By Enoile Shea Cocoa Body Wash, Sabun Mandi Natural untuk Kulit Kering dan Sensitif

By Enoile Shea Cocoa Body Wash

Sabun mandi natural untuk kulit kering dan sensitif sepertinya sedang naik daun akhir-akhir ini. Setelah sebelumnya ada beberapa brand sabun mandi yang saya ulas di sini, sekarang saya mau mereview satu lagi produk lokal yang ditujukan untuk jenis kulit berkebutuhan khusus tersebut: By Enoile Shea Cocoa Body Wash.

Jika di artikel sebelumnya saya sempat mengulas sabun mandi susu kambing yang juga diperuntukan kulit bermasalah, kali ini saya mengulas tentang sabun mandi By Enoile yang menggunakan shea butter, cocoa butter, lemon oil, dan rosemary oil sebagai bahan utamanya. Adapun manfaat dari keempat bahan tersebut adalah:

  • Shea Butter – melembabkan kulit, memiliki sifat anti peradangan, anti bakteri, anti jamur, dan anti-aging, serta sangat baik untuk meredakan rasa gatal pada kulit
  • Cocoa Butter – membantu melembabkan kulit, mencegah kulit pecah-pecah, memperlambat penuaan kulit, meredakan masalah pada kulit sensitif
  • Lemon Oil – memelihara kesehatan kulit, membuat kulit lebih kencang dan awet muda
  • Rosemary Oil – membantu merawat dan menutrisi kulit, memiliki fungsi anti inflamasi, meredakan infkesi pada kulit, seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Tak hanya untuk kulit, rosemary oil juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Selain itu, yang menarik adalah semua bahan di dalam sabun mandi ini menggunakan bahan nabati (vegan friendly) tanpa sedikit pun adanya campuran bahan hewani. Tekstur sabunnya berupa gel padat yang berwarna sedikit keruh dan memiliki aroma lemon lembut. Tapi saya sendiri terkadang suka mencium hint aroma rosemary oil di dalamnya. Intinya sih aromanya ini cenderung subtle dan nggak mengganggu untuk saya.

Bagaimana dengan busa sabun By Enoile Shea Cocoa Body Wash?

By Enoile Shea Cocoa Body Wash masih menghasilkan busa dalam jumlah minimum, kecuali menggunakan shower puff, hasil busanya bisa lebih foamy. Meski demikian, karena tidak mengandung SLS/ SLeS, sabun mandi By Enoile pastinya tidak membuat kulit kering. Selain tidak menggunakan sulfat, sabun ini juga tidak menggunakan paraben apabila Melโ€™s Playroom Mates memang ada riwayat alergi paraben. Dan, buat kalian yang pecinta hewan juga patut berlega hati karena produksi By Enoile juga sama sekali tidak diujicobakan pada hewan.

Baca juga:  Seger Snow Ultimate Acne Care Kempeskan Jerawat Tanpa Bikin Kering

Bagaimana rasanya di kulit setelah dibilas?

Sabun dengan konsep tanpa SLS/ SLeS biasanya memiliki kesan kulit akan terasa licin setelah dibilas. Untungnya, hal ini tidak terjadi selama menggunakan By Enoile Shea Cocoa Body Wash. Setelah dibilas, kulit tidak terasa licin tapi bersih tanpa adanya rasa kering yang tertinggal di kulit. Kalau Mates mau hasil kulit yang lembih lembab, bisa menggunakan shower oil sebagai body conditioner seusai mandi dengan sabun By Enoile.

By Enoile Shea Cocoa Body Wash

Poin plus lainnya adalah sabun mandi By Enoile Shea Cocoa Body Wash ini dikemas dalam botol plastik dengan aplikator pompa, yang buat saya jauh lebih memudahkan pemakaian ketika sedang berada di dalam kamar mandi. Namun karena botol plastiknya berwarna hitam pekat, kita cuma bisa memperkirakan isi produk berdasarkan beratnya saja.

FYI, satu botol By Enoile Shea Cocoa Body Wash ini isinya sebanyak 250 ml saja dan dibanderol seharga Rp 115.000,-. Produknya sendiri sudah bisa kita dapatkan dengan mudah via Shopee. Nah, bagaimana menurut pendapat Melโ€™s Playroom Mates? Apa pandangan kalian terhadap sabun mandi natural untuk kulit kering dan sensitif ini?

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: