Sensasi Detox Wajah dengan Masker Matcha + Rosehip Oil Body and Co

Hi beauties!

Dalam tahapan skincare routine, terutama di malam hari, ada bagian yang namanya “masking“. Yes, bagian ini penting karena ragam kegunaannya. Apa saja?

1. Focus treatment

Biasanya bagi pengguna sheet mask yang mengandung essence, sesi ini bagus untuk membantu produk perawatan benar-benar menyerap ke dalam kulit. Essence yang terkandung biasanya juga untuk membantu mengatasi masalah kulit sesuai keinginan. Maka dari itu, pemakaian sheet mask sebaiknya setelah toner/ first essence.

2. Mengangkat komedo dan sel kulit mati

Kalau yang ini biasanya untuk jenis masker peel-off. Pemakaian umumnya dibaurkan ke seluruh wajah dan diamkan hingga kering, lalu kelupas maskernya secara perlahan. Masker peel-off punya sensasi nyelekit ketika dikelupaskan, tapi untuk sebagian orang justru ada yang senang akan sensasi tersebut karena merasa wajah lebih bersih dan kotoran seperti komedo terangkat tuntas. Hingga kini pemakaian masker peel-off masih menimbulkan pro-kontra karena dikhawatirkan malah dapat merusak sel kulit.

3. Menyegel dan boosting kandungan skincare yang dipakai

Nah, kalau yang ini sudah bisa ditebak dong tipe masker apa? Yup! Dia adalah si sleeping mask. Dipakai di paling akhir urutan skincare routine, setelah atau sebagai pengganti moisturizer. Masker tipe ini juga sangat membantu dalam menjaga kelembaban kulit sepanjang tidur malam hingga keesokan paginya kulit akan terasa lebih cerah, lembab, dan kenyal.

4. Pembersihan/ detoksifikasi

Seharian beraktifitas dengan segala debu dan kotoran yang menempel di wajah, jika tidak dibersihkan dengan benar, dapat menimbulkan ragam masalah kulit. Sebut saja jerawat, penuaan dini, kulit kering dan kusam, dll. Apalagi kalau kita punya kulit berminyak/ sensitif, masalah kulit bisa jadi lebih kompleks. So, masker berjenis wash-off adalah jawaban yang tepat untuk kebutuhan ini. Biasanya hadir dalam bentuk bubuk atau krim yang pemakaiannya juga perlu didiamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Agar Pori-Pori Tampak Lebih Kecil

Dewasa ini, sudah cukup banyak brand skincare yang menyadari pentingnya mendetoks wajah agar segala racun dan kotoran dapat dienyahkan, terutama bagi penyandang kulit berminyak dan rentan berjerawat. Salah satunya adalah brand lokal asal Bali, Body and Co. Memahami kebutuhan detoksifikasi agar wajah tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya, mereka hadir dengan menawarkan produk masker wash-off berbahan natural organik bernama Bentonite Matcha.

Body and Co Bentonite Matcha
Body and Co Bentonite Matcha

Masker bubuk ini hadir dalam kemasan jar plastik dengan tutup ulir aluminium dan terdapat silica gel di dalamnya. Desain kemasannya sangat sleek dan simple sehingga terlihat elegan. Bubuk masker berwarna hijau khas green tea dan ada aroma mint. Btw, spatula yang ada di foto bukan dari maskernya ya, saya comot dari produk lain supaya memudahkan pengambilan.

Sesuai namanya, masker ini mengandung Bentonite, zat yang merupakan transformasi abu vulkanik dan bermanfaat untuk mengikat bakteri serta racun yan berada di permukaan kulit hingga pori-pori terdalam. Selain itu, Bentonite juga diyakini mampu mengatasi blemish, meredakan kemerahan pada kulit, dan menyembuhkan reaksi alergi kulit akibat produk skincare tertentu.

Sementara itu, kandungan matcha atau green tea sudah dikenal dengan kekayaannya akan anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas, membantu mengurangi produksi minyak berlebih, mencegah timbulnya jerawat, sebagai anti bakteri, dan menenangkan kulit.

Klaim produk dari Bentonite Matcha sendiri adalah untuk melawan tanda-tanda penuaan, mengecilkan pori-pori, mengontrol minyak berlebih, dan mendetoks kulit. Masker ini harus disimpan dengan baik dan terhindar dari tempat lembab atau bahan metal.

Komposisi:

Organic matcha powder, bentonite clay, organic oatmeal, organic coconut milk powder, vitamin E oil, organic china peppermint essential oil, organic peppermint extract, organic green tea essential oil

Cara pakai:

  1. Aduk bubuk masker dengan cairan (bisa air, witch hazel, dll).
  2. Oleskan ke seluruh wajah dan leher kecuali bagian mata.
  3. Diamkan selama 5-10 menit. Untuk kulit kering jangan biarkan masker kering sempurna.
  4. Bilas dengan air suhu normal.
  5. Gunakan setiap 2x seminggu.
  6. Bisa ditambahkan rosehip oil untuk menghidrasi kulit.

Saya sendiri sudah mencoba pakai masker ini sesuai petunjuk yang diberikan. Idealnya masker bubuk dicampur dengan air mawar, hanya saja karena saya nggak punya air mawar, jadinya saya campur dengan air mineral. Perbandingannya 3:2, 3 scoop masker dan 2 sendok makan air mineral. Saya juga tambahkan 2 tetes Body and Co Rose Rosehip Oil ke dalam masker, selain untuk hidrasi sekaligus menambahkan aroma. Aduk hingga berbentuk pasta dan oleskan ke seluruh wajah secara merata.

Yang saya rasakan saat pemakaian adalah sensasi dingin dari kandungan peppermint di dalamnya. Ketika masker mengering, wajah terasa ketat dan kencang lebih daripada masker biasa. Masker ini termasuk mudah dibilas. Efek setelah pemakaian, wajah terasa lebih bersih, segar, dan cerah.

Selesai menggunakan masker, saya lanjut memakai skincare seperti biasa, yakni toner – serum – pelembab + Rose Rosehip Oil tadi. Rosehip oil sendiri sekarang tengah jadi primadona karena khasiatnya sebagai berikut:

  1. Sebagai anti aging
  2. Membantu regenerasi kulit
  3. Membantu penyembuhan luka
  4. Melembabkan kulit
  5. Melindungi kulit dari sinar UV

Produk rosehip oil dari Body and Co sendiri memiliki klaim dapat melawan penuaan dengan menstimulasi kolagen yang berasal dari kandungan vitamin A dan C-nya, melindungi kulit dari sinar UV, dan meremajakannya.

Keunikan dari rosehip oil Body and Co adalah adanya kelopak mawar kering di dalam botolnya, semacam infused rose petals gitu dan aromanya memang mawar sekali. Tapi jangan salah paham dulu, rosehip oil bukanlah diekstrak dari kelopak mawar, melainkan dari buah yang tertinggal setelah mawar berbunga dan kelopaknya gugur.

Komposisi:

Infused organic red rose petals with organic rosehip oil, organic argan oil, vitamin E oil, organic sunflower oil, organic grapeseed oil, virgin coconut oil

Dilihat dari komposisinya, rosehip oil ini juga mengandung oil lain yang manfaatnya sama-sama ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Cara pakai:

  • Untuk wajah, gunakan 3-7 tetes secara merata setiap pagi sebagai pelembab, sebelum sunscreen dan di malam hari sebel tidur.
  • Untuk badan, gunakan beberapa tetes di bagian kulit yang kering atau rusak sehabis mandi untuk menghidrasi kulit, sebelum beraktifitas pagi atau sebelum tidur.

Saya pribadi menggunakan rosehip oil ini lebih banyak di malam hari sebanyak 3 tetes untuk seluruh wajah dan dicampur dengan pelembab. Aroma mawarnya yang lembut memberikan efek relaks tersendiri. Hasil pemakaian benar-benar membuat kulit terasa lebih lembab, sementara untuk faktor melawan tanda penuaan belum terlihat karena waktu pemakaian masih kurang dari 1 bulan. Untuk efek menyamarkan bekas luka dengan rosehip oil saja konon membutuhkan waktu selama 3 bulan pemakaian rutin.

Baca Juga: Mengatasi Masalah Kulit dengan Face Oil, Bisakah?

Tekstur rosehip oil ini tergolong light meski sedikit lebih thick dibanding grapeseed oil. Oil cepat meresap tanpa meninggalkan rasa greasy atau membuat wajah mengkilap. Yang jelas wajah menjadi terasa lebih lembab. Produk rosehip oil ini baik disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Dari pemakaian 2 produk Body and Co di atas, tidak ada efek negatif yang timbul di wajah saya. Hasil yang terasa langsung adalah kulit lebih bersih, lembab, dan terawat. Semoga dengan pemakaian rutin noda bekas jerawat bisa perlahan punah.

Bagi yang mau tahu gimana hasil saya pakai masker dan face oilnya, yuk nonton video berikut ini:

Harga:

  • Bentonite Matcha – Rp 200.000
  • Rose Rosehip Oil – Rp 120.000

Sekilas tentang Body and Co

Body and Co merupakan brand lokal asal Bali yang mengutamakan naturalitas dan bahan organik dalam setiap produknya. Identitas ini mereka sematkan juga dalam kemasan produk dengan tanda 100% natural dan handmade. Selain itu, Body and Co juga mengklaim produknya bebas dari 4 hal berikut:

  • Cruelty free
  • Palm oil free
  • Sulfate free
  • Paraben free

Bagi yang tertarik mencoba produk Body and Co ini, dipersilahkan mengunjungi websitenya: www.bodyand.co atau Instagramnya @bodyand.co.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat buat teman-teman semua dan see you in another post! 💋

Advertisements

26 thoughts on “Sensasi Detox Wajah dengan Masker Matcha + Rosehip Oil Body and Co

Thank you for reading! Feel free to put your comment below and tick notify me to get updated of my reply ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s