real barrier skincare
Beauty Product Review Skincare

Real Barrier Skincare Series First Impression

Kabar gembira buat kalian yang memiliki kulit kering dan sensitif akibat rusaknya skin barrier! Sekarang ini telah hadir produk Real Barrier skincare dari Korea Selatan yang berfungsi untuk memperbaiki skin barrier kita sehingga dapat menyembuhkan masalah kulit.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang produk Real Barrier, saya akan menjelaskan dulu tentang apa itu skin barrier, oke?

All about skin barrier

real barrier skincare
Sumber: Editorial Female Daily

Skin barrier merupakan dinding pertahanan alami yang ada pada kulit manusia. Skin barrier berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai macam bakteri, polusi, sinar UV, bahan kimia berbahaya, hingga gesekan atau goresan. Perawatan kulit yang sembrono dapat berdampak pada rusaknya skin barrier.

Apa yang dimaksud dengan perawatan kulit yang sembrono?

  • tidak menggunakan sunscreen saat keluar rumah
  • menggunakan skincare berbahan agresif, seperti bahan-bahan yang terdapat pada produk anti-aging dan pencerah kulit
  • terlalu sering eksfoliasi (idealnya 1-2x seminggu)
  • pola makan tidak sehat (kurangnya konsumsi air putih, sayur, buah-buahan, dan gemar minum alkohol)

Apa yang terjadi jika skin barrier rusak?

Jika skin barrier mengalami kerusakan, timbullah masalah kulit yang selama ini kita kenal dengan jerawat, kulit kering hingga mengelupas, kemerahan, gatal-gatal, dan penuaan dini.

Bagaimana cara memperbaiki skin barrier?

Yang pertama pastinya dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Perbanyak konsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas, kurangi minum alkohol, tidur cukup minimal 6 jam, dan olahraga teratur.

Langkah kedua bisa dengan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan penenang kulit, seperti: niacinamide, panthenol, ceramide, hyalurnic acid, dan zat antioksidan.

Dan, rangkaian produk Real Barrier ini bisa menjadi salah satu rekomendasi kamu untuk memperbaiki skin barrier.

Baca juga: Best Moisturizer for Dry Skin

All about Real Barrier Skincare

Real Barrier merupakan produk buatan Atopalm, brand yang pertama kali membuat formula untuk memperbaiki skin barrier kulit manusia. Produk Real Barrier ditujukan untuk orang dewasa dengan kisaran usia 26-35 tahun. Produk ini juga telah mendapat pengakuan akademis dari para ilmuwan skin barrier, seperti:

real barrier skincare

Real barrier dibuat dengan perpaduan skin barrier, dermatologi, dan kosmetik untuk mengatasi masalah kulit seperti:

  • kering dan sensitif
  • berminyak
  • dehidrasi
  • sedang dalam masa penyembuhan

Real Barrier skincare mengandung unique ceramide dan MLE®
technology
yang khasiatnya telah terbukti pada 99.5% pengguna. Mereka yang pernah mencoba menggunakan produk ini merasakan perubahan signifikan pada kulit masing-masing.

Teknologi MLE® (Maltese Cross Structure) ini telah dipatenkan. MLE®
diciptakan dengan komponen yang menyerupai skin barrier asli. Jadi, tidak hanya membantu memperkuat tapi juga mereproduksi skin barrier asli serta mengembalikan fungsi alaminya.

real barrier skincare

Real Barrier skincare tidak mengandung 9 bahan tambahan seperti: paraben, mineral oil, pewangi buatan, pewarna buatan, ethanol, phenoxyethanol, benzophenone, propylene glycol, dan diethanolamine. Sebaliknya, justru mengandung 3 bahan yang memiliki efek menenangkan untuk kulit sensitif, seperti: panthenol, allantoin, dan madecassoside. Ditambah dengan aroma alami yang disebut aroma healing dari vetiver, lavender, dan orange.

Real Barrier skincare memiliki 5 produk yang bisa kita pakai secara lengkap atau dengan metode skipcare. Kelima produk tersebut adalah:

  • Cleansing Oil Balm
  • Cream Cleansing Foam
  • Extreme Essence Toner
  • Aqua Soothing Ampoule
  • Exreme Cream

Jika kita mau pakai secara lengkap, produk bisa digunakan sesuai urutan di atas. Di saat lagi malas memakai skincare berlapis-lapis, kita bisa mengombinasikan produk sebagai berikut:

Cleansing Oil Balm / Cream Cleansing Foam (pilih salah satu) + Extreme Essence Toner / Aqua Soothing Ampoule / Extreme Cream (pilih salah satu)

Oke, sekarang saatnya kita akan membahas produk skincare Real Barrier satu per satu. Sebagai informasi, untuk produk Cleansing Oil Balm, Cream Cleansing Foam, dan Extreme Essence Toner, terdapat segel aluminium pada bagian dalam mulut botol sehingga benar-benar aman dan anti bocor selama perjalanan.

Real Barrier Cleansing Oil Balm

Ingredients: CAPRYLIC/CAPRIC TRIGLYCERIDE, CETYL ETHYLHEXANOATE, PEG-7 GLYCERYL COCOATE, WATER, BEESWAX, ETHYLHEXYL PALMITATE, CETEARYL ALCOHOL, SORBITAN OLIVATE, MYRISTOYL/PALMITOYL OXOSTEARAMIDE/ARACHAMIDE MEA, BUTYROSPERMUM PARKII (SHEA) BUTTER, STEARIC ACID, OLEA EUROPAEA (OLIVE) FRUIT OIL, TRIHYDROXYSTEARIN, SORBITAN STEARATE, VP/EICOSENE COPOLYMER, GLYCERYL STEARATE, TOCOPHEROL, PHYTOSTEROLS, 1,2-HEXANEDIOL, XANTHAN GUM, CAPRYLYL GLYCOL, MADECASSOSIDE, ALLANTOIN, PANTHENOL, CERAMIDE3, CITRUS AURANTIUM BERGAMIA (BERGAMOT) FRUIT OIL, LITSEA CUBEBA FRUIT OIL, THYMUS MASTICHINA FLOWER OIL, ANTHEMIS NOBILIS FLOWER OIL, GLYCERIN, SIMMONDSIA CHINENSIS (JOJOBA) SEED OIL, CARTHAMUS TINCTORIUS (SAFFLOWER) SEED OIL, CAMELLIA OLEIFERA SEED OIL, TRITICUM VULGARE (WHEAT) SPROUT EXTRACT, SPIRULINA PLATENSIS EXTRACT

Selama ini kita mengenal first cleanser dalam bentuk oil yang dikemas dalam botol atau balm yang dikemas dalam jar. Real Barrier membuat inovasi dengan menggabungkan keduanya menjadi produk oil balm yang dapat dikemas dalam tube. Penasaran dengan teskturnya? Lihat foto di bawah ini.

Real Barrier membuat inovasi ini karena melihat adanya kesulitan tersendiri bagi pengguna saat harus menggunakan pembersih dalam bentuk balm dengan jar. Dengan dikemas dalam tube, pastinya membuat produk ini lebih mudah dibawa kemana-mana tanpa takut bocor atau terkontaminasi.

Cara pakai:

  • Keluarkan oil balm secukupnya ke telapak tangan
  • Usapkan ke seluruh wajah dalam keadaan kering, pijat lembut dengan gerakan memutar ke arah luar/ atas untuk meluruhkan makeup
  • Basahi dengan sedikit air hingga minyak berubah menjadi warna putih lalu bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan sabun

Tekstur oil balm ini cepat meleleh saat dibaurkan dengan jari, lalu akan berubah menjadi putih susu ketika terkena air. Saya sendiri sudah mencobanya baik di wajah sendiri maupun swatch test seperti ini:

Saat dibilas dengan air juga oil balm-nya segera luruh dan membuat wajah bersih tanpa terasa kesat. Ini dikarenakan formula MLE®, natural oil, dan ceramide complex yang terkandung dalam cleansing oil balm-nya. Tak lupa, ia juga mengandung natural fragrance berkat kandungan bergamot oil, marjoram oil, dan chamomile oil.

So far, saya cukup nyaman saat menggunakan oil balm ini dan benar-benar mampu meluruhkan makeup dengan mudah. Sekadar saran, untuk area mata sebaiknya tetap dibersihkan dengan micellar water saja. Kenapa? Karena lumayan menganggu ketika pakai oil balm ini untuk membersihkan makeup mata.

Baca juga: Khasiat Argan Oil untuk Kecantikan

Real Barrier Cream Cleansing Foam

Ingredients: WATER, POTASSIUM COCOYL GLYCINATE, DISODIUM COCOAMPHODIACETATE, POTASSIUM COCOATE, DISODIUM COCOYL GLUTAMATE, HELIANTHUS ANNUUS (SUNFLOWER) SEED OIL, SODIUM SWEETALMONDAMPHOACETATE, CARBOMER, MYRISTOYL/PALMITOYL OXOSTEARAMIDE/ARACHAMIDE MEA, DIHYDROXYISOPROPYL PALMOYLPALMAMIDE, BRASSICA OLERACEA ITALICA (BROCCOLI) SPROUT EXTRACT, CENTELLA ASIATICA EXTRACT, MADECASSOSIDE, PANTHENOL, TRITICUM VULGARE (WHEAT) SPROUT EXTRACT, SPIRULINA PLATENSIS EXTRACT, ALLANTOIN, TOCOPHERYL ACETATE, CITRUS AURANTIUM BERGAMIA (BERGAMOT) FRUIT OIL, CANANGA ODORATA FLOWER OIL, CEDRUS ATLANTICA BARK OIL, PELARGONIUM GRAVEOLENS FLOWER OIL, LAVANDULA ANGUSTIFOLIA (LAVENDER) OIL, CITRUS LIMON (LEMON) PEEL OIL, VETIVERIA ZIZANOIDES ROOT OIL, DISODIUM EDTA, 1,2-HEXANEDIOL, CAPRYLYL GLYCOL.

Lanjut ke 2nd cleanser. Sesuai namanya, tekstur sabun ini memang creamy dengan warna putih susu. Cara memakainya pun sama dengan memakai sabun wajah kebanyakan. Tuang secukupnya ke telapak tangan, basahi sedikit dengan air, lalu usapkan ke seluruh wajah secara merata, dan bilas hingga bersih.

real barrier skincare cream cleansing foam

Keistimewaan cream cleansing foam ini terletak pada formulanya yang tidak mengandung sulfat, namun menggunakan bahan dari almond manis sebagai pembersih alaminya. Selain memiliki formula MLE® di dalamnya, sabun ini juga memiliki pH rendah sehingga meminimalisir risiko iritasi. Sabun ini juga diklaim mampu membersihkan kulit dari kotoran dan sisa makeup secara mendalam sekaligus melindungi skin barrier.

Yang saya rasakan ketika menggunakan cream cleansing foam ini sekilas tidak ada yang istimewa gimana banget. Klaimnya yang dapat memberikan hidrasi dan menjaga kelembaban, bagi saya so-so saja. Karena tidak mengandung sulfat, saya setuju tidak ada efek kesat setelah pemakaian.

Real Barrier Extreme Essence Toner

Ingredients: Water, Propanediol, Panthenol, Viscum Album Fruit Extract, Myristoyl/Palmitoyl Oxostearamide/Arachamide Mea, Dihydroxyisopropyl Palmoylpalmamide, Caprylic/Capric Triglyceride, Sorbitan Stearate, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Phytosterols, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Palmitoyl Pentapeptide-4, Stearic Acid, Xanthan Gum, Microcrystalline Cellulose, Cellulose Gum, Allantoin

Karena namanya menggunakan kata ‘essence toner‘, so bisa ditebak kalau cairannya tidaklah seencer air. Ya, tekstur extreme essence toner ini cenderung agak kental dengan warna seperti putih tajin. Kalau saya pribadi, saya lebih suka tekstur essence yang seperti ini karena kalau seencer air malah jadi lebih boros rasanya.

Dengan tekstur yang demikian, pemakaian Real Barrier Extreme Essence Toner ini juga jadi lebih hemat. Cukup 2-3 tetes saja sudah mencakupi seluruh wajah. Berisi 190 ml, saya nggak tahu kapan habis memakai ini, pastinya bakal lama banget hehehe…

Selain untuk membantu memperkuat skin barrier, essence toner ini juga dapat melembabkan kulit serta memberikan efek dewy setelah pemakaian. Produk ini mengandung 3 calming complex yang sudah disebut di atas untuk menenangkan kulit teriritasi.

Saya memakai essence toner ini setelah cuci muka dan dipakai dengan cara menepuk-nepukkan ke wajah. Tidak ada sensasi dingin atau apa tapi lumayan cepat meresap. Tidak ada efek greasy juga saat pakai ini. Yang pasti tentu saja kulit saya yang kombinasi jadi terasa lebih lembab dan tidak kering.

Real Barrier Aqua Soothing Ampoule

Ingredients: WATER/AQUA, PENTYLENE GLYCOL, 1,2-HEXANEDIOL, PROPANEDIOL, GLYCERIN, SODIUM HYALURONATE CROSSPOLYMER, HYDROLYZED GLYCOSAMINOGLYCANS, SODIUM HYALURONATE, HYDROLYZED HYALURONIC ACID, HYALURONIC ACID, BENZYL GLYCOL, ETHYLHEXYLGLYCERIN, RASPBERRY KETONE, PANTHENOL, CENTELLA ASIATICA EXTRACT, MADECASSOSIDE, ALLANTOIN, XYLITOL, MYRISTOYL/PALMITOYL OXOSTEARAMIDE/ARACHAMIDE MEA, CERAMIDE3, DISODIUM EDTA, CARBOMER, ARGININE

Finally we come to the core product. Saya tertarik banget sama ampoule ini karena kandungan komposisinya yang nggak biasa. Kenapa saya bilang nggak biasa? Karena di dalam ampoul ini terkandung:

  • triple ceramide care: ceramide-9s, ceramide NP, dan aqua ceramide yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat skin barrier
  • teknologi MLE®
  • panthenol 10,000 ppm untuk meredakan kulit iritasi

Teksturnya lebih kental lagi daripada extreme essence toner dan berwarna putih susu. Meski demikian, ampoule ini tidak sulit meresap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan efek greasy juga.

Yang menarik perhatian saya berikutnya adalah packaging si ampoule ini. Botolnya terbuat dari plastik dengan warna putih susu. Biasanya ampoule yang saya temui dikemas dalam botol kaca. Penutupnya merupakan pipet dengan model twist and push .

Putar ke kanan untuk mengeluarkan tombol pipet, tekan lalu putar untuk membuka tutup botolnya. Saat menutup juga tinggal putar saja kekiri hingga si tombol masuk lagi ke dalam. Dengan begini, ampoule Real Barrier ini sangat aman untuk dibawa bepergian. Anti pecah dan tombol pipet tidak akan mudah rusak akibat tergencet barang.

Baca juga: Perlukah 10 Steps Skincare Routine?

Real Barrier Extreme Cream

real barrier skincare extreme cream

INGREDIENTS: WATER, CAPRYLIC/CAPRIC TRIGLYCERIDE, BUTYLENE GLYCOL, CETEARYL ALCOHOL, GLYCERIN, PROPANEDIOL, PANTHENOL, STEARIC ACID, GLYCERYL STEARATE, POLYGLYCERYL-10 DISTEARATE, ACETYL DIPEPTIDE-1 CETYL ESTER, BIOSACCHARIDE GUM-1, SORBITAN STEARATE, OLEA EUROPAEA FRUIT OIL, HYDROGENATED VEGETABLE OIL, VISCUM ALBUM FRUIT EXTRACT, DIMETHICONE, MADECASSOSIDE, SODIUM HYALURONATE, MYRISTOYL/PALMITOYL OXOSTEARAMIDE/ARACHAMIDE MEA, DIHYDROXYISOPROPYL PALMOYLPALMAMIDE, PHYTOSTEROLS, ALLANTOIN, TOCOPHERYL ACETATE, CARBOMER, 1,2-HEXANEDIOL, CAPRYLYL GLYCOL, LAVANDULA ANGUSTIFOLIA OIL, CITRUS AURANTIUM DULCIS OIL, VETIVERIA ZIZANOIDES ROOT OIL.

Seperti kebanyakan produk pelembab lain yang dikemas dalam jar, sama halnya dengan krim pelembab Real Barrier ini. Di bagian dalamnya juga terdapat inner lid. Hanya saja, tidak ada spatula tersedia.

Tekstur krim pelembab ini benar-benar padat, 100% creamy, bukan watery gel seperti pelembab pada umumnya. Kalian bisa lihat pada foto berikut.

Karena teksturnya yang super padat itu, saat dipakai di wajah seperti ada waxy feeling setelah pemakaian. Bahkan setelah beberapa jam dipakai, kita masih bisa merasakan lapisan krim itu masih ada di wajah. Bisa dibilang krim pelembabnya ini punya oklusifitas yang cukup tinggi untuk menjaga hidrasi dan kelembaban kulit. Tidak heran Real Barrier berani mengklaim krimnya ini dapat menjaga hidrasi kulit selama 72 jam. Tapi saya sendiri belum bisa membuktikannya karena setiap hari pastinya cuci muka.

Bagi yang kurang suka akan waxy feeling mungkin tidak akan menyukai produk ini. Saya sendiri pun lebih banyak menggunakannya di malam hari. Nggak kebayang jika dipakai pada pagi hari lalu dipakai makeup, sepertinya makeup pun tidak dapat menempel dengan baik dan mudah geser.

Karena Real Barrier ini buatan Korea Selatan, nggak heran sih mereka bikin krim yang sangat oklusif seperti itu. Pasalnya, Korea adalah negara dengan 4 musim. Krim pelembab dengan oklusifitas tinggi sangat ampuh menjaga kelembaban kulit di kala musim dingin. Buat kita yang tinggal di negara tropis pastinya tidak akan terbiasa dan merasa kurang nyaman.

Final verdict

Saya sudah memakai rangkaian Real Barrier skincare ini selama seminggu dan sejauh ini tidak ada masalah yang muncul di kulit saya. Jika ditanya which one is my favorite, saya akan menjawab cream cleansing foam dan aqua soothing ampoule-nya. Jawaban yang sama jika kalian minta saran produk apa yang sebaiknya dipakai jika kita lagi mau skipcare.

Alasannya sederhana, saya menyukai kedua tekstur produk tersebut. Selain itu, kenapa saya pilih ampoule over 2 other products? Sebab dengan menggunakan ampoule, kandungannya memiliki kadar humektan yang tinggi dan juga ada emolien untuk melembabkan serta melembutkan kulit. Menurut saya itu sudah cukup untuk sesekali skipcare. Tapi jika kulitmu sangat kering atau pernah mengalami eksim, sebaiknya tetap ditambah pelembab walau rasanya sedikit kurang nyaman. Apa itu oklusif, humektan, dan emolien? Silahkan baca artikel ini.

Tapi, kalau wajahmu lagi pakai makeup, tetap ya double cleansing itu wajib hukumnya kalau nggak mau jerawatan.

Jadi, produk Real Barrier skincare ini cocok digunakan untuk siapa saja?

  • Kalian yang punya kulit kering, kemerahan, dan sensitif
  • Kalian yang berada di tempat dengan suhu dingin hingga minus derajat celcius, semisal negara sub tropis atau hobi naik ke puncak gunung

Kalau kamu tertarik untuk mencoba produk Real Barrier skincare, kamu bisa membelinya di Style Korean. Simply click the link!

So, how do you think about these Real Barrier skincare products? Please share your thought in the comment below. Anyhow, thanks for reading and see you in the next post! 🙂

Disclaimer: These products are give to me for review purpose since I was selected in Try Me Review Me programme of Style Korean. However, the review content is 100% honest based on my personal experience in using all of those.

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

20 Comments

  1. Aku jadi tercerahkan mengenai Skin Barrier.
    Kalau menipisnya kulit itu termasuk ciri skin barriernya rusak gak?
    Jadi si kulit wajah teh…keliatan urat-uratnya gitu loo..

  2. Menurutku lebih praktis first cleanser oil balm gini ya, apalagi bentuknya juga tube jadi lebih higienis juga.

  3. baru tau produk ini kak, jadi ini beneran melindungi kulit banget ya. btw, tipe jenis kulit wajahku ini kombinasi hanya dibeberapa bagian yang berjerawat sisanya polos polos aja. wkwkkw.. btw mau coba ah pakai ini. semoga cucok.

  4. nah aklo aku tuh kombinasi mba, jadi pipi lebih kering sementara T zone super oily, untungnya produk ini bisa untuk semua jenis kulit ya.

  5. Cocok nih buat kulitku yang berminyak, dehidrasi dan sensitif. Mau coba ah makasih info nya ya mbak

  6. Keren ya sekarang semakin banyak skincare yang ngebahas tuntas ke akar permasalahannya, seperti real barrier ini yang baik untuk skin barrier kita

  7. Iya mbak double cleansing wajib hukumnya ya, apalagi yang kesehariannya make upan full.
    Aku naksir cleansing oil yang bentuknya balm itu kyknya enak makainya, dari pengemasannya juga enggak gampang tumpah ya bisa dengan gampang dibawa ke mana2

  8. Aku baru tau produk ini mba penasaran banget sama balmnya nih aku next aku mau order dan coba ah

  9. Merawat kulit wajah emang harus diperhatiin sangat, apalagi lapisan kulit terluar ya kan biar pertahanan kulit kuat maksimal, apapun yang masuk ke kulit wajah bisa diredam. Karena itu harus banget dirawat dengan Real Barrier Skincare Series

  10. Waow keren sekali itu pembersih make upnya, bisa semudah itu, inget kemaren wisuda makeup sulit sekali diberesin padahal udh pake micelar dan kapas banyak sekaleee. Penasaran pengen cobain skin bareer ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *