holika mugwort sheet mask
Beauty Product Review Skincare

Holika Holika Mugwort Sheet Mask Review

Hola! Happy New Year and this is my first review post in 2020! And the very first product to be reviewed is a mugwort sheet mask by Holika Holika. Setelah 2 minggu absen ngeblog karena sibuk urus bayi, akhirnya bisa kembali lagi saya. Semoga bisa lebih produktif lagi setiap bulannya. Well, without further a do, mari kita kupas tuntas masker lembaran ini. FYI, artikel kali ini akan saya buat dalam 2 bahasa: Indonesia dan Inggris. Happy reading!

About Holika-Holika Mugwort Sheet Mask

Sesuai namanya, bahan utama dari masker ini adalah mugwort, tanaman aromatik yang berasal dari spesies genus Artemisia dengan nama latinnya Artemisia Vulgaris. Tanaman mugwort banyak tumbuh di daratan Eropa, Afrika Utara, Asia dan Alaska, serta sudah umum digunakan sebagai obat dan bahan masakan dari zaman dulu kala.

As its name, the main ingredient from this sheet mask is mugwort, a common aromatic plant which come from genus Artemisia species and its latin name is Artemisia Vulgaris. Mugwort mostly grows in Europe land, North Afrika, Asia, and Alaska, and also has been commonly used as medicine or food ingredients since ancient time.

mugwort
Ilustrasi tanaman mugwort. Source: pinterest

Dalam dunia kecantikan, mugwort berfungsi untuk menenangkan dan membersihkan wajah dari debu halus akibat polusi udara dan dapat membuat wajah lebih cerah.

Pada produk ini, Holika Holika menggunakan mugwort yang sudah difermentasi selama 3 tahun dan bahan alami lainnya yang terklasifikasi dalam EWG 1-2 sehingga aman untuk kulit sensitif sekalipun, serta tidak menggunakan pewangi buatan. Bahan kertas maskernya pun terbuat dari bahan Tencel yang dapat menyerap essence lebih banyak dibanding masker yang terbuat dari kapas. Kertas maskernya menjadi lebih mudah dibuka, tipis, dan transparan sehingga lebih nyaman saat dipakaikan ke wajah dibandingkan masker kertas konvensional.

Holika Holika Mugwort Sheet Mask pernah mendapatkan penghargaan dari Get It Beauty pada tahun 2018 sebagai juara pertama dalam kategori masker lembaran.

In beauty world, mugwort is able to soothe and clean up the face from dust due to air polution and also able to brighten up the skin tone.

In this product, Holika Holika uses 3 years old of fermented mugwort and other natural ingredients which are classified in EWG 1-2 so it will be safe even for sensitive skin, and it also doesn’t contain artificial fragrance. The sheet paper is made form Tencel material which able to absorb more essence compare to cotton based mask. The sheet paper is easy to open, thin, and transparant so it will be more convenient when applied onto the face than other conventional sheet mask.

Holika Holika Mugwort Sheet Mask was awarded from Get It Beauty in 2018 as first winner of sheet mask category.

Ingredients

Water, Glycerin, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Betaine, Panthenol, Allantoin, Artemisia Princeps Leaf Extract, Sodium Hyaluronate, Arginine, PPG-13-Decyltetradeceth-24, Carbomer, Xanthan Gum, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Salvia Officinalis (Sage) Oil, Salvia Sclarea (Clary) Oil, Juniperus Communis Fruit Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Boswellia Carterii Oil

Baca Juga: Eileen Grace Deep Cleansing Black Jelly Mask Review

How to use

Cara memakai mugwort sheet mask ini adalah setelah membersihkan wajah dan memakai toner, aplikasikan masker pada wajah selama 15-20 menit lalu lepas dan tepuk-tepuk sisa essence agar meresap ke dalam kulit.

The way to use this mugwort sheet mask is after cleansing your face and using toner, apply the sheet mask onto your face within 15-20 minutes, then lift up and pat the remaining essence on the skin to absorb.

Review Holika Holika Mugwort Sheet Mask

Sekarang saatnya saya berbagi pengalaman saat menggunakan masker kertas ini. Seperti biasa, saya akan mulai dari segi kemasannya.

Now it’s time for me to share my experience when using this sheet mask. As usual, I will start form the packaging.

Packaging

holika mugwort sheet mask

Bahan kemasan terbuat dari lembaran aluminium untuk menjaga higienitas produk dan diberi warna hijau dengan gambar mugwort dicetak pada bagian muka untuk menggambarkan isi kandungannya.

Kemasan masker ini sangat unik, dimana dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna saat membuka kemasan. Di bagian pojok kanan atas terdapat petunjuk agar bungkus masker dibuka dari sana. Tanpa gunting dan tinggal tarik saja, masker dapat diambil dengan mudah. Sangat travel friendly!

The packaging material is made from aluminium sheet to secure the higienity of the product and colored in green with mugwort image printed on the surface to describe its content.

This sheet mask’s packaging is very unique, designed in such a way to simplify the user when opening its packaging. On the upper right corner, there is written a guide to detach the packaging. Without scissor and just pull it off, the mask could be taken out easily. It is very travel wise!

Material

Saya setuju dengan bahan material yang terasa berbeda dari masker kebanyakan. Kertasnya terasa lebih tipis dan berwarna transparan. Hanya saja, untuk membukanya saya masih merasa sedikit kesulitan karena kertasnya saling menempel akibat terendam essence. Untuk melihat review yang lebih nyata, silahkan tonton videonya berikut ini:

I do agree with the material that feels different from other conventional sheet mask. The paper is indeed thinner with transparant color. But, I still need a little bit effort to loosen up the sheet mask due to its essence soaking the paper and make it stick one another. To see the real review, please watch the video below:

During application

holika mugwort sheet mask

Selama pemakaian masker di wajah, ada rasa sejuk yang terasa di kulit. Cairan essence-nya juga tidak sekental essence pada sheet mask lainnya, sehingga saya merasa sama sekali tidak lengket dan cenderung lebih cepat meresap. Tidak ada sensasi lengket ataupun berminyak dari sisa essence yang tertinggal di wajah.

Sedikit saran saat memakai masker, sebaiknya diperas terlebih dahulu agar essence-nya yang memang agak encer tidak menetes ke bawah. Sisa essence bisa kita aplikasikan ke bagian tubuh lainnya seperti tangan, leher, dan kaki karena rasanya sayang banget ya kalau dibuang begitu saja hehehe…

When wearing the mask on the face, there is a cool sensation felt on the skin. The essence’s liquid is not as viscous as another sheet mask so I didn’t feel any stickiness and it tends to absorb quickly. Neither stickiness nor greasiness felt at all of the essence residu left on the skin.

A little advice to you when wearing the mask, it is better to squeeze it first so the runny essence would not dripping down. The remaining essence could be applied to other body parts such as hands, neck, or legs since it will be in vain if being thrown away just like that.

After application

Setelah memakai masker ini, saya merasa kulit wajah tentu saja terasa lebih lembab dan kenyal. Sejauh ini selama menggunakan masker kertas, saya tidak pernah mengalami masalah seperti timbul jerawat, beruntusan, atau apapun termasuk saat memakai mugwort sheet mask ini.

After using this mask, I feel that my skin face is indeed more moisturize and plump. So far in using any sheet mask, I never have any problem such as breakout, lead, or other bad things, including while using this mugwort sheet mask.

Baca juga: Review Blooming Cell Dual Effect Mask

Jika kamu melihat foto di atas mungkin tidak nampak perbedaan signifikan dari sebelum vs sesudah menggunakan sheet mask ini. Kembali lagi, skincare itu, apalagi masker hasilnya memang tidak bisa terlihat instan karena sifatnya komplementer. Diperlukan penggunaan secara teratur dan konsisten minimal 1 bulan untuk melihat hasilnya, apakah benar terbukti atau tidak sesuai klaim yang dijanjikan. Hasil yang bisa kita rasakan langsung lebih kepada efek melembabkannya dan apakah cairan maskernya menimbulkan masalah untuk kulit atau tidak.

Jadi, apakah saya merekomendasikan kamu untuk mencoba masker ini? Jika kamu sedang mencari masker kertas yang ringan, tipis, essence-nya tidak kental dan lengket, saya merekomendasikan untuk mencoba Holika Holika Pure Essence Mugwort Sheet Mask ini. Harganya tergolong affordable, yakni hanya 22k saja dan saat ini sedang ada promo di Shopee lho. Langsung aja klik link dibawah ini dan kamu akan diarahkan ke toko resmi Holika Holika untuk mendapatkan harga promonya.

If you see the above picture, you might not be able to see a significant result of before vs after using the sheet mask. For me, the result of using sheet mask would not be seen instantly because of its complementary trait. It requires regular and consistent use for at least in 1 month to see the result, whether it is truly proven or not in accordance with the claims promised. The immediate result we could feel is more to the moisture effect and whether the liquid will give you trouble or not.

So, would I recommend you to try this mask? If you are looking for a light, thin, less viscousity, and non-sticky sheet mask, I do recommend you to give this a try. The price itself is quite affordable, that is only for IDR 22k per piece and there is a special promotion held now at Shopee! Just click the link below and you’ll be directed to Holika Holika’s official page to claim the special promotion.

Holika Holika Indonesia

So, how do you think after read my experience? Feel free to share your thought about this product or this article overall. Your comment will be precious to me to improve this blog more. Thank you for reading and see you in the next post! Cheers!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

13 Comments

  1. Holika Holika Mugwort Sheet ini udah dalam wishlist aku dari bulan kmrn karena kebetulan adikku pake juga dan dia blg baguss

  2. duh lemah deh aku kalo udah berhubungan sama yang namanya sheet mask, aku belum pernah nih nyobain holika holika sheet mask ini, jadi kepo deh apalagi essence nya melimpah hihihi, makin kepo

  3. Penasaran jadinya karena kayaknya lebih banyak essense daripada tebel kertasnya. Next time cobain ah besok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *