cegah kanker serviks
Event Mom Blogger Gathering Mom's Story Motherhood

Cegah dan Deteksi Dini Kanker Serviks

Cegah dan deteksi dini kanker serviks – Sudah umum diketahui kalau penyakit kanker serviks merupakan penyebab kematian kedua terbesar bagi wanita setelah kanker payudara. Namun, penyakit ini bukannya sama sekali tidak bisa dicegah dan dideteksi sejak dini. Apa dan bagaimana agar kita terhindar dari kanker serviks? Yuk, simak rangkuman talk show bersama dr. Jeevaretanam A/L Soosaimuthu, ginekolog dari rumah sakit Ramsay Sime Darby Park City Medical Centre bekerjasama dengan Medical Tourism Malaysia berikut ini.

cegah kanker serviks
Ki-ka: Farah Delah Suhaimi – Direktur Indonesia Market Malaysia Healthcare Travel Council, dr. Jeevaretanam A/L Soosaimuthu – Obgyn, Nurul Hasyikin – Perwakilan RSD Park City Medical Centre

Tanggal 6 Oktober 2019 lalu, saya bersama rekan-rekan dari thesmartmamas.com berkesempatan menghadiri talk show yang bertemakan kanker serviks di Apiary Coworking Space, Lippo St. Moritz Office Tower. Pada kesempatan tersebut, dr. Jeeva menjelaskan secara lengkap mengenai apa saja yang harus kita lakukan agar dapat terhindar dari penyakit ini.

Siapa saja yang bisa terkena kanker serviks?

Berdasarkan data, kanker serviks yang berasal dari virus HPV (Human Papilloma Virus) banyak ditemukan pada masyarakat negara berkembang dan umumnya pasien yang terdeteksi sudah memasuki stadium 2 atau bahkan stadium akhir. Nah, wanita yang berpotensi terinfeksi virus ini tidak hanya menyerang golongan usia dewasa di usia 50-60 tahun saja tapi juga bisa terkena pada mereka yang masih remaja jika mempunyai riwayat sebagai berikut:

  • Berhubungan seksual pada usia dini
  • Suka bergonta-ganti pasangan
  • Punya pasangan yang suka ‘jajan’ di luar
  • Pernah terjangkit penyakit seksual menular seperti HIV/AIDS

Gejala kanker serviks

Jika kita menemukan tanda-tanda di bawah ini, tidak ada salahnya segera memeriksakan diri secepatnya ke dokter ginekolog sebelum terlambat.

  • Keluar darah saat berhubungan seksual
  • Pendarahan abnormal pada vagina
  • Adanya aroma tak sedap pada keputihan
  • Timbul rasa sakit ketika buang air kecil
cegah kanker serviks
dr. Jeevaretanam A/L Soosaimuthu

Tindakan pencegahan

Mendengar kata kanker memang menimbulkan kesan horor tersendiri, tapi bukan berarti penyakit ini sama sekali tidak bisa dicegah. Menurut dr. Jeeva, ada 2 jenis tindakan medis yang dapat dilakukan untuk cegah kanker serviks.

Melakukan vaksin HPV secara teratur

Vaksin HPV idealnya dilakukan sejak seorang wanita menginjak umur 13 tahun dan rutin mengambil 3 dosis vaksin dalam rentang waktu 6 bulan. Jika jadwal vaksin meleset, maka pengambilan vaksin harus diulang kembali. Dengan mengambil vaksin HPV sejak masih gadis atau belum pernah melakukan hubungan seksual, potensi terhindari dari kanker serviks masih sangat tinggi, bisa hingga 90%. Namun begitu, bila kita sudah terlanjur menikah dan berhubungan seksual, vaksin ini masih bisa kita lakukan, hanya saja efektifitasnya mungkin tidak setinggi ketika kita masih perawan.

Baca juga: Wahai Wanita, Tunjukan Kekuatan Kita pada Dunia

Melakukan tes pap smear

Cara kedua untuk mencegah kanker serviks adalah dengan menjalani tes pap smear. Tes pap smear harus dilakukan ketika seorang wanita sudah menikah atau sudah pernah melakukan hubungan seksual. Usia maksimal seorang wanita dapat menjalani tes pap smear ini adalah 65 tahun. Tes pap smear juga berlaku bagi wanita yang pernah menjalani operasi pengangkatan rahim.

Untuk menjalani tes pap smear ini juga tidak bisa di sembarang waktu. Waktu ideal untuk pap smear adalah maksimal 10 hari setelah siklus haid berakhir dan tidak dalam keadaan masih menstruasi. Selain itu, kita juga tidak boleh menggunakan pembersih vagina jika berencana melakukan pap smear ini. Tes pap smear sebaiknya dilakukan setiap tahunnya atau bisa juga 2 tahun sekali jika hasil 3 tes pertama tidak bermasalah.

Secara medis, 2 jenis tindakan tadi hingga saat ini dianggap sudah mampu mencegah wanita dari kanker serviks. Selain secara medis, tentunya kita sebagai wanita juga perlu menjaga diri sendiri dengan berhati-hati dalam memilih pasangan atau saat berhubungan seksual. Juga kita pun harus lebih aware dengan apa yang terjadi pada tubuh kita, sehingga jika ada yang tidak beres sedikit kita bisa segera memeriksakan diri.

Medical Check Up di Ramsay Sime Darby Park City Medical Centre

Lalu, bagi yang mungkin sedang berencana ingin melakukan pap smear di luar negeri, teman-teman bisa mencoba melakukan medical check-up di rumah sakit Ramsay Sime Darby Park City Medical Centre ini. Dijelaskan pada saat talk show, rumah sakit Park City menyediakan fasilitas yang berbeda dari rumah sakit lain. Selain memang berfokus melayani wanita, anak-anak, dan lansia, Park City Medical Centre juga menyediakan kamar rawat inap kelas VIP dimana anggota keluarga juga bisa turut menginap di dalamnya. Suasana kamar juga didesain sedemikian rupa sehingga pasien dapat merasakan kenyamanan layaknya di rumah sendiri. Park City Medical Centre meyakini bahwa kenyamanan yang tercipta bisa turut mempengaruhi potensi kesembuhan pasien agar tidak terus kepikiran sedang sakit dan dirawat di rumah sakit.

Keistimewaan lain, Ramsay Sime Darby Park City Medical Centre juga menyediakan perawatan rambut bagi pasien pasca kemoterapi, vaccine centre, vital health programme, women and men’s health programme, dan child wellness programme.

Ramsay Sime Darby sendiri merupakan perusahaan joint venture yang telah berdiri sejak tahun 2003 dan di Indonesia sendiri mereka memiliki 3 lokasi rumah sakit, yakni Premiere Jatinegara, Premiere Bintaro, dan Premiere Surabaya. Bagi yang ingin mengetahui ataupun berkonsultasi sebelum berangkat ke Malaysia, Park City Medical Centre memiliki kantor perwakilan di Jakarta dan bisa dihubungi melalui:

E-mail: pcu@ramsaysimdarbyhealth.com
Whatsapp: +6013 397 8348 (Nurul Hasyikin)
Website: https://www.ramsaysimedarby.com/hospitals/pmc/

In the end, semoga artikel tentang cegah kanker serviks ini bermanfaat buat teman-teman semua. Thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *