REI Skin, Sabun Mandi Susu Kambing yang Tidak Bikin Kulit Kering

sabun mandi susu kambing dan body lotion rei skin

Ada nggak sih diantara kawan Mel’s Playroom yang pernah memakai sabun mandi susu kambing? Konon katanya mandi dengan sabun dari susu kambing memberikan manfaat baik yang lebih banyak untuk kulit dibanding sabun mandi biasa. Benarkah demikian?

Berdasarkan riset kecil-kecilan yang saya lakukan, saya mendapati bahwa memang benar adanya mandi dengan sabun susu kambing membawa manfaat lebih bagi kulit dibandingkan sabun mandi biasa. Dilansir dari situs Orami.com, ini dia 5 manfaat sabun susu kambing untuk wajah kita.

Mencegah timbulnya reaksi alergi pada kulit

Sabun mandi yang umum kita pakai biasanya mengandung deterjen sintetik, pewangi, dan pewarna buatan yang bisa jadi memicu reaksi alergi pada kulit sensitif. Sabun mandi susu kambing memiliki kandungan yang ramah bagi kulit (hipoalergenik) sehingga aman bagi kulit sensitif. Namun, tetap saja perlu diperhatikan ingredients secara keseluruhan meski labelnya bertuliskan sabun mandi susu kambing.

Mengeksfoliasi kulit tanpa menyebabkan iritasi

Produk susu pada umumnya memiliki kandungan asam laktat, jenis eksfoliasi AHA yang alami dan paling ramah di kulit. Tak terkecuali pada susu kambing. Asam laktat dapat menghancurkan dan melarutkan sel kulit mati tanpa menyebabkan sensitivitas pada kulit. Asam laktat juga dapat mengencangkan pori-pori kulit. mengunci kelembaban, dan mengembalikan kekenyalan pada kulit.

Membantu menghambat tanda-tanda penuaan dini

Selain mengandung asam laktat, sabun susu kambing juga turut mengandung vitamin A. Dan seperti yang telah kita ketahui bersama, vitamin A memiliki peran penting dalam membantu menghambat tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan kerutan pada kulit. Meski demikian, jangan pernah lupakan sunscreen ya karena biar bagaimanapun sunscreen merupakan senjata paling ampuh dalam memperlambat efek penuaan pada kulit.

Membantu meredakan penyakit eksim

Sabun susu kambing juga bisa turut membantu meredakan kondisi kulit yang terkena eksim. Kok bisa? Karena sabun mandi susu kambing rupanya juga dapat membantu memperbaiki skin barrier pada kulit, lho. Jadi, meski penyakit eksim tidak dapat hilang total dan bisa saja kambuh jika ada pemicunya, setidaknya dengan perawatan yang tepat dan memperkuat skin barrier, bisa membantu mencegah eksimnya sering kambuh.

Memperbaiki kondisi kulit Xerosis

Apa itu Xerosis? Xerosis merupakan kondisi kulit yang mengalami kekeringan super parah akibat rusaknya skin barrier. Ciri-ciri kondisi kulit Xerosis adalah kulit kemerahan, kering, bersisik hingga mengelupas. Untuk lebih jelasnya, kawan Mel’s Playroom bisa coba googling sendiri ya supaya nggak kepanjangan artikelnya. Kadar kolesterol dan asam lemak yang tinggi di dalam sabun mandi susu kambing, ternyata dapat membantu menggantikan lemak yang hilang dan mengembalikan kelembaban kulit untuk mencegah terjadinya TEWL.

Baca juga:  SKINOIA Green Tea Series, Skincare dari Teh untuk Menenangkan Kulitmu

Kenalan dengan REI Skin, brand body care baru buatan lokal

REI Skin merupakan sebuah brand lokal baru yang berfokus pada produk perawatan tubuh berupa sabun mandi dan body lotion. Saat ini ada 2 kategori produk perawatan tubuh REI Skin. Yang pertama adalah seri yang bertujuan menjaga kelembaban kulit (botol biru) dan yang kedua adalah seri body acne untuk merawat kulit tubuh yang berjerawat (botol kuning). Dalam kesempatan ini, saya mencoba seri botol biru yang memiliki produk body wash dan body lotion. Adapun variannya masing-masing adalah sebagai berikut:

Body WashBody Lotion
Vanilla + Goat’s MilkVanilla + Goat’s Milk Moisturizing Body Lotion
Jasmine + Olive OilRose + Centella Reviving Body Lotion
Lemongrass + Olive OilGreen Tea + Purslane Body Cream

Dari ketiga varian di atas, saya mencoba REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Wash dan Body Lotion. Dan untuk review masing-masing produk akan saya jabarkan pada segmen selanjutnya. Yang unik dari produk REI Skin adalah mereka menyediakan 2 variasi ukuran, yakni 250 ml dan 500 ml, beserta ukuran 1L sebagai produk refill. Jadi kalau misalnya sudah habis, kita tinggal beli versi refill-nya saja. Salah satu upaya positif untuk membantu mengurangi sampah plastik ya!

Sabun mandi susu kambing a la REI Skin

REI Skin Vanilla and Goat's Milk Body Wash

Sabun mandi yang dikhususkan untuk merawat kulit kering dan sensitif. Kandungan di dalam sabun mandi ini berupa 92% berbahan natural dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Meski terdapat kata “vanilla” pada produk ini, kawan Mel’s Playroom tidak perlu khawatir karena aroma vanilla yang digunakan bukanlah pewangi sintetis, melainkan berasal dari essential oil. Selain susu kambing, sabun mandi ini juga turut mengandung bengkoang, aloe vera, olive oil, dan sunflower seed oil untuk membuat kulit ekstra lembut dan halus sepanjang hari. Ingredients REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Wash selengkapnya bisa dibaca di bawah ini:

Aqua, Hydrogenated Castor Oil, Sodium Cocoamphoacetate, Cocoamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Glycerin, Vanilla Planifolia Oil (Vanilla Oil), Goatโ€™s Milk Extract, Olea Europaea (Olive) Oil, Aloe Barbadensis Leaf Extract (Aloe Vera), Pachyrrhizus Erosus Root Extract (Bengkoang), Helianthus Annus (Sunflower) Seed Oil, Propanediol, Citric Acid, Sodium PCA, D-panthenol (Vitamin B5).

REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Wash juga tidak mengandung sulfat, paraben, petroleum, alkohol, pewangi, dan pewarna sintetis sehingga aman juga digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. BAHKAN bisa digunakam oleh bayi mulai umur 3 bulan, lho! Dari segi legalitas, produk ini juga sudah terdaftar di BPOM dengan kode NA18200711128.

Baca juga:  Tulus Balanced Gel Cleanser, Sabun Wajah Lokal Anti Bikin Kulit Kering

Manfaat REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Wash

REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Wash diklaim dapat membantu:

  • Meredakan eksim dan mengontrol psoriasis
  • Melembabkan kulit kering bersisik
  • Meredakan gatal-gatal dan kemerahan pada kulit
  • Mempercepat pemulihan luka
  • Memperbaiki skin barrier yang rusak

Maka dari itu, sabun mandi ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif, memiliki masalah eksim dan psoriasis, serta iritasi.

Tekstur dan aroma

Tekstur REI Skin Vanilla and Goat's Milk Body Wash

Sabun mandi REI Skin memiliki tekstur yang kental berwarna putih susu dengan aroma vanilla yang manis nan dominan. Meski saya nggak terlalu suka dengan aroma manis, tapi untuk aroma vanilla merupakan pengecualian.

Kesan pemakaian

Sejatinya, saya nggak punya masalah kulit berarti, kecuali kulit bagian siku yang suka kering dan mengelupas. Namun, sejak rutin mandi dengan REI Skin Body Wash dan Body Lotion-nya selama 2 minggu, hingga tulisan naik tayang, saya belum lagi mendapati kulit siku yang kering dan mengelupas lagi.

Yang paling berkesan dari sabun mandi REI Skin adalah kadar busanya yang minimalis dan after feels yang nggak memberikan efek licin lebay. Masih sedikit terasa licin seperti sabun yang tidak menggunakan deterjen dan sulfat pada umumnya, tapi tidak selebay yang pernah saya rasakan sebelumnya. Aroma vanilla-nya juga lembut dan tidak terlalu tajam. Jika ingin aroma vanillanya awet, kita bisa lanjut menggunakan body lotion yang bervarian sama. Penasaran dengan REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Lotion? Yuk, simak reviewnya di segmen selanjutnya.

