Seberapa Efektif Produk Skincaremu? Cek di Aplikasi Ini!

Masalah kulit yang dialami setiap wanita berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kulit yang bersangkutan. Sudah umum pula kalau kita wanita pasti akan menyisihkan sebagian budget untuk membeli produk perawatan kulit. Kendalanya adalah ketika kita sudah mulai rutin menggunakan suatu produk, kita sulit mengukur apakah produk ini cocok untuk kulit kita? Apakah produk ini memberikan perubahan signifikan pada wajah kita? Jika ternyata tidak cocok, lalu kita harus pakai produk apa?

Seiring berkembangnya zaman dan kecanggihan teknologi, kini kita nggak perlu pusing lagi untuk mengetahui efektifitas suatu produk kecantikan. Telah hadir sebuah aplikasi bernama Troveskin yang bisa membantu mengecek kondisi kulit in daily basis! Bisa dibilang aplikasi ini akan menjadi skin diary kita dan bisa memantau perkembangan skincare routine yang dilakukan setiap hari melalui fitur analisisnya. Keren yah! Aplikasi ini baru bisa diunduh via Google Play Android, sedangkan untuk versi iOS-nya baru akan rilis bulan depan.

Sebelum kita lanjut membedah aplikasi ini lebih dalam, kita kenalan dulu yuk. Kan katanya tak kenal maka tak sayang. Hehehe…

Aplikasi Troveskin diciptakan oleh Reuben Lee dari Singapura dan pertama kali diluncurkan di Google Play pada bulan Juli 2017. Troveskin dibuat dengan tujuan dapat menjadi sarana bagi para wanita untuk menganalisa perkembangan kulit mereka sehari-hari dan efektifitas produk yang digunakan. Nilai plusnya, Troveskin juga dapat memberikan rekomendasi produk sesuai hasil analisis dan untuk mendukung fitur ini, mereka telah bekerjasama dengan perusahaan kosmetik Korea terkemuka, yakni Amore Pacific. Itu lho perusahaan yang menaungi brand seperti Laneige, Etude House, Innisfree, dll.

Dari segi produk aplikasinya sendiri, Troveskin mengusung 5 konsep berikut:

  • Cutting-edge technology. Menggunakan teknologi AI (artificial intelligence) untuk medeteksi masalah kulit hanya dari foto selfie.
  • GRATIS! Yes, aplikasi Troveskin tersedia gratis dan bebas diunduh kapanpun.
  • Entertaining. Troveskin juga ingin penggunanya merasa nyaman saat menggunakan aplikasi ini. Mereka akan mengimplementasikan sistem poin yang bisa dikumpulkan untuk kemudian ditukar menjadi diskon saat pengguna ingin membeli produk kosmetik (coming soon). Asyik ya, sudah dianalisa gratis, dapat diskon pula!
  • Convenient. Membuat aplikasi Troveskin yang user friendly dan mudah dimengerti.
  • Mobile friendly. Dengan adanya aplikasi Troveskin di smartphone-mu, kamu dapat melakukan analisa kulit kapanpun dan dimanapun, termasuk misalnya ketika kamu tengah plesiran ke suatu tempat. Cukup smartphone! Nggak perlu gadget tambahan lain.

Nah, sekarang kita lanjut yuk ke bagian pemakaian aplikasinya.

Download dan install via Google Play

  1. Buka aplikasi Google Play kamu dan ketik nama “Troveskin”.
  2. Tekan “install”
  3. Setelah selesai silahkan langsung masuk ke aplikasi Troveskin

Menggunakan aplikasi Troveskin

Saat kamu masuk ke dalam aplikasi, kamu akan diberikan pengantar tentang garis besar manfaat dari Troveskin.

Kemudian klik “Analyse My Skin Now” dan kita akan diberikan 2 pilihan cara login: via Facebook atau via e-mail. Setelah login, kita akan disuguhi petunjuk yang harus diikuti sebelum mulai analisa kulit. Jika sudah paham, lanjutkan dengan mengklik tombol “Analyse My Skin Now” lagi.

Selanjutnya, layar akan memunculkan kamera selfie dengan garis lingkaran putus-putus sebagai petunjuk agar wajah kita diposisikan pas mengikuti lingkaran tersebut, lalu klik tombol putih di bawahnya untuk mengambil foto (gambar 2).

Gambar 1. Halaman muka setelah login dan apabila sudah memakai aplikasi sebelumnya.

Setelah selesai mengambil foto, aplikasi akan memunculkan hasil foto sementara untuk direview kembali oleh pengguna, apakah sudah mengikuti guideline yang diberikan. Jika belum, pengguna dapat retake foto dan setelah sesuai dengan guideline bisa disubmit untuk dianalisa dengan menekan tombol “analyse now” (gambar 3). Akan lebih obyektif jika kamu mengambil fotonya sesudah menggunakan skincare dan sebelum mengenakan make-up alias bare face. Pada foto di atas saya hanya menggunakan make-up mata dan bibir.

Ohya, sebelumnya minta maaf jika gambar 2 dan 3 terlihat berbeda karena screenshot untuk gambar 3 sebelumnya tiba-tiba hilang saat mau posting, jadi saya retake lagi. Intinya saya ingin menunjukkan tampilan layar setelah kita mengambil foto selfie sebelum ke bagian analisa. Mohon maklum ya…

Dalam hitungan detik, Troveskin akan memunculkan skor penilaian kondisi kulit kita secara keseluruhan, lalu di bagian bawahnya diberikan hasil analisa penilaian seperti pori-pori kulit, kerutan/ garis halus, pigmentasi kulit, dan tingkat kemulusan kulit wajah. Contoh hasil tesnya bisa dilihat dari gambar berikut.

Klik untuk memperbesar dan melihat spot penilaian

Merasa hasil skormu cukup bagus dan ingin merekomendasikan aplikasi ke teman-teman? Troveskin menyediakan tombol share ke berbagai jenis media sosial dan messenger (gambar 1).

Bisa dilihat pada gambar 3 dan 4 di atas, aplikasi menunjukkan bagian mana saja yang bermasalah. Seperti kerutan halus di bagian bawah mata kiri dan pori-pori yang tersorot ditandai dengan titik-titik hijau, begitu pun dengan penilaian lain yang dapat dilihat di gambar berikut ini.

Klik untuk memperbesar dan melihat spot penilaian

Lalu, jika merasa bingung dengan hasil skor, Troveskin juga sudah menyediakan penjelasan untuk masing-masing bagiannya, lho. Cukup dengan mengklik tombol [?], kita bisa tahu apa arti dibalik angka-angka tersebut.

 

Masih belum cukup? Troveskin juga menghadirkan fitur comparison by areas dimana kamu bisa melihat perbandingan kulit per bagian dibandingkan dengan foto pad waktu sebelumnya, mata vs mata, pipi vs pipi, dst.

Seperti contoh di atas pada gambar ke-4 terlihat di bagian dahi saya agak berminyak dibandingkan foto terbaru.

Opini

Setelah mencoba beberapa kali aplikasi ini, saya cukup amaze dengan terobosan teknologi yang ditawarkan oleh Troveskin. Aplikasi ini bisa kita pakai setiap hari untuk memantau perkembangan kondisi kulit. Jadi, kita bisa cek sendiri seberapa efektif produk yang kita gunakan. Jika setidaknya dalam waktu 3 bulan produk yang kita pakai masih begitu-begitu saja atau malah menimbulkan masalah baru, mungkin sudah saatnya kita berpikir untuk mengganti produk. Untuk itu, Troveskin pun sudah menyediakan fitur rekomendasi produk, hanya saja saat ini belum benar-benar tersedia di aplikasi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Troveskin bisa segera menyediakan fitur ini ya.

Sedikit kekurangan mungkin lebih ke arah aplikasi ini sangat bergantung pada kualitas kamera depan dan sejauh ini belum bisa menggunakan kamera belakang yang biasanya lebih tajam. Tapi setidaknya bisa dijadikan panduan untuk melihat bagaimana kondisi kulit kita setiap harinya.

Nah, apa teman-teman sudah penasaran dan ingin tahu bagaimana hasil penilaian kulitmu? Langsung saja download dan coba sendiri aplikasinya! Dan jika teman-teman punya komentar tentang aplikasi ini, jangan lupa ikutan program giveaway #troveskinxmelsplayroom, siapa tahu beruntung bisa mendapatkan hadiah Laneige Water Gel Bank Cream! Simak penjelasannya di bawah ini.


GIVEAWAY TIME!

Yeay! Siapa yang mau produk Laneige Water Bank Gel Cream ini secara GRATIS? Troveskin dan Mel’s Playroom tengah bekerjasama mengadakan giveaway untuk kalian dengan cara yang super mudah.

  1. Tulis komentar paling menarik setelah membaca artikel ini dan juga tinggalkan nama akun instagram kamu. Jika kamu pakai aplikasi dan memberikan testimonial singkat bisa mendapat nilai tambah.
  2. Periode giveaway: 11 – 17 September 2017.
  3. Akan dipilih 2 (dua) pemenang dengan komentar terbaik dan diumumkan via instagram story @melsplayroom. So, pastikan kamu juga follow akun saya untuk mendapatkan update giveaway ini ya.
  4. Pengumuman pemenang tanggal 18 September 2017.
  5. Pemenang terpilih merupakan keputusan mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Hadiah giveaway disediakan oleh @Troveskin_id dan akan dikirim langsung ke alamat pemenang. Tanggal pengiriman akan ditentukan setelah pengumuman pemenang.

So, what are you waiting for? Ayo ikutan giveaway ini sekarang juga dan kami ingin tahu pendapatmu!

Cheers!

Β 
Advertisements

12 thoughts on “Seberapa Efektif Produk Skincaremu? Cek di Aplikasi Ini!

Thank you for reading! Feel free to put your comment below

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s