argan oil untuk kecantikan
Beauty Product Review Skincare

Khasiat Argan Oil untuk Kecantikan

Sekitar 2 tahun lalu, saya pernah mengulas tentang manfaat minyak wajah atau face oil untuk kecantikan. Dalam artikel tersebut saya sempat menyinggung mengenai argan oil sebagai minyak yang baik untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Kali ini, saya ingin membahas sedikit lebih detil tentang khasiat minyak yang berasal dari Maroko ini.

Sekilas tentang Argan Oil

Sudah umum sepertinya kita ketahui bahwa argan oil merupakan salah satu jenis minyak yang bisa direkomendasikan untuk merawat kecantikan. Argan oil berasal dari ekstraksi buah pohon argan yang tumbuh di daratan Maroko, maka dari itu argan oil sering disebut juga sebagai Moroccan Oil.

Apa yang membuat argan oil ini begitu istimewa?

Pertama, argan oil merupakan salah satu jenis dry oil yang kaya akan asam lemak seperti asam oleat (omega 9) dan linoleat (omega 6). Selain itu, dia juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Kedua, argan oil juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas. Minyak ini juga dapat diaplikasikan langsung dan mempercepat penyembuhan kulit yang terluka atau terkena infeksi.

Ketiga, bisa dibilang minyak argan ini sangat multifungsi. Selain baik digunakan secara topikal untuk kesehatan kulit, dia juga bisa dikonsumsi secara oral untuk menjaga kesehatan jantung serta bisa mencegah kanker.

argan oil untuk kecantikan

Khasiat Argan Oil untuk Kecantikan

Karena tema utama blog ini adalah berbicara tentang kecantikan, jadi mari kita kupas lebih lanjut manfaat apa saja yang bisa dihasilkan dari minyak argan ini untuk kesehatan kulit dan rambut, yuk.

Manfaat argan oil untuk kesehatan rambut

  1. Melindungi rambut dari sinar UV
  2. Merawat rambut rontok dengan merangsang pertumbuhan rambut baru
  3. Membuat rambut lebih lembab dan berkilau
  4. Mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal
  5. Melindungi rambut dari kerusakan akibat hair styling

Nah, untuk perawatan rambut, saya punya cerita pengalaman tersendiri. Adik laki-laki saya kan sering membawa motor dalam kesehariannya, suatu hari dia mengeluh kepada saya karena kulit kepalanya sering gatal dan mengelupas sehingga nampak seperti ketombe gitu. Kebetulan saat itu saya juga lagi sering baca-baca tentang khasiat minyak esensial dan teringat bahwa argan oil dapat membantu mengatasi masalah rambut. Akhirnya, saya rekomendasikan dia untuk beli minyak argan oil tersebut sebagai perawatan. Saya sarankan agar minyak tersebut diaplikasikan ke seluruh kulit kepala sehabis keramas dalam kondisi rambut setengah kering.

Singkat cerita, setelah beberapa bulan rutin menggunakan minyak argan, saya tanyakan lagi apakah rambutnya masih bermasalah atau tidak. Jawabannya sungguh mengejutkan. Masalah rambutnya sudah teratasi dengan baik! Alias kini sudah nggak gatal dan nampak lagi kutumbaba di kepalanya meski mengenakan helm setiap hari. Wow! Perawatan yang murah meriah nan efisien.

Manfaat argan oil untuk kesehatan kulit

  1. Menambah kelembaban kulit dan memperkuat skin barrier
  2. Mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus
  3. Mencerahkan warna kulit dan memudarkan bintik hitam
  4. Mempercepat penyembuhan luka
  5. Merawat dan mencegah stretch mark

Kalau untuk kesehatan kulit ini, kebetulan saya sekarang juga sedang pakai produk argan oil dari L’Neviz Essential Oil untuk mengatasi stretch mark pasca hamil dan melahirkan. Saya pilih mencoba memakai minyak argan ini ya salah satunya karena membaca khasiat argan oil yang bisa untuk menyamarkan stretch mark. Apakah benar berhasil mengatasi stretch mark saya? Silahkan lanjut baca review saya berikut ini ya.

Review Argan Oil dari L’Neviz Essential Oil

argan oil untuk kecantikan

L’Neviz merupakan perusahaan skincare lokal yang memproduksi minyak esensial untuk perawatan kulit baik kulit kering, berjerawat, hingga kulit kusam. Saat ini mereka menyediakan 3 jenis minyak seperti argan oil, rosehip oil, dan oregano oil untuk berbagai kebutuhan kulit. Apa saja khasiat masing-masing minyak tersebut?

  • Argan oil, baik untuk kulit kering, kusam, penuaan dini, dan stretch mark
  • Rosehip oil, baik untuk mencerahkan warna kulit dan menyamarkan bekas jerawat
  • Oregano oil, baik untuk menyembuhkan jerawat dan rambut berketombe
argan oil untuk kecantikan

Salah satu produknya yang sedang saya pakai adalah 100% pure argan oil. Argan oil L’Neviz ini dikemas dalam botol amber glass dengan tutup pipet pump berwarna silver. Botolnya berukuran 15 ml dan di bagian belakang ada label keterangan produk seperti nomor BPOM, batch produksi, dan tanggal kadaluarsa. Sedikit minus point di sini adalah bagian pipet pump yang rentan bocor jika botol diletakkan secara horizontal. Jadi, untuk teman-teman yang memakai harap berhati-hati saat meletakkan botolnya.

Tekstur argan oil L’Neviz sendiri kurang lebih sama dengan tekstur minyak argan kebanyakan, yakni berwarna kuning bening dan sedikit kental. Argan oil ini juga memiliki aroma yang mengingatkan saya pada minyak makanan, sama sekali tidak menganggu sih tapi ya jadi keingat makanan pas pakai wkwkwk. Saat dioleskan ke kulit, minyaknya mudah dibaurkan dan tidak butuh waktu lama untuk meresap. Ada sedikit rasa greasy tapi tidak berlebihan, kira-kira seperti kulit habis pakai body lotion-lah.

tekstur argan oil l'neviz untuk kecantikan

Saya sudah pakai argan oil ini kira-kira seminggu lebih dan pada hari-hari pertama pemakaian minyak ini, saya tengah berada dalam masa nifas jadi saya suka pakaikan di area stretch mark sehabis mandi dan sebelum memakai gurita. Efek yang dirasakan lumayan membantu mengurangi rasa gatal yang kadang suka muncul saat saya tengah menggunakan gurita. Sementara untuk efek menyamarkan stretch mark-nya bisa dilihat di foto berikut.

Foto kiri saya ambil pada tanggal 3 Desember 2019 dan foto kedua pada tanggal 10 Desember. Sebelum tanggal 3 Desember, saya sudah mulai menggunakan produk ini sejak tanggal 30 November 2019, tapi waktu itu lupa ambil fotonya. Akan tetapi, pada foto di atas teman-teman bisa melihat perbandingannya dimana stretch mark saya sudah mulai sedikit memudar. Ya, sedikit karena argan oil ini kan sifatnya alami, jadi hasilnya pasti tidak bisa terlihat instan. Namun dengan menunjukkan gejala perubahan, saya merasa argan oil benar mampu bisa membantu menyamarkan stretch mark jika dipakai secara rutin. Kenapa saya bilang menyamarkan? Karena setahu saya yang namanya stretch mark tidak akan bisa hilang 100%, hanya bisa diminimalisir penampakannya. Sama halnya dengan luka bekas operasi caesar.

Buat teman-teman yang sedang mencari produk minyak alami untuk kecantikan terutama perawatan kulit dan rambut, argan oil ini bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik karena sejumlah khasiatnya yang sudah saya uraikan di atas. Dan kalau bingung mencari produk yang tepat, jangan sungkan untuk mencari info lebih lanjut tentang L’Neviz Essential Oil dengan mengunjungi atau follow akun instagramnya di @lnevizcosmetics.

Referensi artikel:

  1. healthline.com
  2. fimela.com

In the end, thank you for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

38 Comments

  1. Aku pernah nyoba sampo yang ada argan oilnya. Efeknya oke sih bikin rambut kerasa lebih kuat. Penasaran deh sama efeknya argan oil kalo dipakai di muka 😁

  2. Aku udah banyak baca fungsi Argan oil untuk kulit tapi belum pernah coba sejauh ini😂

  3. jadi pingin nyoba nih
    melihat hasilnya kok kayaknya tidak mengecewakan
    terima kasih infonya

  4. Udah sering denger kalo argan oil bagus dan banyak khasiatnya, tapi blom pernah nyobain langsung

  5. Aku baru tau Argan Oil itu bagus buat ngatasin kulit kepala. Pantesan akhir akhir ini ada produk shampo kandungannya Argan Oil. Aku mau coba pake buat ngatasin stretch mark deh.

  6. wahh, baru tau nih argan oil brand ini. aku juga pakai argan oil beb, emang dia tuh khasiatnya banyak, jadi pasti nyetok di rumah sih.

  7. wah baru kali ini hasilnya stretch mark benar pudar ya. biasanya kan agak kurang ngefek atau butuh waktu yang sangat lama untuk menyamarkan stretch mark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *