Awas! Jangan Sampai Salah Rawat Kulit Bayi!

Hello mommies,

Artikel edisi kali ini saya mau kembali menyentuh kaum mami milenial tentang cara merawat kulit bayi. Apakah mommies sudah tahu kalau jenis kulit bayi yang baru lahir itu berbeda dan tidak bisa dirawat sembarangan? Pertama, mari kita cari tahu dulu jenis kulit bayi mommies, yuk!

Ada 3 Jenis Kulit Bayi

Kulit normal

Bayi yang terlahir dengan kulit normal biasanya memiliki ciri sebagai berikut:

  • Tekstur lembut
  • Kelembaban terjaga
  • Terlihat bersih
Kulit kering

Bayi yang memiliki kulit kering, cirinya sebagai berikut:

  • Tekstur kasar dan bersisik, serta bisa mengelupas
Kulit atopik

Jenis kulit ini merupakan jenis yang paling tidak diinginkan terjadi pada anak kita ya, moms. Ciri kulit atopik adalah:

  • Sangat kering
  • Gatal
  • Ada bercak merah

Level kondisi kulit atopik sendiri pun beragam, mulai dari ringan hingga akut. Bayi yang menderita kulit atopik harus benar-benar dijaga ekstra agar tidak menggaruk kulitnya, jika tidak dapat memperparah kondisi tersebut.


Baca Juga: Healthy Habits for Breastfeeding Mom ft. Bio Oil

Fakta Kulit Bayi

Kenapa bayi bisa lahir dengan kondisi kulit berbeda-beda?

Pada usia 0-2 tahun struktur kulit masih belum terbentuk sempurna sehingga kulit bayi cenderung kering dan jumlah stem cell epidermis juga ikut berkurang.

Maka dari itu perawatan pada kulit bayi juga perlu perhatian khusus. Dianjurkan agar memakai produk yan kandungannya dikhususkan untuk merawat jenis-jenis kulit di atas, misalnya seperti menggunakan produk perawatan dari Mustela.

Produk Mustela yang berasal dari Prancis ini mengandung formula avocado perseose, bahan aktif alami yang memiliki sifat biometrik, yang strukturnya dapat menyerupai kulit bayi. Kandungan ini terdapat di semua varian Mustela dan memiliki 4 manfaat penting, yaitu:

  1. Melindungi dan menguatkan kulit bayi
  2. Menjaga kelembaban kulit bayi
  3. Menjaga kekayaan sel kulit bayi
  4. Mendukung pertumbuhan kulit yang sehat

Selain mengandung avocado perseose, Mustela juga mengklaim produknya tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, tanpa alkohol, hypoallergenic, dan sudah diuji secara klinis.

Informasi di atas saya dapatkan sewaktu mengikuti event talk show Mustela di pagelaran IMBEX 2018 tanggal 1 Desember lalu yang bertempat di Hall B JCC Senayan. Sesi talk show tersebut turut menghadirkan Bpk. Moch. Nurhadi selaku Brand Manager Mustela dan dr. Reisa Broto Asmoro, selebriti sekaligus brand ambassador produk Mustela.

Dari event tersebut juga saya menyadari kulit anak saya pun kondisinya cukup unik. Secara keseluruhan, kulit baby Sandra memang terlihat normal, tapi di bagian kakinya justru cenderung kering dan bersisik. Dulu saya sampai berobat ke dokter karena melihat kondisi kulit kakinya yang tidak wajar dan diberikan resep salep yang harus dipakai secara simultan.

Goodie Bag Mustela

Setelah ikut event ini dan mendapat goodie bag dari Mustela, saya lantas langsung mencoba pakai sabun mandinya yang varian Hydra Bebe Gentle Cleansing Gel. Sabun mandi cair ini bisa juga digunakan sebagai shampo untuk keramas. Tidak pedih di mata dan bebas busa. Dan klaimnya ini sudah saya buktikan juga sih sewaktu memandikan si bayi. Teksturnya kental dan berwarna putih tajin dengan sedikit kilap. Saat diusapkan ada sedikit busa tercipta tapi tidak lebai seperti sabun mandi dewasa yang mengandung SLS. Ada sedikit aroma juga tapi ringan dan tidak menyengat. Aromanya juga bukan wangi bunga atau buah tapi ya khas aroma kimia gitu deh. Jangan heran jika saat dibilas kulit bayi masih terasa licin, karena itulah tanda bahwa produk tersebut memang tidak mengandung bahan deterjen yang berpotensi bikin kulit kering.

Mustela Gentle Cleansing Gel

Selain sabun cair tadi, saya juga mendapat produk Mustela lainnya seperti:

  • Newborn Starter Kit
  • Massage oil
  • Barrier cream
  • Gentle soap

Saya sendiri sebagai orang dewasa juga punya pengalaman pribadi dengan produk Mustela. Beberapa minggu sebelum acara, entah kenapa kulit di area leher dan lengan atas saya muncul ruam kemerahan dan terasa gatal sekali. Setelah 5 hari coba diobati dengam Caladine, pelembab, sampai tamanu oil tidak mempan, akhirnya saya putuskan ke dokter kulit.

Dokter memeriksa dan menanyai apa yang saya rasakan, seputar habit mandi, sampai adakah aktivitas saya yang mungkin memicu kondisi ini. Karena saya habis dari Bandung dan memang sempat berpanas ria, saya juga nggak menyadari sih sebab utamanya apa. Singkat cerita, dokter memberikan resep obat salep yang kaya emollient dan obat minum racik untuk mengobati masalah saya ini. Plus, beliau juga menyarankan saya mengganti sabun mandi dengan Mustela Stelatopia Cleansing Cream.

Mustela Stelatopia Cleansing Cream

Produk untuk merawat kulit atopik ini memiliki tekstur yang lebih padat dibanding Hydra Bebe Gentle Cleansing Gel tadi. Warnanya putih seperti susu kental manis dan beraroma alami kimia. Kalau cleansing gel tadi masih ada sedikit busa, varian cleansing cream ini nyaris tidak ada busa sama sekali. Efek sehabis bilas juga masih terasa licin. Yang saya rasakan, sabun Mustela memang dapat diandalkan untuk membantu penyembuhan masalah kulit. Tidak sampai seminggu, ruam dan gatal di kulit sudah hilang. Terima kasih dokter dan Mustela!

Kembali ke topik kulit bayi, memang sih produk Mustela tidak bisa dikatakan murah, tapi menurut saya merawat kulit bayi yang bermasalah secara tepat jauh lebih penting. Apalagi kulit akan menjadi investasi mereka di masa depan bukan? Tapi tentu semuanya kembali pada preferensi mommies masing-masing ya. 🙂

Nah, sekarang apakah mommies sudah mengenali jenis kulit bayi masing-masing? Share yuk di kolom komentar #ApaJenisKulitBayimu?

Bagi mommies yang mau tahu informasi lebih lanjut tentang Mustela, bisa langsung visit ke akun mereka berikut ini:

Produk-produk Mustela juga bisa didapatkan di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, Orami[dot]com, dan JD[dot]ID.

In the end, thanks to readers for visiting this article. Hope this information will content you as well and see you in the next post! 💋

Advertisements

One thought on “Awas! Jangan Sampai Salah Rawat Kulit Bayi!

Thank you for reading! Feel free to put your comment below and tick notify me to get updated of my reply ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s