Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum Review

Aura Bright Glutathione

Lagi! Serum lokal berbasis Glutathione dan Vitamin C milik artis ternama, yakni Aura Bright dari Aryani Fitriana. Serum ini rupaya sudah cukup banyak juga diulas oleh beauty blogger. Mengandung bahan aktif ascorbic acid yang terkenal berefek kuat, kira-kira gimana ya reaksinya di kulit saya?

Serum pencerah kulit sepertinya sedang naik daun belakangan ini. Terbukti dari cukup banyakanya brand baik lokal maupun luar negeri yang memproduksi serum seperti ini. Tak terkecuali merk lokal seperti Aura Bright. Terus terang saja, saya memiliki pengalaman mengesankan saat menggunakan serum ini. Soalnya baru kali ini saya mencoba serum yang bahan aktifnya berupa ascorbic acid, bukan turunannya seperti produk-produk sebelumnya yang pernah saya pakai.

Pengalaman mengesankannya adalah karena saya merasakan efek cekit-cekit saat menggunakan serum ini. Dan butuh sedikit trik untuk meredam efek cekit-cekit akibat ascorbic acid ini. Bagaimana triknya? Nanti akan saya jelaskan di bawah ya.

Tanpa berlama-lama, yuk langsung saya kita kenalan sama serum Aura Bright Glutathione & Vitamin C ini.

Tentang produk Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum

Kemasan

Aura Bright Glutathione

Serum Aura Bright dikemas dalam botol pipet kaca berwarna biru gelap, sebagaimana harusnya serum vitamin C dikemas. Sayangnya produk ini tidak memiliki kemasan luar. Ketika sampai di tangan saya, serumnya hanya dikemas dengan bubble wrap saja. Selain itu hanya terdapat segel berupa stiker pecah telur yang menempel di antara tutup dan badan botol. Informasi lengkap tentang produk, seperti kegunaan, komposisi, cara pakai, nama perusahaan, dan nomor BPOM, tertera pada label yang melapisi badan botol tersebut.

Baca juga: Cara Mengecek Nomor BPOM

Karena botolnya terbuat dari kaca dan sifat serum yang rentan teroksidasi, sudah pasti serum ini akan lebih nyaman dipakai selama kita di rumah. Dalam arti kurang nyaman untuk dibawa bepergian, apalagi jika kita tidak tahu apakah akan ada kulkas di tempat tujuan. Botolnya juga terbuat dari kaca yang rentan pecah.

Tekstur dan aroma

Aura Bright Glutathione

Serum Aura Bright ini memiliki tekstur yang cair berwarna bening transparan dan memiliki aroma hangus, mirip dengan produk serum pencerah lokal juga yang sempat saya review sebelumnya. Saat dipakai, tekstur serum lumayan cepat meresap dan tidak menimbulkan sensasi lengket atau berminyak sama sekali. Jadi, nggak perlu menunggu lama untuk lanjut ke tahapan skincare selanjutnya.

Pada hari pertama pemakaian, saya sempat nggak begitu ngeh kalau serum ini harus disimpan pada suhu 5-15ºC alias kulkas. Jadi, pas hari kedua pemakaian saya mendapati cairan serum mulai kekuningan. Akhirnya saya baru tersadar dan membaca lagi label produknya, lalu setelah itu segera saya simpan di kulkas.

Perhatikan apabila cairannya mulai berwarna coklat tua, sebaiknya serum tersebut tidak digunakan lagi karena sudah tidak efektif.

Cara pakai

Untuk pemakaian ini biasanya saya menuangkan 2-3 tetes serum, lalu diaplikasikan ke seluruh wajah dan leher.

Karena habis disimpan di kulkas, saat dipakai jadi ada sensasi dinginnya, bikin skincare-an makin enak deh. Terus setelah serum, saya lanjutkan dengan pelembab dan sunscreen di pagi hari.

Serum ini emang lebih banyak saya pakai di pagi hari, malamnya saya memilih menggunakan anti-aging. Belum nyoba dicampur sih, mungkin suatu hari akan memberanikan diri mixing serum hehehe…

Komposisi

Aura Bright Glutathione

Asorbic acid, glycerin, niacinamide, PEG-40 Hydrogenated Castor oil, Phenoxyethanol, zinc PCA, Aqua, Butylene Glycol, Gluconolactone, Glutathione, Hydroxyethylcellulose, Galactomyces ferment filtrate,Cetylpyridinum chloride

Keterangan:

  • Ascorbic acid, bahan utama dari serum, penjelasan lengkap di bawah artikel. Karena menempati urutan pertama, sudah pasti tingkat konsentrasinya sangat tinggi. Jangan kaget ketika menggunakan serum ini akan terasa cekit-cekit.
  • Niacinamide, salah satu kandungan pencerah kulit yang populer dan manfaat lengkapnya bisa dibaca di artikel ini.
  • Gluconolactone, merupakan salah satu bentuk PHA (poly hydroxy acid) yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit tapi juga mampu menambah hidrasi dan kelembaban kulit, memiliki fungsi anti radang dan antioksidan. Kandungan PHA lebih gentle dibandingkan AHA/ BHA sehingga aman digunakan untuk kulit kering dan sensitif.
  • Glutathione, merupakan zat pencerah kulit juga yang aman digunakan pada kulit. Selengkapnya bisa dibaca di sini.
  • Galactomyces ferment filtrate, zat yang didapatkan dari hasil fermentasi jamur galactomyces yang biasa terdapat dalam sake. Berfungsi untuk melembapkan, mencerahkan, mengontrol produksi sebum, mengurangi jerawat, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Seharusnya jangan dinamai Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum

Kok gitu?

Mengenai komposisi bahan sih saya nggak ada keluhan apapun ya, hanya saja menurut saya agak kurang tepat menamakan serum Glutathione & Vitamin C. Soalnya sewaktu mendengar nama produk ini, awalnya saya berpikir kandungan Glutathione akan berada di deretan atas komposisi bahan. Namun ternyata yang menjadi bintang utama adalah si vitamin C alias ascorbic acid. Glutathione-nya sendiri justru berada hampir pada baris terakhir urutan. Akan lebih elok jika disebut sebagai serum vitamin C saja sih, IMHO. Mungkin karena Glutathione sendiri lagi populer kali ya di pasaran, jadi ikut dijadikan nama produk.

Selanjutnya, saya akan lebih banyak membahas tentang ascorbic acid-nya ya, karena bahan glutathione sudah pernah saya bahas sebelumnya di artikel ini.

Mari kenalan dengan ascorbic acid, si bintang utama

Aura Bright Glutathione

Ascorbic acid atau biasa dikenal dengan nama L-Ascorbic Acid (LAA) merupakan zat pokok dari vitamin C itu sendiri. Karena merupakan zat pokok, LAA menjadi bahan yang paling efektif untuk mencerahkan kulit, menyembuhkan luka, memperkuat jaringan kulit, serta melindungi kulit dari berbagai penyakit. Vitamin C juga dikenal kaya kan antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Pemakaian serum vitamin C disertai sunscreen di pagi hari sangat dianjurkan agar mendapatkan hasil dan perlindungan kulit yang optimal.

Namun, serum berbasis LAA ini memiliki kekurangan yang terletak pada sifat zat yang tidak stabil karena mudah teroksidasi–berubah warna dan aroma. Maka dari itu, serum vitamin C yang berbahan LAA biasanya dikemas dalam botol gelap agar tidak mudah teroksidasi saat terkena cahaya matahari. Setelah dibuka, penyimpanannya pun harus di dalam suhu dingin, seperti kulkas untuk memperlambat proses oksidasi. Meski demikian, serum vitamin C jenis ini harus segera dihabiskan karena daya tahannya yang relatif pendek. Pendeknya, walau sudah disimpan di kulkas tetap bukan berarti menangkal oksidasi, hanya memperlambatnya saja.

Dampak lain dari serum berbahan LAA adalah adanya kemungkinan terjadi iritasi pada kulit sensitif. Tidak heran sih karena serum ini memberikan efek cekit-cekit saat kita memakainya. Diperlukan trik khusus untuk meredam efek cekit-cekit tersebut. Bagaimana triknya? Simak penjelasannya berikut ini.

Trik meredakan efek cekit-cekit serum Aura Bright Glutathione & Vitamin C

Nah, ini bagian yang ditunggu-tunggu kan? Hehehe…

Di awal artikel kan saya juga sudah singgung ya kalau pemakaian serum vitamin C dari Aura Bright ini menimbulkan efek cekit-cekit di kulit saya. Akhirnya untuk meredam efek cekit-cekit tersebut, saya melakukan 3 trik berikut:

1. Jangan gunakan produk yang mengandung vitamin C lainnya

Hari pertama pemakaian, dengan polosnya saya berpikir kalau menggunakan toner yang mengandung vitamin C juga mungkin bakal memberikan hasil lebih bagus lagi. Well, nyatanya saya salah besar. Saat saya share kombinasi ini beserta efek cekit-cekit-nya di Instagram Story, salah seorang teman skincare enthusiast membisiki agar sebaiknya tidak menggunakan toner vitamin C juga karena dikhawatirkan kombinasi keduanya akan menyakit kulit.

Saya pun lantas berpikir bisa jadi demikian adanya karena konsentrasi vitamin C ini juga sudah tergolong tinggi. Akhirnya, saya menyiasati pemakaian dengan cara kedua di bawah ini.

2. Double toning

Yes, inilah cara kedua saya untuk meredam efek cekit-cekit dari si serum vitamin C. Karena reaksi toner dan serum vitamin C tidak nyaman di kulit, saya kemudian berpikir tentang bahan yang memiliki fungsi melembabkan dan menenangkan kulit. Terlintas di benak saya tentang kandungan hyaluronic acid, aloe vera, dan centella asiatica. Kemudian saya coba riset lagi tentang efek kombinasi vitamin C + HA di internet. Dan hasilnya ternyata mengejutkan!

vitamin C + hyaluronic acid
Sumber: google.com

Sebenarnya HA ini nggak harus dalam bentuk toner sih, bisa juga dalam bentuk serum. Namun, karena saya belum punya serum yang murni berbahan HA, jadinya saya mencoba dengan produk toner. Jadi, sebelum memakai serum Aura Bright, saya semprot dulu dengan face mist lalu menggunakan hydrating toner.

3. Menggunakan pelembab soothing cream

Langkah terakhir setelah menggunakan serum Aura Bright Glutathione dan Vitamin C adalah dengan mengaplikasikan pelembab yang mempunyai efek penenang. Saya menggunakan produk pelembab dari Korea yang mengandung triple hyaluronic acid dan centella asiatica untuk benar-benar meredam efek cekit-cekitnya.

Baca juga: Basic Skincare Mudah Buat Pemula

Dengan melakukan 3 trik di atas, saya cuma merasakan efek cekit-cekitnya sepersekian detik saja. Tidak seperti pada awal pemakaian yang salah kaprah itu. Buat kawan-kawan yang sensitif dengan serum vitamin C, mungkin bisa mencoba trik ini juga. Jangan lupa untuk share hasilnya ya, apakah teredam juga atau ternyata malah nggak?

Hasil pemakaian

Setelah mempelajari komposisi bahan dan mencoba langsung menggunakan serum ini, saya suka sekali karena tidak ada efek negatif yang timbul di kulit saya. Bisa dibilang saya baru kali ini menggunakan serum dengan kombinasi bahan unik seperti di atas. Terutama kandungan gluconolactone (asam glukonat) dan galactomyces ferment filtrate-nya.

Jujur saja, kulit saya itu sensitif sama kandungan AHA dan BHA. Sudah 3x mencoba produk berbahan tersebut dan hasilnya kulit saya breakout. Ketika mendapati asam glukonat merupakan bagian dari PHA, saya bahagia kulit saya bisa menerimanya. Saya jadi ingat produk eksfoliasi berbahan PHA juga yang ramah di kulit saya dan sudah pernah saya bahas di blog ini. Meski jauh lebih gentle, tetap saja setelah menggunakan produk berbahan PHA kita harus menggunakan sunscreen keesokan paginya.

Bicara soal vitamin C pasti kita juga ingin melihat efektifitasnya dalam mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat dong. Nah, berikut ini langsung saja saya bagikan foto selama 2 minggu pemakaian serum Aura Bright Glutathione dan Vitamin C.

Keterangan:
1. Foto kiri (before) – diambil pada tanggal 21 September 2020 atau hari ketiga pemakaian
2. Foto kanan (after) – diambil pada tanggal 2 Oktober 2020 atau hari ketiga belas pemakaian

Seperti yang terlihat pada foto di atas, untuk tingkat kecerahan dan bekas jerawat sepertinya belum terlalu nampak signifikan di kulit saya. Namun saya akui kalau serum ini memiliki efek hidrasi yang lumayan sehingga membuat kulit terasa lebih sehat dan tidak kusam. Mari kita lihat lagi nanti kalau serum ini sudah habis terpakai, apakah akan ada perubahan yang lebih signifikan atau tidak. Untuk update-nya bisa dicek di Instagram saya @melsplayroom.

Informasi pembelian

Buat kalian yang mau mencoba Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum ini bisa dibeli via Shopee. Klik aja link di bawah ini ya:

Btw, kawan-kawan sudah ada yang pernah pakai juga belom? Kalau sudah, serum ini bikin cekit-cekit juga nggak sih di kalian? Dan bagaimana hasilnya di kulit?

Thanks for reading and see you in the next post!

Referensi artikel: journal.sociolla.com, theshonet.com, timelessha.com

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

14 Comments

  1. aku lagi cari nih serum vitamin C, thanks ya reviewnya ^^ aku suka deh dengan tekstur yang cepat meresap seperti tekstur aura bright ini, kita jadi bisa cepet untuk lanjut ke next step, ga harus kipas2 dulu, hehe..

  2. Bagian porinya kentara banget ya, lebih kecil gitu

  3. Banyak kok ce penamaan skincare yg pke bahan dideretan bawah. Mereka bias nyari nama2 unik aja sih kadang yg jarang diexpose brand lain, atau justru dipake yg banyak dicari orang…

  4. makin banyak ya sekarang produk serum, yang Aura ini belum pernah cobain, suka sama warna botolnya biru gitu ya mba Mels tapi isinya tetep bening. mengandung Vitamin C jadi saya harus test dulu, penasaran pengen cobain

  5. Beneran konsumennya kritis banget kaya kak Mels…Aku merasa banyak dapet ilmu setelah baca blog kak Mels.
    Jadi vitamin C itu bukan bahan pencerah yaa..

    1. Vitamin C bahan pencerah teh, cuma di aku sepertinya belum kelihatan signifikan

  6. hasil akhirnya cukup menghidrasi ya? cocok nih kayaknya buatku. komposisinya juga masih aman buat wajahku.

  7. Aku blm cobain huhu ini kayanya bagus yaa produknya nih kecil2 cabe rawit hihi. Ingrrdientsnya juga msh aman di aku nih.

  8. Wah sekarang beberapa selebriti kita memiliki produk kecantikan ya, jadi semakin banyak produk lokalnya. Apalagi ini juga bagus banget ya produknya, jadi penasaran juga pengen nyobain.

  9. Belum pernah cobain nih, packagingnya cantik warna biru favorite aku. Jadi penasaran nih mau coba juga.

  10. biasanya kalo serum vit c, memang bagus untuk pencerahan ya mbak. cuma dari pengalamanku, kadang kalo kulit muka mudah berjerawat, kudu ati2 karena bisa memicu tumbuhnya jerawat baru.

  11. Baru tau kalau serumnya harus disimpan di kulkas. Saya ikut merasakan sensasi dinginnya serum ini saat diteteskan ke kulit saat keluar dari kulkas

  12. iya PHA tuh turunan ke tiga etelah AHA BHA jadi lebih aman buat yang pengen coba tapi nggak kuat sama AHA BHA, aku jadi penasaran sama produk ini

  13. kalau aku malahan pakai AHA BHA masih bisa kak, serum vitamin C malahan yang kadang bikin ruwet wkwk.. Tapi aku lagi mau coba produk ini juga sih, semoga aku cocookk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: