Isi Blog Planner 2020 ala Mel’s Playroom

Hola! Di artikel Planner vs Buller Journal, saya pernah menjanjikan akan membagi isi blog planner saya di tahun 2020 ini. Jadi, dalam rangka memenuhi jannji tersebut, berikut ini saya tampilkan isi blog planner 2020 ala Mel’s Playroom. Please enjoy!

Sebelum masuk ke perincian blog planner, saya mau kasih tahu dulu dimana letak ke-hybrid-an planner saya. Di tahun 2020 ini, saya menggabungkan monthly dan weekly planner dari template Passion Planner dengan sistem bullet journal.

Template dari Passion Planner bisa kita peroleh secara gratis dari website-nya. Kita tinggal download sesuai kebutuhan dan bisa dicetak sendiri atau ke percetakan. Nah, saya sendiri cetaknya via @dunia.notebook. Pas kebetulan menang giveaway dari mereka dan mereka menerima custom printing. Jadi deh planner hybrid yang sesuai keinginan saya.

Mau tahu seperti apa monthly dan weekly log dari Passion Planner? Intip fotonya berikut ini.

Monthly log

Sebenarnya di bagian paling kiri yang saya tutupi sticker itu ada kolom lagi yang bisa diisi kalau penggunanya mau. Karena di saya tidak terpakai, jadinya saya hias saja dengan sticker.

Weekly log

blog planner 2020

Kalau ini tampilan weekly log Passion Planner. Yang saya suka adalah format vertikalnya dan ada penanda jam meski nggak selalu terpakai. Ini cocok buat kalian yang punya jadwal fix, bisa dicatat sesuai jam tertera. Bisa juga dipakai untuk mencatat jadwal pelajaran buat teman-teman yang masih sekolah/ kuliah.

Terus juga di bagian kiri bawah ada kolom to do list yang bisa diisi sesuai kebutuhan, pribadi atau pekerjaan. Kolom kosong di halaman kanan bawah bisa diisi apapun yang mungkin tidak terakomodasi atau sekadar berkreasi.

Selanjutnya, foto di bawah ini adalah bullet journal yang ada di bagian belakang planner. Sebenarnya setelah halaman planner, saya request 70 halaman kosong dengan format titik-titik untuk mengakomodasi kebutuhan saya. Sebagian foto di bawah ini sudah ada di artikel Isi Bullet Journal untuk Blogger.

Project tracker

project tracker blog planner 2020

Tidak ada perubahan di sini. Mungkin di tahun depan akan sedikit saya modifikasi kalau menemukan formula pencatatan yang lebih ringkas/ minimalis tapi mencakupi informasi tentang project-nya.

Financial tracker

financial tracker blog planner 2020

Sedikit modifikasi di bagian financial tracker, saya menambahkan kembali kolom expenses untuk mencatat pengeluaran yang digunakan untuk mempromosikan konten. Selain itu, saya tambahkan juga catatan untuk pengeluaran tetap tiap bulan seperti tagihan kartu kredit dan asuransi pribadi. Karena pada akhirnya kolom top-up tracker yang saya buat sebelumnya tidak terpakai juga. Hahaha…

Editorial tracker

editorial calendar blog planner 2020

Pada bagian ini juga tidak ada perubahan, bedanya hanya sedikit saya hias saja. Formatnya masih sama karena saya malas menggunakan format kalender. Lagipula format kolom begini memiliki ruang menulis yang lebih lapang.

Selain itu, halaman ini sangat berguna ketika kita butuh menyematkan internal link ke dalam artikel terbaru. Banyaknya artikel yang pernah kita buat nggak mungkin bisa kita ingat satu per satu seluruhnya. Kita tinggal membuka catatan editorial bulan-bulan sebelumnya dan mencari artikel yang sekiranya relevan dengan artikel baru untuk dijadikan backlink. Buat saya, cara ini lebih cepat dibanding harus scroll daftar postingan di dashboard.

Annual statistic

Karena bagian ini sudah pre-made, jadi sama dengan project tracker di atas, tidak ada perubahan berarti dan masih saya update tiap bulannya.

Halaman ini benar-benar berfungsi sebagai penyemangat saya untuk tetap rutin ngeblog tiap bulannya. Kalau statistik menurun, saya pun jadi belajar lagi apa yang kurang saya lakukan di bulan sebelumnya untuk perbaikan di bulan mendatang. Misalnya seperti apakah jumlah postingan berkurang, promosi yang kurang, atau penggunaan SEO yang kurang tepat, dlsb. Jadinya, saya pun terus terpacu untuk belajar tentang dunia blogging dan nyatanya selalu ada hal baru yang bisa dijadikan pembelajaran.

So, itu dia isi blog planner yang saya gunakan di tahun 2020 ini. Sengaja saya ringkaskan dan pakai yang benar-benar sesuai kebutuhan. Dengan membuat format yang sesuai kebutuhan, waktu yang kita habiskan untuk mengisinya juga lebih efisien. Apalagi waktu saya sebagai ibu 2 anak benar-benar sangat terbatas. Saya harus bagi waktu antara mengurus anak, rumah tangga, blog, pekerjaan paruh waktu, dan mengisi planner ini.

Kenapa saya masih menyempatkan diri mengisi blog planner ini padahal waktunya maksa banget? Karena sejumlah manfaatnya yang saya rasakan. Saya pernah menulis tentang manfaat planner untuk blogger sebelumnya. Silahkan dibaca jika berkenan.

Semoga apa yang saya bagikan bermanfaat buat teman-teman semua ya. Artikel bullet journal mendatang akan saya buat rekomendasi peralatan yang dibutuhkan untuk mulai nge-bujo. Tertarik? Komentar ya di bawah ^^.

Thank you for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

35 Comments

  1. aku suka ngeliat buku planner temen temen bisa secantik ini, aku juga mau hehehe
    beberapa kali baca soal bikin journal seperti ini sempet bikin aku untuk ikutan juga tapi belum kesampaian

  2. Keren, plannya komplit ya, kalau blog planner saya sederhana banget isinya cuma content calendar sama link building/guest post. Pengen sih kapan2 bikin planner yang desainnya keren kaya punya mbak.

  3. Desain plannernya bagus-bagus kak, malah sayang makenya kayak bagusan buat dikoleksi begitu 😁

  4. Wah.. DA/PA nya luar biasa, Mbak. Big applause for you, Mbak.
    So far aku pake pre-made planner untuk blog yang berisi monthly goals, weekly to-dos, dan post planner.
    Terpisah dari bullet journal pribadi.
    Berkatmu, aku jadi kepengen bikin blog statistics sama expense tracker juga.
    Terima kasih.

  5. makasih ya beb infonya, jadi ingin punya planner seperti ini juga, sekarang aku baru mencatat beberapa planner aja di notes hp

    1. Sama2. Kalo aku malah kurang nyaman catet di hp ?

  6. Planner yang sangat berguna banget nih buat blogger. AKu juga nyatet tapi masih belum sebagus ini. Tahun lalu mulai dengan mulis di notes hp tapi semua hilang krn hp error jadi nulis dibuku biasa. Next mau buat kayak gini ah.. enak dilihatnya.

    1. Sekalian pengalih stress mba. Seru sendiri lho. Aku jg krg nyaman catet di hp krn ga bs cover kebutuhan aku soal pencatatan ?

  7. Mauuu…
    Aku suka menulis, tapi ujung-ujungnya suka miliha alat buat nulis. Soalnya kalau alatnya ga enak, tulisannya juga jadi jelek yaa…?
    Makanya lebih seneng monokrom aja gitu…nulis pake pensil, maksudnya.

    kalau ada refrensi alat ngebujo, aku mau, kak…

    1. Pas banget donk di artikel setelah ini aku nulis rekomendasi alat tulis buat bujo lho. Mampir lagi ya mba ?

  8. Yang project tracker seru nih bisa dicontoh. Aku juga bikin bullet journal tetapi lebih buat ngatur aktivitas harian aku sih kak. Maklum syibuk banget apalagi pas WFH gini. Sempat bikin juga untuk blog cuma planner-nya terbengkalai. Hehehe. Lihat punya kak Mel jadi semangat lagi bikin bujo.

    1. Yeay, senangnya kalo bisa meninspirasi orang buat mulai ngebujo. Yg project tracker aku masih cari sistem yg lebih ringkas nih biar ga byk garis2 ?

  9. sepetrtinya ini nih yang aku cari. makasi bangettt ka mel udah mau shariiing, aku jadi semangat buat bikin planner yang lebih rapiiih. boleh ya aku nyontoh ide formatnya hehe mau ikutan jugaa

    1. Bole donk. Silahkan aja. Kalo uda jadi bikin kabar2in ya ?

    2. Jadi pengen punya planner kayak gitu deh, biar semua kerjaan well plan. Aku cuma punya agenda yang isinya ala kadarnya aja.

  10. rapinyaaa. cantik yAa. kalau gini mah makin semangat isi dan realisasikan apa yg ditulis. saya ikutan bikin juga ah biar hidup sesuai keinginan dan ekspektasi

    1. Bethul. Sejak pake sistem ini, tiap hari aki rasanya produktif banget deh. Ada aja yg pengen aku kerjain ?

  11. kok kece banget mba mel ada blog planner nya, aku masih pakai excel aja nih hehe itu pun kadang skip juga hmm

    1. Nah itu dia alasan aku milih analog gini krn males buka2 lapie kalo lg ga nulis ?

  12. Waaah telaten bgt kak. Kalo aku biasanya awal2 doang pake planner, eh lama2 lupa juga… jd pengen lebih disiplin lg buat nerapin ini biar lebih teratur

    1. Pas mau mulai ini jg awalnya aku takut kyk kamu, mandeg tengah jalan tp untungnya menjelang setahun pake planner aku masih konsisten. Seneng hias2 jurnalnya biar ga bosen dan stress

  13. rapi banget kak blog planner 2020 nya, semuanya itu diatur dipersiapkan semaksimal mungkin trus aesthetic juga

    1. Iya biar selalu semangat ngisi. Kalo ala kadarnya aja pasti lama2 aku males ?

  14. rapi banget kak blog planner 2020 nya, semuanya itu diatur dipersiapkan semaksimal mungkin

  15. Wah sepertinya saya perlu juga nih ka pke planner secara suka lupaan cuma ya gt terkadang diawal aja rajinnya, mesti dicoba lg nih biar rapih ?

    1. Semangat kak. Coba deh dihias2, pasti rasanya ketagihan ?

  16. aku salah satu orang yang wajib banget nih beb pake planner dalam semua hal, soalnya pelupa banget anaknya hihihihi, planner membantu banget emang ya biar semuanya bisa sesuai jadwal hihi

    1. Iya. Apalagi kalo lg handle byk project. Kalo ga dicatet tkt ada yg ke miss

  17. aku salah satu orang yang wajib banget nih beb pake planner dalam semua hal, soalnya pelupa banget anaknya hihihihi, planner membantu banget emang ya

  18. bagus banget niy plannernya, aku harus punya kayak beginian mba, karena aku jaid lebih terarah kalau punya planner gini, kayak pengingta gitu deh

    1. Betul banget kak. Terus aku jd berasa lebih produktif juga ?

  19. Mengisi blog planner ini ternyata menyenangkan ya mba apalagi manfaatnya terasa jadi lebih on time dan disiplin, aku belum bisa nih. Insyaallah pengin ikiutan isi juga hehe

    1. Amin. Semoga kalo beneran butuh bisa kepake ya mba ?

  20. mels mau donk bujo nya di email ke aku hahaha aku mau ikutan ngeprint juga biar makin produktif kayak kamu 🙂

    1. Yg mana ci yg mau di email? Wkwkkw.. kalo passion plannernya tinggal klik link di atas aja. Lainnya aku gores sendiri ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: