Ainie Sabun Sirih Manjakani, Bersihkan Area Wanita dengan Praktis

sabun sirih ainie manjakani

Ada nggak di sini yang pernah coba memakai air rebusan daun sirih untuk membasuh area kewanitaan? Saya sendiri pernah lho karena dikasih tahu sama mama kalau sabun sirih baik untuk bersihin miss V. Tapi sekarang sudah ada cara yang lebih praktis dengan tetap memanfaatkan kebaikan daun sirih, yakni tinggal pakai Ainie Sabun Sirih Manjakani.

Daun sirih sudah diteliti secara medis memiliki zat yang dapat menyembuhkan infeksi, pendarahan, dan membunuh zat mikororganisme. Secara general, daun sirih tidak hanya khusus diperuntukan membersihkan miss v saja, tapi juga kasus alergi kulit atau infeksi pada bagian tubuh lainnya.

Penggunaan daun sirih untuk membersihkan area kewanitaan tentu saja untuk membunuh pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus yang mungkin ada di sana. Pasalnya, area kewanitaan merupakan area yang paling lembab di tubuh dan berpotensi menjadi tempat hidup parasit dan mengakibatkan masalah. Sebut saja seperti aroma tak sedap, gatal-gatal dan keputihan ringan. Kalau keputihannya sudah parah dan mengganggu, sebaiknya langsung konsultasi ke obgyn saja ya.

Cara menggunakan daun sirih sebagai pembersih tradisional sangat mudah. Cukup rebus 3-5 helai daun sirih dengan air sepanci hingga mendidih. Dinginkan dan pakai air tersebut saat mandi untuk membasuh miss v. Namun, cara ini lumayan nggak time and travel friendly. Tatkala kita sedang terburu-buru atau harus bepergian, tidak mungkin rasanya kita bisa menggunakan air rebusan daun sirih ini, kan? Oleh karena itu, sekarang ini sudah tercipta produk pembersih wanita dengan ekstrak daun sirih yang time and travel friendly di pasaran. Salah satunya adalah Ainie Sabun Sirih Manjakani. Kenapa saya merekomendasikan produk ini?

Packaging Ainie Sabun Sirih Manjakani

Ainie Sabun Sirih Manjakani

Packaging wise, kemasan baru Ainie Sabun Sirih Manjakani ini sangat travel friendly. Bagaimana tidak? Dikemas dalam botol plastik berukuran 100 ml yang mungil dan disertai pump, membuat botol sabun ini sangat mudah dibawa kemanapun. Dengan model pump dan ada penutupnya, kita nggak perlu takut bocor ketika dibawa bepergian.

Selain itu, desain kemasan yang modern membuat tampilan botol sabun terlihat lebih kekinian. Sesuai dengan karakteristik perempuan milenial yang serba modern. Meski banyak pepatah bilang don’t judge a book by its cover, tapi tetap saja tampilan kemasan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Ya kan? Kalau desain lamanya yang cenderung old school, bisa jadi kurang menarik untuk dibeli oleh target marketnya.

Ingredients Ainie Sabun Sirih Manjakani

Ainie Sabun Sirih Manjakani

Aqua, Sodium C12-18 Alkyl Sulfate, Cocamide DEA, Piper Betle (leaf) Extract, Lactic Acid, Lauryl Glucoside, Quercus Infectoria Gall Extract, Hydroxypropyl Methylcellulose, Fragnance, PEG-40, Farnesol, Menthol, CI.14720, CI.19140, CI.42090, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone

Penjelasan singkat:

  • Sodium C12-18 Alkyl Sulfate, masih serumpun dengan sodium lauryl/ laureth sulfate yang berfungsi untuk menghasilkan busa.
  • Piper Betle (leaf) Extract, ekstrak daun sirih untuk membunuh mikroba dan mengobati infeksi.
  • Lactic Acid, senyawa untuk eksfoliasi yang termasuk dalam keluarga AHA dan berasal dari susu. Sifatnya lebih mild dan berfungsi untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, dan gatal.
  • Quercus Infectoria Gall Extract, ekstrak manjakani yang Secara farmakologi memiliki zat anti virus anti bakteri, anti jamur, dan anti inflamasi.
  • Menthol, memiliki sifat sebagai antiseptik yang dapat menghambat kuman dan analgetik.

Baca juga: Wahai Wanita, Tunjukkan Kekuatan Kita pada Dunia

Texture & Scent

Tekstur dari Ainie Sabun Sirih Manjakani ini berupa gel dengan warna kecoklatan seperti yang tampak pada kemasan. Namun, setelah dipompa keluar, warna coklatnya menjadi tidak kentara dan terlihat menjadi bening. Meski mengandung ekstrak daun sirih, manjakani, dan parfum, nyatanya sama sekali tidak ada aroma khusus yang menonjol dari sabun ini. Selayaknya sabun biasa tanpa ada bau-bauan yang mengganggu.

Cara pakai

Penggunaan sabun ini sangat mudah. Cukup keluarkan sabun secukupnya ke telapak tangan, busakan dengan air, basuh area miss v dengan sabun, diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air bersih. Saya pribadi biasanya cukup mengeluarkan sebanyak 1x pump saja.

Review

Ainie Sabun Sirih Manjakani adalah pembersih untuk organ intim kewanitaan yang diformulasikan secara khusus dengan antimikroba dan kombinasi ekstrak bahan-bahan alami. Meski masih mengandung soda api untuk menghasilkan busa, untungnya busa yang dihasilkan sabun ini tidak lebay. Busa sabunnya juga tidak menyebabkan rasa gatal atau iritasi. Ya, sudah seharusnya demikian ya. Kalau malah berefek negatif, siapa yang mau beli? Hehehe…

Selama menggunakan sabun ini sih saya nyaman-nyaman saja dan tidak ada kendala apapun. Penggunaannya sangat mudah dan praktis serta bisa dibawa ke mana saja. Selain miss v menjadi lebih bersih, aroma tak sedap jadi berkurang dan pastinya menjaga kesehatan miss v kita juga.

Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya tidak menggunakan sabun ini setiap hari agar tidak merusak pH alami dan bakteri baik miss v. Sama halnya dengan tidak menggunakan air rebusan daun sirih alami setiap hari untuk alasan yang sama. Sebab pada dasarnya miss v kita juga punya kemampuan untuk membersihkan secara alami. Produk pembersih baik tradisional maupun buatan pabrik sifatnya sebagai komplementer saja.

FYI, Ainie Sabun Sirih Manjakani merupakan produk dalam negeri yang ditelurkan oleh PT Sekawan Kosmetik Wasantara. Produk ini sudah terdaftar di BPOM dan mengantongi label halal MUI. Untuk mendapatkannya bisa melalui offline store maupun online seperti di Tokopedia atau Shopee seharga Rp 23.000,- saja. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website mereka di www.skw.co.id.

Sumber referensi artikel:

  1. Halodoc
  2. Lifestyle Okezone
  3. Wikipedia

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

18 Comments

  1. Yang paling saya suka tuh kemasannya, pas banget dibawa ke mana-mana, pun juga saya cocok makenya, jadi makin suka deh 🙂

  2. Pernah si mba tapi dulu banget waktu ada masalah di area miss v. Sekarang praktis ya kalo ada sabun kayak ainie gini..

  3. Saya juga pakai ini kok mbak, beneran nyaman, keset dan wangi…hehehe dannnn makin disayang sama suami…hehehe

  4. Kalau urusan kebersihan kewanitaan memang perlu hati2 ya dalam pemilihan produknya, soon mau nyobain ini juga

  5. Packagingnya menarik banget pakai pump gitu biasanya aku pakai yg tutup flip aja. Ntr cobain yang ini juga deh.

  6. Ampuh kan menghilangkan rasa gatal di area kewanitaan? Suka sebel nih sama area kewanitaanku yg suka gatal-gatal. Huhu.

  7. Aku baru pertama kali tau ada Ainie Sabun Sirih Manjakani ini, untuk ukuran segitu lumayan juga yaa harganya pun sangat terjangkau dibawah 25 ribu

  8. Wah ada produk baru lagi nih untuk pembersih area kewanitaan. ternyata pake cairan pembersih gini tuh ga boleh tiap hari ya. Untung saja selama ini aku pakenya ya sesekali, ternyata malah bisa ngerusak pH alami miss v ya kalau keseringan.

  9. kemasannya cakep ya, btw ini bisa dipakai semua umurkah Mba atau oleh orang-orang yang sudah menikah saja?

    1. dari sejak udah menstruasi juga uda boleh pake kok 🙂

  10. memang lebih praktis kemasan gini ya daripada harus merebus dulu. Tapi kadang kalau badan capek aku mandinya pakai air hangat yang dicampur daun sirih hihihihi, selain wangi mungkin sugesti ya jadi lebih fresh aja 🙂

    1. wah ada teknik baru lagi nih. bisa buat dipake mandi juga ya? hehehe

  11. Aahh, iya beb. Pake sabun khusus kewanitaan ini emang sebaiknya jangan setiap hari. Sesekali aja kalo lagi pengen pake, apalagi kalo pengen baunya wangi xixixiii 🙂

  12. Penting banget buat menjaga kebersihan organ kewanitaan. Ainie ini oke banget karena mengandung sabun sirih yang oke 🙂

  13. Wah ada kandungan Mentholnya ya, itu berarti kayak dingin2 gitu gak sih?
    Bentuknya pump jadi enak ya, praktis and higenis.

    1. gak terlalu berasa sih ya mentholnya, ga yang sedingin pasta gigi hehe

  14. abis pake ini berasa keset nggak mels, aku pernah coba beginian dari brand lain, udahannya ga enak, keset kering gitu 🙁

    1. nggak ci yang ini. adem ayem aja hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: