Bayar Apapun Cukup Isi Saldo GoPay

isi saldo gopay

Transaksi non tunai sudah mulai marak digunakan sejak kemunculan Gojek dengan fitur GoPay-nya. Tak hanya untuk membayar jasa yang disediakan dari Gojek, tapi sekarang sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran elektronik untuk apa saja. Sebut saja ketika ingin jajan di mall, beli pulsa, atau bayar tagihan listrik, internet, dll, cukup dengan isi saldo GoPay, semua pembayaran lunas seketika! Sekarang ini, saya pun lebih sering bertransaksi pakai GoPay dan di artikel kali ini saya mau mengulas apa sih kelebihan GoPay dan kenapa saya suka banget transaksi pakai GoPay.

Kemudahan bertransaksi non tunai

isi saldo gopay

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, sebagian besar keperluan pembayaran saya sudah dapat diakomodasi oleh GoPay. Memang belum semua fitur GoPay sudah saya gunakan, tapi beberapa di antaranya sering saya gunakan, yakni:

Berbelanja di offline dan online merchant

Biasanya ketika sedang jalan-jalan di mall, saya sering menggunakan GoPay untuk bertransaksi, entah membeli baju, produk kecantikan, atau sekadar jajan makanan dan minuman. Apalagi saat ini masih berjalan promo cashback, pastinya jadi lebih menguntungkan buat kita.

Untuk belanja online, saya pernah menggunakannya ketika bertransaksi di salah satu e-commerce kecantikan. Cara pakainya juga gampang, tinggal pilih cara bayar dengan GoPay, lalu kita akan diarahkan untuk masuk ke aplikasi Gojek, kemudian konfirmasi pembayaran deh.

Membeli pulsa/ paket data

Fitur ini juga suka saya gunakan karena cukup memotong saldo GoPay tanpa harus ribet. Pilihan paket data-nya juga relatif lebih murah sedikit dibanding harga yang saya harus bayarkan jika membeli via marketplace atau e-banking.

Masih ada lagi buat kamu yang rutin membayar tagihan ini-itu setiap bulannya, GoPay juga menghadirkan fitur untuk memudahkan kamu membayar segala tagihan. Katakanlah seperti tagihan PLN, PDAM, BPJS Kesehatan, TV Kabel & Internet, hingga multifinance dan voucher games buat kamu para gamers. Fitur ini bisa kamu temukan di GoBills.

top up gopay

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Kemudahan isi saldo GoPay

Semua fasilitas di atas bisa dinikmati hanya dengan memastikan isi saldo GoPay kita sudah mencukupi untuk memenuhi pembayaran. Cara untuk isi saldo/ top-up GoPay pun kini sudah dipermudah. Jika kamu sedang super kepepet dan kesulitan akses ke ATM/ online banking, kamu bisa mendatangi driver Gojek terdekat (tanpa biaya admin) atau pergi ke Alfamart/ Pegadaian untuk minta isi saldo GoPay.

Sementara jika kamu tergolong mobile people, Gojek juga sudah menyediakan beragam fitur pembayaran mobile seperti:

  • BCA OneKlik
  • Mobile banking
  • Internet banking
  • ATM
  • SMS banking
cara isi saldo gopay

Mau isi saldo via aplikasi Gojek langsung juga bisa, tapi syaratnya kita sudah harus mengaktifkan fitur BCA OneKlik dulu yang terkoneksi dengan m-BCA. Di sana, kita sudah diberikan pilihan berapa nominal yang hendak dimasukkan, mulai dari 49.000 hingga 199.000 atau sesuai limit harian top-up (maksimal 1 juta) yang kita input sewaktu pertama kali menghubungkan BCA OneKlik dengan GoPay.

Kenapa nominalnya berujung angka 9? Karena untuk pengisian saldo selain lewat driver Gojek, akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 1.000,-, jadi ketika memotong saldo di bank jumlahnya genap 50.000/ 100.000/ dst. Jumlah yang wajar saja sih menurut saya karena aplikasi GoPay ini sendiri sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Selain BCA OneKlik, metode pembayaran lainnya juga cukup mudah dan panduan untuk isi saldo GoPay setiap bank sudah tersedia di website Gojek serta bisa diakses juga via aplikasi.

Baca juga: Cara Bertransaksi Tanpa Mesin EDC

Benefit tambahan jika upgrade ke GoPay Premium

gopay premium

Apa kenyamanan fitur GoPay hanya sebatas penjelasan di atas saja? Tentu tidak, dong! Ada benefit tambahan lagi jika kita meng-upgrade akun ke GoPay Premium, yang salah satunya menjadi favorit saya, yaitu: transfer ke sesama GoPay. Ya, kalau kita misalnya tiba-tiba butuh dana GoPay cepat atau harus bayar bill restoran bersama teman, saya sering menggunakan fitur ini. Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk menggunakan fitur transfer:

  • Bayar ke nomor HP terdaftar di kontak
  • Bayar via scan GoPay code
cara transfer gopay

Langkah-langkah untuk melakukan transfer GoPay sebagai berikut:

  1. Klik Pay pada halaman utama Gojek
  2. Pada halaman Pay tersebut kita bisa pilih tombol phone number dan pilih nomor HP teman yang dituju untuk melakukan pembayaran. Cara kedua adalah dengan scan GoPay Code milik teman. Pada bagian ini, teman perlu membuka aplikasi Gojek > more > request agar kita bisa scan kodenya.
  3. Masukkan jumlah transfer yang diinginkan, lalu klik confirm.
  4. Klik pay pada halaman konfirmasi.
  5. Masukkan pin GoPay atau scan sidik jari untuk menyelesaikan proses transfer.
  6. Terakhir kita akan mendapat notifikasi keberhasilan transaksi dan bisa mengecek kembali riwayat transaksi di fitur history.

Sebaliknya jika kita yang membutuhkan dana tambahan atau orang lain mau transfer GoPay ke kita, kita tinggal membuka aplikasi Gojek > more > request. Cara transfer seperti ini bisa juga dong digunakan sebagai alternatif untuk isi saldo GoPay tanpa biaya admin!

Selain fitur transfer ke sesama GoPay, dengan upgrade Premium kita juga dapat menarik saldo GoPay kembali ke saldo bank terdaftar, hanya saja untuk fitur penarikan ini kita akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500,-. Dan… masih ada lagi, GoPay baru-baru ini juga meluncurkan fitur split bill dimana kita bisa patungan bareng teman-teman! Cara menggunakan fitur split bill bisa dibaca di halaman ini.

Berminat untuk upgrade ke GoPay Premium? Caranya juga mudah banget kok! Cukup dengan submit foto e-KTP dan foto selfie dengan e-KTP kamu. Setelah di-approve oleh Gojek, kamu bisa langsung menggunakan fitur GoPay Premium seperti di atas.

cara upgrade gopay premium

Keamanan yang sudah lebih terjamin

Buat kamu yang masih ragu untuk mengisi saldo GoPay karena khawatir dengan faktor keamanan, kamu nggak perlu takut karena GoPay ini pengoperasiannya sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kita sendiri juga dapat ikut melakukan langkah preventif dengan melakukan 3 hal ini:

cara mengamankan gopay

Menarik banget kan fitur-fitur dari GoPay ini? Makanya saya sekarang suka banget kalau bayar apa-apa pakai GoPay. Cepat, mudah, dan cashless! Mau isi saldo GoPay pun sudah gampang banget. Kalau menurut teman-teman sendiri bagaimana pengalamannya selama menggunakan GoPay? Diskusi yuk di kolom komentar.

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

36 Comments

  1. sama kayak aku juga kemana-mana gak bawa uang tunai lagi alias cashless pakai gopay ? lebih praktis dan aman!

  2. karena saya tinggal di kota kecil, belum banyak mechat offline yang menawarkan pembayaran pakai go pay mbak, tapi memang sih harus diakui kalau go pay ini amat memudahkan dalam bertransaksi

  3. dengan teknologi akan memudahkan kita ya

  4. saya juga user loya gopay ni sis mel…dan sering banget dpt voucher diskon alfamart ^_^

  5. Gopay ini ngebantu banget kalo sering order gofood. Soalnya ongkirnya jauh lebih murah haha.

  6. Paling seneng pakai Gopay apalagi pas ada cashback, seneng banget deh hehehe. Sekarang ketinggalan dompet gak masalah yah asalkan saldo gopay on terus hehe.

  7. Aku lagi proses mau upgrade akun Gopay nih ditolak melulu foto KTPnya 🙂
    Kayaknya sih udah motret dengan benar tapi kok tetep ga diterima sama Gopay-nya. Ntar kuulangin lagi deehh..

  8. Gopay memang bermanfaat banget deh. Lupa bawa dompet gpp asal masih ada saldo gopay. Sayangnya aku belum bisa upgrade karena gagal terus verifikasi KTP nya huhuhu

  9. Aku rajiiiin pakai Gopay terutama klo ada promo. Etapi baru tau lho ada Gopay Premium. Saldo Gopay Premium-nya mantap juga ituhhh.

  10. Aku juga suka pakai go-pay karena banyak promo menarik ya yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan

  11. Ajaib banget pakai GoPay ini memang yaa..
    Selain banyak benefit yang ditawarkan selain kemudahan, ada cashback juga..
    Aaaiih~
    Jadi pengin upgrade ke premium.

  12. Andalan banget emang kalau pakai Gopay. Jadi mau urus apapun juga lebih mudah. Pas buat kita yang mobile juga ya

  13. Iya kak, sekarang terbantu banget dengan dompet gopay ini, gak perlu bawa uang cash banyak banyak selain resiko tinggi juga punya uang cash, ribeut kalau ga ada kembaliannya huh. Jadi sekarnag pakai gopay aja . Mudah

  14. Waahh udah bnyak bgt pembayaran yg bisa dibayar pakai gopay ya. Aq kyknya kudet bgt ini, belom aktifin gopay. Jd pengen daftar aja kyknya

  15. Gopay memang oke banget. Sangat praktis bayar di mana2, terus diskon lagi. Bayar gojek juga gampang!

  16. Gopay andalan akuuu.. beli aplikasi, beli makan, pake gopay. Asal bayar parkir jangan pake gopay yaa.. bikin macet kalo pas sinyalnya susah hahah

  17. Pake gopay emg yg paling cpt dan mudah, apalagi bisa dpt cashback haha. Bisa buat pembayaran offline dan online jg

  18. Bener nih ada go-pay jadi bisa bayar apapun ya. Aku aja langganan streaming drama korea bayarnya pakai go-pay. Hahaha. Ditambah suka banyak promo juga kalau mau beli apapun. Nggak pernah kelupaan aku isi go-pay mah ?

  19. jujur aja suka sedih kalau isi gopay karena ada biaya admin nya hiks hiks, padahal di sebelah sih gratis :”” Tapi yasudahlah tak apa, semua ada plus minusnya sih yaa XD

    1. Kalo di sebelah gratis karena blom dapat otorisasi OJK katanya say. ?

  20. aku pakai gopay juga buat bayar macam2 mels, lumayan ya cash backnya hahaa aku bulan kemarin dapat cashback nyaris 100rb dari transaksi 500rb an 🙂

  21. Andalan aku banget nih mba pakai gopay untuk membeli apapun. Lebih murce juga dan sering ada promo-promo

  22. Saya senang menggunakan Gopay. Enak, jadi nggak usah bawa duit banyak-banyak. Sayangnya saya baru bisa menggunakan Gopay pada merchant makanan. Belum pernah ketemu merchant fashion atau kosmetik yang menggunakan Gopay.

    1. Di drugstore macam watsons, guardian, century udah bisa juga lho kak ?

  23. Sekarang emang lebih praktis ya beb, aku juga suka pakai gopay aja soalnya banyak cashback dan lebih ringkes gausah bawa dompet yang gede

  24. Nah ini, skrg emang jamannya cashless, akupun belanja selalu pake gopay .. isi saldo jg gampang tinggal mbanking aja hihi

  25. Gopay juga selalu jadi andalanku, mulai dari bayar tagihan sampai jajan. Memang lebih nyaman pakai dompet elektronik, nggak repot bawa uang cash dan nungguin kembalian 🙂

  26. Aku juga sering banget transaksi pake gopay. Enak ga ribet. Ga perlu bawa uang banyak kemana2 cukup lwt hp.

  27. Aku juga pake gopay, semua jadi oebih mudah sih menurutku apalgi sering ada promo juga kan ?

  28. Aku belum pernah pake gopay dan setelah baca ini jadi pengen pake gopay biar gak ribet lagi kalo mau beli pulsa

  29. Memang aplikasi gopay ini sangat” membantu sekali dalam hal pembayaran. Ga perlu ribet” lagi kalau mau bayar listrik, beli pulsa, dll

  30. Aku juga pakai gopay, buat makan, beli pulsa, beli pulsa listrik, transfer2, praktis dan gag ribet…

  31. Emg sepraktis itu skrang apa2 bisa.online gitu ya beb

  32. Wah aku juga pake gopay, memang jaman sekarang kalo gak pake gopay itu rasanya hambar,gopay emang multifungsi deh,aku sangat terbantu dengan gopay.

  33. Aku kemarin sempet lihat postingan kaka diinstagram soal gopay dan akhirnya baca. Aku juga sering pakai gopay buat beli pulsa praktis enggak ribet

  34. Aku jga suka banget pake gopay… Mudah banget anti ribet… Apalgi kalo ada cashback an, asli lngsung tinggal cus… Skrg jga ada paylater kan… Jdi makin makin deh pake gopay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
Ooops! Do not copy and share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: