Miscellanous Tips & Tell

DIY Blog Planner Kit Modal Di Bawah 50 Ribu

Salah satu mid-year resolution saya di tahun 2019 ini adalah menjadi orang yang lebih produktif dan terorganisir, terutama dalam mengelola blog ini. Untuk mewujudkannya, saya mulai mencoba membuat blog planner kit sendiri dengan sumber daya yang ada alias DIY blog planner kit. Karena masih langkah awal, saya juga belum berani langsung beli planner mahal-mahal, takut berujung pada mubaziritas wkwkwk… So, berikut ini saya mau sharing apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat DIY blog planner kit dengan modal dibawah 50 ribu saja!

Binder A5 2 ring

Binder Plastik untuk DIY Blog Planner Kit
Binder plastik A5 2 lubang

Oke, pertama-tama saya memilih memilih memakai binder 2 ring dengan alasan sebagai berikut:

  • Praktis dan adjustable. Karena saya belum tahu seberapa banyak kebutuhan kertas untuk insert planner-nya, saya pikir binder merupakan pilihan tepat karena bisa kita tambahkan kertas sesuka hati ketika dibutuhkan.
  • Easy application. Saya memilih yang model 2 lubang dengan pemikiran bahwa insert planner saya print sendiri di rumah dan akan lebih mudah menggunakan pembolong model 2 lubang yang lazim digunakan. Selain itu, saya sudah mencari-cari kalau pembolong 3-6 lubang itu mahal sekali harganya. Bisa juga sih kita beli loose leaf isi ulang yang sudah ada 6 lubang atau 20 lubang seperti kebanyakan binder A5 misalnya, tapi kan jadi pemborosan sementara di rumah saya masih ada segepok kertas HVS yang jarang terpakai.
  • Compact size. Pemilihan ukuran A5 saya rasakan juga pas dengan kebutuhan saya untuk menulis blog planner. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, serta mudah dibawa kemana-mana jika saya hendak ngeblog di luar rumah. Pertamanya saya sempat mencoba ukuran A4 dan merasa terlalu besar plus pemborosan kertas. Akhirnya pilihan jatuh pada ukuran A5.
  • Changeable cover. Pilihan menggunakan binder plastik ini juga salah satunya tersedia insert cover yang bisa kita selipkan sesuka hati. Kalau suatu waktu bosan dengan desain sampul dan ingin ganti tema, tinggal lepas-pasang aja.

Binder Cover

DIY Blog Planner Kit
dok. pribadi

Tahap selanjutnya adalah membuat binder cover yang sesuai dengan selera pribadi supaya makin semangat mau mengisi blog planner. Kalau mau mencari cover yang gratisan a.k.a free printables, kita bisa kok mencarinya via Google atau Pinterest. Banyak blogger asing yang menyediakan freebies binder cover untuk kita download lalu cetak di rumah. Syaratnya, biasanya kita akan diminta untuk subscribe ke newsletter mereka.

Namun, karena saya sedikit agak idealis dan kebetulan bisalah desain-desain amatiran, saya memutuskan untuk mendesain sendiri binder cover-nya, supaya terasa saya banget dan lebih puas dengan hasil karya sendiri. Jadinya, saya mengambil background dari Freepik lalu saya edit di aplikasi Canva, kemudian cetak di percetakan menggunakan bahan art carton 260 gsm. Voila! Inilah binder cover hasil editan saya pribadi. Untuk ringkasan modal nanti saya buatkan tabelnya di akhir artikel supaya lebih mudah dipahami ya.

Binder Cover DIY Blog Planner
Desain binder cover

Binder Divider

binder divider

Next, setelah selesai membuat binder cover, saya lanjutkan dengan mendesain binder divider yang saya bagi menjadi 12 bulan. Opsi divider sebenarnya bebas saja sih terserah yang empunya enaknya bagaimana. Bisa per segmen seperti monthly, weekly, daily, posts, dll atau dibagi bulanan seperti saya. Kalau saya lebih nyaman dibagi per bulan supaya memudahkan tracking dan melihat seberapa produktif saya di bulan tersebut, serta bisa dijadikan acuan perbaikan di bulan berikutnya.

Masih dengan bermodalkan Freepik dan Canva, berikut ini contoh desain divider yang saya buat. Nuansa warnanya senada dengan warna cover karena kebetulan juga saya lagi jatuh hati sama tema warna rose gold.

Untuk divider tab, saya menggunakan aplikasi dari 101planners.com. Di website tersebut saya tinggal mengedit divider tab dari template yang sudah disediakan. Kita bisa memilih mau pakai warna dan jenis font apa, lalu tinggal download dan bawa ke tukang cetak deh.

divider tab
dok. pribadi

Material yang saya gunakan untuk binder divider dan divider tab juga art carton 260 gsm. Hanya saja untuk divider tab saya minta diprint ukuran A4 plus laminasi glossy supaya lebih tahan lama dan tidak cepat lusuh/ sobek.

Binder Inserts

Ini dia bagian paling krusial dari blog planner. Kalau sebelumnya saya memilih mendesain sendiri, untuk insert atau isi planner ini saya memilih ‘nyomot’ dari template printables gratisan yang sudah ada. Karena masih pemula banget, saya juga masih trial and error menentukan segmen apa saja yang saya butuhkan untuk mendukung blog planner ini. Berikut ini rekomendasi website yang menyediakan free blog planner printables yang menurut saya isinya sudah cukup mewakili kebutuhan pemula:

Kalau misalnya kamu merasa kurang puas dengan desain di atas, kita bisa juga kok mix and match printables dari website berikut yang menyediakan general planner dengan desain yang cantik:

Kalau kita niat mencari, masih banyak sih website dari blogger luar negeri yang menyediakan blog planner printables dengan berbagai desain yang berbeda. Website-website di atas adalah hasil kurasi saya sendiri dengan menilai dari kelengkapan isi plus desain yang menarik. Jika seandainya kamu mau sedikit mengeluarkan modal lebih dan mau desain yang lebih menarik atau paket blog planner insert yang lebih lengkap, kamu bisa mencari beragam desain blog planner kit di etsy.com. Saya juga sempat iseng mencari dan menemukan beberapa seller yang desainnya menarik untuk dimiliki dengan harga dibawah $10:

Binder Stickers (Optional)

planner sticker
dok. pribadi

Bikin planner memang tak lengkap tanpa hiasan seperti stiker/ washi tape ya. Tapi ini sifatnya optional sih, terserah kamu dan disesuain saja apakah ada budget untuk cetak stiker atau beli washi tape-nya. Kalau memang budget terbatas, nggak masalah juga kok kita bikin planner minimalis. Toh, yang menikmati juga kita sendiri, kecuali mau dipamerin di Instagram atau Pinterest hehehe…

Oh ya, untuk sumber desain planner sticker ini juga saya carinya yang gratisan kok di Pinterest. Ada buanyaaakkk banget blogger yang menyediakan free printable planner sticker yang bisa kita print sendiri di rumah atau di tukang cetak. Kalau mau cetak sendiri dengan printer warna di rumah, saya sarankan untuk stok kertas sticker HVS supaya gampang kalau mau ditulis-tulis.

  • Personalize your calendar with these 20 awesome Happy Planner free printables! Get stickers, cards, lists, and more. These are my favorites! via @diy_candy
  • Fall Free Planner Printable
  • Free Burgundy Printable Spread for Erin Condren Recollections and Happy Planner
  • Spring Patterns Free Planner Printable - check my board for tons of freebies!
  • Fall Florals Free Planner Printable
  • Girly Free Planner Printable
  • Days of the Week Planner Printable

Budget Summary

Seperti yang sudah dijanjikan di awal artikel, berikut ini ringkasan budget yang dibutuhkan untuk membuat DIY blog planner:

Binder Plastik A5 2 ringRp 12.000,-
Binder Cover 17×21 cm 2 lembar (1 lembar A3)Rp 7.000,-
Binder Divider A5 12 lembar (4 lembar A3)Rp 21.000,-
Divider Tab A4 1 lembar laminasi glossy (1 lembar A3)Rp 7.550
TotalRp 47.550,-

Catatan:

  1. Harga di atas belum termasuk ongkos kirim yang menyertai.
  2. Material menggunakan art carton 260 gsm.
  3. Harga bisa berbeda tergantung percetakan. Biasanya mereka menghitung berdasarkan lembaran A3.
  4. Binder inserts tidak saya masukkan ke dalam tabel dengan asumsi cetak sendiri di rumah dan sudah ada stok kertas HVS.

Buat kamu yang tinggal di area Jakarta dan mencari tempat printing online murah, kamu bisa coba cetak di Prima Graphia karena harganya cenderung lebih murah dibanding printing online lainnya. Ini saya temukan juga setelah survey beberapa printing online di Jakarta.

Murah meriah banget kan DIY blog planner-nya? Saya baru banget memulai bikin planner seperti ini dan rasanya memang terbantu banget untuk meningkatkan produktivitas menulis. Kenapa? Karena saya merasa gatal melihat kertas kosong dan ingin mengisi kertas-kertas planner tersebut dengan ide-ide yang melayang di kepala. Belum lagi ide itu kan sifatnya come and go sesuka hati, kalau nggak segera dicatat, bisa-bisa terlupakan dalam sekejap. Selain untuk menambah jumlah konten, planner ini juga bermanfaat untuk membantu saya mengorganisir proyek dari klien. Apa saja yang sedang ongoing, mana deadline yang lebih dulu harus dikerjakan, and so on. Mungkin di lain hari saya akan share lebih detil tentang benefit dari menggunakan blog planner ini.

Now, let’s discuss some things about this planner, yuk:

  1. Apa pendapat kamu tentang artikel blog planner ini?
  2. Kalau kamu juga seorang blogger, menurut kamu perlu nggak kita punya blog planner seperti ini? Apa alasannya?
  3. Kalau misalnya saya bikin freebies berisi desain binder cover + divider seperti ini, kamu bakal tertarik nggak?

Meanwhile, kalau kamu punya Pinterest dan berkenan membagikan artikel ini di board-mu, silahkan pin and save dengan gambar berikut ya! Thank you!

DIY Blog Planner Kit

Disclaimer: This article may content affiliate link and I will thank you so much if you would like to make a purchase of the referral link. It will give your contribution to support me in maintaining this blog. Love!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

35 Comments

  1. Article writing is also a fun, if you be familiar with then you can write or else
    it is complex to write. http://trinitywiki.inscopeintl.com/mediawiki/index.php/How_To_Maintain_Skin_Looking_Younger

  2. Article writing is also a fun, if you be familiar with then you can write or else it is
    complex to write. http://trinitywiki.inscopeintl.com/mediawiki/index.php/How_To_Maintain_Skin_Looking_Younger

  3. Penting banget ci dengan adanya blog planner gitu. Apalagi buat aku yg masih suka ngga terplanning blognya

  4. Keren banget nih d.i.y cc, ini benar” sangat dibutuhkan menurutku ce. Dan thn ini aku mulai mencoba menyusun jdwlku dgn menulis di daily planner walau bolong” tp cukup membantuku mengingatkan deadline blog maupun beberapa rencana yg akan aku lakukan

  5. rajin banget ka mel, yaampun aku anaknya demen sih kayak gini tapi nanti sayang makenya karena buatnya udah cape2 gitu(?)

    1. Kalo aku justru sayang ga dipake ud cape2 buat hahha.. iya aku bikin ginian biar semangat ngisinya dan biar semua deadline on track 🤭

  6. Aku juga pakai planner buat blog, tapi cuma nulis biasa aja di notebook. Nggak sempat bikin dekorasinya hehe.

    1. Tadinya juga sempet kyk gitu tp lama2 merasa ga bergairan nulisnya, jd bikin ginian deh biar lbh semangat 😁

  7. Siti Nurhayati says:

    wah kak mel kreatif bgt. btw thank you ya kak aku jdi termotivasi untuk lbh bs mengembangkan blog aku jg deh.

  8. Menjawab no 3 nih mewakili 1 dan 2, kamu bisa banget bikin planner book kaya gini buat dijual karen aku juga pernah beli dari orang lain diy buku catatan penjualan yang lucu2 dan ada foto nyaa.. Perlu banget supaya semua planing tercatat rapih.

    1. Aku jg pengen sih bisa jual ini, tp ga tau seberapa byk peminatnya 🤭

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *