AQUA Home Service Solusi Bisnis di Masa Pandemi

AQUA Home Service merupakan sebuah program dari Danone AQUA sebagai solusi bisnis di masa pandemi, dan juga untuk turut membantu pemerintah dalam pemberdayaan perempuan melalui usaha mikro.

Situasi pandemi di tahun ini menjadikan segalanya menjadi tidak pasti. Tidak sedikit kelompok usaha maupun perorangan yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi. Demi menopang kebutuhan rumah tangga, tidak sedikit pasutri yang akhirnya mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan, supaya dapur tetap ngebul.

Untuk menjawab kekhawatiran masyarakat tersebut, Danone AQUA hadir dengan membawa program AQUA Home Service. Sebuah program bisnis UMKM yang bisa dijalani dari rumah oleh para ibu rumah tangga. Program ini turut dipaparkan dalam acara webinar Danone AQUA yang bertajuk “Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga“. Webinar ini diselenggarakan pada tanggal 13 Oktober lalu pukul 14.00 – 15.30 WIB, yang turut dihadiri oleh:

  • Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat KPPPA
  • Eva Lusiana, VP Sales Operation Danone AQUA
  • Ratih Retno, Emerging Channel Director Danone AQUA
  • Tasya Kamila, Public Figure & Mompreneur
  • Nani Heryani, pemilik usaha AHS Widya

Apa itu program AQUA Home Service?

Program AQUA Home Service

AQUA Home Service (AHS) sejatinya adalah program kemitraan dengan Danone AQUA dimana individu yang mendaftar dapat membuka toko yang khusus menjual air minum AQUA dalam kemasan galon. Seperti yang sudah disinggung di atas. Program AHS ini memrioritaskan ibu rumah tangga sebagai pelaku bisnis utamanya. Kenapa memilih ibu rumah tangga, yang notabene adalah perempuan?

Baca juga: Tantangan Menjadi Freelancer Mom dengan 2 Anak

Seorang perempuan yang sudah menjadi ibu rumah tangga pastinya memiliki kewajiban utama untuk mengurus keluarganya. Oleh karena itu, tidak sedikit juga perempuan berkarir yang kemudian berhenti dari kantor untuk sepenuhnya melaksanakan tanggung jawabnya. Dengan menjalani bisnis UMKM yang bisa dipantau dari rumah, tentunya akan memberi keleluasaan sehingga mereka bisa membagi waktu antara mengurus keluarga dan bisnisnya. Tidak ada keterikatan waktu laksana pekerjaan kantoran.

Partisipasi perempuan dalam ekonomi dapat memacu produktifitas dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan

Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, KPPPA

Selain itu, data dari Bank Indonesia pada tahun 2018 menyatakan bahwa ternyata total UMKM di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dengan lebih dari 60% dikelola oleh perempuan. Angka UMKM yang dikepalai oleh perempuan, terutama ibu rumah tangga, diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan tren ekonomi yang bergerak ke arah ekonomi domestik di tahun 2020 ini termasuk dalam situasi pandemi saat ini.

Sejalan dengan prioritas Kemen PPPA untuk melibatkan lebih banyak lagi perempuan berwirausaha terutama di sektor mikro mengingat sebagian besar pelakunya adalah perempuan. Program AHS memberdayakan perempuan dengan mengadakan kelas, sesi berbagi, dan pelatihan. Harapannya, mereka dapat langsung berpraktik sebagai Duta Kebaikan bagi lingkungan dan keluarganya sekaligus mengambil peran sebagai distributor mikro produk AQUA yang dapat membantu perekonomian keluarga.

Kenapa harus bergabung menjadi mitra AHS?

Benefit mitra AQUA Home Service

Skema bisnis UMKM yang dirancang oleh Danone AQUA untuk tidak memberatkan pelaku usaha dengan modal yang besar. Sistem bisnis tidak menggunakan sistem bagi hasil, tanpa biaya berlangganan, dan memiliki tingkat risiko yang kecil. Selain itu, AHS juga menjanjikan para pelaku bisnis bisa balik modal dalam waktu 1 tahun saja! Tentunya apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Program AHS adalah wujud komitmen Danone-AQUA untuk senantiasa menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup kepada lebih banyak keluarga Indonesia.

Ratih Retno, Emerging Channel Director Danone AQUA

Program AQUA Home Service dikemas sedemikian rupa agar para pelaku usaha juga bisa memperoleh keuntungan yang signifikan dari kegiatan usahanya. Danone AQUA tidak begitu saja lepas tangan setelah menerima modal pengusaha, tapi juga memberikan program pembekalan dan pelatihan bisnis baik untuk pemilik hingga karyawan pengantarnya.

Testimoni mitra AQUA Home Service
Testimoni mitra AHS

Dalam webinar tersebut juga terdapat sesi testimonial dari salah seorang mitra AHS, yakni Nani Heriyani, pemilik dari AHS Widya. Ibu Nani menuturkan pengalamannya bergabung menjadi mitra AHS karena diawali oleh pemikiran bahwa suaminya yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak dapat selamanya bekerja. Akan tiba saatnya sang suami harus pensiun dan setelah pensiun bagaimana mereka akan menjalani hidup?

Baca juga: Alasan Wanita Harus Mandiri Secara Finansial

Ibu Nani merasa kurang nyaman jika kelak hanya mengandalkan uang pensiunan suami untuk hari tua. Maka dari itu, beliau berkeinginan untuk membantu meringankan beban suami dengan menjadi mitra AHS. Ibu Nani juga mengamini adanya program pembekalan tentang mengelola bisnis dari AQUA turut membantu kemajuan usahanya. Saat ini, beliau sudah memiliki 3 karyawan dan melayani 4.000 order setiap bulannya. Beliau juga turut aktif dalam komunitas mitra AHS dan membantu menjawab pertanyaan seputar bisnis dari para anggota mitra AHS yang baru.

Bagaimana cara bergabung menjadi mitra AHS?

Untuk bergabung menjadi mitra AHS ternyata syaratnya nggak sulit. Cukup dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Syarat menjadi mitra AQUA Home Service
Syarat mitra AQUA Home Service

Setelah memenuhi persyaratan di atas dan resmi terdaftar, mitra AHS juga akan mendapat bonus tambahan senilai 1,6 juta++ yang hadir dalam bentuk:

Cukup mudah dan menarik bukan penawaran programnya? Rasanya baru kali ini saya menemukan perusahaan yang peduli dan menciptakan model bisnis UMKM untuk perempuan. Dengan hadirnya AQUA Home Service ini, semoga dapat menjadi peluang usaha terbaik yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Jika Moms tertarik untuk bergabung atau sekadar bertanya lebih lanjut tentang program AQUA Home Service, dapat dilakukan via website www.sehataqua.co.id atau live chat official whatsapp AQUA di nomor 0822 8888 8873.

Info lebih lanjut: www.aqua.co.id

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

19 Comments

  1. Programnya juara deh, salut sama Danone Aqua yang kalau aku perhatikan tuh emang peduli banget yaa. Dengan adanya AHS ini para perempuan bisa membantu perekonomian keluarga.

  2. Apa aku doang disini yg ga pake aqua galon 😶

  3. Tetanggaku ada nih yg jd bisnis ini jg

  4. Aqua mmg da best bgt si idenya uk memberdayakan kaum perempuan bener2 sgt bermanfaat apalagi dims pandemi spt ini. Smoga besok2 terwujud punya ahs jg

  5. Baru tau program gini

  6. kabar bagus nih.. jadi bisa buka bisnis di rumah

  7. Wah menarik ya programnya ciii

  8. Jadi walaupun di rumah aja bisa punya bisnis rumahan kayak gini ya, syaratnya susah ga ci?

  9. mudah diakses. sayang yaa rumah saya masuk gang, ntar ngambil galon aqua dr ujung gang agak susah. huhu jd pengen nabung, lalu punya hunian di tepi jalan besar biar bs kembangkan usaha, gabung jd mitra aqua jg

  10. Aku tuh pengguna aqua galon Kak
    senangnya dapat kabar ini, jadi bisa dibuat bisnis juga ya.
    Pengen ah, ntar diskus dulu sama suami.

  11. Kabar gembira ini yaa..
    Aqua membuka lapangan pekerjaan yang luas untuk siapa saja dengan syarat dan ketentuan yang mudah untuk dipenuhi.

  12. Waah keren juga yaa program Aqua Home Service ini, syaratnya pun cukup mudah dan keuntungannya pun banyak

  13. aku baru tahu program baru dari AQUA dan melihat syarat dan ketentuan menjadi partner AHS sangat memudahkan sih kalau menurut aku, biayanya pun terbilang terjangkau sesuai dengan benefit yang diterima, jadi tertarik untuk ikutan

  14. Wah ini bisa jadi salah satu solusi untuk ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan tambahan ya, bermanfaat banget infonya. Terima kasih ya

  15. Menarik banget ini bisa buat nambah penghasilan. Hitung2 sambil belajar usaha sendiri kecil2an boleh juga yaah

  16. Jadi sekarang tuh para ibu rumah tangga tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan ya kak, enaknya lagi ini bisa dikerjakan di rumah.

  17. Wah iya nih aku jg mmeikirkan nanti pensiun gmn. Enak yan UMKM yang join program ini dapat pelatihan dan pendampingan gtu utk mengembangkan bisnisnya.

  18. ini bisa jadi peluang usaha juga ya mba Mels buat kaum perempuan yang pengen punya pendapatan. keren niy mba Aqua Home Service ini bisa menghasilkan kalau kita lakukan dengan serius dan sungguh-sungguh. jadi tertarik juga niy pengen tahu lebih banyak sistemnya kayak apa

  19. Keren banget ya programnya Danone Aqua ini bisa membantu para UMKM yang memang butuh pemasukan lebih dengan memberdayakan para perempuan agar tetap semangat membantu para suami mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: