Bingung Mulai Skincare Dari Mana? Ini 5 Tahap Skincare Routine yang Bisa Kamu Coba

Perawatan wajah merupakan kebutuhan wajib bagi setiap wanita dengan jenis kulit apapun. Masalahnya, masih banyak kaum hawa yang bingung harus mulai dari mana tahap perawatan yang benar. Berikut ini 5 tahapan sederhana urutan skincare yang benar.

5 Steps Skincare Routine
Dok. pribadi
skin-cleansing-b-terra
Sumber: mythirtyspot.com

Cleansing

Membersihkan muka merupakan bagian dasar dari perawatan wajah. Baik di pagi hari setelah bangun tidur maupun setelah seharian beraktifitas di malam hari, kita wajib membersihkan wajah sebelum mandi. Metode pembersihan yang dianjurkan adalah dengan double cleansing alias tidak hanya mencuci wajah dengan sabun, tapi sebelumnya membersihkan wajah dengan makeup remover/ cleansing oil untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran. Usai melakukan tahap ini baru dilanjutkan tahap pembersihan dengan sabun wajah atau water based cleanser.

Meski sekarang banyak produk micellar water dengan slogan tak perlu bilas, sebaiknya tetap mencuci muka lagi untuk hasil bersih maksimal.

face-scrub
Sumber: allure.com

Exfoliate

Tahap selanjutnya adalah eksfoliasi, yakni mengangkat sel kulit mati dari wajah yang tidak bisa dilakukan oleh sabun pembersih. Eksfoliasi ini berguna agar sel kulit bisa beregenerasi dan menghasilkan sel kulit baru, menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah dan muda. Eksfoliasi biasanya dilakukan pada malam hari sebanyak 2-3 kali seminggu. Melakukan eksfoliasi setiap hari juga tidak baik untuk kulit, kecuali kulitmu termasuk tahan banting terhadap produk eksfoliator. Jika sedang tidak melakukan eksfoliasi, tahapan bisa dilanjutkan dengan penggunaan toner.

Ada 2 cara untuk melakukan eksfoliasi, yakni dengan metode chemical atau physical exfoliate. Metode chemical adalah menggunakan bahan kimia berupa asam (acid), seperti lactic acid, glycolic acid atau bahan alami seperti lemon, jeruk, dan pepaya. Sementara metode physical adalah dengan menggunakan face scrub berbahan gula atau biodegradable beads atau peeling pad yang sekarang lagi hits. Untuk face scrub ini sudah umum diketahui dan bisa dijumpai di banyak pasar swalayan. Untuk jenis kulit kering dan sensitif dianjurkan agar tidak menggunakan metode kedua ini karena dapat mengiritasi kulit.

Sheet-Mask
Sumber: theasiantoday.com

Sheet Mask

Dalam versi The Klog, setelah eksfoliasi dianjurkan menggunakan sheet mask tipikal korean beauty karena dipercaya bila menggunakan masker dengan tingkat hidrasi tinggi dapat melembabkan wajah dengan baik. Cara praktis bisa dengan langsung membeli produk sheet mask yang banyak dijual di pasaran atau bila kamu tertarik membuat DIY, bisa dengan membeli lembaran masker kering kemudian direndam dalam hydrating essence, lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 20-30 menit.

Jika kamu bukan penggemar sheet mask, bisa diganti dengan masker wash-off/ peel-off sesuai kebutuhan kulit kamu, apakah untuk melembabkan, mengurangi jerawat, mengecilkan pori-pori, atau mengurangi kerutan wajah. Penggunaan masker juga sebaiknya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu saja, selebihnya bisa langsung menggunakan hydrating toner.

img-top
Sumber: faceserum.net

Serum/ Essence

Pada tahap ini, perawatan lebih ditekankan untuk targeted problem. Jadi apa yang menjadi concern atau masalah kulit utamamu diobati dengan menggunakan serum/ essence yang mengandung komposisi aktif paling tinggi. Misalnya jika kamu ingin mengatasi kulit dehidrasi, bisa dengan memakai serum yang mengandung hyaluronic acid, atau untuk mengatasi jerawat membandel memakai serum berbahan salicylic acid, atau jika ingin mencerahkan warna kulit bisa dengan memakai serum vitamin C. Jangan segan untuk rajin riset ya, girls!


