Review Himalaya Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask untuk Kulit Berjerawat

Himalaya Purifying Neem Face Wash

Mengusung kandungan daun mimba (neem) dan kunyit, Himalaya Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask merupakan salah dua produk yang ditujukan untuk mengobati kulit berjerawat. Dan di artikel ini, saya hendak berbagi pengalaman selama menggunakan kedua produk tersebut. Are you excited? 

Produk Himalaya sebenarnya sudah tidak asing lagi buat saya. Selain memang sudah lama masuk ke pasar Indonesia dan mudah didapatkan di pasar swalayan, di sekitar tahun 2015 saya juga pernah mencoba Himalaya Purifying Face Wash-nya. Dan ketika sekarang berkesempatan menggunakan produk ini lagi, rasanya seperti lagi nostalgia.

Btw, sebelum saya lanjut mengulas produknya, saya ingin memberitahukan terlebih dahulu khasiat dari daun mimba dan kunyit yang menjadi primadona dari rangkaian produk Himalaya Purifying Neem.

Manfaat daun mimba (neem) dan kunyit pada produk Himalaya Purifying Neem Mask dan Face Wash

Mengapa daun mimba dapat membantu merawat kulit berjerawat?

  1. Memiliki fungsi sebagai anti-bakteri untuk membantu melawan bakteri penyebab jerawat
  2. Memiliki kandungan anti-inflamasi
  3. Mengandung astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, dan membantu membersihkan pori-pori tersumbat
  4. Dapat membersihkan kulit tanpa membuat kulit kering

Sementara itu, ekstrak daun kunyit juga memiliki khasiat yang tak kalah bagus untuk kulit. Menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan kulit juga kerap dipakai dalam metode pengobatan Ayurveda. Daun kunyit dikenal dapat membantu menjaga kulit tetap lembut, halus dan bercahaya, membantu menghilangkan bintik hitam pada kulit, mengobati eksim, serta dapat membantu menyembuhkan kulit berkat kandungan antiseptik di dalamnya.

Himalaya Purifying Neem Face Wash Review

Himalaya Purifying Neem Face Wash
Himalaya Purifying Neem Face Wash

Produk pertama yang ingin saya ulas adalah Himalaya Purifying Neem Face Wash. Sabun wajah ini dikemas dalam tube transparan dengan penutup flip-top serta memiliki tekstur berupa gel berwarna hijau dan aroma herbal yang menonjol. Sabun ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Baik digunakan pada pagi dan malam hari.

Baca juga:  5 Alasan Kamu Beauty Cleansing Balm Layak Dicoba

Komposisi

Aqua,  Melia Azadirachta  (Neem) Leaf Extract, Ammonium Lauryl Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Glycerin, Acrylates/โ€‹C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Disodium Cocoyl Glutamate, Sodium Cocoyl Glutamate, Curcuma Longa Root (Turmeric) Rhizome Extract, Phenoxyethanol, Sodium Hydroxide, Fragrance, Sodium Metabisulfite, Citric Acid, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone,  CI 19140, CI 42090

Jika dilihat pada komposisi di atas, kandungan ekstrak daun mimba dan kunyit berada pada urutan atas yang berarti persentasenya lumayan tinggi. Tidak mengandung phthalates, paraben, SLS/SLeS, namun masih menggunakan ALS sebagai penghasil busa.

Kesan pemakaian

Soal kemasan rasanya saya tidak perlu banyak komentar karena memang harga produk Himalaya ini super terjangkau, jadi seimbanglah dengan desain kemasan diberikan. Saya suka dengan kemasan sabun transparan karena kita bisa melihat langsung kondisi isi di dalamnya kalau sudah mau habis tanpa perlu menerka-nerka. Lalu untuk aromanya sendiri buat saya sendiri nggak terlalu masalah, walau sedikit mengingatkan pada aroma rumah sakit. Heheโ€ฆ Toh aromanya juga akan hilang setelah dibilas.

Busa yang dihasilkan oleh Himalaya Purifying Neem Face Wash ini menurut saya tergolong cukup dan nggak lebay. Kalau sabun busanya sedikit banget juga rasanya aneh ya pas diaplikasikan apalagi kalau kamu terbiasa dengan sabun cuci muka yang foamy. Meski masih mengandung ALS, sabun Himalaya tidak terlalu membuat kulit kering kerontang setelah pemakaian. Bagi saya rasanya di tengah-tengah, nggak bikin kulit kering ketarik.

Sabun Himalaya paling sering saya pakai sebagai PM routine setelah menggunakan first cleanser. Berhubung kita masih dalam kondisi pandemi yang menyebabkan amat sangat jarang keluar rumah, saya tetap melakukan metode double cleansing setiap hari. Meski tidak memakai makeup, saya tetap menggunakan sunscreen di pagi hari. Double cleansing memastikan kulit kita bersih dari residu sunscreen yang berpotensi memicu jerawat. Kenapa saya pakai Himalaya Purifying Neem Face Wash di malam hari? Karena saya suka dengan sensasi pemakaiannya yang memberikan efek lebih bersih dan cocok dijadikan sebagai second cleanser

โ€œKami bangga menjadi pendukung pejuang jerawat.โ€

Himalaya

Himalaya Purifying Neem Mask Review

Himalaya Purifying Neem Mask
Himalaya Purifying Neem Mask

Sama seperti versi face wash-nya, Himalaya Purifying Neem Mask juga dikemas dalam kemasan tube dengan penutup flip top. Hanya saja kemasan maskernya berwarna putih, tidak transparan seperti kemasan sabun. Maskernya ini berfungsi untuk membantu mengatur sekresi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan merawat kulit berjerawat.

Baca juga:  Review BASE Skincare, Produk yang Dibuat Sesuai Kebutuhan Kulit Kita

Teksturnya sendiri berupa pasta dengan abu-abu pekat menyerupai warna tanah liat untuk keramik. Terdapat butiran halus seperti pasir pada teksturnya juga. Aroma maskernya ini sangat unik karena mengingatkan saya pada aroma dupa yang sering dibakar untuk sembahyang. Aromanya ini bakal menempel lumayan lama bahkan tidak hilang setelah dibilas. Bagi yang penciumannya tidak terbiasa dengan aroma macam dupa seperti ini bisa jadi akan merasa sedikit pusing dan terganggu.

image 13 Review Himalaya Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask untuk Kulit Berjerawat
Tekstur Himalaya Purifying Neem Mask

Cara pakai

  1. Tuang masker secukupnya ke telapak tangan, ratakan dengan jari atau spatula pada wajah yang telah dibersihkan. Hindari area mata.
  2. Diamkan selama 10-15 menit hingga mengering. Setelahnya bisa dibersihkan dengan spons basah lalu bilas dengan air dingin.
  3. Gunakan sekali atau 2 kali dalam seminggu.
  4. Jangan dioles pada kulit yang terluka atau sedang mengalami peradangan.
image 12 Review Himalaya Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask untuk Kulit Berjerawat
Cara pakai Himalaya Purifying Neem Mask

Komposisi

Water (aqua), Kaolin, Melia Azadirachta (Neem) Leaf Extract, Propylene Glycol, Bentonite, Fuller’s Earth, Curcuma Longa (Turmeric) Root Extract, Fragrance, Sodium Methylparaben, Imidazolidinyl Urea, DMDM Hydantoin, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Sodium Propylparaben, Citric Acid, Sodium Lauryl Sulfate

Pada produk Himalaya Purifying Neem Mask ini rupanya tidak hanya mengandung ekstrak daun mimba dan kunyit, tapi juga turut mengandung Fuller’s Earth yang berfungsi untuk menyejukkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Kesan pemakaian

Selama proses pengaplikasian masker ini, saya merasakan sensasi dingin dan sedikit cekit-cekit. Saat masker mulai mengering, wajah kita akan terasa kencang sekali. Lalu seperti yang terlihat pada foto di atas, masker yang sudah kering memperlihatkan titik-titik pada bagian pori-pori kita.

Proses membersihkan masker tidak terlalu sulit. Menggunakan waslap sangat memudahkan dalam meluruhkan masker. Hanya saja lebih baik menggunakan waslap berwarna gelap daripada berwarna terang. Pasalnya saya menggunakan waslap putih dan masih terdapat sisa noda masker samar-samar meski sudah dicuci dengan deterjen. 

Baca juga:  Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer dan Bakuchiol Night Oil Ampuh Redakan Jerawat

Setelah wajah dibersihkan, saya merasakan kulit yang terasa lebih sejuk, halus, dan tidak memberikan efek kering atau pun menyumbat pori-pori. Biasanya sehabis maskeran, saya langsung lanjut menggunakan skincare routine agar kulit tidak keburu TEWL. Karena saat memakai masker ini wajah saya sedang tidak berjerawat, saya tidak tahu apakah masker ini juga bisa membantu mengeringkan jerawat atau tidak.

Satu hal lagi yang saya rasakan, aroma maskernya yang seperti dupa benar-benar lekat di kulit dan tidak lekas hilang meski sudah menggunakan produk skincare setelahnya. Kecuali skincare yang kita pakai juga punya aroma yang kuat yang bisa mengimbangi aroma masker ini. 

Di mana bisa beli produk Himalaya?

Himalaya Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask

Sebagai produk perawatan alami untuk melawan jerawat, Himalaya Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask sangat mudah didapatkan baik secara online maupun offline. Produk Himalaya bisa dibeli di Watsons, Alfamart, Indomaret, Official Store di Shopee dan Lazada. Terdapat 2 varian ukuran, yakni 50ml dan 100ml, serta dibanderol mulai dari Rp 24.800,-. Sangat terjangkau sekali bukan harganya?

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

20 Comments

  1. brand yang dari dulu udah dilist tapi belum terwujud juga buat beli
    saking penasarannya, karena aku mengira kalau pakai produk ini bakalan bikin nyess dimuka gitu

  2. Ingredients yang fullers earth baru kali ini dengar. Produk himalaya sendiri udah sering aku liat2 kalau lagi ke supermarket, hihi.. tapi belum jadi mau beli. Maskernya bikin ngiler deh. Nanti cobain ah!

  3. aku inget banget pernah cobain produk ini pas SMP buat ngatasin jerawatku! Emang aromanya mirip2 aroma dettol XD

  4. Dua-dua produk favorittt banget kalau lagi masa pandemi jerawatan jadi cepet kering pakai ini

  5. wah aku baru tau kalau cleansernya itu gel teksturnyaaa

  6. aku tertarik sama ulasan aroma dupa maskernya, kak mels. mungkin wangi dupa dimaksudkan untuk sensasi relax kali yaa, soalnya aku sendiri suka sama wanginya hihi

  7. Wahhh menarik ni, belum pernah nyoba himalaya tapi reviewnya bagus-bagus, harganya murah juga

  8. aku pake ini sekali2 mels, biar kulitku kering tapi tetap aman kok hehee pakenya 2 minggu sekali tapi wkwkwk

  9. Aku belum pake himalaya purifying neem face wash ini kak, penasaran setelah baca reviewnya apalagi ramah di kantong harganya pun hasilnya tidak mengecewakan.

  10. Himalaya ini salah satu produk terjangkau, gampang ditemukan yang kualitasnya oke banget menurutku. Aku pernah beberapa kali repurchase exfo daily facial wash-nya. Cocok banget di aku. Boleh nih dicobain mask-nya, semenjak di rumah emang jadi rajin maskeran gitu.

  11. Wah produk ini. Anak gadisku pake nih. Lumayan cocok dia dengan produk ini. Jerawat-jerawat bandelnya cepet hilang kalo pake ini. Yang enaknya, belinya gak perlu jauh-jauh. Di mini market deket rumah pun ada. Plus harganya gak mahal. Andalan deh jadinya produk ini buat dia.

  12. Aku pernah doonk…pakai Himalaya Purifying Neem Mask.
    Rasanya persis sama merk yang biasanya aku pakai, namun harganya Himalaya lebih affordable.
    Hanya wanginya yaa.. Bagi yang biasa menggunakan skincare minim fragrance, kayanya bakalan kaget sama sensasinya.
    Tinggal cobain face wash dari Himalaya yang aku sejujurnya baru tau…

  13. Waah ini sih masker favorit aku bahkan udah repurchase beberapa kali

  14. Banyak yg rekomendasi in produk ini untuk kulit yg berjerawat. Saya jg jd pengen coba apalagi klaimnya bs cepat atasi jerawat dan nyaman pula saat dipakai

  15. Aku pernah coba maskernya. Wanginya emang kenceng sih ya, tapi efeknya oke. Berasa banget bersihnya ๐Ÿ‘Œ๐Ÿป

  16. ah pas banget, kulitku berjerawat, jerawat kecil2 di daerah sekitar hidung. kulit ku oily gitu, terutama di daerah T. jadi pengen cobain deh neem face wash dan neem mask nya xD

  17. busa yang dihasilkan face washnya juga lumayan banyak ya ku kira produk ini no bubble, tapi penasaran banget sama maskernya banyak yang review

  18. Sering liat orang pake nih. Kl utk kulit kering bisa ga ya? Takut malah drying deh

    1. Kalo buat kulit kering memang sebaiknya jangan sih. Lebih baik cr masker yg melembabkan seperti sleeping mask.

    2. Ini sempet jadi pujangga skincare drugstore, temenku ada beberapa yang pakai ini terus mereka cocok. Sempet tergiur mau coba Facewash sama mask nya tapi agak takut bikin kulit kering, tapi next mungkin bakal aku coba, kebetulan banget aku lagi neken budget buat beli skincare :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: