Bardi IP Camera, Bantu Orangtua Pantau Keamanan Anak di Rumah

Bardi IP Camera

Ingin punya CCTV indoor untuk memantau keamanan anak di rumah kini nggak perlu mahal. Cukup dengan memiliki Bardi IP Camera, kita bisa memantau aktivitas anak lewat smartphone. Harganya 300 ribuan rupiah aja kok. Murah kan? Tapi secanggih apa ya fiturnya?

Meski bekerja dari rumah, seringkali kita harus berada di ruangan yang terpisah dari anak. Tentunya kita jadi nggak bisa secara penuh mengawasi mereka. Walau mungkin ada pengasuh yang bisa membantu, tetap saja jangan sampai kita lengah ketika anak tidak berada dalam pengawasan langsung.

Memasang CCTV di dalam rumah bisa menjadi salah satu opsi terbaik ketika kita atau keluarga terdekat tidak bisa memantau anak secara langsung. Masalahnya harga CCTV bisa dibilang tergolong mahal dan belum tentu bisa dijangkau oleh banyak orang. Untungnya kini sudah ada Bardi IP Camera persembahan Bardi Smart Home, yang bisa menjadi solusi bagi kita yang membutuhkan IP Cam dengan harga terjangkau.

Bardi IP Camera bisa dipasang dimana saja dengan mudah dan cepat

Ketika membeli Bardi IP Camera ini, kita akan mendapat 1 buah boks yang berisikan item berikut:

  • 1 buah Bardi IP Camera
  • 1 buah kepala charger
  • 1 buah kabel data
  • 1 buah double tape
  • 1 buah kertas panduan

Ringkas dan nggak neko-neko ya isinya.

Untuk memasang Bardi IP camera ini, kita bisa taruh dengan mendudukannya atau dipasang terbalik pada plafon. Cukup dengan menempelkan double tape pada bagian alas kamera, lalu tempel pada titik lokasi yang diinginkan.

Baca juga: Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Online di Goto Hardware

Tangkai Bardi IP Camera bersifat lentur sehingga kita bisa atur angle penglihatan sesuai kebutuhan. Di sekitar kepala kameranya terdapat beberapa lubang yang berfungsi sebagai:

Ya, kamera ini memungkinkan kita untuk mendengar percakapan yang terjadi dalam ruangan yang kita pantau dan ikut berkomunikasi seperti menggunakan walkie-talkie. Pada bagian belakangnya terdapat lubang speaker dan tombol reset yang berfungsi sebagai tombol daya, sekaligus untuk mengkoneksikan kamera dengan aplikasi Bardi Smart Home di ponsel.

Instalasi Bardi IP Camera

Untuk bisa mengintegrasikan kamera dengan aplikasi, dibutuhkan koneksi wi-fi sebagai perantara. Selebihnya tinggal mengikuti petunjuk yang ada pada kertas panduan atau bisa menonton video tutorialnya di Youtube berikut ini:

Baca juga:  Menyambut Kehadiran Si Kecil, Apa Saja yang Harus Disiapkan?
Tutorial instalasi Bardi IP Camera

Catatan:
Pastikan aplikasi Bardi Smart Home tidak dalam kondisi mode gelap agar kode QR bisa terbaca. Saya sempat mengalami kendala di sini karena kamera tidak mau scan kode QR dari layar HP saya. Setelah kembali ke mode terang, barulah kamera bisa melakukan scanning dan menyelesaikan proses integrasi dengan cepat.

Jika suatu waktu kita mematikan kamera, maka kita harus mengulang cara instalasi di atas agar kamera menyala kembali.

Fitur Bardi IP Camera

Bardi IP Camera 10 Bardi IP Camera, Bantu Orangtua Pantau Keamanan Anak di Rumah

Setelah berhasil terhubung, layar ponsel akan memperlihatkan situasi ruangan yang tertangkap kamera. Dari sini kita bisa mengarahkan angle sesuai yang kita kehendaki. Kalau misalnya kita mau menempatkan kamera secara terbalik, jangan lupa untuk menyalakan fitur flip screen pada aplikasi sehingga gambar yang kita lihat kembali normal.

Fitur lain yang menurut saya nggak kalah canggih adalah kamera ini bisa menangkap gambar dalam kondisi gelap (night mode). Ketika kita beranjak tidur dan harus mematikan lampu, kamera akan tetap dapat merekam isi ruangan. Sebagai lokasi penyimpanan rekaman, kita bisa menggunakan Micro SD up to 128 GB atau via cloud.

Kualitas gambar yang ingin dilihat bisa kita atur pada format SD atau HD. Jika ingin screenshot, rekam, berbicara, sudah tersedia juga fiturnya. Bahkan juga ada fitur alarm lho. Fitur alarm di sini bisa digunakan untuk mendeteksi gerakan dan suara. Jadi, misalnya ketika kita harus meninggalkan anak dalam kondisi tidur, kita bisa menyalakan fitur ini sehingga ketika anak terbangun dan menangis, kita akan mendapatkan notifikasinya.

Bardi IP Camera 06 Bardi IP Camera, Bantu Orangtua Pantau Keamanan Anak di Rumah

Alarm ini juga bisa dijadwalkan sesuai kebutuhan kita. Misalnya ketika kita harus bekerja selama 4 jam, kita tinggal atur alarm ini akan nyala sampai jam berapa. Pun jika ritme kerja kita ini durasinya teratur, alarm bisa kita pasang dalam mode ‘repeat‘ atau pengulangan setiap hari pada jam yang sama.

Kemudian untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di dalam ruangan, kita bisa menekan tombol speaker dan mikrofon bergantian, seperti layaknya walkie-talkie. Fitur ini berguna banget untuk saya jika butuh memberikan arahan pada si sulung yang sudah bisa berkomunikasi.

Bardi IP Camera 07 Bardi IP Camera, Bantu Orangtua Pantau Keamanan Anak di Rumah
Pojok kiri bawah, tombol untuk mengaktifkan/ mematikan speaker dan mikrofon

Pertanyaan selanjutnya, apakah kamera ini hanya bisa terkoneksi pada 1 ponsel saja? Bagaimana kalau pasangan juga mau ikut memantau anak-anak dari kamera? Jangan khawatir kawan karena Bardi Smart Home sepertinya sangat mengerti kebutuhan orangtua. Bardi IP Camera ini bisa terhubung pada lebih dari 1 HP dengan menggunakan fitur home management dan kita bisa menambahkan akun anggota keluarga yang dirasa perlu ikut memantau melalui kamera.

Baca juga:  Natur Miracle Brightening Serum Review

Langkah pertama, kita perlu masuk ke halamanme dan pilih home management. Di dalamnya kita bisa mengatur ‘rumah’ kita dan ruangan yang mau diintegrasikan dengan produk Bardi. Setelah selesai menambahkan ‘rumah’, kita bisa mengundang suami/ istri/ orangtua untuk bisa turut memantau anak melalui Bardi IP Camera. Tentunya orang yang mau kita tambahkan harus mengunduh dan mendaftarkan e-mail di aplikasi Bardi Smart Home ya.

Pengoperasian kamera ini bergantung sepenuhnya pada daya listrik dan dirancang untuk tetap hidup selama 24/7 non-stop. Tapi tidak perlu khawatir karena voltase kamera ini cukup rendah, yakni 5V 1A dan menggunakan daya maksimal 5 watt sehingga tidak akan memberatkan daya listrik di rumah. Ilustrasi perhitungan biayanya sebagai berikut:

Estimasi biaya listrik PLN Rp 1,500/ kwh:
((5 watt x 24 jam x 30 hari) / 1000 ) x Rp 1,500 = Rp 5,400 per bulan

Panjang kabel Bardi IP Camera ini memang tidak terlalu panjang. Bisa jadi saat memasang di suatu titik, kita membutuhkan kabel ekstension. Nah, jika membutuhkan kabel ekstension, Bardi juga punya kabel sambung pintar yang bernama Bardi Extension Power Strip

Bardi Extension Power Strip membantu kita menghemat listrik dan ramah anak-anak

Produk Bardi Extension Power Strip juga bisa dikontrol melalui smartphone. Dalam satu stripnya terdapat 5 soket dimana soket kelima berupa 3 pcs port USB yang bisa kita gunakan untuk mengisi baterai gadget tanpa kepala charger. Namun sepertinya port USB ini belum mendukung fast charging sehingga apabila gadget kita tipe fast charging, sebaiknya tetap menggunakan kepala charger-nya. Cara untuk mengintegrasikan soket dengan aplikasi juga sangat mudah. Kita tinggal mengikuti instruksi pada kertas panduan.

Pada semua soket Bardi Extension Power Strip juga terdapat lampu indikator berwarna biru yang menandakan soket tersebut aktif atau mati. Ya, masing-masing soket bisa kita hidup/ matikan melalui aplikasi Bardi Smart Home. Asyik ya, kita jadi bisa menghemat listrik dengan mematikan soket yang tidak terpakai.

Bardi IP Camera 09 Bardi IP Camera, Bantu Orangtua Pantau Keamanan Anak di Rumah

Menariknya lagi, kita bisa menyunting nama pada setiap soketnya tersebut dan mengatur jadwal on/ off si soket. Tak hanya itu, aplikasi Bardi Smart Home juga menyediakan fitur hitung mundur yang bermanfaat banget saat kita mencharge gadget. Misalnya kita butuh waktu 4 jam untuk charge HP, setelah 4 jam soket akan mati dengan sendirinya. Cocok banget nih buat kita yang suka charge HP sambil ditinggal tidur supaya nggak overcharging.

Selain itu menurut saya Bardi Extension Power Strip ini aman banget buat kita yang memiliki anak di rumah. Seandainya lupa mematikan, kita bisa atur dari jarak jauh selama terhubung dengan wi-fi. Salah satu sisi positif dari tidak adanya saklar indikator manual pada setiap soketnya selain saklar utama.

Baca juga:  Terra Beaute Skincare Review

Kesan saya ketika menggunakan produk Bardi Smart Home

Saya biasanya menggunakan Bardi IP Camera untuk memantau anak-anak yang sedang berada di dalam kamar ketika saya harus ke dapur atau melakukan aktivitas lain. Saya bisa melihat kondisi si bungsu, yang baru berusia 1 tahun dan belum bisa berkomunikasi tapi sudah nggak bisa diam, untuk memastikan keamanannya. Jika dirasa membahayakan, saya bisa segera menghampiri atau berkomunikasi dengan fitur suara pada kamera melalui kakaknya.

Saya suka banget dengan adanya terobosan Bardi Smart Home pada produk elektronik rumah tangga yang bisa mempermudah hidup kita. Terutama sebagai orangtua yang harus mengawasi dan menjaga keamanan anak-anak tersayang. Kita bisa memiliki konsep rumah pintar dan canggih tanpa bikin kantong bolong karena harga-harga yang dibanderol Bardi Smart Home masih relatif terjangkau oleh kalangan menengah.

Selain itu, semua produk Bardi Smart Home sudah bisa terhubung dengan aplikasi pihak ketiga seperti Google Assistant, dimana kita bisa memberikan perintah suara. Saya sendiri tidak mencoba fitur ini karena belum terbiasa. Tapi buat kawan-kawan yang sudah terbiasa, fitur ini pastinya akan sangat membantu. 

Informasi pembelian

Bardi IP Camera 15 Bardi IP Camera, Bantu Orangtua Pantau Keamanan Anak di Rumah

Bagi kawan Mel’s Playroom yang ingin membeli produk Bardi IP Camera dan Bardi Extension Power Strip bisa langsung menekan tombol di bawah ini ya:

Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website Bardi Smart Home atau Instagram @bardismarthome.

Bagaimana menurut kalian? Tertarik mau punya konsep smart home juga kayak gini nggak? Hehehe… Anyway thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

13 Comments

  1. produk Bardi ini sih ngebantu banget, ga khawatir charge laptop pakai Extentionnyaaaa <3

  2. Wah canggih banget ini alatnya recomend banget buat keamanan dirumah

  3. thanks rekomendasinya mba, aku baru tau kalau ada gadget beginian untuk memantau kegiatan anak. selama ini aku nggak pakai sih mba, cuma kepikiran untuk cari2

  4. IP camera bardi ini jadi ngingetin aku sama drakor please dont date him. Persis ini yang dipake pacarnya si tokoh utama yang ditaruh di rumahnya. Aku belum punya, ini buat pantau segala aktivitas anak ya dan keluarga. Aku butuh buat emak nih kak kayaknya soalnya kan di kamar udah nggak bisa ngapa2in.

  5. Baru tahu tentang produk Bardi dan membantu sekali ya untuk orangtua yang ingin memantau anak-anak jika berjauhan, teknologi semakin canggih dan memudahkan ya

  6. Dulu sempet kepikiran jamannya anakku masih kecil beli cctv dan sekarang fleksibel banget yaa si Bardi ini mb mel

  7. wah bagus ya niy mba, bisa jadi solusi ibu-ibu yang bekerja atau sedang bepergian untuk tetap ngawasin anaknya biar tetap aman. bagusnya bisa share juga ya lebih dari 1 HP, bisa saya rekomendasiin ke saudara saya yang punya anak2 di rumah yang diurus orang lain, biar anaknya tetap aman juga niy, harganya juga affordable banget ya hanya 300ribuan

  8. Bardi ini pilihan ibu jaman now banget yaaa mb, apalagi yang bekerja di luar rumah jadi bisa tetap memantau anak-anak melalui cctv

  9. aku sempat mau beli ini mels, buat ngawasin anak di rumah saat papihnya ninggalin buat jemput aku pulang kantor hahaa

    1. Hi Kak, jika ingin mengenal produk BARDI lebih detail, sekarang kami punya virtual showroom ya kak, jika ingin berkonsultasi mengenai produk Bardi secara online bisa ke link di bawah ini untuk booking schedule

      https://bardi.co.id/virtual-showroom/

  10. Wah sangat membantu sekali ya mbak, jadi bisa risau sebab bisa pantau anak-anak di ruang mana pun kita berada

  11. wahhh.. thank you ya bund rekomendasinya.. Pas banget aku udah mau lahiran, penting bgt cctv ini untuk pantau anak.. Terima kasih..

  12. Seru juga ya untuk ngerjain kegiatan sehari-hari jadi lebih gampang. Baru tau ada yang ginian haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: