Bisakah Milenials Memutus Rantai Generasi Sandwich?

cara memutus rantai generasi sandwich

Generasi sandwich sudah berlangsung turun-temurun lamanya seolah seperti kutukan generatif. Mungkinkah bagi kaum milenials memutus rantai generasi sandwich agar tidak terus berlangsung membebani anak-cucu kita?

Istilah generasi sandwich merupakan rujukan kepada mereka yang berada di usia produktif dan masih harus menopang kehidupan 3 generasi, orangtua, diri sendiri, dan anak. Bagi yang memiliki dana berlimpah, tentu hal ini tidak terlalu bikin sakit kepala. Namun, bagaimana dengan mereka yang memiliki penghasilan menengah? Pastinya akan terasa memberatkan. Nah, lalu bagaimana kita yang generasi milenials ini bisa memutus generasi sandwich agar tidak terulang kembali di masa tua mendatang?

Generasi sandwich sebenarnya bukanlah hal baru. Sebutan ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1981 oleh Prof. Dorothy A. Miller, seorang profesor dan direktur Universitas Kentucky di Amerika Serikat. Siklus generasi sandwich masih terus berlangsung hingga abad ke-21 kini. Pertanyaannya, bisakah kita menghentikan siklus ini setidaknya pada generasi kita dan seterusnya?

Tentu saja bisa, at least kita bisa mencoba menghentikannya dalam keluarga sendiri dulu. Ide besar dari cara memutus rantai generasi sandwich adalah dengan pengelolaan uang yang baik, efektif dan efisien. Memang sih bicara itu mudah dan sulit pada prakteknya, tapi tidak ada yang tidak bisa kalau kita sudah bertekad, setuju? Terus, gimana dong caranya supaya bisa lepas dari jeratan generasi sandwich?

Cara memutus rantai generasi sandwich dengan belajar investasi

Sebenarnya di dalam artikel Tips Mengelola Keuangan a la Freelancer, saya sudah sempat berbagi sedikit tentang pengelolaan keuangan. Total daa 5 tips yang saya tulis di sana dan salah duanya adalah menekankan pentingnya membuat catatan keuangan dan belajar investasi kecil-kecilan dengan reksadana.

Baca juga:  Alasan Wanita Sebaiknya Tetap Mandiri Secara Finansial

Namun saya paham, reksadana bukanlah hal yang bisa dengan mudah dipelajari oleh semua orang, terutama buat mereka yang jam sibuknya sangat tinggi sehingga sedikit sekali punya waktu untuk belajar. Biasanya orang-orang dengan kegiatan super padat begini, ketika punya waktu luang justru akan menghabiskan waktunya untuk bersantai dan relaksasi mengistirahatkan pikiran. Ya kali, otaknya dipaksa kerja rodi mikir terus tanpa istirahat kan? Kasihan, nanti malah stress dan depresi yang ada.

Jadi, sebenarnya ada 1 instrumen investasi lain yang sebenarnya lebih mudah ketimbang reksadana. Sebuah instrumen konvensional yang mungkin banyak dipakai oleh orang-orang yang nggak mau pusing bagaimana melipatgandakan uangnya. Pikiran mereka cukup dicurahkan untuk bagaimana mengurus pekerjaan agar penghasilan kian stabil dan tetap bisa disisihkan untuk investasi konvensional tersebut.

Ya, instrumen investasi konvensional tersebut bernama deposito.

Hari gini masih pakai deposito? Kan kecil sekali bunganya, mau tunggu berapa tahun nilainya baru bisa menghasilkan jumlah yang lumayan?

Melakukan investasi dengan cara deposito memang biasanya memiliki suku bunga paling rendah. Dalam ilmu keuangan, kita juga sudah mengenal istilah low risk low return dan di sanalah tempat deposito berada. Walau terkesan kecil dan nilai tambahnya rendah, tapi sekarang ini ada, lho aplikasi keuangan yang bisa memberikan suku bunga deposito hingga 9%, lebih tinggi daripada suku bunga rata-rata.

Eh tapi, aman nggak nih aplikasinya? Jangan-jangan aplikasi bodong lagi.

Nah, supaya Mel’s Playroom Mates lebih jelas tentang keabsahan aplikasi ini, yuk kita langsung saja kenalan dengan produknya.

Deposito lebih untung di aplikasi Senyumku by Amar Bank

Yep, nama aplikasinya adalah Senyumku, sebuah aplikasi tabungan online persembahan Bank Amar Indonesia. Salah satu produk yang diunggulkan adalah Senyumku Deposito yang suku bunganya bisa mencapai 9% dibanding rata-rata suku bunga bank lain.

image Bisakah Milenials Memutus Rantai Generasi Sandwich?
Suku bunga yang berlaku di Senyumku Deposito

Selain suku bunga yang lebih tinggi, Senyumku Deposito juga memperbolehkan nasabahnya menyetor dana tabungan untuk deposito mulai dari 100 ribu rupiah saja, lho! Bayangkan betapa mudahnya kita menabung deposito di Senyumku yah, dibandingkan bank lain yang biasanya menentukan dana minimum 8-10 juta sebagai setoran awal tabungan deposito.

image 1 Bisakah Milenials Memutus Rantai Generasi Sandwich?
Keuntungan menabung deposito di aplikasi keuangan Senyumku

Berkat adanya nominal minimum deposito hanya 100 ribu, saya rasa jika kita bisa mengatur keuangan bulanan dengan baik, bukan hal yang mustahil kita bisa menyisihkan dana untuk tabungan deposito. Bila kita konsisten menabung, uang tersebut bisa kita petik hasilnya untuk biaya hidup di masa tua. Kalau kalian ingin tahu berapa nominal yang akan didapat hingga 3 tahun ke depan, kalian juga bisa langsung cek pada fitur simulasi depositonya. Contoh sebagai berikut:

image 2 Bisakah Milenials Memutus Rantai Generasi Sandwich?
Simulasi perhitungan deposito di aplikasi Senyumku

Gambar di atas hanya sekadar contoh dan kalian bisa input berapa pun nominal yang bisa kalian tabung dan melihat proyeksi ke depannya. Kalian bisa langsung mampir ke website Senyumku Deposito atau download aplikasinya via Google Play Store atau App Store. Proses pendaftaran menjadi nasabah Senyumku juga sederhana dan nggak ribet. Kalian bisa mendaftar via aplikasi dan tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan.

Baca juga:  Deposito dari digibank by DBS? Penasaran, Yuk Kita Lihat Ulasannya

Bagaimana menurut Mel’s Playroom Mates, bisa nggak sih kita menghentikan siklus generasi sandwich?

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

9 Comments

  1. dulu aku berpikir kalau mau buka deposito harus punya dana yang gede, ternyata bisa dari 100ribu aja udah bisa invest
    masa masa muda aku rasa saat yang tepat untuk berinvestasi dan pastinya bisa memutus rantai generasi sandwich

  2. Aku belum pernah download aplikasi ini, jadi pengen coba juga dengan pemaparan kak Mels, siapa tahu kan karen depositnya terjangkau juga

  3. Oh memutus mata rantai generasi sandwich ini memang kudu dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman literasi yang benar sehingga gengerasi kita dan anak-anak hingga seterusnya sudah mulai perlahan-lahan menyisihkan dana untuk masa depan dan hari tuanya melalui deposito dari Senyumku.

  4. deposito di senyumku ini bunganya cukup besar ya, pasti menguntungkan banget nih.. secara deposito tuh jenis investasi yang low risk banget.

  5. Cocok buat yang mau belajar nabung ya, minimal hanya 100rb lagi, terjangkau dan yang pasti bisa bikin lebih hemat.

  6. bisa aja ya mba.. tapi emang perjuangan generasi sandwich itu lebih ekstra. mungkin harus memilih untuk menunda beberapa kesenangan dan lebih fokus untuk menabung dan investasi..

  7. Jaman sekarang mau buka rekening aja bisa mudah kayak gini ya kak Mels. Bener banget sih, untuk mutus rantai generasi sandwich ini ya dimulai dari keluarga kita untuk bagus pengelolaan financial nya

  8. Di era pandemi kaya gini memang penting banget memiliki tabungan ya, ka. Aku mau mencoba deposito tp belum terlalu ngerti. Setelah baca ini lumayan ada pencerahan. Mau cobain deh klo ada uang lebih 😍

  9. wah lumayan juga ya bunga depositonya menarik buat dicoba buat investasi sih ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: