Perbedaan SPF dan PA dalam Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

faceless woman applying lotion on hand on sunny day

Indikator SPF dan PA biasanya ditemukan dalam produk sunscreen. Kira-kira kawan sekalian sudah paham atau masih bingung akan perbedaan kedua indikator ini? Bagi yang masih bingung, yuk kita sama-sama belajar tentang perbedaan SPF dan PA dalam sunscreen.

SPF (Sun Protection Factor) sebenarnya adalah rumusan formula untuk mengukur seberapa lama sebuah sunscreen dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UVB setelah diaplikasikan. Kalau kita kelamaan berjemur di bawah teriknya matahari, kulit kita akan mengalami kemerahan kan? Inilah faktor yang dihambat dengan adanya SPF.

Misalnya ketika tanpa mengenakan sunscreen, kulit kita akan kemerahan dalam waktu 10 menit setelah kena matahari. Dengan menggunakan sunscreen SPF 30, durasi 10 menit tersebut bisa tertunda hingga 300 menit atau 5 jam sampai kulit kita memerah.

Besaran angka yang menyertai SPF juga berfungsi untuk mengukur seberapa banyak ia bisa menangkal radiasi UVB. Menurut dr. James Spencer, seorang dokter kulit AS mengatakan bahwa:

  • SPF 15 mampu menangkal 94% radiasi UVB
  • SPF 30 mamu menangkal 97% radiasi UVB
  • SPF 50 mampu menangkal 98% radiaai UVB

Ternyata selisihnya sedikit ya? Dan masih menurut beliau, angka SPF lebih dari 50 juga tidak akan berdampak apa-apa karena mustahil ada SPF yang mampu menangkal 100% radiasi UVB.

Baca juga: SPF Tinggi Dapat Menyebabkan Jerawat?

Jadi, bagi kita yang aktivitasnya lebih banyak di dalam ruangan, SPF 15-30 sudah cukup untuk melindungi kulit. Kemudian bagi yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan bisa memilih produk dengan kandungan SPF yang lebih tinggi seperti 45-50.

Namun besaran SPF tersebut juga tidak menjamin bahwa perlindungan terhadap radiasi matahari sudah optimal. Efektifitas pemakaian sunscreen bisa berbeda pada setiap orang karena turut bergantung pada:

  • Perubahan suhu dan cuaca
  • Waktu paparan
  • Jenis kulit
  • Jumlah penggunaan produk SPF yang diaplikasikan pada kulit dan penggunaan berulangnya (reapply)
  • Jenis aktivitas yang banyak dilakukan oleh seseorang
  • Faktor lingkungan dan lainnya

Amannya, lebih baik menggunakan sunscreen 10-20 menit sebelum keluar rumah dan beraktivitas supaya bisa menyerap lebih baik ke dalam kulit.

Sumber: www.sehatq.com

Perbedaan spf dan pa
Photo by RF._.studio on Pexels.com

Selain UVB, masih ada UVA yang patut kita waspadai. Jika SPF ditujukan untuk melindungi kulit dari UVB, maka PA (Protection Grade of UVA) ditujukan sebagai indikator perlindungan dari UVA. Itulah perbedaan utama SPF dan PA.

UVA tidak menyebabkan kemerahan atau nyeri karena sengatan matahari seperti UV B, tapi lebih berpengaruh pada pigmen kulit. UVA inilah yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, keriput, bintik hitam, flek, dan lainnya.

Baca juga: Review Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Istilah PA banyak dipakai di negara-negara asia, seperti Jepang dan Korea. Sebelum muncul istilah PA, negara-negara di Eropa sudah lebih dulu menggunakan akronim PPD (Persistent Pigment Darkening). PPD ini mengukur reaksi kulit setelah terkena sinar UVA. Berapa lama pigmen kulit menggelap setelah kulit terpapar sinar matahari. Mirip dengan sistem pengukuran SPF.

Untuk mengetahui berapa level perlindungan yang diberikan oleh PA/ PPD, berikut ini penjelasannya:

  • PA+ = PPD 2-4 (minim)
  • PA++ = PPD 4-8 (cukup)
  • PA+++ = PPD 8-16 (tinggi)
  • PA++++ = PPD > 16 (maksimal)

Idealnya apabila sunscreen mengandung PA+++ (PPD 10) berarti mampu menghambat efek buruk UVA sebanyak 10 kali lebih lama dibanding tanpa memakai proteksi apapun.

Sumber: womantalk.com

Walaupun kita (ya termasuk saya) lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, alias kantoran, bukan berarti kita nggak butuh perlindungan juga lho. Dalam aktivitas sehari itu pasti ada kalanya kulit kita terpapar sinar matahari yang menyengat, misal saat berangkat ke kantor, jam makan siang apabila di luar gedung, atau duduk di posisi dimana matahari menyorot melalui kaca jendela. Nah, jenis perlindungan yang bisa kita gunakan adalah body lotion dengan kandungan SPF dan PA yang lebih ringan. Misalnya dengan menggunakan produk Marina UV White Extra SPF 15

Perbedaan spf dan pa

Bagaimana Marina melindungi kulit kita sehari-hari?

Produk hand & body lotion ini sudah mengandung komposisi SPF dan PA yang sangat cukup untuk melindungi kulit kita, terutama yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Apa saja komposisinya?

  • SPF 15-nya sudah optimal melindungi kulit dari 94% sinar UVB.
  • PA+ untuk menghambat penggelapan kulit akibat paparan sinar UVA.
  • Yoghurt yang mengandung Bio-whitening Complex dan vitamin B3 bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit

Body lotion ini bisa kita pakai sebelum menjejakkan kaki kita keluar rumah dan menyambut sinar matahari. Seperti yang sudah disinggung di atas, sebaiknya mengenakan pelindung kulit 10-20 menit sebelum keluar rumah agar sunscreen lebih menyerap ke dalam kulit dan manfaatnya bekerja optimal.

Baca juga: Body lotion lokal yang bikin kulit auto cerah!

So, jangan lupa untuk tetap menjaga dan merawat kesehatan kulit kita sehari-hari ya. Tidak hanya memedulikan kulit wajah, kulit tubuh pun butuh perhatian sama besarnya. Kulit yang sehat dan terawat akan membantu diri kita terlihat lebih menarik. Jika kita tidak peduli dengan diri sendiri, siapa lagi yang akan peduli? We need to love and respect ourselves first, so others will do the same to us.

Sekian dulu pembahasan tentang perbedaan SPF dan PA dalam sunscreen. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan sekalian. See you in the next post!


Artikel ini dibuat pertama kali pada tahun 2013 dalam rangka mengikuti lomba blog Marina Body Lotion. Direvisi dengan penyesuaian untuk optimasi SEO pada tahun 2020 .

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

11 Comments

  1. sejak tau soal sunscreen ini, aku jadi berusaha nggak keluar rumah tanpa oles2 sunscreen dulu deh mba haha biar lebih terproteksi gituu

  2. Ternyata fungsi SPF dan PA beda ya mba, hehe selama ini aku tahunya ya si SPF ini buat melindungi kulit dari sinar ultraviolet gitu.
    Untung ada Marina yg mengandung keduanya ya, jadi lengkap gt

  3. waah aku baru tahu nih penjelasan SPF dan PA, jadi nambah pengetahuan banget buat aku. thanks untuk informasinya

  4. Wah penting banget nih kita semua tau informasi ini. Emang walaupun didalam rumah penggunaan sunscreen tetap perlu ya.

  5. penting banget nih informasi seperti ini jadi lebih paham buat konsumen yang menggunakan skincare akan perbedaan spf dan pa dalam sunscreen

  6. aku pernah bikin artikel mirip begini mels, tapi di sisipkan di produk review sunscreen, biar yg baca lebih paham, tapi kayaknya di pisah jadi artikel sendiri kayak gini oke juga ya

  7. […] Baca juga: Kulit pun Butuh Perlindungan: Pentingnya SPF dan PA […]

  8. didoakan menang mellll

  9. your welcome ^^ will visit you again someday hihih ^^

  10. a great info, i was thinking about posting the same tapi kemarenan males bener hahahaha. btw, thank u for visiting my blog last time ๐Ÿ˜‰

    manuskripmahadewi.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: