Manfaat Kolagen untuk Wajah

manfaat kolagen untuk wajah

Dalam dunia kecantikan, nama kolagen sudah nggak asing di telinga kita ya. Banyak produk kecantikan yang mengklaim memiliki kandungan kolagen karena berkhasiat untuk regenerasi sel sehingga kulit kita akan terjaga kekenyalannya dan tampak awet muda. Sebenarnya, apa saja sih manfaat kolagen untuk wajah kita? Yuk, cari tahu selengkapnya berikut ini.

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang ditemukan dalam tubuh. Zat ini tersebar hampir di semua bagian tubuh termasuk kulit wajah. Kolagen, sesuai namanya berperan layaknya lem yang berfungsi untuk merekatkan organ-organ dalam tubuh dengan sempurna. Karena zat ini hampir ditemukan di seluruh tubuh, maka tidak heran apabila kolagen dibutuhkan dalam jumlah yang besar.

Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat membutuhkan kolagen. Manfaat kolagen untuk wajah sangat besar, karena itu tidak heran apabila zat ini menjadi populer di kalangan wanita.

Cara Memperoleh Kolagen Untuk Tubuh

manfaat kolagen untuk wajah

Pada dasarnya kolagen merupakan zat yang secara alami terbentuk di dalam tubuh. Vitamin C, protein, dan mineral merupakan bahan untuk membuat kolagen. Ketika bahan-bahan tersebut dikonsumsi, sel-sel dalam tubuh kemudian mengubahnya menjadi kolagen.

Namun, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya umur, apalagi ketika seseorang telah menginjak usia 30 tahun. Oleh karena itulah, ketika seseorang menginjak usia 30 tahun, akan lebih mudah untuknya menemukan tanda-tanda penuaan seperti kulit yang kehilangan elastisitas dan garis-garis halus.

Usia bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi penurunan produksi kolagen. Paparan sinar ultraviolet juga turut berperan serta dalam menurunnya kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen. Pola makan juga turut menyumbang produktivitas kolagen. Terlalu banyak mengonsumsi gula diketahui dapat membuat kolagen menjadi kaku karena glukosa mudah menempel pada kolagen. Hal tersebut membuat kolagen tidak berfungsi dengan maksimal. Selain itu memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bisa menjadi sumber kolagen seperti sarang walet, ikan salmon, berries, dan lainnya.

Atas dasar tersebut, sangat disarankan bagi orang yang telah menginjak usia 30 tahun dan sering terpapar sinar matahari untuk mengonsumsi suplemen demi memenuhi kebutuhan kolagen tubuh.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat Kolagen Untuk Wajah

manfaat kolagen untuk wajah

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang mengandung cukup banyak kolagen. Zat ini memiliki peranan yang cukup vital dalam menjaga dan melindungi wajah agar tetap cantik dan sehat. Oleh sebab itu bukanlah hal yang mengherankan apabila produk kecantikan wajah selalu menggemborkan kolagen sebagai kandungannya.

Berikut ini adalah manfaat kolagen untuk wajah yang harus diketahui:

Melembabkan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat pertama dari kolagen bagi wajah adalah kemampuannya untuk melembabkan dan mencerahkan kulit termasuk kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh adanya asam amino yang terkandung dalam kolagen. Zat ini lah yang menjaga kulit senantiasa halus dan sehat. Kondisi kolagen yang sempurna dan dapat terus menerus melakukan sintesis akan berdampak pada kulit yang semakin lembab dan cerah.

Mencegah dan Mengurangi Keriput dan Garis Halus

Salah satu musuh yang sangat ditakuti wanita terkait wajah adalah munculnya keriput dan garis halus. Karena kemunculan keriput dan garis halus tersebut membuat wanita terlihat jauh lebih tua dari pada umur yang seharusnya. Namun, munculnya keriput tersebut dapat dicegah dan dikurangi dengan kolagen baik dari dalam maupun  luar tubuh. Hal ini dapat terjadi karena kolagen sebagai bagian dari protein bertugas untuk meregnerasi  kulit agar tetap sehat dan cerah.

Sayangnya produksi kolagen akan terus menurun seiring dengan pertambahan usia. Oleh karena itu, agar kadar kolagen tetap pada kadar normal, terkadang wanita membutuhkan suplemen kolagen.

Membuat Kulit Kencang

Manfaat lain dari kolagen yakni membuat kulit terasa kencang. Namun, untuk mendapatkan kulit yang kencang, kadar kolagen pada wajah harus berada pada angka yang normal. Bibir kering dan kulit yang menggelambir merupakan beberapa tanda bahwa kadar kolagen dalam tubuh tengah menurun atau rendah.

Mengurangi Bekas Luka

Jerawat bukanlah satu-satunya masalah yang mengintai wajah seseorang. Bekas jerawat yang tidak kunjung hilang pun bisa membuat seseorang mengalami krisis kepercayaan diri. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan kolagen. Bekas jerawat dan luka akan menghilang secara perlahan dengan bantuan kolagen. Hal ini disebabkan karena kolagen merangsang pembentukan jaringan baru yang sehat dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Pencerah Wajah Terbaik Korea

Dampak Kurangnya Kolagen Bagi Wajah

manfaat kolagen untuk wajah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kolagen memiliki peranan yang besar dalam kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Oleh karena itulah kebutuhan tubuh akan kolagen wajib dipenuhi. Pada dasarnya kolagen diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, ada kalanya produksi kolagen menurun sehingga tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan tubuh akan zat tersebut.

Ketika tubuh terutama wajah kekurangan suplai kolagen, kulit wajah akan mengalami pigmentasi. Selain itu kulit juga dapat mengalami pengelupasan. Kekurangan jumlah kolagen juga berperan besar dalam lambatnya proses penyembuhan luka dan membuat pembuluh darah menonjol. Kulit wajah juga lebih mudah berkeriput dan kering apabila produksi kolagen dalam tubuh berkurang.

Kolagen telah diketahui turut berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit dan wajah. Kekurangan kolagen dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh yang cukup serius. Oleh karena itulah, produksi kolagen harus tetap dijaga dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan vitamin C serta konsumsi suplemen jika dibutuhkan.

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

22 Comments

  1. Kolagen tu emang berasa banget kak mel manfaatnya untuk kulit. Aku pernah pakai skincare yang ada kandungan colagennya, kulit berasa kenyal..

  2. makasih sahringnya, betapa manfaat kolagen ya. ikan salmon. wah ini mah kesukaanku

  3. setiap wanita memang butuh banget kolagen ini ya Mba Mels
    soalnya bisa membuat lembab, aman dari keriput dan segala hal yang membuat kulit rusak

  4. kak memungkinkan ngga sih kalo misalnya diumur 20 tahunan udah mengonsumsi kolagen, tapi ternyata berlebih di dalam tubuh. Apa ada akibatnya?

  5. Mengkonsumsi kolagen memang penting bangeet ya mba. Apalagi aku yang sudah 42 tahun hehehe

  6. Sedih sih yaa…kalau tanda-tanda penuaan sudah mulai tampak.
    Berarti ada pola hidup yang harus diperbaiki dan semakin ditingkatkan.
    Cara meningkatkan kolagen selain dari makanan sama suplemen ada lagi gak, kak?

  7. Nah aku jadi mikir apakah kebutuhan kolagennya sudah terpenuhi apa belum maklum sudah udia kepala 3++

  8. Sejak setahun lalu, aku rutin minum suplemen yang ada kolagennya, karena usiaku sudah 48 tahun.
    Dan bener banget, kalau wajah kita hanya dirawat dari luar saja, perawatan dalamnya dilupakan, ya tetap saja kulit wajah jadi bermasalah.
    Ku suka nih blogpostnya, jadi tahu banyak manfaat kolagen.

  9. thanks mba sharingnya soal kolagen, kebetulan aku memang lagi nyari info soal kolagen ini, dan pengen kulitku juga bagus terawat alami, karena aku jarang banget pakai skincare gitu

  10. Aku di rumah pakai skincare Sleeping Mask kandungan Sarang burung walet untuk perawatan kolagen. Maklum sudah kepala 3 ya kan, biar ngga keriput dan dehidrasi.

  11. kolagen menjadi salah satu produk kecantikan yang ingin sekali aq coba rutin gunakan dari baca ini jadi tahu kolagen juga penting untuk tubuh tidak hanya untuk wajah aja yah.. rekomendasi dong mbak suplemen kolagen yang vegan

  12. wah ilmunya sangat bermanfaat banget ya mba, aku baru tehu fungsi-fungsi kolagen ini ternyata banyak ya, serem pas baca kalau kekurangan kolagen ini, wajib dijaga niy setelah tahu begini

  13. Kolagen memang sangat dibutuhkan kulit kita ya mba, makin tambah usia makin butuh kolagen tinggi

  14. Awalnya aku ya nggak terlalu tahu sih mafaatnya buat kulit. Intinya tahunya bikin kliatan lebih awet muda aja. Hahaha. Teryata bisa juga mengurang i bekas luka ya mba

  15. collagen itu penting banget emang ya buat kulit, apalagi aku udah juga udah masuk ke kepala tiga nih, bekas jerawat lumayan lama ilangnya

  16. kolagen ada yang halal gak ya? soalnya denger2 kebanyakan dari hewan bahan bakunya. kudu pilih2 nih skinker kolagen mesti yg ada halal.

    1. Bahan kolagen iya banyakan dari hewan kyk sarang walet, ikan salmon. Mereka halal kan? Yg dimaksud halal beneran apa vegan nih? 😂 klo yg berpotensi haram mungkin maksudnya gelatin?

  17. Wiiii ini penting sekali si ilmunya apalagi aku tuh sejak masuk kepala 3 wajah sering kering huhuhu

    1. Sama aku juga jd cenderung kering abis lahiran 😭

      1. Dan aku baru tahu kalo kolagen jg yg bikin bibir kering lo kirain cmn masalah dikulit wajah

  18. Bener semakin tua semakin banyak dark spot karena kolagennya berkurang, aku ngerasain gitu jg sih bekas jerawat lebih lama ilangnya

  19. aku butuh banget kolagen nih, apalagi menjelang kepala 4, hahaha makin sering jerawatan, kalau ada jerawat bekasnya makin susah hilang 🙁 belum lagi keriput

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: