Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lampung dan Medan, Kalian Wajib Tahu!

20210621 204934 0000 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lampung dan Medan, Kalian Wajib Tahu!

Kota Lampung sudah terkenal dengan produksi pisangnya yang sudah merambah mancanegara. Tak heran banyak sekali oleh-oleh khas Lampung yang berupa olahan pisang. Kalian pasti sudah tidak asing dengan camilan keripik pisang kepok asal Lampung, bukan? Nah, berikut ini saya ingin berbagi informasi tentang rekomendasi oleh-oleh khas Lampung selain keripik pisang biar buah tangan kita lebih bervariasi!

Ngomong-ngomong tentang keripik pisang kepok Lampung, saya punya memori tersendiri tentangnya. Dulu ketika masih duduk di bangku SMA, papi saya beberapa kali sempat melakukan perjalanan dinas ke kota gajah tersebut dan membawa oleh-oleh khas Lampung berupa keripik pisang kepok ini. Kala itu, sekitar tahun 2003, keripik ini belum terlalu dikenal di Jakarta. Saya sendiri juga baru saat itu mencoba keripik pisang kepok yang terdiri dari aneka rasa.

Suatu kali, saya iseng membawa keripik ini ke sekolah dan beberapa teman ikut mencoba. Alhasil, teman-teman saya pada suka sama keripik pisang kepok ini dan pengen nitip kalau nanti papi saya berangkat ke Lampung lagi. Jadilah, saya membuka jastip keripik pisang kepok setiap kali papi mau berangkat karena waktu itu kurir ekspedisi tidak semudah sekarang ini dan belum ada layanan jual online. Lumayan sih hasilnya bisa buat menambah uang jajan saya hehehe…

Berhubung teknologi semakin canggih, kini untuk mendapatkan keripik pisang kepok Lampung menjadi semakin mudah. Banyak penjual menjajakan oleh-oleh khas Lampung yang terkenal ini di lapak online-nya dan kita tidak perlu lagi bergantung pada jasa titip.

Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung

oleh-oleh khas lampung
Sering makan keripik pisang kepok, tapi sudah pernah coba Banana Foster Lampung belum?

Selain keripik pisang kepok, Lampung juga memiliki oleh-oleh khas lainnya yang bisa menjadi alternatif pilihan kita supaya nggak bosan. Berikut ini daftar nama toko oleh-oleh khas Lampung yang bisa kalian coba.

  1. Keripik Pisang Aneka
  2. Keripik Pisang Yen-Yen
  3. Keripik Pisang Ashka Jaya
  4. Keripik Pisang Ibu Merry
  5. Keripik Pisang Shinta
  6. Pie Pisang Yussy Akmal
  7. Banana Foster Lampung (milik selebriti Hengky Kurniawan)
Baca juga:  Berburu Jaket Musim Dingin Murah di Mangga Dua Square

Untuk merk keripik pisang nomor 3-6, ketiganya terletak di satu lokasi yang sama, yakni Gang PU (Gang Pemakaman Umum). Lokasi ini sudah lumayan terkenal oleh para penduduk lokal, namun sepertinya masih lumayan asing untuk para turis. Jadi kalau kawan Mel’s Playroom ingin mencoba keripik pisang di Gang PU, mungkin bisa bertanya pada penduduk lokal sana supaya tidak tersesat. Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung di atas saya peroleh setelah menonton video BEDAH besutan Ninja Xpress yang bisa kalian akses via Blog Ninja Xpress.

Rekomendasi kuliner dan oleh-oleh khas Medan

kuliner khas medan
Sering dengar tentang lontong Medan, dong? Makanan ini memang salah satu kuliner khas Medan yang banyak disukai masyarakat

Beranjak ke bagian utara Pulau Sumatra, kota Medan sudah sangat terkenal dengan kekayaan kulinernya. Sebut saja seperti Mie Gomak dan Lontong Medan. Namun di luar 2 kuliner tersebut, masih ada rekomendasi kuliner khas Medan lainnya yang patut kawan Mel’s Playroom coba kalau berkesempatan berkunjung ke sana, seperti:

  1. Rujak Kolam
  2. Bihun Kari Tabona
  3. Warung Babe
  4. Nasi Ayam Mama Koki
  5. Es Pukat Kocok

Kalau kalian ingin tahu lebih jelas tentang keunikan kuliner di atas dan kenapa kalian harus coba, kalian bisa langsung coba menonton ulasannya di video BEDAH rekomendasi kuliner khas Medan di Blog Ninja Xpress. Dalam video tersebut, sang bintang tamu Bang Mpin mendeskripsikan secara jelas bagaimana kenikmatan makanan tersebut yang populer di sana. Tak hanya dijelaskan, tapi video tersebut juga mencantumkan alamat lokasi yang bisa kawan Mel’s Playroom kunjungi kelak.

oleh-oleh khas medan
Bolu Meranti, salah satu oleh-oleh khas Medan yang sangat populer

Sementara itu untuk oleh-oleh khas Medan yang terkenal dan banyak direkomendasikan oleh orang banyak adalah:

  1. Bolu Meranti
  2. Bika Ambon
  3. Kopi Sidikalang
  4. Ikan Teri Bajak
  5. Singkong Tumbuk

Dari rekomendasi oleh-oleh khas Medan di atas, saya paling familiar dengan Bolu Meranti. Pertama kali saya mencoba bolu tersebut adalah ketika dibawakan oleh seorang teman dari sana yang hendak berkunjung ke Jakarta. Kenikmatan Bolu Meranti memang tiada duanya hingga saat ini dan wajar dia dihargai lebih mahal dibanding bolu gulung biasa.

Baca juga:  Hati-hati Saat Melakukan Pinjaman Online di Aplikasi

Kira-kira kawan Mel’s Playroom paling suka oleh-oleh yang mana nih? Kalau belum bisa berkunjung ke sana langsung, kawan-kawan juga bisa kok beli via online dan produknya dikirim melalui jasa kurir ekspedisi. Selain oleh-oleh khas Lampung dan Medan, kawan-kawan juga bisa cek ya Rekomendasi Wisata Kuliner Yogyakarta dan Surabaya yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya. Tinggal pilih deh mau mencoba kuliner Pulau Sumatera apa Pulau Jawa nih?

Tentang BEDAH Ninja Xpress

Video BEDAH (Berita UKM Daerah) merupakan program baru dari Ninjaxpress.co, program kedua setelah BERGURU yang pernah saya ulas di artikel lalu. Sesuai namanya, program BEDAH dikhususkan untuk mengangkat UKM-UKM di daerah dengan tujuan membantu mempromosikan usaha mereka, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Kalau kalian punya ide tentang jenis UKM apa yang ingin dibahas oleh Ninja Xpress, kalian juga bisa langsung menuliskan idenya di kolom komentar. Silahkan juga untuk klik subscribe dan like agar kamu tidak ketinggalan episode BEDAH terbaru.

ninja academy ninja xpress
Ninja Academy by Ninja Xpress

Program BEDAH juga seiring sejalan dengan kampanye #ObsesiUntukNegeri. Kampanye yang dibuat untuk mewujud nyatakan dukungan Ninja Xpress terhadap UMKM dan brand lokal untuk berkembang, dengan melakukan program-program inisiatif seperti Ninja Academy maupun program kolaborasi.

Saat ini, Ninja Xpress sedang melakukan kampanye kolaborasi melalui konten Youtube bersama kreator lokal untuk mendukung UMKM lokal dan komunitas-komunitas dalam menghadapi new normal. Artikel ini dibuat untuk memperkuat isi konten yang telah dibahas, serta menunjukan bukti nyata Ninja Xpress memiliki program yang sejalan dengan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian Indonesia di masa pandemi ini. Kunjungi juga Blog Ninja Xpress untuk mengakses info-info menarik lainnya.

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: