8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

niacinamide1 e1612593456222 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Nama “niacinamide” belakangan ini ramai diperbincangkan oleh para beauty enthusiast. Konon dikarenakan ragam manfaatnya yang bagus untuk merevitalisasi kulit wajah dan mengurangi keluhan pada kulit berminyak dan berjerawat. Supaya lebih jelas, yuk kita bahas lebih lanjut tentang manfaat niacinamide bagi kulit di bawah ini.

Niacinamide atau dikenal juga dengan nama Nicotinamide merupakan bentuk vitamin B3, yang juga menjadi nutrisi penting dan diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan, sistem saraf, dan fungsi kerja otak bergantung pada Niacin ini.

Niacin alami bisa kamu dapatkan pada daging merah, ayam, ikan seperti salmon dan tuna, sayuran hijau, tomat, dan lainnya. Namun, bagi kulit wajah kita yang bermasalah dibutuhkan tambahan Niacin dari luar untuk membantu mengurangi keluhan yang ada. Apa saja manfaat Niacinamide bagi kulit wajah kita?

1. Niacinamide bermanfaat untuk mendorong kekebalan kulit

manfaat niacinamide bagi kulit

Seperti dilansir dari The Beauty Issue, di dalam kulit kita sebenarnya ada sekelompok sel yang bernama sel Langerhans. Sel ini bertanggungjawab dalam memberikan perlindungan dan memperbaiki mekanisme kulit. Namun, jika kulit kita sering terpapar sinar matahari, sel ini justru akan “bersembunyi” dan tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Akibatnya kulit kita malah rentan terhadap invasi mikroba dan kehilangan pertahanan terhadap aktivitas prakanker.
Dengan adanya tambahan kandungan Niacinamide dari luar akan membantu meningkatkan kekebalan kulit kita terhadap mikroba dari luar tersebut.

2. Niacinamide dapat membantu meningkatkan kinerja kelenjar epidermis

manfaat niacinamide bagi kulit

Sel-sel kulit akan bekerja maksimal jika kondisi kelenjar lipid epidermis berfungsi optimal. Kelenjar lipid dalam kulit bekerja untuk menahan kelembaban, menjaga hidrasi kulit dalam waktu yang lama, dan melindungi kulit dari bahaya polusi lingkungan. Niacinamide dapat membantu meningkatkan produksi ceramide, salah satu komponen penting yang diperlukan kelenjar lipid, untuk menjaga kekuatan kulit dan mencegah terjadinya trans epidermal water loss atau hilangnya kelembaban kulit.

Baca juga:  Bhumi Skincare Rawat Kulit Kombinasi

 3. Mengurangi noda bekas jerawat dan kulit kemerahan

allergic reaction rash on face 165a3307329ac95d6955253c494ee6a3 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Pemakaian niacinamide secara teratur dapat membantu meningkatkan struktur kulit sehingga akan mengurangi noda bekas jerawat, kemerahan, dan sensistifitas kulit yang disebabkan oleh polusi lingkungan karena berkurangnya fungsi kerja kelenjar lipid. Dan ini tentunya menjadi salah manfaat niacinamide yang disukai oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

 4. Mengontrol produksi kelenjar minyak

Manfaat niacinamide bagi kulit yang keempat adalah dapat mengontrol kelenjar minyak. Sudah banyak diberitakan bahwa sering mencuci muka untuk kulit berminyak bukanlah solusi yang baik. Salah-salah kulit malah menjadi dehidrasi dan justru membuat kelenjar minyak semakin aktif berproduksi. Efek niacinamide yang memperbaiki kelenjar lipid dapat mendorong terkontrolnya kinerja kelenjar minyak pada kulit wajah. Jadi, bagi kamu yang ingin mengontrol minyak berlebih di wajah dapat mulai mencoba memasukkan niacinamide dalam rutinitas perawatanmu.

 5. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

trueskin image for onsite article feb 14ead43a70ee70d07570bc5977a301fb 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Kulit yang sering terpapar sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mengaktifkan radikal bebas serta memicu produksi sel pigmen yang berlebih. Inilah yang menyebabkan munculnya melanin/ noda hitam di permukaan kulit. Salah satu manfaat niacinamide bagi kulit lainnya adalah dapat melindungi kulit dari panasnya paparan sinar UV matahari.

 6. Mengurangi hiperpigmentasi kulit

photo facial example 78fce158b054e74536399ea2219040e9 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Seperti sudah dijelaskan di atas, paparan sinar UV dapat memicu produksi melanin yang menyebabkan timbulnya noda hitam di permukaan kulit dan membekas (hiperpigmentasi). Noda hitam ini sering menjadi keluhan banyak wanita karena sulit dihilangkan. Niacinamide dapat membantu pigmentasi tersebut dengan memperlambat perpindahan melanin menuju lapisan permukaan kulit. Jika kamu selama ini bingung mencari kandungan yang tepat yang dapat menghilangkan noda hitam, kamu perlu mencoba produk perawatan berbahan niacinamide.

Baca juga:  6 Hal Tentang Sunscreen yang Perlu Diketahui

7. Meminimalisir garis halus dan kerutan di wajah

shutterstock 41563432 f636d3cfea2fa55e64fe35968adb68c9 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Niacinamide ternyata juga dapat mendorong produk kolagen lho! Sudah umum diketahui bahwa kolagen dalam kulit sangat penting karena berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Kolagen dan elastin baru dapat terbentuk akibat fungsi kelenjar lipid yang membaik dan bekerja optimal.

 8. Memperbaiki kulit kusam dan pucat

dior color correctors a315f11ba2ca67511f79d0fae69887d9 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Manfaat niacinamide bagi kulit yang terakhir adalah Niacinamide juga bisa memperbaiki kulit yang kusam dan pucat, akibat aktivitas sehari-hari yang membuat kulit sering terpapar polusi dan stress. Niacinamide juga dapat bekerja sebagai antioksidan dengan kelebihan dapat mengurangi efek buruk polutan dan membuat kulit mengembalikan cahaya alaminya.

Hal lain yang perlu diketahui tentang Niacinamide

niacinamide 1200x672 acf cropped 8850e04268d2f0c86d0845ba6737a14f 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit
  • Kandungan optimal yang disarankan dalam pemakaian niacinamide adalah sebesar 10%.
  • Perhatikan daftar komposisi produk perawatanmu. Jika “niacinamide” berada pada baris pertama maka kandungan tersebut tergolong cukup tinggi komposisinya. Dianjurkan untuk memilih produk dengan niacinamide berada di baris pertama daftar komposisi dibandingkan yang sudah mendekati akhir daftar.
  • Jangan gunakan niacinamide berbarengan dengan vitamin C. Ini dikarenakan vitamin C dapat menetralisir niacinamide sehingga tidak akan bekerja dengan baik. Jika kamu harus menggunakan vitamin C, maka gunakanlah terpisah, bisa niacinamide di siang hari dan vitamin C di malam hari. Update 2020 – sebuah artikel tentang Niacinamide dan Vitamin C di Beauty Journal menyatakan bahwa kedua bahan tersebut aman digunakan bersamaan. Selengkapnya silahkan baca di sini.
  • Niacinamide lebih efektif digunakan di siang hari karena keampuhannya dalam mengontrol minyak.
  • Untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan produk niacinamide dalam bentuk serum atau essence sebelum pemakaian krim pelembab dan sunscreen.

Ternyata banyak juga ya manfaat niacinamide untuk kulit kita. Nggak heran kalau kandungan satu ini hampir selalu ada di setiap produk skincare. Apakah di antara kalian sudah ada yang pernah mencoba produk perawatan berbahan niacinamide ini? Bagaimana kesan dan pengalaman kamu setelah memakainya?

Baca juga:  Mengatasi Masalah Kulit dengan Face Oil, Bisakah?

Sumber featured image: Shasmtoaster

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

7 Comments

  1. aku suka banget sama niacin! dia bener-bener ngebantu aku buat balikin warna kulit ke aslinya 🙂

  2. Aku pernah baca beberapa artikel tentang Niacinamide ini. Cuma belum tahu banyak produk apa saja yang pakai bahan ini di produk yang ada di pasaran. Setau aku ada Olay yaa?
    Thanks ya informasinyaa 🙂

    1. Iya, Olay juga ada sih. Aku pernah lihat komposisinya. Tapi perlu liat komposisi lain juga, takutnya ada yg nggak cocok sama kulit kita.
      Thanks for reading ^^

  3. Aku lagi suka bgt nih sama Niacinamide, rasanya mau beli semua skincare yang ada kandungan ini tapi kan nanti jadi over ya. Lagi mau coba yang The Ordinary krna lumayan murah harganya.
    Thanks for sharing! 🙂
    http://www.zeillamudev.com

    1. Iya, jangan kebanyakan juga, nanti malah nolak kulitnya hehehe.. Kalau mau lebih berefek sih pilih serum/ krim pelembab, lainnya bisa pake produk yg menghidrasi kulit aja.
      Kalau mau tes cocok nggaknya, coba beli sample dulu aja biar ga nyesek hehehe
      Thanks for visiting ya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: