Blog Rewind 2020: Pentingnya Memiliki Target Pribadi

Pentingnya memiliki target pribadi

Target, siapa diantara kita yang mungkin masih bergidik mendengar kata ini? Dulu, saya termasuk manusia yang enggan memiliki target pribadi. Alasannya takut kecewa dan merasa bersalah terhadap diri sendiri kalau nggak berhasil mencapainya. Baru di awal tahun 2020 lalu saya mencoba memberanikan diri karena merasa pentingnya memiliki target pribadi apabila ingin membesarkan blog kesayangan ini.

Target awal tahun 2020 untuk blog Mels Playroom tidaklah muluk-muluk. Saya mencoba membuat target yang nggak terlampau tinggi dan berlandaskan performa pada tahun 2019. Apa saja target yang saya tetapkan dan bagaimana hasilnya?

Target 10k pageviews per bulan

Pentingnya memiliki target pribadi

Puji syukur target ini bisa saya capai di bulan April berkat artikel Implora Lip Tint dan malah hingga akhir bulan Desember ini sudah melebihi target awal. Di bulan Oktober, saya berhasil mencapai 20k PV – kado ultah terindah buat saya. Thanks to artikel tentang serum Scarlett Brightly Ever After yang PV-nya masih melejit hingga kini.

Pada bulan November, pageviews 30k terlampaui dan menjelang akhir tahun akhirnya berhasil melewati 40k pageviews. Benar-benar kado akhir tahun yang mengesankan.

Meningkatkan pendapatan Adsense

Sebenarnya niat awal ingin bisa gajian dari Google tahun ini, tapi mengukur sikon yang ada sepertinya target ini harus diperpanjang hingga tahun 2021 nanti. Semangat!

Mencapai DA di atas 20

Pentingnya memiliki target pribadi

Saya agak lupa kapan akhirnya bisa mencapai DA 20. Sewaktu membuat target ini, DA saya masih di angka 15-18 gitu dan akhirnya di akhir tahun ini berhasil menduduki posisi DA 21 dengan PA 31.

Lebih produktif menulis konten

Di sepanjang tahun 2020 ini total saya sudah menulis sebanyak 75 artikel (termasuk artikel ini sebagai penutup akhir tahun). Lebih banyak 15 artikel dibanding tahun 2019.

Baca juga: Alasan Lebih Memilih Jadi Blogger daripada Youtuber

Sungguh nggak disangka juga sih ternyata saya MAMPU mencapai target pribadi yang saya pasang sendiri. Sejujurnya, ihwal saya berinisiatif membuat target tersebut adalah karena terinspirasi oleh salah satu kutipan yang berbunyi:

“Life moves toward the direction our mind aims it in. A goal activates our minds and bodies. It stimulates wisdom and energy from within.”

โ€” Daisaku Ikeda

Dan ternyata kutipan tersebut nyata adanya. Ketika kita fokus pada tujuan yang ingin dicapai, alam bawah sadar kita akan berkolaborasi dengan alam semesta dan menggerakan kita untuk mewujudkannya. Dari pengalaman saya, dengan adanya target akan memacu diri untuk lebih semangat dan produktif membuat konten. Selain itu, di tahun 2020 ini saya mendapat berkah luar biasa dengan terbukanya peluang berkolaborasi dalam membuat karya.

Baca juga:  Manfaat Planner untuk Seorang Blogger

Menulis buku antologi

Buku antologi ifb Blog Rewind 2020: Pentingnya Memiliki Target Pribadi

Suatu hari saya mendapat e-mail dari Kak Esther Ariesta, yang isinya berupa ajakan untuk berkontribusi menulis sebuah buku antologi bersama rekan-rekan bloger perempuan lainnya dalam komunitas Indonesia Female Blogger. Kesempatan ini tentunya tidak saya lewatkan karena memang pernah punya niatan ingin mencoba menulis buku.

Singkat cerita, buku yang diberi judul Kumpulan Kisah Inspiratif Bloger Wanita Indonesia berhasil dirilis pada tanggal 17 Agustus lalu, bertepatan dengam HUT RI yang ke-75. Terima kasih saya haturkan kepada Kak Esther Ariesta yang telah mengajak saya untuk berpartisipasi.

Pengalaman ini tidak akan terlupakan walau saya sendiri mungkin harus belajar lagi tentang cara menjual buku yang baik. Semoga ke depannya akan ada lagi kesempatan menulis buku yang lebih inspiratif.

Planner 2021 x Dunia Notebook

Planner 2021 x Dunia Notebook

Lanjut ke bulan September, tepat pada tanggal 9, saya juga merilis buku planner berkolaborasi dengan Dunia Notebook. Planner ini saya desain sendiri sesuai dengan kebutuhan pribadi dan pekerja secara umum. Buku ini dijual secara pre-order yang dibuat setelah ada pesanan.

Baca juga: Manfaat Planner untuk Seorang Blogger

Jika berminat, teman-teman bisa mengkustom:

  • Planner cover: ada 6 pilihan desain
  • Jumlah halaman: 200 atau 300 halaman
  • Jenis kertas: bookpaper 57 gsm atau HVS 70 gsm
  • Jenis jilidan: lem panas atau spiral

Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengunjungi link Instagram saya yang berisi detil isi planner dan link pembelian di Shopee. Silakan masukkan kode DUNIMELS untuk mendapatkan tambahan diskon sebesar 5k.

Beauty planner sticker x Sticker Party

Beauty Planner Sticker

Di bulan Oktober saya juga kembali menelurkan karya kolaborasi bersama Sticker Party. Ya, produk kolaborasinya adalah stiker untuk planner/ bullet journal dengan tema skincare, sesuai bidang yang saya minati. Per bulan Desember ini, stikernya sudah habis terjual. Thanks God and the buyers! Apakah akan restock? Masih saya pikirkan. Silakan komen juga kalau misalnya kalian berminat untuk memiliki stiker edisi terbatas ini.

Baca juga:  Planner vs Bullet Journal, Which Team Are You?

Baca juga: Perlengkapan Bullet Journal Butuh Apa Saja?

Melihat napak tilas perjalanan saya selama setahun ini, sejak fokus menjadi full time blogger, saya cukup puas dengan hasilnya. Namun tentu saja tidak lantas membuat saya berhenti dan berpuas diri. I’m aiming a bigger achievement for the following year. Saya masih punya PR pribadi untuk belajar tentang domain rating dan memperbanyak potential backlink agar blog Mels Playroom lebih optimal lagi performanya. Harapan saya di tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  • Mencapai DA 25 dan 100k PV per bulan
  • Menaikkan skor domain rating
  • Menambah referral backlink
  • Mendapat gaji pertama dari Google
  • Menulis 100 artikel dalam setahun
  • Merevisi dan mencicil optimasi SEO artikel jadul

Saya sengaja tulis juga di sini sebagai pengingat dan cambuk agar tidak loyo di tengah jalan. Ini juga merupakan salah satu alasan saya merasa pentingnya memiliki target pribadi. Semoga di akhir tahun 2021 nanti saya bisa merealisasikan semuanya. Amin. Saya juga ingin berterima kasih kepada teman-teman pembaca setia Mels Playroom yang sudah mau berkunjung dan membaca di sini, serta teman-teman dari komunitas dimana saya bisa belajar banyak dan menambah networking hingga bisa berada di posisi sekarang. Tak lupa tentunya kepada brand yang telah mengajak saya bekerjasama, baik sekali maupun lebih dari sekali.

Baca juga: Begini Caranya Blogger Bisa Diajak Kerjasama dengan Brand

Akhir kata, saya ingin berkata bahwa tahun 2020 ini tidaklah mudah. Hampir setahun lamanya kita harus membatasi aktivitas di luar rumah demi keselamatan keluarga dan memutar otak agar keuangan bisa tetap survive selama pandemi. Namun saya juga tahu bahwa nggak sedikit pula orang-orang yang ikut menjadi lebih produktif dalam bidang apapun. Bagi kalian yang juga memiliki pencapaian pribadi, Selamat! You can make it! Sedangkan untuk teman-teman yang belum memiliki target pribadi atau merasa tidak punya pencapaian berarti di tahun ini, jangan berkecil hati. Ingatlah bahwa ketika kita masih bisa menyambut pergantian tahun dalam keadaan sehat walafiat, itupun sudah menjadi pencapaian terbesar kita di tahun ini.

Baca juga:  Mau Diajak Kerjasama Oleh Brand? Ikuti Cara Ini

Tetap semangat, jaga kesehatan, dan semoga tahun depan bisa lebih baik dari sekarang. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga cerita saya tentang pentingnya memiliki target pribadi bisa turut memacu semangat kawan-kawan sekalian.

Sampai jumpa di tahun 2021. Happy New Year!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

19 Comments

  1. Aku malah terbiasa bikin target pribadi dari sjk awal kerja mba.. mungkin Krn kantor juga yaa, yg selalu nekanin target ke staff nya di awal2, jadi mau ga mau aku menganggab target kayak guidance apa yg mau aku capai.

    Kalo sebelum pandemi, targetku kebanyakan ttg traveling, mau berapa negara yg akan di visit, dan target keuangan.

    Tapi sejak pandemi, rasanya target traveling stop dulu sampe ada kejelasan bisa bepergian secara normal :). Jadinya aku fokus Ama target financial. Harus menghasilkan profit berapa persen, budget traveling yg akan dipakai setelah pandemi hrs nambah berapa %, juga budget dana traveling di saat pensiun :).

    Kalo utk blog, mungkin karena ini hanya sarana having fun ku, jd blm kepengen utk bikin target macem2. Biarkan berjalan apa adanya ๐Ÿ˜€

    1. Aku dl agak takut bikin target krn tkt down kalo ga tercapai hahaha… jd ambisi ga terlalu tinggi. Justru sejak fokus di blog aku jd malah pengen nantang diri sendiri dan ternyata bisa.

      Intinya target emg penting ya kak, mau diaplikasikan di manapun menurut prioritas kita. Kalo blognya msh jd ajang have fun juga gpp kok kak. Yg penting kan jalaninnya hepi, bukan malah jd beban ?

  2. akupun sedikit banyak target ngeblog tercapai di tahun 2020. mulai dari DA naik (lagi) setelah sebelumnya sempat dikorting MOZ. kemudian Page Vies perbulan mencapai belasan ribu, padahal targetnya bisa lebih baik dari bulan sebelumnya atau kembali ke page views standar (bulan agustus PV sempet anjlok banget soalnya). alhamdulillah sekali. sekarang tinggal membuat target untuk 2021. biar makin semangat ngeblognya..

    1. PV-ku pas bulan agustus jg anjlok lho. Bingung kenapanya. Untung bisa naik lagi dan semakin baik. Yyk, tetap semangat ngeblog di tahun 2021 ini yo.

  3. beneer mba dengan target yang jelas kita memang jadi lebih teratrah yaaa tujuan hidup ini.. semangaat selalu

  4. Woow…
    DA nya kereen…
    Dan semakin produkti dalam berkarya yaa, kak…
    Selamaat atas launching buku barunya.
    Semoga 2021 membuat kita semua bahagia dan semakin banyak karya.

  5. mestinya emang ada target ya buat blog sendiri, kalo aku, sepanjang 2020 cukup lebih rajin post di blog, gak hanya bersponsor tapi juga yang organik, nah 2021 aku pengen banyakin nulis apapun yang kurasa di setiap kejadian

  6. Barokallah ikuta hepi dengan blog rewindmu Kak.
    Aku ngiler adsnya heheheh udah berapa kak, kepo. Aku naiknya pelan-pelan nih belum bisa narikk, semoga terlecut juga untuk semangat sepertimu.

    1. Hehehe, semangat juga kak! Yuk bisa yuk tahun ini kita gajian dr Google sama2 ?

  7. Keren banget targetnya, masih banyak hal yg ga aku paham tentang blog kalo nnti aku konsul sm kaka boleh?

    1. Boleh say, DM aja kalau ada yg mau ditanyain. Sebisa mungkin aku jawab sesuai kapasitasku hehe…

  8. Kereeen banget, aku juga lagi mencoba membuat perencanaan target, biar tertata hidupnya lebih baik hehe

  9. aku sempet pikir2 lagi loh mba perlu ga yaa punya planner 2021. tapi kupikir lagi tetep perlu ya karena kan kita udah tau nih gambaran besarnya 2021 bakal kayak apa, jadi ya tetep aja buat perencanaan untuk antisipasi dan pengembangan diri

  10. Wah keren ini sudah membuat target nulis blog untuk 2021, aku jadi pengen ngelisting juga nih apa saja yang sudah tercapai di 2020 dan apa yang akan dikerjakan di 2021 untuk blog sendiri.

  11. berkah 2020 memang banyak ya mba Mels, meski kebanyakan orang selama ini memandang 2020 tahun yang sangat kelam, padahal banyak pencapaian kecil yang kadang terlewat untuk disyukuri, semoga 2021 makin lebih baik lagi ya kak

    1. Iya kak mei, salah satu tujuan aku bikin target begini juga supaya belajar mensyukuri apa yg bisa kita peroleh dr jerih payah sendiri. Sekecil apapun itu ?

  12. wah makin semangat nih baca postingan begini semoga bisa menginspirasi blogger yang lain, fix aku juga mau nentuin target juga untuk 2021

  13. sepertinya emang harus punya target ya hahaa aku selama ini ngalir aja, ga ada target khusus, gimana ngejalanin aja soalnya aku kan sambil kerja kantoran jadi ga bisa bener2 fokus sama nulis, selama ini cuma hobi sih aku tuh nulis blog ๐Ÿ™

    1. Aku jg dl masih kantoran blm bs fokus ci. Justru krn jobless akhirnya fokusin di blog. Cari duit sendiri ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: