Perlengkapan Bullet Journal Butuh Apa Saja?

perlengkapan bullet journal

Berencana bikin bullet journal tapi bingung harus menyiapkan perlengkapan apa saja? Oke, kalian berada di website yang tepat karena kali ini saya mau berbagi tentang perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bullet journal. Pada beberapa item, akan saya rekomendasikan juga toko yang menjual barang tersebut supaya kalian nggak perlu susah-susah nyari toko yang harganya on budget. Silahkan geser jempolmu ke atas.

1. Buku tulis untuk bullet journal

Berencana bikin bullet journal tapi bingung harus menyiapkan perlengkapan apa saja? Baca dulu selengkapnya di sini, yuk biar nggak bingung lagi.

Barang yang paling essensial dalam membuat bullet journal adalah buku. Sebenarnya buku apa saja bisa dijadikan bullet journal kok, mau itu polos (plain), bergaris (ruled), kotak-kotak kecil (grid), dan titik-titik (dot). Namun, banyak bujoist menggunakan buku dengan motif dot atau grid dengan alasan kemudahan jika ingin membuat garis. Ukuran buku yang digunakan pada umumnya adalah A5, walau beberapa ada juga yang memilih membuat bujo di traveler’s notebook karena merasa lebih simple dan ringan, serta mudah dibawa ke manapun.

Rekomendasi toko online yang menjual customized notebook untuk kebutuhan bullet journal adalah: Bukuqu, Buddybooks, My Book Binding, dan Dunia Notebook. Semua toko ini menyediakan buku ukuran A5 dan A6 yang motif kertasnya bisa kalian pilih sesuai selera. Mereka ada di Shopee dan juga Instagram. Btw, kalau kalian suka berkreasi saat membuat bujo, saya sarankan memilih jenis kertas HVS 80 gsm agar tidak tembus.

Kalau kalian lebih suka membuat bujo di TN, ada juga toko yang menyediakan TN cover dan refillnya, seperti: Mynty Mint, Notokata, dan Empa Handmade.

2. Alat tulis bullet journal

Setelah buku, alat berikutnya yang dibutuhkan untuk memulai bujo tentu saja pena. Di sini, saya mau merekomendasikan beberapa pena yang nyaman digunakan saat nge-bujo.

Gel Pen

Untuk menulis, gel pen dari Zebra Sarasa bisa kalian koleksi. Harganya memang lebih mahal tapi kualitasnya sepadan. Selama menggunakan gel pen ini, saya sama sekali nggak pernah menemukan tinta gel yang macet di tengah-tengah penulisan. Saya punya gel pen lain produksi Joyko Indonesia, harganya memang tergolong murah, tapi kelemahannya adalah sering macet di tengah penulisan. Nah, kalian silahkan pilih ya mau yang mana.

Fineliner

perlengkapan bullet journal

Pena dengan ujung jarum yang tipis ini memiliki tingkat ketebalan berbeda. Kalian bisa piih sesuai selera. Keistimewaan fineliner adalah tidak mudah bleber ketika terkena highlighter.

Rekomendasi brand yang bagus untuk kategori fineliner adalah Sakura Micron, Uni-ball Sigma, Staedtler, Stabilo, dan Snowman untuk versi budget fineliner.

Pensil dan penghapus

Pensil dan penghapus juga merupakan item yang penting kalau kalian ingin membuat bullet journal. Biasanya kita perlu membuat sketsa terlebih dahulu agar mudah dihapus jika nggak sengaja membuat kesalahan. Untuk pensil saya sarankan beli yang jenis 2B saja karena tekstur yang lebih lunak. Untuk merk pensil 2B, kalian bisa pilih merk apa saja yang kalian suka ya. Kalau saya sendiri saat ini sedang pakai dari brand Stabilo karena waktu beli ada paket bundling dengan penghapusnya.

Correction tape

Punya pena pasti jangan lupa beli korektornya. Kalau saya lebih suka korektor yang berupa pita begini karena lebih awet dan nggak perlu menunggu kering sebelum ditimpa tulisan berikutnya. Awet karena saya jarang pakai. Pernah punya yang liquid karena lama nggak dipakai jadinya malah kering di dalam.

Rekomendasi merk korektor dengan harga terjangkau yang bisa kalian coba: Joyko, Kenko, Trifelo, Faber Castell.

Baca juga: Planner vs Bullet Journal, Which Team Are You?

Untuk membuat bullet journal minimalis sebenarnya hanya dibutuhkan buku dan pena saja, tapi banyak bullet journalist melakukan kreasi dengan permainan gambar dan warna agar terlihat lebih menarik. Selain itu, permainan warna dalam buku catatan juga bisa membantu meredakan stress kan? Manfaat tentang membuat planner atau bullet journal sudah pernah saya buat artikelnya. Silahkan dibaca jika berkenan. Selanjutnya, produk yang akan saya bahas berikut ini lebih bersifat dekoratif dan opsional. Jika kalian penggemar monokrom, mungkin tidak perlu memiliki barang ini.

3. Highlighter dan Brush Pen

perlengkapan bullet journal

Selain untuk mempertegas kata dan memberi warna, kedua benda ini biasa digunakan untuk menulis ala hand lettering sebagai variasi tulisan. Pada kategori highlighter, kalian pasti nggak asing dengan merk Zebra Mildliner yang fenomenal itu. Berhubung harganya agak-agak bikin mikir, buat kalian yang suka versi dupe-nya bisa memilih Joyko highlighter set.

Kemudian khusus untuk water based brush pen, saya punya rekomendasi dari harga paling murah sampai harga paling mahal: Snowman, Sakura Koi, dan Tombow. Ada harga ada kualitas tentunya. Snowman harganya super murah di bawah 10k per item, cocok buat kalian yang sedang belajar hand lettering karena kalau brush tip-nya rusak, kalian nggak akan nyesek banget. Kalau sudah lebih bisa bikin hand lettering, kalian bisa memilih Sakura Koi atau Tombow karena memiliki variasi warna yang lumayan banyak.

Alternatif kalau mau beli warna lengkap dan harga hemat, kalian bisa coba beli Joyko brush pen atau Joyko color pen yang merupakan dupe-nya Crayola. Kenapa saya bilang dupe? Karena brush tip-nya yang sama-sama berbentuk cone.

Soal durabilitas, Tombow memiliki jenis brush tip yang fleksibel namun kokoh. Nggak heran produk Tombow banyak disukai oleh kawula bujoist. Sakura Koi dengan harganya yang berada di tengah-tengah, kualitasnya pun juga sama. Brush tip-nya fleksibel, tapi nggak sekokoh Tombow.

Saya beli highlighter dan brush pen ini via Shopee, walau ada beberapa yang beli di Gramedia saat ada promo. Saya nggak bisa rekomendasi tokonya karena belinya juga mencar-mencar. Jadi, kalian tinggal search aja di Shopee dan pilih yang sesuai budget kalian ya.

Kelemahan beli alat tulis di Shopee ini, nggak semua toko menjual barang yang kita inginkan sekaligus. Lalu untuk brush pen kadang nggak semua warna masih lengkap. Paling aman memang belinya di official shop-nya Shopee Mall, tapi harganya sudah pasti lebih mahal sedikit dibanding toko ritel biasa.

Baca juga: Isi Bullet Journal untuk Blogger

4. Washi tape

perlengkapan bullet journal

Selotip berbahan kertas dengan motif dan warna yang menarik membuat washi tape menjadi pilihan untuk mendekor bujo. Bahannya yang terbuat dari kertas juga bisa kita tulis atau stempel di atasnya, supaya menjadi semakin artistik. Penggunaan washi tape nggak cuma sebagai penghias saja, tapi bisa juga kita gunakan sebagai penanda halaman.

5. Sticker

perlengkapan bullet journal

Selain washi tape, sticker merupakan barang yang sering diburu oleh bujoist untuk menghias juga. Banyak bujoist berkreasi dengan mengombinasikan sticker dan washi tape agar bujo terlihat lebih hidup dan menarik.

Baik washi tape dan sticker sering saya beli dari toko Mohamm Stationery (muhan.id) di Shopee. Tokonya memang berasa dari RRT sehingga kita perlu sedikit bersabar menunggu kiriman tiba. Namun, yang saya suka dari toko tersebut adalah banyaknya pilihan stationery dan harganya tergolong paling murah. Sudah gitu, kita cukup berbelanja minimal 30k saja sudah bisa dapat gratis ongkir. Lumayan banget kan?

6. Stamp

perlengkapan bullet journal

Nah, stempel berbahan silikon transparan juga menjadi perlengkapan bullet journal yang sering dipilih oleh bujoist bagi mereka yang beraliran vintage. Yang nggak vintage juga ada aja sih yang beli dengan alasan masing-masing. Nggak cuma sebagai penghias, beberapa stempel memiliki fungsi juga, seperti stempel kalender, hari, tanggal, bulan, dsb. Kalian bisa cari juga di Shopee luar negeri jika ingin belanja lebih hemat. Jangan lupa beli stempel blok dan bantalan tinta-nya juga ya.

Rekomendasi toko untuk membeli stempel: Folklore.id dan Ciflying.id.

Baca juga: Isi Blog Planner 2020 ala Mel’s Playroom

Itu dia rekomendasi perlengkapan bullet journal buat pemula yang ingin mulai mencoba membuatnya. Semoga sharing saya bermanfaat buat teman-teman semua ya. Yang punya pertanyaan, silahkan mampir ke kolom komentar, kita bisa berdiskusi di sana.

Thank you for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

23 Comments

  1. Wah terima kasih infonya. Lagi keranjingan baca-baca info soal journaling nih. Aku prefer online journaling sih, tapi kayanya yg offline seru banget ya.

  2. makasih infonya bermanfaat

  3. Mungkin hanya stiker yang belum saya punya
    Kalau snowman dan lainnya saya punya

  4. wahhh jadi serasa orang orang tahun 90 an karna unik

  5. Ya ampun Sticker dan stamp nya gemes bgt ya Ternyata banyak juga ya yg dibutuhin utk bikin bullet journal Nih kak

  6. mba semuanya imut-imut banget sih barangnya, aku banget suka sama perlengkapan apapun yang gambarnya cute-cute gitu, jadi semangat ya bikin bullet journalnya ehheheeh karena pernak perniknya unyu-unyu gitu hehehe

    1. Iya, salah satu alasan aku beli perkakasnya biar ttp semangat isi ?

  7. banyak juga ya. saya kira cm nulis biasa ajah. tp emang kalau sekomplit ini jd lengkap isinya yaa dan menarik

    1. Enaknya bujo emang bisa nyalurin sisi kreatif kita. Tp kalo simple2 juga bisa kok. Cm ya itu cenderung bosenin hehehe

  8. temanku suka bikin bullet journal, rajin banget dna telaten, hasilnya bagus, lucu-lucu deh mba

    1. Wah, apa akunnya mba? Kepo donk aku biar dpt inspirasi hehehe

  9. Nuhun kak Mels…
    This is what i ned.
    Kayanya memang perlu nambah-nambah amunisi niih…biar bujo makin seru dan hasilnya makin cantikks.

    1. Sama2 mba. Semoga semangat ngebujo hehehe

  10. Aku paling sukaaa deh dengan artcraft seperti ini.. paking suka aneka pulpen caligraphy dan wasi tapesnya

    1. Iya kak, itu godaan terbesar deh. Washi tape. Suka ga tahan mau beli klo liat yg lucu2 ?

  11. Sticker dan stamp nya gemes bgt kak??? Ternyata banyak juga ya yg dibutuhin utk bikin bullet journal

    1. Banyak gaknya tergantung yg bikin sih cyn. Kalo dia aliran simple minimalist, pake pen dan stabilo aja bisa jadi hehehe…

  12. Pas banget aku lagi berencana bikin bullet journal. Selama ini di note bergaris sih. Tapi selalu lupa ngisi. Berhubung WFH, aku pengen nyoba commit. Lagi proses order buku dari buddybooks nih. Wish me luck ya!

    1. Yipee.. nanti direview ya buku buddybooksnya ?

  13. Nice info dan tips banget nih kak kebetulan aku lg nyari2 apa aja perlengkapan bullet journal buat pemula kaya aku gini jadi bisa lebih ke planning apa aja yg harus di beli ??

  14. aku pake yang miniso buat brush pen nya mels, tapi kurang enak, blom pernah coba tombow, jadi pengen cari juga di shopee 🙂

  15. Aku dulu sukaaa deh mba buat bullet journal…dengan segala pernak-perniknya. Sekarang udah mulai jarang…tapi anak gadis kecilku jjuga suka buaat :). Dia sama colorfulnya dengan aku

  16. washi tape dan stickernya ko gemes gemes banget sih beeeb hiihihi, aku juga lagi seneng nih bikin bullet journal yang lucu lucu hihiihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
%d bloggers like this: