photo of olives on a bowl

Bagi kita wanita yang pernah melahirkan, perubahan hormon merupakan situasi yang kerap kita alami. Kulit yang tadinya berminyak malah kering kerontang, tak terkecuali saya sendiri juga mengalaminya. Solusi paling mudah dalam mengatasi kulit kering adalah dengan mengoleskan minyak zaitun untuk menjaga kulit tetap lembab. Nah, berikut ini saya ingin berbagi manfaat minyak zaitun untuk kulit tubuh agar kulit kita senantiasa sehat, lembab, dan terawat.

1. Melembutkan kulit

Selain faktor hormon, kondisi lingkungan sekitar kita juga memengaruhi kondisi kulit. Kondisi cuaca yang panas atau terlalu lama berdiam di dalam ruangan ber-AC turut berkontribusi mengeringkan kulit. Maka dari itu kita perlu melapisi kulit dengan minyak zaitun agar kelembaban kulit tetap prima.

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Saya sendiri cukup kaget ketika membaca sumber yang menyatakan bahwa minyak zaitun ternyata juga berfungsi sebagai eksfoliator kulit. Awalnya saya pikir minyak zaitun hanya bertugas melembabkan kulit saja. Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai eksfoliator, tentu saja kita memerlukan kapas sebagai mediatornya ya. Gosokkan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak zaitun ke area-area kulit yang ingin dieksfoliasi.

3. Merawat kulit pecah-pecah

Tendensi kulit kering adalah bisa menjadi pecah-pecah jika dibiarkan terus-terusan. Kondisi kulit ini sering aku alami, terutama di bagian siku tangan. Iya, kalau orang kebanyakan di tumit kaki, saya tuh di siku tangan. Aneh banget emang. Kalau cuaca lagi gimana kulit siku tangan saya bisa tetiba gatal dan mengelupas. Pertanda kulit siku saya butuh kehangatan, eh, kelembaban maksudnya. Nah, kondisi kulit pecah-pecah ini juga bisa kita atasi dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin.

4. Menyamarkan stretch mark

Kabar gembira buat kita yang memiliki stretch mark! Ternyata minyak zaitun bermanfaat banget membantu menyamarkan stretch mark ini dengan mengoleskan minyak sambil dipijat perlahan. Kenapa harus dipijat? Supaya aliran darah menjadi lancar sehingga mampu merangsang regenerasi sel kulit. Dengan demikian, niscaya strecth mark akan semakin pudar.

5. Menenangkan kulit yang terbakar

Minyak zaitun memiliki kadar antioksidan yang cukup untuk membantu menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Kalau kawan Mel’s Playroom habis panas-panasan di luar, bisa banget nih kita mengoleskan minyak zaitun pada kulit.

Menggunakan produk perawatan yang mengandung minyak zaitun

*) The following post may contain affiliate links

manfaat minyak zaitun

Setelah mengetahui manfaat dari minyak zaitun untuk kulit tubuh, sekarang saatnya kita mulai mencari produk yang mengandung bahan tersebut. Cukup banyak yang menjual minyak zaitun di pasaran, tapi bisa jadi menggunakan produk minyak agak kurang nyaman karena efek greasy-nya. Maka dari itu, saya ingin merekomendasikan 2 produk perawatan kulit tubuh buatan lokal yang lebih efisien penggunaannya, tapi kita tetap bisa mendapat khasiat dari minyak zaitun. Produk tersebut adalah Purbasari Zaitun.

Aslinya, Purbasari Zaitun memiliki 3 jenis produk: sabun mandi, lulur mandi, dan hand & body lotion. Kebetulan saya punya 2 dari 3 produk tersebut, yakni sabun mandi dan HBL-nya. Yuk, kita bahas sedikit.

Sabun Mandi Purbasari Zaitun

Sabun mandi Purbasari Zaitun ini berbentuk batangan dengan warna hijau. Sabun ini memiliki fungsi double moisturizing dan double whitening agent. Efek melembabkan didapat dari kandungan minyak zaitun, yang juga berperan sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Klaim dari sabun ini juga mengatakan dapat melembutkan kembali kulit yang kasar. Lalu untuk efek mencerahkannya didapat dari ekstrak bengkuang yang turut terkandung di dalam sabun mandi ini. Dengan pemakaian rutin, saya rasa manfaat minyak zaitun nomor 1 dan 5 bisa kita dapatkan.

Komposisi lengkap sabun mandi Purbasari Zaitun:

Tallow, Parfum, Sodium Lactate, Methylpropanediol Sodium Cocoyl Isethionate, CI 77891, Olea Europea Oil, Disodium Distyrylbiphenyl Disulfonate, Tetrasodium EDTA, Pentaerythtityl tetra-di-t-butyl hydrocyhydrocinnamate, Pachyrrhizus erosus root extract.

Selain memiliki kemasan luar dari bahan karton, sabun ini juga dilapisi dengan kemasan plastik putih. Saat kemasan plastiknya dibuka, aroma sabun yang harum manis segera menguar.

manfaat minyak zaitun

Saat dipakai mandi, busa yang dihasilkan juga lumayan untuk membasuh seluruh badan. Aroma harumnya membuat suasana mandi terasa lebih rileks dan nyaman. Setelah dibersihkan, kulit tubuh terasa lebih lembut dan lembab.

Cara menggunakan sabun mandi ini rupaya sedikit berbeda karena setelah mengusapkan sabun ke seluruh tubuh, sebaiknya didiamkan dulu selama 2-3 menit agar esensi kandungannya dapat meresap dengan baik ke dalam kulit.

manfaat minyak zaitun

Selama menggunakan sabun mandi Purbasari Zaitun ini sih saya nggak ada keluhan sama sekali. Hanya saja kalau boleh memilih, saya berharap suatu hari Purbasari Zaitun mengeluarkan versi sabun cairnya ya. Soalnya saya memang lebih suka mandi dengan sabun cair daripada sabun batang.

Bagi kalian yang ingin mencoba sabun mandi Purbasari Zaitun, silakan mengklik tombol di bawah ini:

Purbasari Zaitun Hand & Body Lotion

Sama seperti kulit wajah yang perlu dijaga kelembabannya, sehabis mandi kita perlu menggunakan pelembab untuk mengunci kelembaban agar tetap di dalam kulit dan tidak menguap keluar. Untuk melengkapi ritual ini, Purbasari Zaitun juga memiliki produk hand & body lotion yang siap menjaga kelembaban kulit kita.

Selain untuk menjaga kelembaban kulit, hand & body lotion ini juga dapat membantu meregenerasi sel kulit dan memiliki aroma yang tahan lama. Kandungan utamanya terdiri dari triple moisturizing agent (olive oil, mineral oil, dan vitamin E), antioksidan ganda, dan tabir surya. Komposisi lengkap bisa dilihat pada keterangan di bawah ini:

Aqua, Mineral Oil, Glyceryl Stearate, Isopropyl Myristate, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Cetearyl Alcohol, Glycerin, Dimethicone, Stearic Acid, Parfum, Ceteareth-20, Aluminum Starcth Octenylsucinate, Isopropyl titanium triisostearate, Cyclopentasiloxane, CI 77891, Methylparaben, Propylparaben, Tetrasodium, EDTA, Potassium Hydroxide, Olea Europea Oil, Tocopheryl Acetate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Pentylene Glycol, CI 19140, CI 61570, Sodium Lactate, Lactic Acid, Serine, Urea, Sorbitol, Sodium Chloride, Allantoin.

Purbasari Zaitun Hand & Body Lotion dikemas dalam bentuk botol dengan tutup flip top berwarna hijau khas buah zaitun. Sebagai produsen, Purbasari mungkin memiliki pertimbangan sendiri kenapa memilih kemasan seperti ini. Namun sebagai pengguna, saya lebih menyukai kemasan tube atau botol pompa karena penggunaannya lebih mudah dan praktis. Botol dengan tutup atas membuat kita harus membalik posisi botol untuk mengeluarkan isinya, tak jarang kita harus menggoyangnya agar lotion lebih cepat turun menuju lubang dan mempermudah pengeluarannya.

Baca juga: Rangkaian Produk untuk Mencerahkan Kulit

Tekstur dari lotion ini kurang lebih sama dengan tekstur body lotion pada umumnya. Tidak terlalu thick, tapi juga tidak terlalu encer dengan warna hijau mint semu. Aromanya serupa dengan aroma sabun mandinya. Harum dengan ada sedikit sentuhan aroma manis lembut nan menyegarkan.

Saat dipakai ke kulit, lotionnya membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk meresap. Setelah meresap sempurna, kulit jadi terasa lebih lembut dan lembab tanpa meninggalkan rasa lengket/ berminyak. Aroma lotionnya juga sungguh tahan lumayan lama. Untuk kita yang sering berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama, lotion ini mampu menjaga kelembaban kulit lebih baik.

Purbasari Zaitun hand & body lotion tersedia dalam 2 ukuran dan kalau kawan-kawan tertarik untuk membelinya, tinggal klik tombol di bawah ini:

Kalau kalian tertarik mencoba seluruh produk Purbasari Zaitun, mereka juga menyediakan versi travel size yang bisa didapatkan di sini:

Informasi lengkap tentang Purbasari:

Demikian sharing tentang manfaat minyak zaitun untuk kulit tubuh, semoga bermanfaat buat kawan Mel’s Playroom semua. Silakan berpendapat di kolom komentar dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! Thanks for reading!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

24 Comments

  1. aku suka dengan wanginya zaitun apalagi dalam bentuk body butter, seger banget
    ternyata manfaat zaitun banyak banget, karena memang alami ya bahan bahannya

  2. Aku udah pernah mba nyobain yang hand & body lotionnya. Sukaaa banget dengan keharuman khas olive oil gitu ya. Lembut dan nyaman banget. Mau beli lagi ah, udah habis nih stock di rumah.

  3. aku baru coba minyak zaitun, emang bikin lembab.. tapi ribet kalo bentuknya minyak, bisa coba sabunnya 😀

  4. Suamiku tu pas diet suka manfaatin minyak zaitun jg buat oles2 wajah hahaha 😀
    Aku kdng ikutan.
    Wah kalau ada sabun dan lotion yang mengandung minyak zaitun kyk gini jd lebih enak ya gak usah oles2 minyak lagi 😀

  5. Banyak ya manfaat minyak zaitun buat tubuh. Aku tahunya cuma buat rambut aja. Dan pakenya cuma buat rambut. Tai pernah juga sih diurut pake minyak zaitun. Waktu abis melahirkan. Biar badan enak dan asi lancar. Btw, aku jadi kepengen nyoba deh ini produk Purbasari sabun mandi dan hand body lotion-nya. Nyari aaah..

  6. wah saya juga suka menggunakan minyak zaitun untuk muka seringnya sih, badan hanya sesekali karena kadang ribet pemakaiannya, eh sekarang ada yang lebih simple ya ternyata, dengan sabun atau body lotion tinggal pakai, jadi pengen beli

  7. Kalo aku baru cobain Purbasari Zaitun Hand & Body Lotion-nya aja biasanya aku pake ini di malem hari aja biar kulit lembab hihi

  8. minyak zaitun itu emang punya banyak manfaat yaaa, aku suka sama minyak zaitun yang aromanya netral gitu, nggak menyengat dan nggak ada aroma minyaknya nih hihhi

  9. Ah ka mels ngingetin aku kalau sabun Purbasari olive oil ku abis hihi.. emg pas aku pakai sabunnya jadi lebih lembut & wangi kulit ku, minyak zaitun emg manfaatnya bagus banget untuk kulit ya

  10. baru tau kalo ada sabun yang kandungannya ada minyak zaitun nih aku, kapan kapan mau cari ah purbasarinya di minimarket hihi

  11. Aku penasaran banget sama sabinnya nih kak wanginya fresh juga ya kak

  12. Wah kyknya aku jg mesti coba nih mbak produk yang mengandung zaitun seperti ini. Emang sebagus itu ya khasiat zaitun utk melembutkan kulit tubuh kita. TfS reviewnya.

  13. Banyak yang sudah mengakui kebaikan dari zaitun ini yaa…
    Dan terbukti ketika menjadi produk perawatan tubuh, khasiatnya tetap bisa dirasakan untuk kesehatan kulit.

    1. Belum pernah coba minyak zaitun untuk exfoliating.
      Lebih mantap yaa…semua bersih dan kulit kering terangkat tanpa menyebabkan tipisnya kulit.

  14. Aku suka banget ama produk purbasari Kak. Yang biasanya make zaitun sama lulur eheheh asli bikin kulit nyaman dan enakan gitu

  15. Penasaran deh mau coba sabun zaitunnya, kayanya lembut terasa di kulit yah. Purbasari juga brand fave aku hehe

  16. Minyak zaitun banyak banget ya manfaatnya, aku juga pakai purbasari zaitun ini loh. Asli bikin lembut.

  17. saya dulu rajin banget pakai minyak zaitun cuman kadang suka ribet juga kalau pakainya siang, minyaknya basah ke pakaian, eh sekarang lebih praktis ya bisa pakai sabun dan hand and body lotionnya dari Purbasari, mau cobain ah, kemasannya bagus ya, suka

  18. Aku nih waktu awal-awal di rumah malahan ngerasain kulitnya kering terus aku cari hand and body lotion yang bisa melembabkan kulit. Biasanya aku juga suka cek kandungannya, dan pas ke supermarket langsung tertuju dengan Hand & Body Lotion dengan kandungan minyak zaitun ini.

  19. wah double product ini berarti pas banget ya untuk yang kulitnya kering kayak aku karena ada olive oil yang sangat melembapkan gini, wah jadi pengen

    1. Aku biasanya juga pakai untuk pijat loh si minyak zaitun ini, hitung-hitung sekalian melembabkan kulit juga sih.

  20. tapi beberapa produk aroma minyak zaitunnya masih kecium, aku nggak suka 🙁 kalau nggak beraroma aslinya sih aku suka hehe karena beneran melembabkan kulit soalnya

    1. Tp purbasari aku pernah pakai, wangi kok nggak ada aroma zaitunnya hehee makanya aku kalau beli body care suka doendus2 dl 🤣

    2. Langganan make lulurnya aku Kak. Suka semua produk purbasari. Cocok Di kulit juga dan nyaman. Baru tau kalau zaitun bisa ilangin stretchmark. Makasih tipsnya kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
Ooops! Do not copy and share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: