Daily Cleansing Routine for Oily Acne Prone Skin

Sebagai empunya wajah dengan jenis kulit oily-acne prone, susah-susah gampang bagi saya untuk menemukan produk yang tepat. Dari zaman ABG entah sudah berapa kali akhirnya saya memasrahkan diri berobat ke dokter kulit karena jerawat yang terus saja betah muncul di muka. Hingga pelan-pelan saya mulai belajar tentang perawatan kulit dan bahan-bahan apa saja yang sekiranya cocok dengan jenis kulit saya serta yang mana harus saya hindari. Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman rutinitas beserta produk pembersih wajah sehari-hari yang sudah menjadi my holy grail. Semoga bisa menginspirasi atau mungkin ada juga yang setuju?

1. Nivea Make Up Clear Micellar Water

Ini merupakan produk pembersih wajah holy grail pertama saya. Bagaimana tidak, selain harganya sangat terjangkau dan mudah ditemukan di drugstore terdekat, Nivea juga menggunakan bahan yang aman untuk kulit acne-prone seperti saya. Review tentang micellar water ini sudah pernah saya bahas sebelumnya. Silahkan klik link berikut ini:

Nivea Makeup Clear Cleansing Water Review

Dan sampai sekarang saya tetap setia memakainya. Mungkin sudah habis sekitar 4 botol.

2. Nivea Double Effect Eye Makeup Remover

Web claim:

Efektif untuk memberihkan make up waterproof di area sensitif mata dan bibir dengan formula bi-phase. Memiliki formula lembut di mata, sangat aman untuk membersihkan make up waterproof tanpa harus digosok dengan keras.

  • Lembut di kulit
  • Tidak Meninggalkan Rasa Berminyak
  • Melindungi Bulu Mata

How it works:

  • Formula Bi-Phase yang merupakan emulsi dari minyak dan air yang sangat efektif untuk membersihkan make up waterproof di area mata & bibir.
  • Cornflower Extract yang memiliki efek menenangkan mata sehingga sangat aman untuk area sensitif di mata dan tidak membuat iritasi.

Ingredients:

Aqua, Isododecane, Isopropyl Palmitate, Dimethicone, Helianthus Annuus Seed Oil, Centaurea Cyanus Flower Extract, Sodium Chloride, Caprylyl/Capryl Glucoside, Trisodium EDTA, Phenoxyethanol, Benzethonium Chloride, CI 60725, CI 61565Β 

Sumber: Nivea

Kalau yang ini merupakan produk Nivea kedua yang bikin saya jatuh cinta. Dari segi isi, menurut saya cukup royal untuk ukuran drugstore, harganya juga relatif terjangkau. Ampuh banget buat membersihkan riasan mata dan bibir yang waterproof. Yang bikin saya makin cinta, remover ini berhasil membersihkan maskara tanpa membuat bulu mata saya yang sudah pendek nan tipis ini berguguran. Sebelumnya, saya agak anti dan malas pakai maskara apalagi waterproof, soalnya sulit dibersihkan dan berujung pada bulu mata yang berguguran :’-(. Sejak menemukan produk remover Nivea ini, tidak ada masalah lagi buat saya pakai maskara setiap hari. So for me, the product works what it’s said!

3. Emina Traceless Oil Cleanser

Awalnya tertarik karena tidak sengaja baca review salah satu blogger dan juga artikel tentang pentingnya double cleansing untuk memastikan tidak ada sisa kotoran/ makeup yang menutup pori-pori. Produk ini juga mudah ditemukan. Saya beli di Guardian dengan harga hanya Rp 35.000,- dalam botol pump ukuran 60 ml. Ukuran yang termasuk travel friendly dan higienis karena ada pump-nya. Biasanya saya pakai ini untuk membersihkan wajah setelah menggunakan makeup yang cenderung tebal, semisal foundation.

Cara pakai

Berdasarkan info dari botolnya, Emina menginfokan ada cara yang bisa dipakai:

  1. Menggunakan kapas
  2. Langsung mengusapkan minyak ke wajah dalam kondisi kering atau dibasahi sedikit air

Setelah mencoba langsung, saya lebih suka pakai cara kedua, karena kalau pakai kapas produk banyak terserap dan susah diaplikasikan ke wajah. Terasa kesat dan tidak berefek apa-apa. Dengan mengaplikasikan langsung ke wajah, makeup lebih terangkat semua. Hanya saja memang diperlukan beberapa kali pump agar minyaknya cukup untuk membersihkan wajah & leher secara menyeluruh.

Ingredients:

Aqua, Paraffinum Liquidium (refined mineral oil), Butylene Glycol, PEG-7, Glyceryl Cocoate, Sorbitan Oleate, Sorbeth-30 Tetraoleate, Phenoxyethanol, Ethylexylglycerin

Ada kandungan mineral oil? Bukannya harus dihindari?

Yap, awalnya saya juga sempat khawatir karena ternyata cleanser berbasis oil dan balm kebanyakan memang menggunakan mineral oil sebagai bahan dasarnya. Namun setelah dipikir lebih jauh, cleanser ini toh akhirnya akan dibilas dan dibersihkan lagi dengan sabun, jadi tidak akan timbul masalah jika kita sudah mencuci muka dengan benar. Lain halnya jika produk yang ditujukan meresap di kulit tapi mengandung mineral oil, BIG NO-NO! Sejauh ini saya cocok menggunakan Emina Traceless Oil Cleanser tanpa menimbulkan iritasi atau breakout.

Baca juga: Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini

Untuk melihat hasil masing-masing pembersih di atas, silahkan simak video berikut ini:

Dari video di atas bisa terlihat bahwa untuk membersihkan makeup yang waterproof, Emina Traceless Oil Cleanser masih membutuhkan “bantuan” kapas untuk hasil yang maksimal. Oleh karena itu, untuk makeup waterproof saya biasanya memakai makeup remover dulu, baru setelahnya dibersihkan dengan cleansing oil atau micellar water.

4. Sabun wajah Glycolic Acid + Miniso Face Cleansing Brush

Khusus sabun ini saya pakai dari dokter kulit dan memiliki kandungan glycolic acid.Β  Jika sedang memakai makeup tebal sabun ini saya gunakan bersama face cleansing brush dari Miniso untuk memastikan semua kotoran dan sisa makeup terangkat dari pori-pori.

Glycolic acid (hydroacetic acid or hydroxyacetic acid) merupakan bentuk terkecil dari AHA. Tidak berwarna, tidak berbau, dan mampu larut di dalam air. Karena kemampuannya meresap ke dalam kulit, GA sering digunakan sebagaiΒ chemical peel oleh para dermatologis.

GA diyakini mampu memperbaiki tampilan dan tekstur kulit, mengurangi kerutan, bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan masalah kulit lainnya. Sekali diaplikasikan, GA langsung bereaksi dengan lapisan terluar epidermis, melemahkan ikatan kelenjar yang mengikat sel kulit mati, dengan demikian sel kulit mati tersebut bisa terangkat dan meregenerasi sel kulit baru.

Sumber: Wikipedia

Bicara tentang face cleansing brush Miniso, harganya relatif murah lho. Hanya seharga Rp 49.900 dan bulunya lembut sekali, tidak menyakiti kulit wajah.

Dari semua produk di atas, apa iya saya pakai semuanya setiap hari?

Tentu tidak! Hehehe… Begini metode pemakaian produk ala saya:

In daily basis, saya biasa pakai cushion, jadi kombinasi produk yang saya pakai adalah:

  1. Nivea Double Effect Eye Makeup Remover
  2. Nivea Make Up Clear Micellar Water
  3. Sabun wajah Glycolic Acid

Sementara saat pakai makeup tebal seperti foundation dan biasanya pada hari weekend, kombinasi produk yang saya pakai adalah:

  1. Nivea Double Effect Eye Makeup Remover
  2. Emina Traceless Oil Cleanser
  3. Sabun wajah Glycolic Acid + Miniso Face Cleansing Brush

Bagaimana dengan metode cleansing ala teman-teman? Share yuk di kolom komentar.

 

Advertisements

11 thoughts on “Daily Cleansing Routine for Oily Acne Prone Skin

        1. Yang Garnier belum coba sih. Soalnya udah kadung cinta sama si Nivea ini hahahha.. Dulu banget pernah pake produk Garnier tp kurang cocok, jadi belum lirik2 produknya lagi nih :p.

          Kalo ga salah Micellar Water Garnier yang biru buat berminyak ada alkoholnya, musuhan sm alkohol.

          Like

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s