Review Biore UV Aqua Rich Watery Essence Chemical Sunscreen Asal Jepang

Sebelumnya saya pernah membahas perbedaan produk sunscreen, dimana terdapat 2 jenis, yakni: chemical sunscreen vs mineral sunscreen. Produk chemical sunscreen lebih mudah ditemukan di pasaran dan harganya dibanderol bervariasi. Keunggulannya biasanya karena mereka tidak menimbulkan whitecast seperti yang umum terjadi ketika menggunakan mineral sunscreen. Artikel kali ini saya ingin mengulas tentang produk chemical sunscreen dari Jepang, yaitu Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 PA++++.

Mungkin hingga kini masih banyak orang masih segan menggunakan sunscreen, entah karena selain efek whitecast atau karena adanya sensasi lengket setelah pemakaian. Padahal, penggunaan sunscreen amat sangat penting dan kaya manfaat. Utamanya adalah 90% membantu menghambat penuaan dini.

Kok bisa?

Dengan menggunakan sunscreen yang mengandung SPF dan PA, terlepas jenis apapun, mereka berkhasiat untuk melindungi kulit dengan menangkal radiasi sinar UV A dan UV B. Untuk lebih jelasnya kode SPF digunakan sebagai penanda perlindungan terhadap UV B, sementara kode PA merupakan perlindungan terhadap sinar UV A. Kedua elemen ini penting ada dalam sunscreen agar kulit kita terhindar dari dark spot, sunburn, atau berkurangnya elastisitas kulit.

Adapun kode nomor SPF (sun protection factor) seperti 15, 30, 50,dll merupakan penanda takaran daya tahan SPF saat melindungi kulit.

Tapi…

Selain itu ada juga beberapa factor lain yang harus dipertimbangkan:

  • Jenis kulit masing-masing orang
  • Jumlah penggunaan produk SPF yang diaplikasikan pada kulit dan penggunaan berulangnya
  • Jenis aktivitas yang banyak dilakukan oleh seseorang
  • Daya serap kulit terhadap SPF tersebut

Selain mengukur daya tahan, nomor SPF juga mengindikasikan daya tangkal terhadap sinar UV, untuk SPF 50 sudah mampu menangkal 98-99% radiasi sinar UV.

Lalu bagaimana dengan PA?
PA merupakan singkatan dari Protection Grade of UV A dan ditandai dengan berapa banyaknya tanda ‘+’. Tanda plus tersebut merupakan indikator pertahanan PPD (Pigment Prevention Darkening). PA melindungi kulit dari sinar UV A yang menyebabkan penuaan dini seperti kulit keriput dan flek hitam. Sedangkan SPF melindungi kulit kita dari sinar UV B yang menyebabkan penggelapan kulit atau sunburn.
Semakin banyaknya tanda + menandakan semakian lama sunscreen dapat mencegah PPD pada kulit.

  • PA+ = PPD 2-4 jam
  • PA++ = PPD 4-8 jam
  • PA+++ = PPD >8 jam
  • PA++++ = PPD >10 jam

Jika menggunakan produk chemical sunscreen, kita perlu menunggu selama 10-20 menit setelah pengaplikasian sebelum keluar ruangan. Jika lebih banyak beraktivitas diluar dan banyak berkeringat, disarankan juga agar mengaplikasi ulang jika diperlukan.
Baik chemical maupun mineral sunscreen, masing-masing memiliki plus minusnya sendiri.

Nah sekarang berbicara soal produk Biore UV Aqua Rich yang tergolong ke dalam chemical sunscreen ini, apa saja sih keunggulannya?

Selain pastinya sudah dibekali dengan senjata SPF dan PA yang mumpuni untuk melindungi kulit, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini memiliki formula yang waterproof dan sweatproof sehingga lebih awet digunakan seharian. Sunscreen ini juga terbuat dari watercapsule formulation, sehingga cepat meresap kedalam kulit dan tidak meninggalkan sensasi lengket ataupun berminyak. Istimewanya lagi, Biore sunscreen ini juga sudah mengandung bahan kecantikan seperti hyaluronic acid, royal jelly extract, dan citrus mix yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

Baca Juga: Kulit pun Butuh Perlindungan: Pentingnya SPF dan PA

Sunscreen Biore ini benar-benar memiliki tekstur yang menyerupai watery gel berwarna ivory. Kondensitasnya tergolong padat atau kental,tapi begitu dibalurkan kekulit, ia langsung mudah dioles dan diresap kulit. Sama sekali nggak bikin kulit lengket ataupun berminyak.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence hadir dalam bentuk tube yang travel friendly dan bisa ditemukan dibanyak gerai drugstore seperti Watsons, Guardian atau online store seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, KaoOfficialStore, dll. Harga yang dibanderol masih relatif terjangkau, yakni sebesar Rp115.800,-.

Advertisements

Thank you for reading! Feel free to put your comment below and tick notify me to get updated of my reply ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s