tips membeli baju bayi
Mom's Story Motherhood Tips & Tell

5 Tips Membeli Baju Bayi untuk Calon Ibu

Buat para calon ibu baru, membeli baju bayi bisa jadi kegalauan tersendiri. Mulai dari lokasi pembelian, ukuran baju, bahan bajunya, dan pastinya pertimbangan harga. Saya pun pernah mengalami dilema demikian. Untungnya orangtua dan mertua banyak memberi masukan saat membeli baju bayi. Berikut ini saya mau sharing sedikit tips dalam memilih dan membeli baju untuk bayi yang baru lahir. Lanjut yuk!

Tips Membeli Baju Bayi a la Mel’s Playroom

1. Beli baju bayi 1-2 ukuran lebih besar

Pertumbuhan bayi pada umumnya sangat pesat. Jadi alangkah baiknya jika kita memilih 1-2 nomor lebih besar agar dapat digunakan jangka panjang. Biasanya para produsen baju bayi membuat ukuran NB (new born) yang bisa dipakai hingga usia 3 bulan. Namun, jika pertumbuhan anak kita lebih cepat (seperti anak kedua saya), baju NB akan cepat mengecil dan nggak sampai umur 3 bulan sudah harus beli baju lagi yang ukurannya lebih besar. Sekarang saja di usia belum genap 2 bulan, anak kedua saya sudah pakai baju untuk usia 3-6 bulan. Masih kebesaran pastinya, tapi tidak berlebihan. Nah, saat mau beli baju bayi, nggak ada salahnya Moms juga menyiapkan beberapa baju NB dan size besar untuk berjaga-jaga.

2. Pilih bahan baju bayi yang aman dan nyaman

Kulit bayi baru lahir sangatlah sensitif, maka dari itu kita harus memastikan bahan baju yang kita pilih harus nyaman untuk kulit bayi. Misalnya terbuat dari 100% katun yang materialnya lebih lembut, adem, dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Selain faktor kenyamanan, kita juga perlu memperhatikan kualitas dari material pakaian bayi. Pastikan baju bayi tersebut tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya untuk bayi. Misalnya tidak mengandung bahan yang bersifat karsinogen seperti bahan pewarna tertentu atau kandungan logam berat yang terekstraksi formaldehida, yang berpotensi membahayakan bayi.

Baca juga: Yang harus disiapkan saat menyambut kehadiran si kecil

3. Pilih warna baju netral

Jika Moms belum tahu atau mungkin belum yakin dengan jenis kelamin sang buah hati, Moms bisa bersiap dengan membeli warna-warna baju bayi yang netral. Pun jika Moms sudah tahu jenis kelaminnya, tidak ada salahnya juga menyiapkan baju berwarna netral agar kelak bisa diwariskan juga ke adiknya (kalau Moms sudah berencana ingin punya 2 anak atau lebih).

4. Siapkan baju berbahan tipis dan tebal

Meski Indonesia hanya memiliki musim kemarau dan musim hujan, hawa pada musim hujan bisa menjadi lebih dingin dari suhu biasa. Agar bayi Moms tetap hangat, jangan lupa sediakan baju berbahan tebal juga jika sewaktu-waktu harus bepergian dalam kondisi cuaca dingin.

5. Jangan membeli baju bayi terlalu banyak

Motif baju bayi yang lucu dan menggemaskan kerap membuat calon ibu khilaf belanja. Rasanya ingin semua model dibeli. Tapi harap diingat bahwa pertumbuhan bayi sangat cepat, membeli baju bayi terlalu banyak malah akan menjadi pemborosan. Bisa-bisa belum semua terpakai sudah keburu nggak muat. Sediakan saja baju hingga usia 6 bulan secukupnya. Kalau pun dirasa kurang, kita bisa tambah beli secara berkala.

tips membeli baju bayi
pixabay.com

Ngomong-ngomong soal beli baju bayi, saya pribadi lebih suka belanja secara online di marketplace atau e-commerce. Selain harga yang lebih murah, pilihan model pun lebih beragam. Di online shop atau marketplace tersebut juga biasanya tersedia beragam pilihan baju bayi import dan lokal yang nggak kalah lucu, menarik, serta harga yang terjangkau. Pasti buat ibu-ibu pejuang budget bakal suka deh 🤭.

Nah, itu sih kira-kira tips membeli baju bayi berdasarkan pengalaman dan beberapa referensi yang bisa saya bagikan di sini. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman calon ibu di luar sana yang lagi menantikan anak tercinta. Happy shopping! 👌

Thank you for reading my article and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

16 Comments

  1. Bermanfaat banget sharingan ini terutama untuk mama yang baru mau melahirkan anak pertamanya ya mba yang suka bingung harus beli apa saja

  2. Pas anak ketiga aku ga beli baju bayi lagi. Hoho. Begitu pulang dari RS baru deh gelagapan. Akhirnya beli online deh. Tapi alhamdulillah ternyata banyak yang ngado baju bayi. Hehe

  3. Suka kalap kalau punya new born baby.
    Padahal kenyataannya baju bayi gakkan kepake lama.

    Bagus banget tipsnya…
    Haturnuhun.

  4. RACHMANITA says:

    Bener banget ya mom ga usah beli baju bayi terlalu banyak kepakenya sebentar soalnya tapi kalau musim ujan juga kadang butuh..hehe

  5. poin terakhir penting banget ya haha maklum ibu2 kalo liat baju buat anak apalagi yang modelnya gemesin gitu pasti pingin beli. aku aja yang belum punya anak, kalo liat baju bayi rasanya pingin beliin ponakan haha

  6. Setuju nih dengan tips yang ditulis diatas. Belajar banget aku dari kelahiran anak pertama dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *