My 5 Steps Skincare Routine for Acne Prone Skin

Hi everyone,

Sebelumnya kan saya pernah tulis artikel tentang 5 steps skincare routine, nah sekarang saya mau lanjut sharing tentang skincare routine yang saya pakai sehari-hari untuk jenis kulit acne prone. Apa saja itu? Langsung aja check it out!

1. Cleansing

Untuk sesi cleansing ini kalian bisa cek di artikel sebelumnya yang berjudul 2018 daily cleansing routine for acne prone skin. Intinya, jangan lupa sama double cleansing, ok?

2. Toner

Lanjut ke sesi toner, saya pakai dari THE SOAP CORNER ROSE WATER. Toner yang diekstrak dari bunga mawar ini bagus banget buat menghidrasi kulit. Dikemas dalam bentuk spray bottle, penggunaannya sangat amat mudah, tinggal semprot ajah. Selain sebagai toner, rose water ini bisa juga dipakai sebagai face/ hair mist.


Baca juga: 3 Langkah Mudah Agar Pori-Pori Tampak Lebih Kecil


3. Serum

Bagian paling penting dari skincare routine! Pakai serum ini penting banget karena esensi serum itu ibaratnya kayak obat inti deh buat masalah-masalah yang ada di wajah. Misalnya untuk menyamarkan bekas jerawat, memperbaiki tekstur kulit, meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori, dll apapun yang pengen kamu perbaiki dari wajah.

Untuk serum, saya pakai serum yang udah banyak dipuji sejuta umat, yaitu INNISFREE GREEN TEA SEED SERUM. Kaya akan antioksidan dari ekstrak teh hijau, serum ini bagus banget untuk menjaga kelembaban dan hidrasi kulit plus menangkal radikal bebas.

Teksturnya agak kental tapi cepat meresap ke dalam kulit. Serum ini udah saya pakai ada kali 3 botol hehe…


Baca juga: Innisfree Green Tea Sleeping Pack Review


4. Face Oil/ Moisturizer

Setelah penggunaan serum dilanjutkan dengan memakai face oil/ pelembab atau gabungan keduanya. Fungsi face oil menurut saya adalah sebagai boosting agent dan spot treatment agar serum sebelumnya yang dipakai bisa bekerja maksimal nan optimal, sedangkan pelembab bertujuan mengunci kandungan skincare agar tidak terjadi trans epidermis water loss a.k.a menguap keluar. Sayang kan udah pakai produk bagus-bagus (dan mungkin mahal pula) tapi malah nggak kelihatan khasiatnya cuma gara-gata kita nggak ‘kunci’.

Karena wajah saya banyak bekas jerawat, saya memilih pakai GRAPESEED OIL dari brand HAPLE. Harganya super terjangkau dan memberikan hasil signifikan. Kalau lagi jerawatan saya tetesin oil ini jadi cepat kering bok. Grapeseed oil ini juga katanya dapat membantu mengecilkan pori-pori, tapi so far belum lihat hasilnya karena ya namanya skincare tidak ada hasil instan bukan?

Sementara untuk pelembab saya pakai COSRX ADVANCED SNAIL 92 ALL IN ONE CREAM yang konon bermanfaat untuk membuat kulit bercahaya, menutrisi dan melembabkan kulit, mengobati kulit yang iritasi, dan meratakan warna kulit. BUT, kandungan lendir siput ini ternyata cocok-cocokan juga di kulit wajah. Belum lama ini saya sempat breakout dan konsultasi ke dokter kulit, dokternya menyarankan untuk stop pakai krim lendir siput ini dulu. So, akhirnya saya ganti dengan pakai face oil in the meantime.

Btw, sebenarnya masalah saya lagi jerawatan juga bukan murni kesalahan si lendir siput, tapi lebih karena jerawat hormonal akibat saya masih mengonsumsi susu sapi karena masih menyusui. Dokter menyarankan stop krim ini dulu mungkin supaya nggak merangsang tambah parah juga. Dilematis yah jadi emak-emak hahaha…

In general, face oil bisa dipakai tersendiri, sebelum pelembab, atau dicampur dengan pelembab yah. Cukup 2-3 tetes bisa untuk 1 wajah.


Baca juga:10 Steps Korean Skincare Routine, Perlukah?


5. Sunscreen

The last step is do not forget to wear sunscreen in the morning even you are an indoor person! Karena wajah saya tipe yang berminyak, saya pilih menggunakan INNISFREE DAILY UV PROTECTION CREAM SPF 35 PA +++ NO SEBUM. Ini adalah tipe physical sunscreen dan sesuai namanya, benar-benar ampuh mengontrol minyak seharian. Dipakai bersama makeup pun ternyata memberikan hasil yang totally matte. Teksturnya sedang, nggak terlalu thick dan nggak terlalu encer juga. Ada aroma khas yang susah dijelaskan tapi tidak mengganggu. Sunscreen ini juga sepertinya meninggalkan whitecast tapi di saya lihatnya jadi tone up skin. Am I right 😂? Tapi yang jelas setelah pakai makeup nggak kelihatan belang kok di saya.

Nah itu dia tadi skincare routine yang saya pakai sehari-hari. Nggak lupa juga diselingi dengan masker 1x seminggu untuk membersihkan sel kulit mati. Kalau teman-teman pakai skincare routine apa? Yuk ngobrol di kolom komentar.

In the end, thanks for reading, semoga bermanfaat! Silahkan like dan share kalau teman-teman berkenan. See you in the next post, bu-bye! 💋

Advertisements

21 thoughts on “My 5 Steps Skincare Routine for Acne Prone Skin

  1. ayaocha

    Eh ada grapesssed oil nya haple nyempil, aku malah ga cocok sama dia, tetep makin bikin berminyak yang yang bikin bete dia bikin jerawatan, dan klo dioles di jerawat, jerawatnya malah merah terus

    Like

  2. abigailfrida

    aku juga pakai nih innisfree green tea seed serum bagus banget menghidrasi kulit tapi ga bikin kulit minyakan. jadi pengen deh coba grape seed oil nya berhubung banyak bekas jerawat.

    Like

  3. Yosa Irfiana

    Eh sama! Dulu aku pernah parah jerawatnya gara2 minum susu, susu untuk menyusui. Sampai bingung terus akhirnya stop dan berbekasnya jadi banyak. Huhuhu. Kayaknya aku pengen nyobain INNISFREE GREEN TEA SEED SERUMnya deh. Karena serumku yang lama sudah habis 🙂

    Like

    • Melissa Tjia

      Aku sih ga minum susu menyusui, cuma susu biasa aja. Emg kita harusnya ga usa minum susu sapi sih hahaha… tapi demi anak mau gimana ya 😹. Green tea serumnya banyak jadi HG beauty enthusiast lho, hydrating banget soalnya.

      Like

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s