3 Langkah Mudah Agar Pori-Pori Tampak Lebih Kecil

Hidup di iklim tropis seperti Indonesia ini, sepertinya bangsa komedo sudah tidak asing lagi menjadi masalah kulit ya, girls. Apalagi bagi kita wanita yang pastinya selalu kepingin tampil cantik mulus tanpa cela kayak boneka porselen. Alhasil, keberadaan komedo bakal mengganggu banget deh!

Namun ternyata girls, apa yang nangkring di hidung kita kadangkala bukan merupakan komedo. Bisa jadi itu ternyata adalah sebaceous filaments.

Sumber: hergamut.com

Apa itu Sebaceous Filaments?

Sebaceous Filaments sebenarnya merupakan salah satu kelenjar yang ada di kulit kita yang bertugas menghasilkan sebum. Sebaceous filaments ini pasti ada di semua jenis kulit ya, cuma memang akan menjadi lebih terlihat di kulit berminyak saja. Umumnya sering ditemukan di bagian hidung dan dagu. Coba deh kamu raba sekitar daerah itu, jika terasa ada tekstur kasar yang agak menonjol dan berwarna putih, nah itulah si sebaceous filaments dan mereka bukan komedo ya.

Sebaceous filaments ini memang sering disalahartikan sebagai komedo, tapi bedanya adalah komedo itu terbentuk dari produksi minyak yang tertutup dan teroksidasi oleh kotoran wajah seperti bakteri, residu kosmetik, debu, dan lainnya sehingga bewarna gelap. Sementara sebaceous filaments ini merupakan bagian dari struktur kulit dan kehadirannya merupakan hal yang normal.

Kalau begitu apa Sebaceous Filaments = Whiteheads?

Perbedaan jenis-jenis jerawat
Sumber: reneeroleau.com

Pastinya sebaceous filaments juga bukan komedo putih a.k.a whiteheads ya girls. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat perbedaannya pada gambar di atas.

Lantas, apa sebaceous filaments ini bisa hilang?

Jawabannya, nggak gengs! Seperti dijelaskan di atas, sebaceous ini merupakan kelenjar yang ada di setiap kulit insan manusia, jadi sama sekali nggak bakalan hilang lenyap begitu saja. Tapi, kabar gembiranya adalah, kita bisa lho mengurangi penampakannya dengan 3 langkah mudah berikut ini. Pastinya hasil ini bersifat sementara dan sebaceous filaments ini pasti bakal muncul lagi. Nah, kita tinggal ulang lagi saja treatment-nya ini secara rutin.

Oleskan cairan BHA selama 20 menit

COSRX Blackhead Power Liquid
Sumber: beautyeditor.ca

Berdasarkan informasi dari Fifty Shades of Snail, cairan BHA (Beta Hyrdroxy Acid) sebesar 2% bisa digunakan untuk “melemaskan” si kelenjar sebaceous ini. Oleskan cairan tersebut di area yang banyak SF-nya dan diamkan selama 20 menit.

Kenapa harus cairan BHA?

Soalnya kandungan BHA besifat oil-soluble yang bisa menembus si kelenjar minyak agar dapat menjalankan tugasnya membersihkan saluran minyak tersebut.

Lanjutkan dengan clay mask selama 15 menit

description
Sumber: thecuriouscoconut.com

Setelah 20 menit, tanpa dibilas, lanjutkan dengan mengoleskan clay mask di area yang diinginkan, lalu diamkan selama 15 menit atau sesuai instruksi produk, kemudian bilas hingga bersih.

Pijat area tersebut dengan oil-based cleanser

description
Sumber: livestrong.com

Setelah masker dibersihkan, langkah selanjutnya adalah mengoleskan oil-based cleanser atau facial oil yang teksturnya thick dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, pijat lembut area sebaceous filaments tersebut tidak lebih dari 5 menit agar tidak merusak lapisan kapiler kulit. Lalu, bersihkan seperti biasa dan lanjutkan dengan skincare routine yang biasa dilakukan.

Pada fase pijat ini, kamu akan merasakan ada “sesuatu” yang keluar dari kulit atau bisa jadi tidak merasakan apapun karena pori-pori yang tidak terlalu besar atau memang jumlah SF-nya hanya sedikit. Either way, cara ini tetap mampu membuat pori-porimu tampak mulus dan mengurangi penampakan si SF tersebut.

Mudah bukan? Silahkan dicoba!

Sumber: (1), (2)

Advertisements

2 thoughts on “3 Langkah Mudah Agar Pori-Pori Tampak Lebih Kecil

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s