Baca juga: 4 Tips Supaya Nggak Menyesal Beli Kosmetik

landscape-1456249215-woman-with-face-cream
Sumber: goodhousekeeping.com

Moisturizer

Setelah melakukan rangkaian perawatan di atas, wajib hukumnya untuk mengakhiri dengan moisturizer atau pelembab. Kenapa? Karena pelembab ini berfungsi untuk “mengunci” segala khasiat produk yang sebelumnya sudah kamu pakai agar tidak hilang “menguap” dari kulit, atau umumnya disebut trans epidermal water loss. Dengan memakai pelembab, khasiat produk sebelumnya juga dapat bekerja dengan lebih baik. Sayang kan sudah pakai produk bagus tapi efeknya malah tidak terlihat karena lupa “dikunci”?

Nah untuk pemakaian pelembab, ada 3 jenis yang bisa kamu pilih: face oil, sleeping mask, atau krim reguler.

Tunggu… ada face oil? Minyak? Nggak salah?

Sama sekali tidak kalau kamu memilih face oil yang tepat, termasuk bagi kamu pemilik kulit wajah berminyak. Dengan menggunakan face oil justru dapat membantu perbaikan sel kulit sesuai target yang diinginkan. Misalnya untuk mengecilkan pori-pori, mengurangi bekas jerawat, atau menghilangkan hiperpigmentasi. Yang perlu diperhatikan adalah jika kamu memiliki kulit berminyak carilah jenis face oil yang berjenis dry oil dan kaya akan linoleic acid (omega 6) daripada oleic acid (omega 9).

Mengacu pada skincare youtuber Liah Yoo, contoh face oil yang linoleic acid-nya lebih besar: hemp seed oil, rosehip oil, grapeseed oil, evening primrose oil. Sementara untuk kulit kering kebalikannya, cari yang kandungan oleic acid-nya lebih tinggi daripada linoleic acid. Misalnya: avocado oil, macadamia oil, sweet almond oil, green tea seed oil. Khusus untuk topik face oil ini mungkin akan saya bahas di artikel tersendiri nanti ya.

Selain face oil, masih ada pilihan sleeping mask yang penggunaannya seperti pemakaian krim reguler. Diaplikasikan dengan memberikan pijatan lembut di wajah pada malam hari sebelum tidur, dan biarkan semalaman sebelum dibersihkan keesokan paginya.

Krim reguler sama seperti night cream atau krim malam yang umum kita jumpai. Pelembab apapun pilihan kamu pastikan mengandung kadar hidrasi yang tinggi agar kelembaban wajahmu terjaga, juga gunakan pelembab sesuai skin concern yang ingin kamu atasi. Jangan lupa perhatikan komposisi produk lainnya untuk mencegah ketidakcocokan dengan kulitmu.


Baca juga: Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini

Metode skincare ini bisa kamu aplikasikan baik di pagi maupun malam hari. Untuk pagi hari, penggunaan sheet mask bisa dilewatkan dan sebagai gantinya, setelah menggunakan pelembab kamu perlu mengaplikasikan sunscreen atau alas bedak yang mengandung SPF untuk melindungi wajah dari sengatan matahari. Baru sesudahnya silahkan dilanjutkan dengan ritual make-up sehari-hari.


Tips! artikel ini bukanlah panduan harga mati, kamu tetap bisa meng-adjust tahapan skincare sesuai kebutuhan kulitmu. Yang jelas, mulailah dari produk skincare yang teksturnya paling cair hingga agak kental sebagai penutup rangkaian.


Yuk, jaga kesehatan kulit wajah kita biar tetap kinclong setiap hari!

Sumber: Asian Beauty Secret | The Klog
Featured image: Memebox

Advertisements

12 thoughts on “Bingung Mulai Skincare Dari Mana? Ini 5 Tahap Skincare Routine yang Bisa Kamu Coba

    1. Iya sis. Pake atau ga pake makeup sama aja. Justru setelah pelembab kan silahkan aja mau pake sunscreen atau alas bedak yg mengandung spf. Kalo mau pkai primer ya, primer dl stelah pelembab. Garis besarnya seperti itu, kalau sis mau adjust sendiri sesuai nyamannya jg ga masalah hehhe. Asal ga kebalik urutannya.

      Thanks for reading ya πŸ˜ƒ

      Like

    1. Iya. Berkat mereka jd “melek” soal oer-skincare-an. Sebelumnya buta banget. Makanya bermasalah terus. Aku jg so far coock sama metode simpel gini. Mungkin nti sskali cobain yg 10 tahap? Hahahah

      Like

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s