Eh tapi sebelum lanjut, saya mau menginformasikan kalau pembelian produk REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Wash bisa klik link tersebut ya.

REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Lotion

REI Skin Vanilla and Goat's Milk Body Lotion

Produk selanjutnya yang akan saya bahas adalah REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Lotion. Body lotionnya ini diklaim dapat melembabkan kulit kering dan sensitif serta memperbanyak produksi kolagen dan kaya akan antioksidan. Secara garis besar, manfaatnya sama dengan body wash-nya. Sedikit perbedaan pastinya terdapat di bagian komposisi. Selain kandungan essential oil vanilla dan susu kambing, produk ini turut mengandung besswax, shea butter, olive oil, glycerin, dan niacinamide untuk kulit yang ekstra lembut, awet muda, dan sehat.

Baca juga:  Beby Rose Glow Review, Primer Makeup Rasa Skincare

Aquadest, Glycerin, Stearic Acid, Cetyl Alcohol, Cetearyl Glucoside, Propanediol, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Olea Europaea (Olive) Oil, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Goats Milk Extract, Allantoin, Sodium Hyaluronate, Cera Alba (Beeswax), Aloe Barbadensis Leaf Extract, Vanilla Planifolia Oil, Niacinamide, Goat’s Milk Extract, Chlorphenesin, Xanthan Gum, Sodium PCA, Kalium Hidroksida

Body lotion REI Skin varian ini sudah terdaftar juga di BPOM dengan kode NA18200106051. Untuk body lotionnya ini juga bisa digunakan oleh bayi mulai dari usia 6 bulan juga.

Tekstur dan aroma

Tekstur REI Skin Vanilla and Goat's Milk Body Lotion
Tekstur REI SKin Vanilla and Goat’s Milk Body Wash

Tekstur body lotion REI Skin kurang lebih sama dengan body lotion pada umumnya, berupa lotion berwarna putih susu. Aroma vanilla-nya juga 11-12 dengan versi sabun mandinya.

Kesan pemakaian

Yang membedakan body lotion REI Skin dengan produk sejenis lainnya adalah tentu saja faktor kenyamanan. Nggak sedikit body lotion yang memberikan efek gerah dan lengket ketika kita sedang beraktifitas. Maka dari itu, saya cenderung pemilih kalau soal body lotion. Untungnya body lotion REI Skin ini sungguh nyaman dipakai di siang hari karena benar-benar meresap sempurna dan tidak meninggalkan efek lengket ketika sedang berkeringat. Kulit juga lebih terjaga kelembabannya. Khusus untuk produk body lotion, REI Skin memberikan aplikator pompa pada botolnya sehingga memudahkan kita untuk memakainya.

Setelah mencoba produk REI Skin Vanilla and Goat’s Milk Body Lotion ini, saya jadi penasaran dengan varian Rose and Centella Reviving Body Lotion. Kalau body lotion ini sudah habis, sepertinya next saya akan mencoba yang Rose and Centella, deh. Untuk pembelian produk, silahkan langsung klik link di atas ya!

REI Skin Vanilla and Goat's Milk Body Wash and Body Lotion

Bagaimana pendapat kawan Mel’s Playroom tentang produk body care REI Skin ini? Feel free to share your thought in the comment form. Share juga ya ke teman-temanmu kalau dirasa review ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel saya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

3 Comments

  1. Wah baru tahu xerosis bahaya banget yah huhu. Ih dlu sering banget tante ku kasih sabun sama body lotion susu kambing wanginya juga enak. Sekarang lokal udh makin canggih yah jd penasaran

  2. dari awal lihat produknya Rei Skin ini, aku penasaran deeh mana kulit badanku juga termasuk kering. aku cuma pernah coba susu kambing bentuk kefir buat masker wajah, jadi penasaran kalo bentuk sabun atau lotion gini ๐Ÿ˜€

  3. aku dulu pernah pakai sabun mandi yang ada susu kambingnya kak, tapi udah lama banget hihi. kayanya sekarang aku juga butuh pakai susu kambing lagi soalnya kulit kakiku kering kadang sampe gatel :’))

    oke nih Rei skin ada body lotionnya juga ๐Ÿ˜

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: