Begini Cara Cek Nomor BPOM untuk Produk Kosmetik

cek nomor bpom

Sangat penting kiranya melakukan cek produk BPOM utamanya produk kosmetik, beragam kosmetik yang beredar di pasaran tidak menjamin semuanya aman untuk digunakan. Apalagi kosmetik produksi luar negeri yang komposisinya belum tentu aman dan cocok digunakan oleh para wanita Indonesia. Cara mengecek nomor BPOM sebenarnya tidak sulit asalkan tahu bagaimana caranya, cek ricek sendiri akan lebih mudah.

Cara Cek Produk BPOM yang Tepat

Ketika kita berbelanja kosmetik, pernahkah terpikir untuk melakukan cek produk BPOM untuk memastikan izin dan keamanannya? Apalagi jika belanja yang dilakukan secara online, maka penting untuk mengetahui tingkat keamanan dan legalitas dari produk yang dibeli. Berikut ini akan disajikan bagaimana cara mengecek nomor BPOM yang benar untuk menghindari kosmetik berbahaya:

1. Lihat Nomor BPOM di Kemasan Produk Kosmetik

Langkah pertama untuk cek nomor bpom produk kosmetik  adalah selalu memastikan bahwa produk yang digunakan memiliki nomor registrasi BPOM. Nomor ini sendiri adalah tanda bahwa produk kosmetik tersebut telah lulus uji dan dipastikan aman untuk digunakan.

Nomor BPOM itu biasanya terletak di bagian bawah kemasan produk kosmetik atau di bagian belakang. Urutan nomor terdiri dari 2 huruf dan 11 angka. Apabila jumlah nomor yang tertera kurang atau tidak ada sama sekali, Kamu patut curiga dengan keamanan produk kosmetik tersebut.

2. Untuk Memastikan, Cek Nomor BPOM di Website Resmi BPOM

Untuk melakukan cek produk BPOM, juga bisa langsung mengunjungi website resmi BPOM agar lebih yakin lagi. Caranya, buka situs BPOM, apabila halaman muka situs telah terbuka, kita dapat melihat statistic produk yang telah mendapatkan persetujuan edar dari BPOM. Ijin produknya mulai dari yang terbaru dikeluarkan 7 hari terakhir, satu bulan hingga satu tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pemutih Wajah Terbaik dari Korea

3. Masukkan Nomor BPOM Produk Kosmetik yang Ingin Dicek

Untuk mengetahui produk kosmetik yang digunakan resmi terdaftar atau tidak, bisa dengan mengeceknya secara langsung pada situs resmi BPOM. Pada halaman muka, masukkan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk kosmetik kemudian klik tombol “Cari”.

cek nomor bpom

4. Sesuaikan Nomor BPOM dengan Jenis Kosmetik

Sesuai dengan langkah cek produk BPOM nomor 3, setelah menekan tombol cari, langkah cek produk BPOM selanjutnya adalah masuk ke halaman khusus yang berisi tentang keterangan produk. Kita tinggal menyesuaikan nomor BPOM dengan nama dan jenis kosmetik yang kita miliki. Di halaman tersebut kitajuga bisa melihat jenis tekstur produk kosmetik, nama produsen hingga kemasan. Jadi, tidak hanya nama dan jenis kosmetik saja. 

Apabila nomor registrasi BPOM yang baru saja kita masukkan tidak terdaftar, kemungkinan besar produk kosmetik belum uji lulus. Terlebih jika nomor tersebut tidak sesuai dengan ketentuan BPOM, bisa jadi produk yang kita miliki adalah palsu. Sebaliknya, apabila nomor yang dimasukkan sesuai, artinya produk kosmetik tersebut aman.

5. Cek Merek Kosmetik di Website Resmi BPOM

Jika mengalami kendala dalam mengecek nomor produk kosmetik di situs BPOM, misalnya sulit menemukan nomor registrasi, kita juga bisa mengeceknya berdasarkan nama produk, bentuk produk, dan merek. Tidak hanya itu, bahkan kita bisa menemukan semua jenis produk dari merek tersebut, termasuk yang belum di-launching sekalipun.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Online Shop Skincare Organik

Itulah beberapa langkah yang dilakukan untuk mengecek nomor produk di situs resmi BPOM. Pengecekan tersebut amatlah penting dilakukan untuk memastikan keamanan produk apakah kandungan produk telah aman dan benar. Pengecekan ini berlaku baik untuk produk kosmetik dalam dan luar negeri.

Cek produk BPOM perlu dilakukan karena sebagai konsumen harus cermat dan cerdas dalam melakukan pengecekan keaslian produk kosmetik yang dibeli. Ini berguna agar terhindar dari berbagai kerugian yang ada saat ini maupun jangka panjang.

Thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

18 Comments

  1. Aku juga pernah coba cek no BPOM di website. Membantu banget buat memastikan produk yang kita punya itu aman/ngga.

  2. Setelah banyak membaca tulisan pentingnya memeriksa nomer BPOM ini, aku jadi sadar kalau selama ini aku abai.
    Akan lebih baiknya kalau beli apapun di cek dulu yaa…

  3. Mba, kalau produk skincare yang dari luar negeri gitu apakah ada nomor BPOMnya juga? Kan lagi seneng-senengnya ya nyobain skincare dari Korea nih.

    1. kalau masuknya melalui perusahaan distributor harusnya didaftarkan ke BPOM, tapi karena sekarang individu juga bisa pesan langsung, nah ini mungkin yang terlewatkan. Parameternya biasanya FDA untuk produk luar.

  4. dengan adanya informasi mengenai cek nomor BPOM ini harapannya masyarakat dapat dengan mudah ya cek kosmetik sebelum pemakaian, biar lepas dari yg abal2

    1. lebih tepatnya jangan dipake samsek mbak yg abal2 itu, bahayanya ga sebanding hehehe

  5. Saking banyaknya produk skincare saat ini, maka perlu banget kita cek izin BPOM nya terlebih dahulu. Jangan sampai beli produk yg blm ada izinnya

  6. berarti gaboleh langsung percaya ya kalo di suatu kemasan itu udah tertera nomor bpomnya, harus double cek dulu biar pastii. thankyou kak mel infonyaaa

    1. iya, biar kata uda ada nomornya juga ada aja yang oknum nakal. yang didaftarin cuma 1 produk, nomornya dipake buat semua produk. hadehhh

  7. penting banget nih untuk selalu mengecek nomor BPOM kosmetik, supaya kulit kita aman dan terjaga dari kosmetik abal-abal

  8. Aku selalu cek bpom sebelum nyoba produk terutama skincare ce nah tapi kadang dia susah cari kalau dari kategori brand. Paling gampang emang dari nomer atau nama produk..

    1. iya, aku juga kalo ngecek input nomornya. Eh tapi dari merk bisa juga kok, tinggal diubah dulu kategorinya

  9. Terdaftar di BPOM emang syarat wajib kalau beli kosmetik/ skincare maupun sat terima endorsean produk gtu ya mbak/
    Iya skrng gampamng cek nomornya bisa via web atau aplikasinya juga ya

  10. sayangnya sekarang banyak brand tak bertanggung jawab 1 nomor BPOM di gunakan uk beberapa produk, tpi mmg harus banget si ngecek bpom ini, info ini sangat membantu buat yang belum tau caranya, thanks mels

  11. Biasanya ada di bagian bawah kemasan ya, Ternyata walaupun ada nomor BPOM nya bisa juga gak terdaftar ya.
    Ada websitenya juga ya untuk pengecekan. Aku baru tau.

    1. iya bisa aja ada oknum naka yang daftarain 1 produk buat semua produknya dia. kan jadinya gak valid

  12. paling gampang tu langsung cek ke web BPOM ya, jadi kalau ada produsen nakal yang ngopi BPOM org ke produknya bisa langsung ketauan

  13. paling gampang langsung cek ke websitenya yaa, biar yakin juga, kadang ada aja nih orang nggak bertanggung jawab yang pake nomer bpom produk lain buat produk abal abalnya huhuhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: