Review Raiku Beauty Anti Aging Skincare Series

Hi beauties,

Kembali lagi dengan review produk di Mel’s Playroom. Produk yang bakal diulas kali ini adalah RAIKU BEAUTY, sebuah skincare lokal yang belum lama turut meramaikan pasar kecantikan Indonesia. Biasanya begitu mendengar kata ‘lokal’, kita udah cenderung skeptis ya. Tapi, sebelum suudzon, kita kenalan dan cari tahu dulu yuk bagus nggaknya Raiku ini. Apakah memang doi sama seperti stigma skincare lokal lainnya atau malah berbeda dan layak dicoba? Let’s scrolling down!

Pertama-tama, kenalan dulu kali ya sama brand Raiku, karena produk ini terbilang baru di Indonesia. Mendengar kata Raiku, kamu pikir ini produk Jepang bukan? Atau cuma saya yang merasa demikian? Hahaha… Faktanya, produk Raiku ini ternyata produk lokal lho, buatan asli Indonesia! Nama Raiku sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya ‘wajahku’. Meski buatan lokal, Raiku ini sudah mendapat sertifikat Halal MUI dan terregistrasi di BPOM.

Memasuki pasar Indonesia, Raiku menawarkan 2 varian produk skincare-nya, yakni Brightening dan Anti Aging. Karena usia yang sudah masuk kepala 3 (merasa tua, hiks), saya memilih produk anti aging. Btw, sejak umur 25 tahun, kita sudah boleh memakai produk anti aging lho ya.

So, bagaimana hasil produknya di kulit saya? Mari kita kupas tuntas!

Packaging

Raiku hadir dengan desain kemasan yang didominasi ilustrasi watercolor bernuansa pastel, menjadikannya terlihat feminin tapi tetap elegan. Meski harga produknya cukup affordable, desain kemasannya sama sekali tidak terkesan murah. Suka!

Raiku juga mengedepankan unsur higienitas dengan mengemas produk menggunakan jenis tube, flip top untuk toner, dan pipet untuk serumnya, tidak menggunakan jar sama sekali. Udah gitu di setiap produknya, Raiku masih memberikan segel plastik untuk toner dan serum, dan segel aluminium foil untuk kemasan tube. Jadi yang produknya dalam tube, kita harus buka dulu tutupnya lalu lepas segel alu foilnya sebelum bisa dipakai. Ini salah satu plus poin dari saya untuk Raiku. Buat yang mau lihat lebih jelasnya, nonton aja di video unboxing saya yah.


nonton yuk: Unboxing Raiku Beauty Anti Aging


Nilai lebih lagi karena dalam pengiriman produknya, Raiku juga memberikan bonus travel pouch berbahan belacu dengan nuansa desain serupa. Jadi, produknya itu ditaruh di dalam pouch saat pengiriman. Nice banget kan? Pouch-nya juga berguna banget kalau kita mau travelling, tinggal angkut sayyy 😁.

Cleansing Series

Sebelum masuk ke produk inti, saya mau ngebahas dulu nih tentang produk pembersihnya yang juga ikut disertakan dalam paket. Raiku ternyata juga menganut paham double cleansing, terbukti dengan hadirnya 2 jenis pembersih ala Raiku, yakni: cleansing cream dan cleansing foam.

Raiku Cleansing cream 60 gr – Rp 68.000

Pembersih tahap 1 dari Raiku ini memiliki tekstur yang tidak sekental dan tidak selengket cleansing milk. Saya cukup suka sama cleansing cream ini, hanya saja kalau sedang pakai makeup agak tebal sebaiknya melakukan 2x pembersihan agar tidak ada makeup tersisa di wajah, baru dilanjutkan cuci muka dengan cleansing foam-nya.

Raiku Cleansing foam 60 gr – Rp 68.000

Yang istimewa dari sabun pembersihnya adalah ternyata dia mengandung ekstrak beras. Terbukti di bagian komposisinya tertera nama Oryza Sativa Bran. Ekstrak beras sudah dikenal lama dapat membantu membuat kulit lebih halus dan lebut. Satu yang saya sayangkan dari sabun pembersihnya, masih mengandung sodium laureth sulfate (SLES). Namun, kalau kamu nggak ada masalah dengan zat ini, ya tidak ada masalah kok.

Teksturnya mirip seperti sabun pembersih wajah cair lainnya. Kental dan berwarna putih sedikit mengkilat dan ada aroma harum yang lembut.

Anti aging series

Rangkaian produk anti aging ini hadir dengan desain watercolor bernuansa ungu pastel, yang menjadi warna identitas dari seri anti aging. Dalam seri ini, Raiku mengusung 4 komponen utama sebagai bahan aktif skincare-nya, yaitu:

Collagen – kandungan kolagen umum diketahui dapat membantu meningkatkan kekenyalan kulit.

Milk – susuuntuk pemakaian secara topikal ternyata memiliki kandungan AHA (alpha hydorxy acid) yang berfungsi untuk membantu eksfoliasi wajah sekaligus melembabkan kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah dan terasa lebih lembut.

Hyaluronic Acid – atau sodium hyaluronate yang biasanya tertera pada bagian komposisi, merupakan zat yang ampuh untuk menjaga hidrasi kulit agar tetap lembab. Zat ini juga mampu menyerap kandungan air dari udara dan menguncinya di dalam kulit.

Niacinamide kandungan ini punya banyak khasiat dan sebelumnya sudah pernah saya ulas juga di blog ini. Di antaranya adalah mampu mengurangi noda kemerahan bekas jerawat, mengontorl produksi kelenjar minyak, melindungi kulit dari paparan sinar UV, dst.

Raiku Anti Aging Toner 100 ml – Rp 98.000

Toner dari Raiku hadir dalam kemasan flip top. Teksturnya encer berwarna bening, ada sedikit aroma lembut yang sama sekali tidak menyengat. Tutup model flip top dan berukuran 100 ml, botol tonernya termasuk handy dan bisa dibawa traveling. Hanya saja perlu hati-hati dan memastikan botol tertutup rapat agar isinya tidak bocor.

Dan saya suka banget toner ini nggak mengandung alkohol! Biasanya beberapa produk lokal tonernya masih mengandung alkohol dan ini salah satu alasan saya suka malas pakai produk tersebut. Bukannya nggak mendukung produk dalam negeri ya, tapi ya itu untuk komposisinya suka nggak sreg di saya. But Raiku cast it away!

Di instruksi pemakaian, dianjurkan menggunakan kapas lalu usap ke seluruh wajah, tapi saya sendiri lebih suka dengan tuang langsung ke tangan dan tepuk-tepuk ke wajah. Jika habis pakai makeup kadang saya lakukan double toning, usap dengan kapas lalu tuang lagi tonernya ke telapak tangan dan tepuk-tepuk ke wajah. Toner ini memiliki kandungan Niacinamide di nomor 5 dan tidak beraroma sama sekali.


nonton yuk: GUWM + First Impression Raiku Beauty


Raiku Anti Aging Serum 30 ml – Rp 148.000

Untuk serum anti aging, kandungan niacinamide-nya ada di nomor 4. Dikemas dalam botol pipet, tentunya serum ini sangat higienis. Yang disayangkan, botol serumnya terlampau kecil dan pencetan pipet plus pipa pipetnya cukup panjang, tidak balance, alhasil ketika dipencet, cairan yang didapat sedikit sekali.

Plus, tekstur serumnya tergolong kental, lebih mirip lotion, jadi pas kita mau menutup botol, cairan serumnya suka bleber ke luar mulut botol. Saya juga sudah menyampaikan hal ini ke manajemen mereka. Mungkin akan lebih baik jika dikemas dalam botol pump. Tapi saat lotionnya ini diusapkan ke muka, menurut saya cukup cepat meresap dan tidak lengket ataupun greasy. Kita pun tidak perlu menunggu lama untuk segera melanjutkan pemakaian pelembab.

Raiku Anti Aging Morning cream 40 gr – Rp 98.000

Krim pagi raiku sudah dibekali SPF 15 lho guys. Menurutku untuk aktivitas indoor sudah cukup. Tapi kalau mau bepergian atau merasa butuh perlindungan ekstra, tidak masalah menambahkan sunscreen yang SPF-nya less than 50. Tekstur morning cream juga lebih padat dan putih pekat dibanding night cream-nya. Namun setelah dipakai, hasilnya tidak greasy di kulit, lebih ke arah glow sih. Cuma biasanya sesudah morning cream, saya pakai sunscreen Innisfree Daily UV Protection No Sebum, jadi wajah saya matte lagi hehehe…

Untuk morning cream ini ada tercium aroma manis yang subtle sekali dan ternyata memang ada kandungan fragrance di bagian menjelang akhir komposisi. Aromanya tidak mengganggu kok, saya sih nyaman aja.

Komposisi morning cream

Perbandingan tekstur morning cream dan night cream

Komposisi night cream

Raiku Anti AGing Night cream 40 gr – Rp 98.000

Saat menjalani rutinitas skincare malam hari, tentu saja saya nggak lupa untuk memakai krim malam Raiku. Teksturnya sedikit lebih ringan dibanding morning cream dan berwarna putih tajin. Krim malam ini cepat meresap juga sama sekali nggak meninggalkan minyak di wajah dan tidak ada aroma. Dipakai dari malam sampai besok pagi bangun tidur juga nggak bikin berminyak. Malah kulit saya jadi terasa lembab dan kenyal. Love it!

Oh ya, untuk pemakaian pelembab ini, saya selalu menambahkan face oil yang dicampur bersama krimnya. Grapeseed oil untuk siang hari, tamanu oil untuk malam hari. Soalnya wajah saya berminyak dan banyak bekas jerawat.

Hasil pemakaian

So far saya sudah rutin pakai Raiku skincare ini sekitar 3 minggu dan baik-baik saja alias tidak ada masalah berarti. Sebelum pakai Raiku ini, saya mengistirahatkan kulit dari skincare routine yang dipakai selama 1 minggu. Hanya menggunakan toner dan face oil, lalu mulai mengenalkan skincare Raiku satu per satu, supaya kulit tidak kaget dan ‘marah’, baru kemudian full range pakai Raiku.

Perubahan paling terlihat adalah bekas jerawat yang mulai memudar, tidak menambah jerawat baru, kulit yang terasa lebih lembut dan kenyal, serta terlihat lebih cerah. Untuk masalah mature skin saya belum begitu melihat karena sepertinya saya juga belum ada tanda-tanda penuaan dini (atau mungkin saya yang less detail attention hehehe…). Begitupun dengan masalah pori-pori besar, ada sedikit improvement sih. Mungkin nanti setelah pemakaian lebih lama akan terlihat. Yah, secara hasil perawatan kulit di setiap orang berbeda baik hasil maupun jangka waktunya dan namanya produk skincare tidak ada yang bisa terlihat instan hasilnya.

Verdict

Overall, untuk ukuran skincare lokal, Raiku ini terbilang oke ya. Dalam arti, harga yang dibanderol cukup terjangkau di level menengah dan bahan-bahan yang digunakan tergolong skin friendly. Produk yang dipakai semua cepat meresap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan minyak di wajah. Wajah jadi terjaga kelembabannya dan tidak merangsang tumbuhnya jerawat baru. I love it! Produk ini boleh dicoba bagi kalian yang lagi cari skincare dengan harga terjangkau dengan bahan-bahan yang tidak mengiritasi kulit.
Pros:

+ Harga cukup terjangkau

+ Komposisinya skin friendly

+ Packagingnya simpel tapi elegan juga higienis dan tersegel rapi

+ Halal, BPOM, ISO certified

+ Toner tidak mengandung alkohol

Cons:

– Botol serumnya perlu improvement

Cleansing foam masih mengandung SLES

So, kalau teman-teman penasaran dan mau coba produknya Raiku ini, bisa dibeli di Tokopedia atau Shopee atau langsung kepoin instagramnya.

Sekian dulu review saya, see you in the next post! πŸ’‹

Advertisements

6 thoughts on “Review Raiku Beauty Anti Aging Skincare Series

  1. Auda Zaschkya says:

    Wah, iya nih… Bekas jerawatku juga berkurang dengan produk Anti Aging Series dari Raiku Beauty ini.. Nanti kalau habis, bisa nih direpurchase lagi…;

    Like

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s