5 Serum Hyaluronic Acid yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit

rekomendasi serum hyaluronic acid

Serum hyaluronic acid merupakan salah satu jenis serum yang ramai diperbincangkan oleh skincare enthusiast akhir-akhir ini. Selain sifatnya yang ramah untuk semua jenis kulit, bahan ini juga merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh kulit sebagai perlindungan dari dalam. Serum hyaluronic acid berperan penting dalam membantu mengatasi segala masalah kulit, mulai dari menstabilkan produksi minyak kulit, mengurangi jerawat, hingga mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit.

Banyaknya produk serum hyaluronic acid di pasaran seringkali membuat kita bingung memilih mana merk yang tepat untuk kita. Supaya nggak bingung lagi, berikut ini ada 5 rekomendasi serum hyaluronic acid untuk semua jenis kulit yang bisa dicoba. Namun sebelum saya merekomendasikan merk-merk tersebut, kita kenalan lebih lanjut dengan hyaluronic acid, yuk. 

Sekilas mengenai hyaluronic acid 

Hyaluronic acid, HA atau hyaluronan adalah material lengket dan bening yang diproduksi secara natural dari tubuh. Kandungan ini sendiri dapat ditemukan di jaringan tisu kulit dan mata secara alami. Pada laman Healthline juga dituliskan bahwa bahan ini memiliki fungsi utama sebagai penjaga kandungan air di dalam kulit sehingga wajah akan tetap lembab dan licin. 

Sementara itu, dalam artikel yang ditulis The Skincare Edit menyebutkan bahwa kurangnya HA menjadi salah satu penyebab utama munculnya kerutan, kulit kering, garis halus dan kulit menggantung. Karena itulah, salah satu alasan mengapa kita membutuhkan kandungan ini adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Pengaplikasian dari hyaluronic acid sendiri bisa diberikan sebagai bahan filler yang diinjeksi ke dalam kulit. Namun, penggunaan topikal pun bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau. Berikut adalah 5 serum hyaluronic acid yang bisa kalian pertimbangkan:

1. The Ordinary Hyaluronic Acid 

Brand pertama yang cukup disorot karena kandungan murninya adalah The Ordinary. Produk yang satu ini dinilai cocok untuk semua jenis kulit karena sifat dari hyaluronic acid yang memang memiliki berat molekul rendah. Serum dengan kemasan putih ini memiliki pH 6.00 -7.50 dengan kadar 2% hyaluronic acid yang dapat diserap kulit dengan baik.   

Baca juga:  Mecapan Space Rumah Cantik Serbaguna

2. Neutrogena Hydro Boost Capsule Serum 

Memiliki tampilan yang cukup unik, Popbela.com mengatakan bahwa Neutrogena juga memberikan kandungan antioksidan dari setiap butiran kapsul di dalamnya. Kombinasi ini dinilai sempurna untuk membuat kulit lebih terhidrasi. Tidak hanya itu, kandungan moisture sensor complex pun menjadi kandungan utama dalam membentuk dan memperbaiki kulit pelindung. 

3. L’oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Serum

serum hyaluronic acid l'oreal paris
Serum hyaluronic acid L’Oreal paris

Produk antusias mana yang tidak tahu pamor L’oreal Paris? Jika kamu mencari produk serum yang mengandung hyaluronic acid, maka bisa cek Revitalift yang memiliki konsentrasi HA sebesar 1,5 %. Angka tersebut cukup ampuh mengatasi kulit kering. Selain itu serum ini juga mengandung macro dan micro HA yang bisa membuat kulit terasa lebih lembut, kenyal, dan anti-kerut. Saya juga sudah pernah coba serum ini dan jika kalian ingin tahu pendapat saya, silahkan klik review serum hyaluronic acid L’Oreal Paris.

4. Somethinc Hyaluronic B5

serum hyaluronic acid - somethinc

Ingin mencari serum hyaluronic acid buatan lokal? Ada merk Somethinc Hyaluronic B5 yang bisa kalian coba. Memiliki kemasan yang mungil, formulasi dari produk ini justru terdiri dari komposisi bahan HA aktif sebesar 2% dan vitamin B5. Kombinasi keduanya, berfungsi untuk memaksimalkan kelembaban kulit, melembutkan dan mencerahkan kulit kusam dan mencegah penuaan dini. 

Saya sendiri juga memiliki serum ini yang edisi terbatas, makanya kemasannya berbeda dari yang biasanya. Yang saya sukai dari serum hyaluronic acid Somethinc adalah teksturnya yang encer dan super ringan sehingga masih bisa dilayer dengan produk skincare/ bahan aktif lain tanpa memberatkan kulit. Biasanya serum ini saya pakai di masa-masa PMS karena turut membantu dan mempercepat penyembuhan jerawat hormonal yang muncul.

5. For Skins Sake Hyaluronic Acid 

serum hyaluronic acid - for skins sake
Serum hyaluronic acid dari brand lokal For Skins Sake | beautyhaul.com

For Skins Sake atau FSS yang merupakan brand lokal pun tidak mau kalah dengan produk asing. FSS sendiri menunjukkan kualitasnya dengan komposisi 100% HA dan kombinasi vitamin E, MSM, dan teh hijau. Serum hyaluronic acid ini memiliki fungsi utama untuk memberi lapisan hidrasi lebih, mengatasi kulit kering, dan garis halus pada kulit.

Baca juga:  #WajahmuIstimewa: Dove Deep Pure Oil Control Facial Cleanser First Impression

Itulah 5 serum hyaluronic acid yang bisa kamu coba dan beli untuk mendapat segala kebaikannya untuk kulit. Kandungan yang satu ini dapat bekerja sebagai pelembab dan menghidrasi kulit. Secara umum, hyaluronic acid sendiri memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka, menyehatkan, dan melembutkan kulit wajah. Bahkan, tidak sedikit yang merasakan efeknya sebagai anti-penuaan. Saya sendiri suka merekomendasikan serum hyaluronic acid sebagai produk yang bisa dipakai oleh pemula yang baru belajar skincare dasar.

Buat kalian yang sudah tidak sabar merasakan manfaat dari hyaluronic acid, kalian bisa membelinya secara langsung melalui Beautyhaul.com. E-commerce lokal Indonesia yang menjual ribuan produk skincare dan make up dari ratusan brand ternama dengan kualitas terbaik. Meski menggunakan skincare yang tepat sangat penting, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, ya!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: