Bhumi Skincare
Beauty Product Review Skincare

Bhumi Skincare Rawat Kulit Kombinasi

Punya kulit kombinasi yang cenderung kering pastinya akan selalu mencari produk skincare yang bisa membantu menghidrasi dan melembabkan. Nah, baru-baru ini saya lagi mencoba skincare lokal dengan bahan natural yang bisa membantu merawat kulit kombinasi saya. Namanya Bhumi Skincare. Seperti apa kinerja Bhumi di kulit saya? Yuk, simak selengkapnya.

Tentang Bhumi Skincare

Bhumi didirikan oleh PT Riza Kreasi Naturalindo pada tahun 2017. Bhumi diciptakan dengan keyakinan bahwa kecantikan alami bisa didapat dari kebaikan alam. Maka dari itu, mereka mengolah essential oil sebagai kekuatan utama produknya.

Kenapa essential oil?

Mengutip dari laman websitenya, natural oil atau essential oil diperoleh dari proses distilasi tanaman organik pilihan yang diproses menjadi essential oil. Natural oil memiliki berbagai keunggulan yang sempurna untuk produk kecantikan kulit dengan sentuhan aromaterapi yang sensasional. Untuk perawatan kulit, essential oil dapat digunakan sebagai pencerah kulit, anti bakteri, anti jerawat, vitalitas kulit dan masih banyak lagi. Selain itu juga memberikan sensasi aromatherapy yang secara psikologis menenangkan pikiran, menambah semangat dan berbagai sensasi mengagumkan lainnya.

Keunggulan produk Bhumi terdapat pada beberapa poin berikut ini:

  • BHUMI menggunakan 100% essential oil alami (bukan sintetik) yang telah menerima sertifikat organik dari USDA.
  • Kemasan produk dirancang istimewa dan sesuai dengan standar internasional.
  • BHUMI juga berinvestasi pada bahan substansi alami dari bahan kimia yang secara klinis terbukti aman untuk digunakan untuk personal care.
  • Wewangian yang digunakan oleh BHUMI telah memenuhi standar IFRA, lembut dan aman untuk semua jenis kulit.
  • Semua produk BHUMI diproduksi sesuai dengan standar GMP (Good Manufacturing Practice) dan ISO (International Organization for Standardization).

Pada kesempatan ini, saya mencoba rangkaian produk Bhumi yang ditujukan untuk kulit kering dan bisa dipakai oleh bumil-busui. Kemudian, supaya teks tidak terlalu panjang, berikut ini saya jabarkan ingredients utama yang ada dalam semua produk yang akan dibahas:

Vitamin C

  • Mencerahkan kulit dan berfungsi untuk mengurangi hiperpigmentasi sebagai masalah kulit yang diakibatkan oleh bekas jerawat, tanda penuaan dan iritasi pada kulit.
  • Merupakan Anti-Oksidan terbaik untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan kulit menjadi lebih cerah

Hyaluronic Acid (1%)

  • Menggunakan molekul terkecil dari Hyaluronic Acid untuk menarik air dan mengikat kelembapan di dalam kulit.

Niacinamide

  • Mencerahkan kulit, mengurangi produksi minyak berlebih dan mendorong pertumbuhan Ceramide sebagai factor utama pertahanan kulit dan menjadikan kulit menjadi lebih lembab secara alami.

Selanjutnya, ingredients utama yang saya cantumkan di bawah ini merupakan ingredients khusus yang hanya ada dalam produk tersebut.

Bhumi Skincare: C- Chamomile Brightening Cleanser

Bhumi Skincare: C- Chamomile Brightening Cleanser

Product claim

Pembersih wajah dengan tekstur milky untuk membersihkan wajah dari kotoran, menyegarkan kulit dan memberikan kelembapan. Pembersih ini diformulasikan dengan Mild Surfactants yang berasal dari Protein Oat untuk menjaga kulit anda tanpa merusak skin barrier pada kulit, dilengkapi dengan Hyaluronic Acid dan Vitamin C yang berfungsi untuk memberikan hidrasi pada kulit dan mencerahkan kulit anda.

Ingredients

Main ingredients

G-Alpine Extracts

  • 7 Ekstrak dari pegunungan Alpine (ektrak dari Bunga Mallow, Primula Veris, Speedwell, Lemon Balm, Peppermint Leaf, dan Yarrow) yang berfungsi untuk mencerahkan kulit secara alami, serta mengurangi flek hitam seperti tanda-tanda penuaan, paparan sinar matahari, dan warna kulit yang tidak merata, dengan menekan pertumbuhan melanin dari dalam kulit.

Full ingredients

Potassium Cocoyl Hydrolyzed Oat Protein, Water, Potassium Cocoate, PEG-150 Distearate, Sodium Cocoyl Isethionate, Polysorbate 20, Fragrance, Glycerin, Styrene/Acrylates Copolymer, Sodium Laureth Sulfate, Niacinamide, Glycol Distearate, Chlorphenesin, DMDM Hydantoin, Cocamide MEA, Laureth-10, Tetrasodium EDTA, Hyaluronic Acid, Citrus Medica Limonum Extract, Brassica Oleracea Italica (Broccoli) Sprout Extract, Brassica Campestris (Rapseed) Sprout Extract, Brassica Oleracea Gemmifera (Brussels Sprout) Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Sprout Extract, Butylene Glycol, Benzoic Acid, Iodopropynyl Butylcarbamate, Alcohol, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Oil, Malva Sylvestris Extract, Mentha Piperita Leaf Extract, Primula Veris Extract, Alchemilla Vulgaris Extract, Veronica Officinalis Extract, Melissa Officinalis Leaf Extract, Achillea Millefolium Extract, Ethyl Ascorbic Acid, Phenoxyethanol, Sodium Benzoate, Sodium Hydroxide, Citric Acid.

Review

Bhumi Skincare: C- Chamomile Brightening Cleanser

Dengan berat sebanyak 90 ml, sabun pembersih Bhumi ini dikemas dalam botol berpompa dengan desain yang cantik. Pada bagian pompanya juga memiliki pengunci yang bisa kita putar untuk mengamankan isi produk dari risiko tidak sengaja tertekan. Ukuran botolnya yang handy membuat sabun ini bisa kita bawa bepergian juga.

Teksturnya milky dan kental berwarna putih disertai aroma wangi floral. Karena saya penggemar aroma bunga, saya menyukai aroma yang ada pada sabun ini. Pemakaiannya cukup 1/2 pump, busakan dengan tangan, lalu usap ke seluruh wajah dan bilas hingga bersih. Takaran tersebut sudah cukup mencakupi seluruh wajah. Saya tidak menyarankan takaran 1x pump karena tekstur sabunnya yang unik. Dalam arti, jika tidak dibusakan dengan benar, sabunnya ini bisa agak menempel di kulit. Agak sulit dijelaskan, tapi kira-kira gambarannya seperti itu.

Lalu mengenai komposisi bahannya, pasti kalian bertanya-tanya kenapa ada kandungan niacinamide dan vitamin C bersama. Saya pun demikian. Soalnya yang saya tahu, kandungan niacinamide dan vitamin C itu tidak bisa dipakai berbarengan. Setelah googling lebih lanjut, saya menemukan artikel di Beauty Journal yang menjelaskan bahwa niacinamide dan vitamin C aman dipakai bersamaan. Silahkan klik pada link untuk membaca lebih jelasnya.

Baca juga: 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Meski dalam komposisinya masih mengandung SLS, so far selama pemakaian sabun ini sih saya tidak merasakan efek kering atau ketarik. Mungkin juga dikarenakan bahan tersebut tidak berada di barisan pertama.

Bhumi Skincare: Deep Hydration Exfoliating Toner 2% AHA

Bhumi Skincare: Deep Hydration Exfoliating Toner 2% AHA

Product claim

Toner eksfoliasi ringan dengan 2% AHA (Glycolic Acid) untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit, serta memberikan hidrasi secara maksimal dan mencerahkan kulit untuk tampilan kulit wajah yang lebih cerah, bersih dan kenyal.

Ingredients

Main ingredients

Alpha Hydroxy Acid (Glycolic Acid 2%, dari kandungan Gula)

  • Mengeksfoliasi kulit dan memberikan regenerasi pada kulit.

Cucumber and Chamomile Extract

  • Menenangkan kulit, mengurangi inflamasi dan iritasi, serta mencerahkan kulit wajah.

Full ingredients

Water, Polysorbate 20, Glycolic Acid, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Hyaluronic Acid, Sodium Benzoate, Chlorphenesin, Fragrance, Brassica Oleracea Italica (Broccoli) Sprout Extract, Allantoin, Niacinamide, Glycerin, Ethyl Ascorbic Acid, Tetrasodium EDTA, Olea Europaea Fruit Oil, Alcohol, Propylene Glycol, Malva Sylvestris Extract, Mentha Piperita Leaf Extract, Primula Veris Extract, Alchemilla Vulgaris Extract, Veronica Aofficinalis Extract, Achillea Milefolium Extract, Butylene Glycol, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Oil, Cucumis Sativus Fruit Extract, Sodium Hydroxide, Citric Acid, Brassica Campestris (Rapeseed) Sprout Extract, Barssica Oleracea Gemmifera (Brussels Sprout) Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Sprout Extract.

Review

Bhumi Skincare: Deep Hydration Exfoliating Toner 2% AHA

Seperti yang telah disebutkan di atas, toner ini merupakan chemical exfoliator dengan kandungan AHA. Jadi, tidak heran ketika menggunakan toner ini akan timbul rasa cekit-cekit di kulit atau tingling sensation. Sensasi cekit-cekit tersebut hanya berlangsung beberapa menit saja lalu hilang.

Kalau produk pembersihnya tadi memiliki aroma bunga yang harum, toner ini sama sekali tidak beraroma dan teksturnya secair air. Dikemas dalam botol plastik ramping dengan tutup flip top, menjadikan pemakaiannya cukup ringkas.

Baca juga: Review Exfoliator Serum Lokal

Cara menggunakan toner berukuran 150 ml ini bisa dengan dituang ke telapak tangan langsung atau kapas. Jika kamu merupakan pemula dalam menggunakan toner eksfoliasi ini, saya sarankan untuk memakainya sebanyak 2x seminggu dulu. Jangan langsung dipakai setiap hari karena takutnya kulit akan kaget dan bereaksi negatif. Jika selama 2x seminggu tidak ada kendala berarti, bisa ditambah menjadi 3-4x seminggu. Untuk pemakaian setiap hari agak kurang saya sarankan karena dikhawatirkan kulit jadi over exfoliation.

Toner ini dapat digunakan pada pagi dan malam. Namun, harap diingat agar selalu menggunakan sunscreen setelah memakai exfoliating toner untuk mencegah kulit iritasi.

Bhumi Skincare: G-Alpine Brightening Serum

Bhumi Skincare: G-Alpine Brightening Serum

Product claim

Serum seberat 30 ml ini bertekstur lembut dan ringan pada wajah, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, membantu pertahanan kulit wajah agar menjadi lebih sehat (Skin Barrier Protection) yang dapat mengurangi Trans Epidermal Water Loss (TEWL) sebagai penyebab utama kulit dehidrasi dan rentan terhadap gangguan pada kulit wajah. Serum yang diperlukan bagi anda yang menginginkan kulit wajah yang cerah secara alami.

Ingredients

Main ingredients

Niacinamide (4%)

  • Mencerahkan kulit, mengurangi produksi minyak berlebih dan mendorong pertumbuhan Ceramide sebagai factor utama pertahanan kulit dan menjadikan kulit menjadi lebih lembab secara alami.

Ceramide (0,2%)

  • Komponen utama pembentuk lapisan kulit yang sehat untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan memperkuat fungsi Skin Barrier pada kulit. Melindungi kulit dari dehidrasi, serangan radikal bebas, dan permasalahan gangguan-gangguan yang dapat terjadi pada kulit (anti-breakout). Ceramide juga membantu pembentukan proses kelembapan alami dari dalam kulit.

Licorice Root Extract

  • Menenangkan dan memberikan hidrasi pada kulit, sebagai Anti-Oksidan yang juga mampu mencerahkan kulit dari noda hitam, flek hitam dan permasalahan lainnya akibat dari hiperpigmentasi.

Turmeric Root Oil

  • Mencerahkan wajah dan berfungsi sebagai Anti-Inflamasi pada wajah

Full ingredients

Water, Niacinamide, Polysorbate 20, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Glycerin, Panthenol, Phenoxyethanol, Brassica Oleracea Italica (Broccoli) Sprout Extract, Brassica Campestris (Rapseed) Sprout Extract, Brassica Oleracea Gemmifera (Brussels Sprout) Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Sprout Extract, Sorbitan Caprylate, Xanthan Gum, Butylene Glycol, Chlorphenesin, Hyaluronic Acid, Alcohol, Ceramide, Propanediol, Fragrance, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Benzoic Acid, Tocopheryl Acetate, Malva Sylvestris (Mallow) Extract, Mentha Piperita (Peppermint) Leaf Extract, Primula Veris (Cowslip) Extract, Alchemilla Vulgaris (Lady’s Mantle) Extract, Veronica Officinalis (Speedwell) Extract, Melissa Officinalis (Lemon Balm) Leaf Extract, Achillea Millefolium

Review

Bhumi Skincare: G-Alpine Brightening Serum

Serum pencerah berukuran 30 ml ini memiliki tekstur sedikit kental dengan warna transparan dan tanpa aroma apapun. Meski demikian, tekstur serum tidak memberikan efek lengket ataupun greasy ketika diaplikasikan ke kulit. Setelah beberapa kali usapan, serum akan cepat meresap dan bisa dilanjutkan dengan pelembab.

Baca juga: Review serum vitamin C lokal untuk mencerahkan kulit

Botol G-Alpine Brightening Serum terbuat dari plastik dengan konsep dual layer dan disertai pompa dengan penutup yang bisa dilepas pasang. Untuk pemakaian, cukup tekan sebanyak 1-2x dan cairan serum dapat mencakup seluruh wajah. Dapat digunakan pada pagi dan malam hari.

Yang saya suka dari serum ini, ia juga mengandung glycerin sebagai pelembab dan panthenol serta aloe vera yang berfungsi sebagai penenang kulit. Jadi, serum ini juga bisa dipakai oleh kalian yang punya kulit sensitif. Sedikit disayangkan, serum ini memiliki kandungan phenoxyethanol (pengawet) yang cukup tinggi dan berada di barisan teratas komposisi.

Bhumi Skincare: G-Alpine Hydra Lock Moisturizer

Bhumi Skincare: G-Alpine Hydra Lock Moisturizer

Product claim

Moisturizer dengan tekstur gel ringan untuk menjaga kelembapan pada wajah dan menguncinya selama penggunaan pada wajah. G-Alpine Moisturizer membantu menjaga kelembapan wajah, memperkuat Skin Barrier dan mencerahkan kulit secara maksimal dan alami.

Ingredients

Main ingredients

G-Alpine Extracts

  • 7 Ekstrak dari pegunungan Alpine (ektrak dari Bunga Mallow, Primula Veris, Speedwell, Lemon Balm, Peppermint Leaf, dan Yarrow) yang berfungsi untuk mencerahkan kulit secara alami, serta mengurangi flek hitam seperti tanda-tanda penuaan, paparan sinar matahari, dan warna kulit yang tidak merata, dengan menekan pertumbuhan melanin dari dalam kulit.

Centella Asiatica

  • Membantu proses penyembuhan pada kulit, anti-inflamasi dan juga mengurangi iritasi dan kemerahan pada wajah.

 Niacinamide (4%)

  • Mencerahkan kulit, mengurangi produksi minyak berlebih dan mendorong pertumbuhan Ceramide sebagai factor utama pertahanan kulit dan menjadikan kulit menjadi lebih lembab secara alami.

Full ingredients

Water, Cyclomethicone, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, C10-30 Acrylate Copolymer, Triethanolamine, Brassica Oleracea Italica (Broccoli) Sprout Extract, Brassica Campestris (Rapseed) Sprout Extract, Brassica Oleracea Gemmifera (Brussels Sprout) Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Extract, Ammonium Acryloyl Dimethyltaurate, Chlorphenesin, Ceramide, Hyaluronic Acid, Hamamelis Virginiana Water, Allantoin, Zinc PCA, Borago Officinalis Leaf Extract, Fragrance, Alcohol, T-Butyl Alcohol, Tetrasodium EDTA, Vitis Vinifera Seed Oil, Rosa Rugosa Flower Oil, Citrus paradisi Fruit Extract.

Review

Bhumi Skincare: G-Alpine Hydra Lock Moisturizer

G-Alpine Hydra Lock Moisturizer dikemas dalam jar berukuran 45 gram. Mirip dengan G-Alpine Brightening Serum, kemasan pelembab ini juga terbuat dari plastik dengan dual layer sehingga memberikan kesan eksklusif. Pada bagian dalam jar juga terdapat inner lid untuk menjaga higienitas produk. Pelembab ini tidak disertai spatula.

Tekstur dari G-Alpine Hydra Lock Moisturizer ini berupa watery gel dengan warna kecoklatan. Teksturnya menurut saya cukup nyaman digunakan dan memberi efek sedikit sejuk saat diaplikasikan. Sama sekali tidak lengket ataupun berminyak. Pelembab ini memiliki aroma kimia, tidak bau dan tidak wangi menyengat.

Testimoni Bhumi Skincare

Sebelum membahas hasil pemakaian, saya ingin berkomentar sedikit tentang desain kemasan Bhumi Skincare. Saya akui desain kemasannya sangat cantik dan elegan, sesuai dengan sasaran marketnya yang middle up.

Kemudian selama pemakaian produk ini, kulit saya mengalami sedikit masalah sewaktu pakai si Deep Hydrating Toner-nya. Ada jerawat-jerawat kecil yang muncul di pinggiran hidung. Kulit saya sepertinya memang sensitif dengan chemical exfoliator. Sebelumnya pernah menggunakan exfoliator serum juga jadi menimbulkan jerawat. Namun selain toner, saya tidak mengalami masalah saat pakai 3 produk lainnya.

Please note, walau kulit saya kurang cocok dengan chemical exfoliator, bukan berarti kulit kalian juga sama. Ada juga kok orang-orang yang kulitnya bisa menerima chemical exfoliator tanpa ada masalah dan justru membantu mengatasi masalah kulitnya. Dan bagi kalian yang kulitnya mirip dengan saya, bisa menggunakan physical exfoliator seperti scrub atau toner pad sebagai alternatif.

Selama memakai rangkaian produk Bhumi Skincare ini, kulit kombinasi saya terjaga hidrasi dan kelembabannya. Hanya saja untuk efek mencerahkan, saya rasa tidak bisa terlihat dalam waktu singkat. Yang jelas, kalau kalian punya kulit kering atau kombinasi seperti saya dan penggemar produk lokal yang menggunakan bahan natural, Bhumi Skincare bisa jadi rekomendasi terbaik. Silahkan kunjungi www.bhumi.co.id untuk berbelanja produknya. Oh ya, produk yang saya pakai ini semua aman untuk bumil dan busui ya! So, don’t worry guys!

Anyhow, thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

24 Comments

  1. Waaa ini penting banget buat perawatan ya mba, aku baru tahu Bhum skincare
    suka pacakgingnya, alhamdulillah kalo cocok gini menyenangkan ya mba

  2. Waaa Bhumi ini udah banyak review kebagusannya, karena kulitku cenderung oily nih kak. Jadi pengen tau yg untuk jenis kulit oily ini, dab kebetulan mamahku kulitnya jenis kombinasi nih

  3. Hastira says:

    makasih reviewnya

  4. Kadar niacinamide 4% itu terbilang tinggi apa nggak ya kak? Aku denger niacinamide ini masih aman dipakai sama ibu hamil Jadi kepingin nyobain deh. Selain yang direview ini, apakah Bhumi punya rangkaian produk lainnya untuk jenis kulit yang berbeda?

  5. Wah penasaran banget sama exfoliate toner nya, packingnya juga elegant banget ya..

  6. Kemasannya cakep ya. Namanya juga unik. Ini kulit kombinasi aku agak kurang mudeng ya, emang ada ya begitu. Kitain klo kering ya kering aja, berminyak berminyak aja. Normal, dst.

    1. kombinasi tuh biasanya oily di daerah T aja, sisanya kering mba

  7. katanya kalau pakai toner tp terasa cekit2, artinya kerja toner lgsg berlangsung ya… saya jd tertarik pengen pakai deh

    1. iya, karena bahan chemical exfonya ketika kena kulit emang kasih efek cekit2. Ya bisa dibilang lagi bekerja gitu juga deh

  8. Mataku langsung tertuju pada packaging G-Alpine Hydra Lock Moisturizernya, unik dan cute gitu ya…Harga juga masih terjangkau ya si Bhumi ini πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *