Beauty Product Review Skincare

Review Avoskin Miraculous Refining Serum

Hi beauties!
Sudah pada tahu belum kalau brand Avoskin baru aja launching 2 produk mereka di segmen eksfoliasi? Yang udah tahu, pasti juga tahu dong kedua produk mereka adalah Miraculous Refining Toner dan Serum. Nah, produk exfoliating serum lokal bertagline The Miracle for Skin yang akan saya review kali ini adalah si Miraculous Refining Serumnya. Langsung aja kita bedah yuk!


Packaging
Avoskin Miracluous Refining Serum dikemas dalam kotak biasa berbahan jasmine dengan warna cokelat tua metalik. Di bagian tutupnya ada segel untuk menjamin keamanan produk. Isi pada kotaknya sendiri meliputi keterangan produk, cara penggunaan, komposisi, alamat produksi, dll.
Begitu kotak dibuka, muncullah botol serumnya dalam bentuk kaca yang memiliki pipet di atasnya, layaknya botol serum pada umumnya. Botol kacanya juga berwarna sama dengan kotak pembungkus dan cukup kokoh. Desainnya lebih bernuansa frosty doff. Karena bentuknya kaca, produk ini butuh kehati-hatian jika ingin dibawa travelling.

Tekstur dan aroma
Avoskin Miraculous Serum ini memiliki tekstur yang sedikit kental seperti gel cair berwarna putih tajin nyaris transparan. Meski agak kental tapi cenderung mudah dibaurkan ke kulit. Aromanya juga seperti bau kimia yang lumayan kentara, tapi akan hilang beberapa detik setelah serum meresap.
Khasiat
Berdasarkan informasi pada kemasan, exfoliating serum lokal ini bisa digunakan sebagai eksfoliator kulit, mencerahkan warna kulit, memudarkan noda hitam di wajah, meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori, dan melembabkan kulit.

Komposisi
Untuk mendukung hasil yang diinginkan, formula Avoskin mengandung 10% AHA, 3% BHA, 2% Niacinamide, dan Ceramide.
Pada kemasan juga tertera PAO produk adalah selama 12 bulan lamanya dan logo PETA yang menandakan bahwa formulasi Avoskin tidak menyakiti hewan.

Cara pakai
Nah, kalau untuk cara pakai serum, biasanya ada 2 kubu nih: tim gosok dulu di tangan atau tim langsung tetes di muka. Kalau aku sih sebenarnya masuk ke tim gosok dulu di tangan baru oles ke muka. Foto di atas hanya ilustrasi ya.
Sama seperti pemakaian serum pada umumnya, serum dioleskan secara merata ke seluruh wajah dengan menghindari area mata. Pada Avoskin Miraculous Refining Serum ini, tertera anjuran agar melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit kita akan bereaksi sensitif atau tidak. Patch test biasanya dilakukan di satu spot di area wajah, semisal ujung rahang dekat telinga atau di belakang kuping.

Baca juga: 10 Steps Korean Skincare Routine, Perlukah?

Result
Yak, mungkin bagian ini yang paling ditunggu-tunggu ya hehehe… Karena ini pertama kalinya aku bermain dengan exfoliating serum, aku pakenya cuma 1x seminggu di malam hari dengan format setelah double cleansinghydrating toner – Avoskin Miraculous Refining Serum – Rosehip Oil dan tidak lupa menggunakan sunscreen di esok paginya.
Ini penting ya! Setiap kali kita habis pakai eksfoliator, mau itu physical atau chemical, sabun kek, toner kek, serum kek, besok pagi wajib hukumnya untuk pakai sunscreen kalau wajahnya masih mau mulus.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Sunscreen

Saat serum mengenai kulit wajah, ada sensasi tingling atau cekit-cekit sedikit tapi tidak berlangsung lama. Mungkin karena ini exfoliating jadinya ada sensasi itu, baik toner maupun serum. Sebelumnya pernah sih aku pakai exfoliating toner yang kandungannya AHA aja dan emang ada sensasi tinglingnya juga.
Kemudian setelah memakai serum ini di wajah… apakah yang terjadi?
Pada minggu pertama pemakaian, saat malam harinya dipakai, besoknya tumbuhlah 1 jerawat dengan bahagianya. Awalnya kupikir mungkin lagi PMS, karena beberapa hari kemudian aku haid.
Setelah haid selesai, di minggu kedua aku kembali memakai serum ini dengan format yang sama. Eh, tapi kok lagi-lagi besoknya malah tumbuh jerawat lagi ya? Abisannya aku puasa pake serum itu hingga jerawat ini kempes sempurna.
Minggu ketiga, aku masih penasaran dan tetap pakai metode yang sama. Dan hasilnya sama juga, tetap tumbuh jerawat. Kecurigaanku makin bertambah, hingga akhirnya aku berkonsultasi dengan tim Beautiesquad yang juga tengah mencoba produk ini. Yah, beberapa ada yang cocok dan sebagian lagi juga merasakan hal yang sama denganku. Ada tips jika dicoba habis cuci muka cuma pakai serum itu aja tok. Sok dah, di minggu keempat aku praktekan dan hasilnyaaa…
Benar-benar menguatkan dugaan kalau ternyata kulit saya tidak berjodoh dengan Avoskin Miraculous Refining Serum ini 😭. Dugaan saya sih sepertinya formula ekfoliasinya terlalu tinggi untuk kulit saya, jadi kulitku menolak dikasih serum ini. Huhuhu… Setelah stop pemakaian malah tidak ada jerawat yang nongol lagi.
Buat yang mau lihat perkembangan wajah saya dalam 4 minggu pemakaian, berikut ini foto-fotonya.

Bisa dilihat dari foto, meski memang produknya bikin saya tambah jerawat baru, harus saya akui efek mencerahkannya benar adanya. Foto di atas tidak saya filter sama sekali hanya perbedaan pada cahaya. Wajah saya terlihat lebih cerah mulai di minggu ketiga pemakaian. Sementara untuk efek mengecilkan pori-pori belum saya rasakan.

Verdict
Sungguh disayangkan sih produk sebagus Avoskin ternyata belum bisa diterima sama kulitku yang masih perawan sama chemical exfoliating. Padahal berdasarkan pengalaman teman yang cocok, hasil kulitnya jadi bagus dan bersih, sampai jatuh cinta malah mereka sama Avoskin Miraculous Refining Serum. Tapi ya apa daya tidak ada produk sempurna yang bisa 100% cocok di semua kulit manusia. Skincare itu emang cocok-cocokan, apa yang cocok di aku belum tentu di kulit kamu juga akan sama cocok, begitupun sebaliknya.
Dan saya mau menambahkan nih, buat para ibu hamil dan menyusui jika memang mau menggunakan produk eksfoliator sebaiknya pilih yang punya kandungan AHA saja. Soalnya kandungan BHA dan retinol dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan janin.
In the end, thanks to Beautiesquad yang udah kasih kesempatan untuk mencoba produk ini. Bagi teman-teman yang penasaran, silahkan bisa langsung mengunjungi website Avoskin di www.avoskinbeauty.com atau di Instagram mereka @avoskinbeauty. Produk ini juga bisa dibeli di reseller resmi di kota terdekat kamu kok.
Thanks for reading and see you in the next post! 😘

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

23 Comments

  1. […] Baca Selengkapnya […]

  2. Kalau saya memakai serum seperti ini (yg saya pakai bravura) setelah cuci muka, tunggu kulit benar2 kering dan langsung aplikasikan trus didiamkan tidak lebih dari 10 menit. Lalu bilas air baru lanjutkan ke toner dll. Saya sarankan coba pakai cara seperti itu biar tidak terlalu harsh di kulit atau bertahap didiamkan 5 menit lalu bilas air dan lanjutkan skincare lainnya.

    1. Wah tenkyu masukannya

  3. thank you ka sudah sharing pengalamannya, details banget reviewnya. selalu tertarik kalo ada efek mencerahkannya akutuh hihi

  4. neghits banget ni avoskin, jadi kepengen nyoba juga deh!

  5. Wah aku belum bisa dulu nih ci soalnya mau ikhtiar biar ada dedek hehe. Oya padahal mau nyobain produk exfoliate nya ini karena katanya holy grail

  6. Padahal lagi hits banget yah ini kak.. banyak yang review.. dan sepertinya bagus… tapi kalau skincare emang gitu sih, cocok cocokan yah kak

  7. Aku penggemar serum. Kulitku Normal cenderung sensitif. Khawatir juga sih nyoba Avoskin Miraculous Refining Serum ini. Karena kalau sudah jerawatan, muka aku suka lamq recovery mulusnya lagi

    1. Kalo mau nyoba chemical exfo emang pasti deg2an. Kalo ga mau ambil risiko mending pakai yg physical exfo aja. Lbh safe 😀

  8. aku penasaran banget sama produk Avoskin ini beb. Karena uda banyak banget yang review dan bagus smua reviewnya 🙂

  9. Feeza Fauziah says:

    Sayang bgt y kak g cocok.. di aku malah cocok bgt hihi… Skincare emang cocok2an sih y kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *