Face Republic Pureprep Trio Review

face republic pureprep trio

Merasa asing dengan brand Face Republic? Ya, secara brand memang sepertinya belum terlalu dikenal di Indonesia, tapi sebenarnya brand ini cukup populer di negara asalnya, Korea Selatan. Belum lama ini saya mendapat kesempatan untuk mereview rangkaian produk mereka yang berfokus untuk mempersiapkan kulit saat menggunakan skincare. Produknya tersebut adalah Face Republic Pureprep Trio.

Kenapa dinamai Pureprep Trio? Karena produknya ini memang terdiri dari 3 serangkai: Mild Cleansing Water, AHA/BHA Toner, dan pH Balancing Toner. Ketiga produk tersebut memang bertugas membersihkan dan mempersiapkan kulit sebelum lanjut ke tahapan skincare berikutnya. Seperti apa produknya?

Secara keseluruhan, semua produk Face Republic Pureprep Trio ini dikemas dalam botol plastik berisi 160 ml dengan desain kubus yang sleek nan minimalis. Penutup botol model flip top sehingga memudahkan kita dalam menuangkan isi produk ke kapas atau telapak tangan.

Semua tekstur produk berupa cairan transparan seperti air dan tidak beraroma sama sekaliSelain itu, semua produknya ini juga aman untuk bumil-busui karena tidak mengandung paraben, alkohol, silikon, benzophenone, chlorphenesin, dan pewangi. Produknya juga cruelty free dan scent free. Semua tekstur produk berupa cairan transparan seperti air.

Mild Cleansing Water

Face republic purepreptrio

First cleanser dari Face Republic Pureprep Trio ini memiliki kemasan paling transparan dan tidak memiliki kemasan luar. Ingredients-nya tertulis di badan botol sehingga kita bisa melihatnya dengan jelas.

Face republic purepreptrio

Daftar komposisi:

Water, Glycerin, Poloxamer 184, Disodium Cocoamphodiacetate, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Sodium Chloride, Panthenol, Ethylhexylglycerin, Sodium Citrate, Citric Acid, Disodium EDTA, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract, Hexylene Glycol, Pentylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Butylene Glycol, Octanediol, Tocopherol

Key Ingredients

  • Antioxidant: Glycine Soja (Soybean) Seed Extract, Tocopherol
  • Skin Brightening: Glycine Soja (Soybean) Seed Extract
  • Skin-identical ingredient: Glycerin
  • Soothing: Panthenol, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract

Sumber: incidecoder.com

Poloxamer 184 merupakan salah satu bahan pembersih yang ampuh membasmi sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih di wajah tanpa mengiritasi kulit. Kandungan Panthenol (vitamin B5) yang ada di dalamnya juga berfungsi untuk melembabkan kulit. Komponen tersebut bertugas sebagai humektan yang menarik molekul air dari luar ke dalam kulit dan menahannya di dalam. Panthenol juga berfungsi untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

Untuk cara pakai, sama saja seperti kita menggunakan pembersih pada umumnya. Tuangkan secukupnya ke kapas, lalu usapkan ke wajah untuk menghapus makeup/ kotoran di wajah.

Seperti biasa, saya lebih suka menggunakan cleansing water untuk membersihkan makeup mata. Saya sendiri menguji cleansing water ini untuk membersihkan area tersebut. Sesuai namanya, pembersihnya ini benar-benar bisa membersihkan riasan mata tanpa membuat mata pedih. Saat dipakai ke seluruh wajah, pembersih ini juga sama sekali nggak bikin kulit kita terasa seperti kering atau ketarik gitu. I love this product!

Pada foto di atas, saya menguji daya bersih cleansing water dengan beberapa makeup. Salah satunya menggunakan lip tint Implora dan ternyata hasilnya juga sama. Cleansing water nggak bisa kembersihkan lip tint begitu saja. Harus dibantu dengan lip remover atau cleansing oil.

AHA/BHA Tonerthe mildest exfoliating toner

Face republic purepreptrio

Lanjut ke tahap kedua setelah membersihkan wajah, Face Republic menyediakan produk exfoliating toner yang aman untuk bumil-busui! Dikemas dalam botol plastik dengan nuansa frosty doff, penampilan AHA/BHA toner ini jadi terlihat elegan dan berkelas.

Jujur saya surprise banget, lho pas tahu ada exfoliating toner yang ramah bumil-busui kayak gini. Sejak melahirkan dan menyusui, saya udah say no sama produk eksfoliasi kecuali yang mengadung AHA saja. Tapi rupaya kulit saya pun nggak bisa menerima AHA ini. Pas nyoba AHA/BHA Toner ini juga sebenarnya sempat ketar-ketir takut nggak cocok. Eh, ternyata selama pemakaian aman-aman saja di kulit saya.

Mungkin sebagian teman-teman yang lagi hamil dan menyusui langsung skeptis baca tulisan saya di atas. Apalagi ada kandungan BHA yang tidak disarankan digunakan selama kehamilan dan menyusui. Saya sendiri juga sempat tanya langsung via DM Instagram ke akun @facerepublic. Pihak sana menjawab pertanyaan saya lengkap dengan kadar acid yang terkandung di dalamnya. Nanti akan saya jabarkan di bawah. Pihak FR juga mengklaim produk ini aman kok untuk bumil-busui, tapi mereka tetap menyarankan agar kita konsultasi ke pihak obgyn supaya lebih yakin dan pasti.

Ingredients list:

Water, Methylpropanediol, 1,2-Hexanediol, Glycerin, Pentylene Glycol, Propanediol, Chondrus Crispus Extract, Saccharum Officinarum (Sugarcane), Panthenol, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Sodium Citrate, Xanthan Gum, Allantoin, Citric Acid (0.01%), Sodium Hyaluronate, Lactobionic Acid (0.001%), Tocopherol, Salicylic Acid (0.00001%)

Kadar persentase pada daftar di atas saya dapatkan dari DM @facerepublic. Saya pun jadih paham kenapa produk eksfoliasi ini bisa diklaim aman karena kadarnya benar-benar berada pada batas minimum, sehingga tidak masalah digunakan setiap hari. Karena kadarnya yang rendah itu, saya pun sama sekali nggak merasakan adanya efek cekit-cekit seperti ketika memakai produk eksfoliasi biasa. Makanya AHA/BHA toner ini saya juluki sebagai the mildest exfoliating toner.

Selain mengandung acid, AHA/BHA Toner ini juga dibekali sodium hyaluronate untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Lalu juga ada Tocopherol (vitamin E) yang bertugas melindungi kulit dari radikal bebas dan radiasi sinar UV B.

Meski tonernya ini ramah di kulit dan nggak menimbulkan reaksi negatif, di sisi lain saya juga agak gamang dengan efektifitasnya karena kadarnya yang rendah tersebut. Mungkin efeknya baru akan terlihat setelah pemakaian rutin yang cukup lama, tidak secepat produk ekfsoliasi toner biasa. Kabar baiknya, menurut saya produk ini cocok banget buat kita yang baru mau mencoba exfoliating toner sebagai ‘pemanasan’ bagi kulit saat mengenal acid dalam AHA/BHA.

Cara pakainya kalau mengikuti instruksi adalah dengan dituang ke kapas. Tapi aku pribadi lebih suka dituang ke tangan dan tap-tap ke wajah supaya lebih menyerap dan nggak terbuang di kapas.

pH Balancing Toner

Face republic purepreptrio

Produk terakhir dari rangkaian Face Republic Pureprep Trio adalah pH Balancing Toner. Setelah mengeksfoliasi kulit dengan AHA/BHA Toner, tahap selanjutnya adalah kulit perlu ‘ditenangkan’ kembali. pH Balancing Toner bekerja dengan merestorasi keseimbangan pH alami kulit tanpa mengenyahkan minyak alaminya.

Jika 2 produk sebelumnya menggunakan botol transparan, pH balancing toner ini dibalut dengan warna putih non-transparan sehingga nggak bisa dilihat sudah sebanyak apa pemakaian kita selama ini.

Ingredients list:

Water, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Betaine, Panthenol, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Sodium Citrate, Allantoin, Citric Acid, Disodium EDTA, Tocopherol

Key ingredients:

Diperkaya dengan Allantoin, zat ini sangat cocok untuk kulit sensitif sekalipun karena membantu menenangkan dan meredakan kulit yang teriritasi. Selain itu masih ada Citric Acid yang membantu mengangkat sel kulit mati sehinggai kulit jadi terasa lebih halus dan segar.

Selama memakai toner ini dengan cara dituang ke telapak tangan, rasanya kurang lebih mirip dengan memakai toner cair lainnya. Hidrasinya menurut saya B aja sih, nggak sampai istimewa gimana banget. Setelah memakai toner ini biasanya saya lanjutkan lagi dengan serum dan pelembab agar hidrasinya semakin mantap.

Face republic purepreptrio

Bagi teman-teman yang tertarik mencoba rangkaian produk Face Republic Pureprep Trio ini, bisa membelinya di toko Charis saya seharga Rp 576.000,-/ set. Memang lumayan pricey ya, tapi poin plusnya adalah komposisi bahannya minimalis banget dan safe for pregnant/ breastfeeding woman. Silahkan klik tombol di bawah ini kalau mau berbelanja.

Bagaimana pendapat teman-teman tentang produk ini? Silahkan berkomentar di bawah ya. Thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

24 Comments

  1. Ini sekali beli nya langsung paket ya bebh, jadi satu ramgkaian pasti selain lebih hemat jadi ga ke campur sama skincare lain, brb cek charis nya

  2. Aku sempat kepo bgt sama produk ini, tp ky msh ragu juga gt, akhirnya terjawab di sini, ternyata produknya bagus ya, suka liat packagingnya ❤

  3. Produk dengan kandungan yang aman untuk Ibu hamil dan menyusui ini penting banget.
    Karena jarang kan yaa…
    Pricey but worth to buy.

  4. Meski pric3y tapi kalau aman untuk.busui dan bumil pastinya dicari ya mba, kerasa waktu aku hamil aja ngerem2 dan ga berani pale skinker sembarangan heheh

    1. waktu hamil aku tetap skincare-an sih kak, tapi ya itu super milih2 produk dan kebanyakan pake produk korea jadinya karena lebih safety ingredientsnya.

  5. Aku suka sama packagingnya yang minimalis tapi tetep eksklusif. Sama-sama dibuat untuk membersihkan wajah tapi dari fungsi beda-beda. Aku jadi ngerti perbedaannya pas baca ini. Dari segi harga emang pricey, tapi untuk skincare dengan ingredients yang bener-bener aman kayak gini jadi worth it banget.

    1. aku juga jatuh hati sama packagingnya. simple tapi elegan gitu.

  6. Aku baru tau Face Republic, beb. Ternyata ini Korean brand yaahh.. Penasaran deh pengen nyobain soalnya aku lagi suka banget sama produk-produk Korea belakangan ini.

  7. Naksir sama tonernya. Aku suka banget pake toner yang exfoliating. Tapi harganya lumayan juga ya. Lebih dari setengah juta hehehe.

    1. iya kak, soalnya ini harga 1 paket sih. kalo harga satuan segitu jelas mahal ruar biasah hehehe

  8. Iya sih ini asing banget untukku brandnya dan malahan baru tau setelah baca reviewmu. Tapi memang skincare dari Korea ini selalu bagus ya, penasaran sih pengen nyobain juga. Btw ini cocok untuk semua jenis kulit ya?

    1. Iya, bisa untuk semua jenis kulit kok kak

  9. Ini face republic berbeda dengan nature republic ya, namanya mirip banget sih bisa2 ketuker nih pas mau beli hihi

    1. iya nih, serupa tapi gak sama. kayaknya si FR ini juga tergolong pendatang baru sih.

  10. Makin banyak ya produk skincare asal korsel yang sungguh menggoda, dan tiap produk punya keunggulan ingredient, tapi penasaran juga nih sama exfo toner yan aman bumil dan busui soalnya khan jarang ya

    1. betul! ini dia yang bikin saya tertarik buat nyoba hehehe…

  11. cocok buat di home ya ukurannya kalau 160 mili, dan wah ternyata aman buat ibu hamil juga ya, bakal banyak peminatnya kalau begini, karena aman buat bumil dna menyusui juga. suka banget sama desain dan packagingnya kesannya elegan dan mahal gitu

  12. Ih menarik ya mba, aku liat ingredientsnya simple dan cukup aman buat aku juga jadi pengen coba

    1. betul, kalo pemula di chemical exfo bisa coba versi ini biar kulit ga syok.

  13. uwaaa ini harganya lumayan juga ya beeeeb, padahal kepo nih pengen cobain jugaa, siapa tau cocok dikulit aku ehhehe

  14. Harga satu set lumayan juga tapi itu terlihat banget benar-benar membersihkan riasan mba dan tetap lembab

  15. Saya baru mendengar nama toner ini. wah cucok ya dengan harga jika melihat kualitasnya. Biasanya area bandel saat membersihkan wajah bagi saya di bibir. Kapan2 mau coba juga produk ini

  16. harganya memang pricey tapi ga masalah kalau memang kualitasnya bagus dan membuat kulit kita sehat ya mba Mels, btw aku tertarik sama exfoliating tonernya karena kebetulan lagi nyari-nyari exfoliator siapa tahu ini bisa cocok, mau nyobain beli, bisa beli kepisah kan ya mba Mels?

    1. Kalo di Charis kayaknya sepaket deh. Kalo di beautymnl bisa lepasan, tapi itu kan di Filipina ya. wkwkw.. Yang di Indo aku belum nemu yang dijual terpisah sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: