Event Mom Blogger Gathering Mom's Story Motherhood

Ajari Anak Pola Hidup Sehat, Frisian Flag Luncurkan Zuzhu dan Zazha

Peluncuran karakter Frisian Flag Zuzhu dan Zazha dimaksudkan untuk turut meningkatkan literasi gizi dan mengajarkan pola hidup sehat pada anak-anak melalui media digital. Ya, saat ini media digital sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari anak. Tak jarang kita temui anak batita sekarang saja sudah disuguhkan tontonan melalui Youtube. Memberikan tontonan melalui gadget dan Youtube sebenarnya tidak selalu berdampak buruk dengan catatan orangtua turut mendampingi dan membimbing sang anak dari apa yang ditontonnya.

frisian flag zuzhu zazha

Data menunjukkan bahwa anak-anak masa kini kerap menghabiskan waktu setidaknya 2-3 jam sehari dalam mengonsumsi media digital, entah itu televisi maupun via internet. Anak-anak belajar dari meniru apa yang dilihatnya, maka dari itu kemunculan karakter Zuzhu dan Zazha tidak hanya menjadi sekadar maskot belaka, tapi akan muncul dalam bentuk e-comic dan film pendek animasi dengan tema cerita yang inspiratif dan edukatif, serta dekat dengan kehidupan sehari-hari anak-anak.

Kami berharap kehadiran sosok Zuzhu dan Zazha dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, guna menanamkan pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, sekaligus pengenalan terhadap susu sebagai pilihan minuman sehat dan aman, yang mendukung penerapan gaya hidup sehat sejak dini.

Aliah Shalihah, Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia

Baca juga: Bantal Anti Peang dari Mooimom

Animasi merupakan salah satu media yang digemari anak-anak karena sifatnya yang full color, menarik, dan menyenangkan. Maka dari itu, konten animasi dapat juga menjadi salah satu media pembelajaran karakter bagi anak-anak, selain tentunya dari lingkungan terdekat seperti orangtua, guru, dan teman sebaya.

Ki-ka: Ronald Surapradja (MC), Bambang Gunawan Santoso (Animator), Aliah Shalihah (Head RTD FFI), Putu Andani, M.Psi (Psikolog), Rani Wijaya (Senior Marketing Manager Alfamart)

Psikolog anak, Putu Andani, M. Psi juga menuturkan bahwa konten animasi juga dapat membantu anak melatih internalisasi karakter positif melalui tokoh yang memiliki sikap jujur, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif, dan lain sebagainya. Namun, tetap saja orangtua harus mendampingi sang anak dan memberikan bimbingan terkait dari apa yang ditontonnya. “Ketika mendampingi anak menonton konten animasi, orang tua wajib mengetahui alur cerita dan sifat dari setiap karakter secara baik, sehingga tetap ada pengawasan, sekaligus menjadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak”, ujarnya dalam acara konferensi pers peluncuran karakter Zuzhu dan Zazha di Teater Garuda TMII tanggal 29 September 2019 lalu.

Pemanfaatan karakter animasi untuk mengajarkan pola hidup sehat pada anak juga turut disetujui oleh animator Indonesia, Bambang Gunawan Santoso. Menurutnya, animasi memiliki daya tarik visual tersendiri pada anak-anak melalui penggunaan warna-warna yang cerah dan tentunya alur cerita yang menjadi nyawa utama konten animasi. Bagaimana mengemas pesan baik melalui cerita agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Metode inilah yang digunakan Frisian Flag Indonesia untuk menciptakan dan mengembangkan karakter Zuzhu dan Zazha.

frisian flag zuzhu zazha
Penyerahan piagam MURI kepada Frisian Flag Indonesia

Baca juga: Jangan Sampai Salah Rawat Kulit Bayi

Dalam rangka memperkenalkan karakter Zuzhu dan Zazha ini, Frisian Flag Indonesia turut menggandeng jaringan ritel minimarket terkemuka di Indonesia, yakni Alfamart. Bersama Alfamart, FFI menyelenggarakan lomba menggambar dan mewarnai yang melibatkan 16.000 anak di 16 kota Indonesia. Pada tanggal 29 September kemarin saja, lomba menggambar dan mewarnai ini diadakan serentak di 7 kota, yakni: Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Semarang, Malang, Bandar Lampung, dan Purwakarta. Di hari yang sama pula, Frisian Flag resmi memecahkan rekor MURI ke-4nya dalam kategori pengadaan lomba mewarnai terbesar di Indonesia.

Karakter Zuzhu dan Zazha dapat ditemukan pada setiap kemasan susu Frisian Flag Milky yang memiliki 2 varian rasa: cokelat dan stroberi, baik ukuran 115 ml dan 180 ml. Saat ini susu Frisian Flag Milky sudah tersedia di 13.000 gerai Alfamart se-Indonesia. Yuk, mari kita sama-sama dukung pemanfaatan animasi untuk menanamkan pola hidup sehat pada anak sejak dini!

Tentang Frisian Flag

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah salah perusahaan susu terdepan di Indonesia yang menyediakan produk bernutrisi untuk anak-anak dan keluarga dengan merek FRISIAN FLAG®, FRISO®, SUSU BENDERA®, dan OMELA®. FRISIAN FLAG® telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia sejak 1922.

Sebagai bagian dari FrieslandCampina, salah satu koperasi peternak sapi perah terbesar dunia yang berpusat di Belanda, FFI mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal, agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang diperoleh dari susu.

FFI mengoperasikan fasilitas produksi di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur, dengan berbagai portofolio produk seperti susu cair, susu bubuk, dan susu kental manis.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.frisianflag.com

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

22 Comments

  1. wah kemasan baru ya, ini susu favoritku dari kecil hingga sekarang 😀 enak dan sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *