isi saldo gopay
Miscellanous

Bayar Apapun Cukup Isi Saldo GoPay

Transaksi non tunai sudah mulai marak digunakan sejak kemunculan Gojek dengan fitur GoPay-nya. Tak hanya untuk membayar jasa yang disediakan dari Gojek, tapi sekarang sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran elektronik untuk apa saja. Sebut saja ketika ingin jajan di mall, beli pulsa, atau bayar tagihan listrik, internet, dll, cukup dengan isi saldo GoPay, semua pembayaran lunas seketika! Sekarang ini, saya pun lebih sering bertransaksi pakai GoPay dan di artikel kali ini saya mau mengulas apa sih kelebihan GoPay dan kenapa saya suka banget transaksi pakai GoPay.

Kemudahan bertransaksi non tunai

isi saldo gopay

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, sebagian besar keperluan pembayaran saya sudah dapat diakomodasi oleh GoPay. Memang belum semua fitur GoPay sudah saya gunakan, tapi beberapa di antaranya sering saya gunakan, yakni:

Berbelanja di offline dan online merchant

Biasanya ketika sedang jalan-jalan di mall, saya sering menggunakan GoPay untuk bertransaksi, entah membeli baju, produk kecantikan, atau sekadar jajan makanan dan minuman. Apalagi saat ini masih berjalan promo cashback, pastinya jadi lebih menguntungkan buat kita.

Untuk belanja online, saya pernah menggunakannya ketika bertransaksi di salah satu e-commerce kecantikan. Cara pakainya juga gampang, tinggal pilih cara bayar dengan GoPay, lalu kita akan diarahkan untuk masuk ke aplikasi Gojek, kemudian konfirmasi pembayaran deh.

Membeli pulsa/ paket data

Fitur ini juga suka saya gunakan karena cukup memotong saldo GoPay tanpa harus ribet. Pilihan paket data-nya juga relatif lebih murah sedikit dibanding harga yang saya harus bayarkan jika membeli via marketplace atau e-banking.

Masih ada lagi buat kamu yang rutin membayar tagihan ini-itu setiap bulannya, GoPay juga menghadirkan fitur untuk memudahkan kamu membayar segala tagihan. Katakanlah seperti tagihan PLN, PDAM, BPJS Kesehatan, TV Kabel & Internet, hingga multifinance dan voucher games buat kamu para gamers. Fitur ini bisa kamu temukan di GoBills.

top up gopay

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Kemudahan isi saldo GoPay

Semua fasilitas di atas bisa dinikmati hanya dengan memastikan isi saldo GoPay kita sudah mencukupi untuk memenuhi pembayaran. Cara untuk isi saldo/ top-up GoPay pun kini sudah dipermudah. Jika kamu sedang super kepepet dan kesulitan akses ke ATM/ online banking, kamu bisa mendatangi driver Gojek terdekat (tanpa biaya admin) atau pergi ke Alfamart/ Pegadaian untuk minta isi saldo GoPay.

Sementara jika kamu tergolong mobile people, Gojek juga sudah menyediakan beragam fitur pembayaran mobile seperti:

  • BCA OneKlik
  • Mobile banking
  • Internet banking
  • ATM
  • SMS banking
cara isi saldo gopay

Mau isi saldo via aplikasi Gojek langsung juga bisa, tapi syaratnya kita sudah harus mengaktifkan fitur BCA OneKlik dulu yang terkoneksi dengan m-BCA. Di sana, kita sudah diberikan pilihan berapa nominal yang hendak dimasukkan, mulai dari 49.000 hingga 199.000 atau sesuai limit harian top-up (maksimal 1 juta) yang kita input sewaktu pertama kali menghubungkan BCA OneKlik dengan GoPay.

Kenapa nominalnya berujung angka 9? Karena untuk pengisian saldo selain lewat driver Gojek, akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 1.000,-, jadi ketika memotong saldo di bank jumlahnya genap 50.000/ 100.000/ dst. Jumlah yang wajar saja sih menurut saya karena aplikasi GoPay ini sendiri sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Selain BCA OneKlik, metode pembayaran lainnya juga cukup mudah dan panduan untuk isi saldo GoPay setiap bank sudah tersedia di website Gojek serta bisa diakses juga via aplikasi.

Baca juga: Cara Bertransaksi Tanpa Mesin EDC

Benefit tambahan jika upgrade ke GoPay Premium

gopay premium

Apa kenyamanan fitur GoPay hanya sebatas penjelasan di atas saja? Tentu tidak, dong! Ada benefit tambahan lagi jika kita meng-upgrade akun ke GoPay Premium, yang salah satunya menjadi favorit saya, yaitu: transfer ke sesama GoPay. Ya, kalau kita misalnya tiba-tiba butuh dana GoPay cepat atau harus bayar bill restoran bersama teman, saya sering menggunakan fitur ini. Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk menggunakan fitur transfer:

  • Bayar ke nomor HP terdaftar di kontak
  • Bayar via scan GoPay code
cara transfer gopay

Langkah-langkah untuk melakukan transfer GoPay sebagai berikut:

  1. Klik Pay pada halaman utama Gojek
  2. Pada halaman Pay tersebut kita bisa pilih tombol phone number dan pilih nomor HP teman yang dituju untuk melakukan pembayaran. Cara kedua adalah dengan scan GoPay Code milik teman. Pada bagian ini, teman perlu membuka aplikasi Gojek > more > request agar kita bisa scan kodenya.
  3. Masukkan jumlah transfer yang diinginkan, lalu klik confirm.
  4. Klik pay pada halaman konfirmasi.
  5. Masukkan pin GoPay atau scan sidik jari untuk menyelesaikan proses transfer.
  6. Terakhir kita akan mendapat notifikasi keberhasilan transaksi dan bisa mengecek kembali riwayat transaksi di fitur history.

Sebaliknya jika kita yang membutuhkan dana tambahan atau orang lain mau transfer GoPay ke kita, kita tinggal membuka aplikasi Gojek > more > request. Cara transfer seperti ini bisa juga dong digunakan sebagai alternatif untuk isi saldo GoPay tanpa biaya admin!

Selain fitur transfer ke sesama GoPay, dengan upgrade Premium kita juga dapat menarik saldo GoPay kembali ke saldo bank terdaftar, hanya saja untuk fitur penarikan ini kita akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500,-. Dan… masih ada lagi, GoPay baru-baru ini juga meluncurkan fitur split bill dimana kita bisa patungan bareng teman-teman! Cara menggunakan fitur split bill bisa dibaca di halaman ini.

Berminat untuk upgrade ke GoPay Premium? Caranya juga mudah banget kok! Cukup dengan submit foto e-KTP dan foto selfie dengan e-KTP kamu. Setelah di-approve oleh Gojek, kamu bisa langsung menggunakan fitur GoPay Premium seperti di atas.

cara upgrade gopay premium

Keamanan yang sudah lebih terjamin

Buat kamu yang masih ragu untuk mengisi saldo GoPay karena khawatir dengan faktor keamanan, kamu nggak perlu takut karena GoPay ini pengoperasiannya sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kita sendiri juga dapat ikut melakukan langkah preventif dengan melakukan 3 hal ini:

cara mengamankan gopay

Menarik banget kan fitur-fitur dari GoPay ini? Makanya saya sekarang suka banget kalau bayar apa-apa pakai GoPay. Cepat, mudah, dan cashless! Mau isi saldo GoPay pun sudah gampang banget. Kalau menurut teman-teman sendiri bagaimana pengalamannya selama menggunakan GoPay? Diskusi yuk di kolom komentar.

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

35 Comments

  1. karena saya tinggal di kota kecil, belum banyak mechat offline yang menawarkan pembayaran pakai go pay mbak, tapi memang sih harus diakui kalau go pay ini amat memudahkan dalam bertransaksi

  2. Hastira says:

    dengan teknologi akan memudahkan kita ya

  3. saya juga user loya gopay ni sis mel…dan sering banget dpt voucher diskon alfamart ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *