Mengenal Lebih Dekat Diet Ketogenik

Diet bukan lagi kata asing sekarang ini. Pada dasarnya, diet merupakan suatu bentuk pengaturan pola makan untuk mencapai berat badan ideal yang utamanya adalah demi kesehatan. Ada beragam jenis diet di luar sana, salah satu yang tengah menarik perhatian adalah diet ketogenik atau diet rendah karbohidrat.

Apa itu diet ketogenik (diet keto)? Diet ini seyogyanya ditujukan sebagai terapi untuk penderita diabetes. Dengan mengontrol asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, kadar gula dalam darah dapat terjaga. Karena jenis diet ini memusatkan pada rendahnya asupan karbo, maka asupan gizi dialihkan dengan meningkatkan asupan lemak dan protein. Lemak yang dimaksud tentu saja jenis lemak yang baik untuk tubuh, yang berasal dari lemak nabati dan hewani seperti susu dan keju. Soalnya, ketika tubuh dalam keadaan rendah karbo, tubuh akan beralih memecah lemak untuk dijadikan bahan bakar.

Sumber: Healthline

Selain untuk membantu mengatasi diabetes, diet keto juga diyakini dapat bermanfaat bagi pasien penderita kanker, pencegahan alzheimer, memperbaiki metabolisme dan kesehatan jantung.

Meski kelihatannya diet keto ini bagus dalam membantu menurunkan berat badan dan penyakit lainnya, bukan berarti diet ini dapat dilakoni oleh setiap orang. Kondisi tubuh masing-masing orang berbeda, tergantung pada proses adaptasi dan kemampuan tubuh menerima program diet seperti ini. Adapun tipe-tipe orang yang tidak dianjurkan mengikuti diet ini adalah:

  • Orang dengan gangguan empedu atau pankreas karena penguraian lemak memerlukan enzim lipase yang diproduksi oleh empedu
  • Orang yang telah melakukan prosedur bariatric surgery/ gastric bypass karena waktu penguraian lemak menjadi berkurang
  • Orang yang mempunyai kelainan metabolisme sehingga mengganggu proses penguraian lemak
  • Orang dengan fungsi ginjal minim karena asupan protein yang tinggi dan asupan garam dan cairan yang berubah di program ini
  • Orang yang kekurangan berat badan atau anorexia karena penguranan berat badan akan terjadi
  • Anak-anak sebelum masa pubertas berakhir karena kecukupan protein dan lemak bervariasi berdasarkan usia
  • Ibu hamil dan menyusui karena asupan protein dan lemak yang tinggi akan mempengaruhi kompenen ASI
  • Wanita pada masa menopause karena perubahan hormon yang begitu drastic
Sumber: gymjunkies

Program diet sejatinya tidak ada yang 100% baik atau 100% buruk. Masing-masing program memiliki pro dan kontra. Oleh karena itu, sebelum memulai program diet, lakukanlah riset sebanyak-banyaknya dan jangan sungkan berkonsultasi dengan dokter/ ahli gizi yang kompeten. Sering bukan kita dengar pelaku diet justru malah mencelakai diri sendiri karena minim informasi/ pengetahuan tentang diet yang dijalani sehingga akhirnya malah melakukan diet ekstrim yang tidak sesuai dengan prosedur seharusnya.

Jika kamu tertarik, sudah berkonsultasi, dan yakin ingin menjalani program diet keto, tentunya kamu perlu memperhatikan asupan makanan agar tetap dalam koridor yang benar. Dewasa ini, sudah mulai banyak catering online yang berfokus menyediakan makanan sesuai program diet sehat, salah satunya adalah Gorry Gourmet (http://www.gorrygourmet.com).

Catering diet yang berbasis di Jakarta ini menyediakan beragam menu sesuai kebutuhan diet pelanggan, termasuk di dalamnya program menu diet keto ini. Sebagai pelanggan, kamu dapat memilih paket menu diet yang tersedia, berapa lama ingin berlangganan, dan kapan menu ingin dikirim. Paket menu di Gorry Gourmet dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dan sudah dilengkapi dengan kalender menu.

Contoh menu diet keto ala Corry Gourmet

Selain menyediakan menu diet keto, Gorry Gourmet juga menyediakan menu untuk program penurunan berat badan (weight loss), pembentukan otot (muscle building), kebutuhan khusus, minuman & cemilan sehat, hingga catering untuk anak-anak lho!

Menyediakan makanan diet untuk kebutuhan khusus pastinya tidak bisa sembarangan. Dalam penyediaan menu-menu tersebut, Gorry Gourmet juga memiliki dan diawasi oleh ahli gizi. Kamu pun dapat berkonsultasi langsung dengan ahli gizi mereka agar mendapatkan info lebih jelas dan akurat.

Apapun jenis diet yang kamu pilih, ingatlah untuk tidak menjalaninya secara sembarangan apalagi dengan keadaan minim informasi. Lebih daripada itu, sebelum kamu memutuskan menjalani program diet tertentu, ada baiknya kamu juga menjalani pola hidup sehat sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi
  2. Melakukan olahraga secara teratur
  3. Istirahat yang cukup
  4. Menciptakan udara bersih dengan memelihara tanaman di rumah
  5. Menjadi pribadi yang positif dan penuh optimisme

Yuk, sama-sama kita menjalani hidup sehat!

Sumber: APKI | Hello Sehat | Gorry Gourmet | Pola Hidup Sehat


Disclaimer: This article is made as a qualification to join blog competition held by Gorry Gourmet. If you interested in joining the competition as well, please click this link.

Advertisements

9 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat Diet Ketogenik

  1. Wah baru tau nih diet keto. Aku juga lg belajar batasi asupan karbo misalnya tidak sarapan dengan nasi. Tapi ini ga berarti aku ikut program diet keto. Cuma pilihan sendiri aja mau batasi makan nasi. Memang ya, asupan kebutuhan setiap org berda beda.

    Btw, saya suka artikelnya simpel tapi bermanfaat bgt. Thks sharing nya

    Liked by 1 person

  2. Pengen ngelakuin kelima hal diatas, tapi terkadang ada aja kendalanya. Paling sulit itu nomor lima, karena ada hubungannya sama sisi emosional yang terkadang liar dan sulit dikendalikan. But Nice article mba and salam kenal. BTW saya juga ikutan loh, KUYlah mampir sejenak ke blog Ndeso saya…. Sukses terus ya

    Like

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s