Mustus Chlo
Beauty Product Review Skincare

Mencoba Skincare Vegetarian Berbahan Klorofil ala Mustus Korea

Pengalaman mencoba vegetarian skincare yang mengandung klorofil tumbuhan dari Mustus Chlo Ampoule, Gel Cream, dan Gauze Pad.

Penggunaan centella asiatica/ tiger leaf/ gotu kola/ daun pegagan sebagai bahan skincare sudah amat familiar dewasa ini. Tapi, menggunakan klorofil tumbuhan sebagai bahan utama skincare sepertinya masih terdengar asing, ya? Brand skincare Mustus asal Korea Selatan ini mencoba terobosan baru dengan memasukkan klorofil tumbuhan sebagain bahan utama produk perawatan mereka dan diklaim baik untuk perawatan kulit bermasalah.

Kenapa? Karena menurut mereka klorofil itu merupakan elemen inti dari proses fotosintesa yang merupakan akar kehidupan sebuah tanaman, dan klorofil memiliki efek untuk mengeluarkan bahan berbahaya dengan memperbaiki metabolisme sel. Berdasarkan prinsip inilah Mustus membuat terobosan baru. Benarkah demikian? Yuk, langsung saja saya akan bahas 3 produk Mustus ini satu per satu.

Chlo Gauze Peeling Pad

Mustus Chlo Gauze Peeling Pad

Produk gauze pad ini sebenarnya tidak jauh berbeda fungsinya dari toner pad yang lagi nge-trend juga akhir-akhir ini. Hanya saja, sesuai namanya kalau gauze pad ini ya terbuat dari bahan semacam kain bukan kapas.

Karena difungsikan sebagai exfoliator, peeling pad Chlo ini mengandung bahan PHA yang jauh lebih lembut dibanding AHA/ BHA sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Kekurangan PHA hanya dia kurang dapat meresap jauh ke dalam lapisan dermal kulit dibanding AHA/ BHA.

Peeling pad Chlo juga memiliki sistem double layered sebagaimana toner pad pada umumnya. Di satu sisi, ia memiliki lapisan ber-emboss sehingga teksturnya terasa lebih kasar, sedangkan di sisi lainnya memiliki tekstur lebih halus. Tujuannya tentu saja agar dapat mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

Cara pakai:

  1. Setelah membersihkan wajah, usapkan sisi pad yang memiliki emboss ke seluruh wajah kecuali area mata.
  2. Selanjutnya gunakan sisi yang lebih halus untuk menghaluskan tekstur kulit dan tepuk dengan lembut agar sisa cairan meresap ke dalam kulit.

mustus chlo gauze peeling pad

Jika kebanyakan peeling pad dikemas dalam bentuk tabung jar besar, lain halnya dengan pad dari Mustus ini. Gauze pad Chlo dikemas dalam bentuk sachet per lembar yang disatukan ke dalam paper zipper bag berbahan vegetarian dan ramah lingkungan. Kemasannya ini tentu saja lebih bersifat travel friendly dibanding harus membawa jar besar yang sudah pasti makan tempat dalam bagasi. Selain itu, kita pun dapat mengatur berapa banyak jumlah sachet yang hendak dibawa. Kemasan sachetnya sendiri di-press dalam bahan aluminium, menjadikannya ekstra higienis.

cara pakai mustus chlo gauze peeling pad

Kesan pertama saya saat memakai gauze pad ini, sensasinya sedikit aneh karena bahan kain yang digunakan, sedangkan biasanya saya memakai toner pad berbahan kapas. Tekstur emboss jadi lebih terasa “sedikit” kasar dibanding emboss pada toner pad kapas, tapi efek yang dihasilkan juga sama, sama-sama bisa menghaluskan tekstur kulit. Selama memakai gauze pad ini juga tidak ada iritasi yang timbul, pun tidak ada efek perih atau pedas, pokoknya tidak ada sensasi yang tidak menyenangkan di kulit sih.

Notes: pemakaian peeling pad tidak dianjurkan dilakukan setiap hari, sebaiknya digunakan selama 2-3 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Review Natural Derma Project Cica Bio-Placenta Cream

Chlo Ampoule

mustus chlo ampoule

Setelah membersihkan kulit dengan peeling pad, tahap selanjutnya adalah penggunaan serum/ ampoule. Di tahap ini Mustus juga menyediakan ampoule berbahan klorofil dan ekstrak parsley yang dapat membantu menenangkan kulit rentan bermasalah dan menjadikan kulit tampak lebih bening bak kristal berkat komponen antioksidan di dalamnya. 

mustus chlo ingredients

Chloe Ampoule memiliki tekstur cair sedikit kental berwarna kehijauan. Namun, warna hijau ini bukan didapat dari pewarna buatan, melainkan warna alami dari komposisi produknya. Meski agak kental, teksturnya sama sekali tidak lengket di kulit dan cukup mudah diusapkan ke seluruh wajah, serta cepat meresap. Serum ini juga tidak memiliki aroma apapun, lho guys!

Dan, seperti kebanyakan kemasan serum, Chlo Ampoule dikemas dalam botol kaca bernuansa frosty dengan tutup pipet kaca. Menariknya, di bagian leher botol terdapat semacam penahan sehingga pipet tidak keluar masuk dengan leluasa. Pun demikian, cairan di dalamnya tidak mudah tumpah jika tidak sengaja tersenggol.

Cara pakai: keluarkan 3-4 tetes Chlo Ampoule, lalu usapkan ke seluruh wajah dan leher secara merata. Gunakan setelah peeling pad.

mustus chlo ampoule

Kebetulan saat ini kulit saya sedang tidak ada masalah berarti selain kulit kering dan bekas jerawat yang memang tidak bisa hilang secara instan. So, jika ditanya pengalaman menggunakan Chlo Ampoule, sejauh ini tidak ada masalah yang ditimbulkan, dalam arti baik-baik saja diterima oleh kulit saya. Selain itu, setelah memakai Chlo series secara lengkap, kulit saya jadi jauh lebih terasa lembab dan terlihat glowing.

Baca Juga: Review Seolreim Cosmetic Blooming Cell Dual Effect Mask

Chlo Gel Cream

Chlo Gel Cream

Next, langkah terakhir dari skincare routine, yakni pelembab! Untuk pelembab ini, Mustus menghadirkan krim dalam bentuk watery gel sehingga dari segi tekstur dan warna lebih ringan dan semi-transparan tanpa menghilangkan unsur kehijauan yang menjadi ciri khas seri Chlo.

mustus chlo gel cream

Chlo Gel Cream dikemas dalam jar plastik transparan dengan nuansa frosty doff dan tutup putih yang membuatnya terlihat manis nan elegan. Di bagian dalamnya juga terdapat inner lid yang cukup rapat dan kokoh. Sayangnya, krim ini tidak dilengkapi dengan spatula.

Klaim dari gel cream ini adalah dapat membuat kulit terlihat bening dan lembab tanpa meninggalkan residu. Efek yang dirasakan saat menggunakan krim ini adalah teksturnya yang sungguh terasa ringan di kulit dan cepat meresap serta tidak lengket. Kelembaban kulit terasa meningkat dan membuat wajah saya tampak sehat dan glowing. Baik produk serum dan krimnya ini dapat digunakan pagi dan malam.

Cara pakai: ambil krim secukupnya dengan jari tangan dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Gunakan setelah Chlo Ampoule.

Core ingredients dari rangkaian produk Mustus Chlo ini adalah: parsley extract, PHA, papaya extract, centella asiatica extract, melaleuca alternifolia tea tree) extract, sepicontrol A5.

Mustus Chlo Gel Cream

Bagi yang ingin melihat tutorial pemakaian produk Mustus Chlo Series, silahkan mengunjungi Instagram Story saya di link berikut: Charis x Mustus.

Baca Juga: Peelsu Pure Cleansing Foam Review

Tentang Brand

Mustus Korea merupakan salah satu produsen skincare dari Korea Selatan yang mengusung konsep vegetarian dalam setiap produknya. So, apabila kamu termasuk seorang vegetarian dan aware enough untuk menggunakan produk vegetarian, kamu bisa mepertimbangkan brand ini. Mau mencoba juga memakai skincare vegetarian berbahan klorofil dari Mustus Korea ini? Langsung aja kunjungin link berikut:

Where to buy: Hi Charis

Price: IDR 495.000IDR 431.000

Instagram: @mustuskorea

 

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

11 Comments

  1. Saya jadi tambah pengetahuan mengenai skincare Korea nih mbak, ternyata banyak brandnya ya. dari semua produk itu paling penasaran sama Chlo gauze peeling pad-nya

  2. Bahan alami seperti ini memang lebih cocok digunakan yah. Kulit lebih terawat dengan bahan yang tidak mengandung banyak kimiawi. Btw, itu beneran ampuh buat kuit halus sis?

  3. Padnya praktis sih tapi terlalu kasar menurutku. Jadi aku pakai sisi halusnya aja buat wajah dan sisi yang kasar kupakai ke tumit kaki 😂

  4. Auda Zaschkya says:

    Aku suka step by stepnya, Ci.
    Tulisan cici mengenai ini juga renyah. Tapi lagi lagi masalahku, di harganya 😄

  5. Tami Oktari says:

    Aku penasaran ama peeling pad nya deh ci. Soalnya biasanya kemasannya jar gitu kan kyk merk sebelah wkwk gel creamnya juga penasaran nih

  6. aku paling suka sama ampoulenya mels, enak ga lengket dan cepet banget nyerapnya 🙂 padnya oke buat di bawa travelling karena udah satuan ya

  7. shashidiana says:

    itu kesemuanya harganya 413 beb?
    aku penasaran pad nya nih, pengen kulit halus soalnya

  8. Farah Salsabila says:

    Wah unik juga yaa pake klorofil. Boleh juga nih

  9. Fanny Fristhika Nila says:

    aku tuh sbnrnya alergi AHA. tp PHA disini lbh lembit dsri AHA ya sifatnyaaa. cuma msh agak takut sih make produk yg ada turunan AHA gini, secara kalo kena itu aku breakout parah mba. Ntahlah yaaa kalo PHA…

    klorofil emg ampuh sih utk ngatasin jerawat dan sebagai detoks. dulu pas breakout , aku rutin minum klorofil, dan itu cepeeeet sembuhnya. Apalagi kalo dijadiin skincare gini yaa, secara lbh lgs kena ke kulit

  10. rizal says:

    test komentar baru

  11. Ryuni says:

    Aku penasaran banget sama produk ini ,pertama kali tau ini langsung teracuni ya ampuunn 😭😭😭

Leave a Reply