk polutan dan membuat kulit mengembalikan cahaya alaminya.

Hal lain yang perlu diketahui tentang Niacinamide

  • Kandungan optimal yang disarankan dalam pemakaian niacinamide adalah sebesar 10%.
  • Perhatikan daftar komposisi produk perawatanmu. Jika “niacinamide” berada pada baris pertama maka kandungan tersebut tergolong cukup tinggi komposisinya. Dianjurkan untuk memilih produk dengan niacinamide berada di baris pertama daftar komposisi dibandingkan yang sudah mendekati akhir daftar.
  • Jangan gunakan niacinamide berbarengan dengan vitamin C. Ini dikarenakan vitamin C dapat menetralisir niacinamide sehingga tidak akan bekerja dengan baik. Jika kamu harus menggunakan vitamin C, maka gunakanlah terpisah, bisa niacinamide di siang hari dan vitamin C di malam hari.
  • Niacinamide lebih efektif digunakan di siang hari karena keampuhannya dalam mengontrol minyak.
  • Untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan produk niacinamide dalam bentuk serum atau essence sebelum pemakaian krim pelembab dan sunscreen.

Apakah di antara kalian sudah ada yang pernah mencoba produk perawatan berbahan niacinamide ini? Bagaimana kesan dan pengalaman kamu setelah memakainya?

Sumber featured image: Shasmtoaster

Advertisements

6 thoughts on “8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

  1. Aku pernah baca beberapa artikel tentang Niacinamide ini. Cuma belum tahu banyak produk apa saja yang pakai bahan ini di produk yang ada di pasaran. Setau aku ada Olay yaa?

    Thanks ya informasinyaa 🙂

    Liked by 1 person

    1. Iya, jangan kebanyakan juga, nanti malah nolak kulitnya hehehe.. Kalau mau lebih berefek sih pilih serum/ krim pelembab, lainnya bisa pake produk yg menghidrasi kulit aja.

      Kalau mau tes cocok nggaknya, coba beli sample dulu aja biar ga nyesek hehehe

      Thanks for visiting ya ^^

      Like

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s