Soft Launching Marcks Venus Clinic: “Yang Penting Sehat dan Aman, Cantik Itu Bonus.”

Hi beauties,

Tanggal 4 Desember lalu, saya berkesempatan hadir di acara soft launching-nya Marcks Venus Aesthetic Clinic yang baru dan berlokasi di Matraman, Jakarta Timur. Penggemar kecantikan pastinya sudah nggak asing lagi dong dengan brand ini? Marcks Venus merupakan brand kecantikan lokal produksi PT Kimia Farma Tbk, yang merupakan perusahaan BUMN. Melebarkan sayap, kini mereka tidak hanya memproduksi, tapi juga menyediakan jasa perawatan kecantikan melalui Marcks Venus Clinic (MVC) ini yang memiliki slogan Rejuvenate Confidence Treatment. Lantas, apa yang membedakan MVC dengan klinik kecantikan lainnya?

Yang membedakan adalah MVC hadir dengan metode perawatan yang sehat dan aman bahkan untuk ibu hamil dan menyusui sekalipun, salah satunya dengan tidak menggunakan steroid dalam setiap produknya.

Pada sesi beauty talk kemarin, dr. Ade Linda, SpKK selaku narasumber dan perwakilan dari MVC juga menekankan slogan MVC tersebut. dr. Ade Linda juga turut menjelaskan tentang definisi kulit, cara kerja kulit, permasalahan yang banyak terjadi pada kulit, dan tips perawatan.

Beauty talk bersama dr. Ade Linda, SpKK dari MVC dan Ratu Vashti Anissa, Miss Earth Indonesia 2018 sebagai moderator

 

Perawatan kulit itu yang penting sehat dan aman. Kalau sudah sehat, cantik itu bonus!

dr. Ade Linda, SpKK.

Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas dan berperan mengontrol kadar air dalam tubuh, suhu tubuh, dan melindungi tubuh dari sinar matahari. Pada manusia dewasa, kulit memiliki luas permukaan rata-rata 1,5-2,0 m2 dan memerlukan waktu regenerasi sekitar 28 hari, tergantung gaya hidup dan usia. Oleh karena itu, saat menggunakan skincare kita perlu menunggu selama 4 minggu untuk melihat efektifitasnya.

Di dalam kulit terdapat juga yang namanya kelenjar sebaceous yang bertugas memproduksi sebum (minyak). Sebum ini sendiri bersifat alami dan memang berfungsi untuk melumasi kulit agar tidak kekeringan. Kulit yang dehidrasi memicu produksi sebum berlebih sehingga mengakibatkan pori-pori tersumbat lalu memunculkan jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, menjaga hidrasi kulit sangat penting dalam membantu mengontrol produksi minyak.

Selain kelenjar minyak, kulit juga memiliki yang namanya kolagen dan elastin. Kolagen merupakan protein alami yang ada di dalam dermis dan berfungsi menjaga kulit tetap kencang dan lentur. Produksi kolagen yang menurun seiring bertambahnya usia dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput.

Sementara itu, elastin adalah serat yang ada di dalam dermis juga, mirip dengan kolagen hanya saja lebih elastis dan dapat meregang. Inilah yang memungkinkan kulit dapat meregang, mengembang, dan berkontraksi tanpa sobek (jadi ingat waktu hamil :D). Ketika bertambah tua, elastin ini juga dapat menipis sehingga menyebabkan kulit yang mengendur.

Secara umum, permasalahan kulit bisa dibagi ke dalam 3 kelompok:

1. Penuaan

Proses penuaan alami kulit adalah kombinasi dari banyak faktor, dimulai dari gen, jenis kelamin, hingga perubahan hormon. Di usia 20-an, produksi kolagen dan elastin mulai melambat dan tingkat peremajaan sel menurun mengakibatkan berkurangnya tingkat kelembaban alami. Pada usia 30-an, tanda-tanda pertama penuaan biasanya mulai muncul, seperti garis halus di sekitar mata dan mulut.

Lalu di usia 40-an, garis-garis makin terlihat jelas dan mendalam. Kontur wajah menjadi lebih terlihat ‘santai’. Sel-sel kulit mati tinggal lebih lama, menyebabkan warna kulit jadi kusam dan pori-pori terlihat lebih besar. Kemudian di usia 50-an, pasokan minyak alami kulit berkurang dan menyebabkan kulit makin menipis. Kelembaban kulit juga berkurang disebabkan adanya perubahan hormon estrogen. Biasanya di usia ini kulit menjadi lebih sensitif terhadap alergi, bakteri, dan iritasi akibat sinar UV, cuaca kering, dan polusi.

Proses penuaan kulit rupanya lebih cepat terjadi pada kaum perempuan dibandingkan laki-laki. Hal ini juga disebabkan karena perbedaan tekstur kulit dimana laki-laki memiliki jaringan kulit yang lebih tebal dibandingkan perempuan.

2. Jerawat & Komedo

Jerawat dan komedo merupakan problem yang paling banyak ditemukan. Dimulai sejak masa puber, remaja hingga dewasa akhir sering mengalami masalah ini, baik ringan hingga berat. Komedo terbentuk akibat pori-pori tersumbat oleh sebum, kotoran, dan sel kulit mati yang teroksidasi dengan udara hingga berubah warna menjadi hitam.

Akibat pori-pori yang tersumbat kemudian bisa muncul bakteri yang lantas menjadi cikal bakal jerawat. Saat pori-pori tersumbat, kelenjar sebaceous tetap terus memproduksi sebum tapi tidak dapat keluar sehingga terakumulasi di belakang pori-pori yang tersumbat.

Pori-pori merupakan celah kecil pada permukaan kulit, tidak dapat membuka/ menutup karena tidak ada otot di sekelilingnya. Namun, pori-pori bisa meregang dan membesar apabila kotoran dan minyak tidak dibersihkan. Untuk mencegahnya, berikut 3 hal yang dapat dilakukan:

  • Membersihkan dan melembabkan kulit 2x sehari
  • Eksfoliasi sesuai jenis kulit
  • Memakai face mask 1-2 kali seminggu untuk membersihkan kulit secara mendalam dan menghidrasinya

Baca juga: 3 Langkah Mudah Agar Pori-Pori Tampak Lebih Kecil

3. melasma

Melanocytes ditemukan di dasar epidermis dan memproduksi pigmen kulit yang disebut melanin. Fungsi melanin adalah untuk melindungi kulit dengan menyerap sinar matahari berbahaya yang dapat merusak sel-sel. Inilah jawaban kenapa kulit orang berubah warna menjadi cokelat sehabis berjemur matahari. Semakin banyak melanocytes, semakin gelap warna kulitnya.


Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Sunscreen

Di luar kondisi alamiah kulit, ada juga faktor lain yang menyebabkan kasus-kasus di atas semakin banyak, antara lain:

  • Adanya ekspektasi tinggi dari konsumen terhadap perawatan kulit yang kurang terarah
  • Kurangnya edukasi konsumen atas produk maupun jenis perawatan kulit
  • Banyaknya konsumen yang ingin melihat hasil dalam waktu singkat/ instan
  • Banyak bermunculan klinik kecantikan dengan harga murah tanpa bisa dipertanggungjawabkan keamanannya
  • Adanya pemahaman umum salah kaprah bahwa cantik itu = putih dan sering menggunakan produk krim pemutih berbahaya
Salah satu ruang perawatan di MVC

Marcks Venus Clinic hadir dengan menawarkan sejumlah perawatan yang disesuaikan dengan jenis masalah kulit yang ingin diatas. Perawatan tersebut antara lain: facial, mikrodermabrasi, radio frequency, laser, dermaroller, peeling, dan cocoon. Untuk mengetahui jenis perawatan yang cocok dapat ditanyakan kepada dokter spesialis. Tarif yang dikenakan di MVC untuk konsultasi saja cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 150.000 saja.

Daftar harga MVC

Terakhir, dr. Ade Linda juga memaparkan tips dalam melakukan perawatan kulit:

  • Pilih produk perawatan yang aman
  • Selalu berkonsultasi dengan ahli (dokter) mengenai problem kulit dan ekspektasi yang diinginkan dari hasil perawatan
  • Memahami bahwa perawatan kulit itu memerlukan proses dan waktu serta membutuhkan komitmen untuk mencapai hasil yang diinginkan
  • Cantik tidak melulu berarti putih. Kulit yang sehat otomatis akan terlihat bercahaya
  • Memakai produk dengan tepat, termasuk cara pakai dan cara menyimpannya
  • Agar hasil lebih maksimal, pemakaian produk juga perlu dikombinasikan dengan perawatan
  • Banyak mengonsumsi air putih, makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup. Jaga pikiran dan hati juga agar selalu dalam kondisi positif
Pemenang door prize

Usai sesi talk show, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, mini games, dan pengundian door prize yang disambut antusiasme peserta. Sebagai penutup, diadakan sesi foto bersama bersama 22 blogger/ vlogger yang hadir dan pembagian hampers oleh pihak MVC.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk mencoba perawatan di MVC, bisa langsung cari tahu di instagram @mvclinic.id atau website mereka di www.marcksvenus.com atau datang langsung ke alamat mereka di 3 kota berikut ini:

See you in the next post!💋

Advertisements

22 thoughts on “Soft Launching Marcks Venus Clinic: “Yang Penting Sehat dan Aman, Cantik Itu Bonus.”

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s