Review BASE Skincare, Produk yang Dibuat Sesuai Kebutuhan Kulit Kita

review base skincare

Pernah nggak sih terlintas di benak kalian kalau seandainya ada brand skincare yang produknya bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan kulit kita? Kalau jawabannya IYA, berarti kalian harus baca artikel saya tentang review BASE Skincare ini!

Jujur, saya sempat terlintas pemikiran seperti itu, tapi kemudian membantah sendiri karena rasanya bakal sulit deh sebuah perusahaan harus memroduksi skincare secara satuan. Biaya produksi pasti akan lebih mahal dibanding produksi massal. Eh tapi, ternyata sekarang ada lho brand yang bersedia membuat skincare custom sesuai kebutuhan kulit kita. Buatan lokal pula! Saya hampir setengah nggak percaya kalau beneran ada brand yang bisa seperti ini. Namun rupanya saya beneran nggak lagi mimpi. BASE Skincare mampu membuatkan skincare yang kita butuhkan dengan bantuan teknologi. Mantap banget ya!

Hm, kayaknya bakalan mahal banget tuh harganya.

Eits, sebelum saya membahas masalah harga, saya kenalin dulu ya tentang BASE Skincare ini.

Kenalan dengan BASE Skincare

BASE Skincare merupakan brand lokal asal Indonesia yang lahir pada tahun 2019 silam. Dalam misinya, BASE menawarkan produk skincare berbasis teknologi yang bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan kulit individu, skin goals, dan gaya hidup masing-masing. Kenapa BASE ingin sekali menerapkan produksi skincare yang bisa dikustomisasi begini?

Seperti yang kita ketahui, When it comes to skincare, there’s no one size fits all solution”. Kebutuhan kulit setiap kita berbeda dan tidak bisa diselesaikan dengan 1 jenis produk saja. Dan lagi, sering bukan kita trial and error dengan produk skincare untuk mengetahui cocok tidaknya produk tersebut di kulit kita. Berangkat dari hal inilah BASE kemudian berinovasi menelurkan produk skincare yang bisa disesuaikan dengan masalah kulit dan tujuan yang ingin dicapai dari penggunaan skincare.  

BASE Skincare menggunakan teknologi terkini untuk mendeteksi kebutuhan kulit

Jadi, BASE Skincare menggunakan sistem Skin Test berupa kuesioner yang harus diisi oleh para pelanggan baru. Skin Test ini bisa diakses langsung secara gratis di website mereka: www.base.co.id. Dalam Skin Test tersebut, pelanggan akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh BASE. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah seputar kondisi kulit saat ini, kondisi kulit yang diidamkan, dan kebiasaan sehari-hari seperti aktifitas di bawah sinar matahari dan kebiasaan commuting.

Peran algoritma di balik teknologi BASE akan memformulasikan bahan-bahan yang diperlukan, khusus untuk kulit pelanggan. Maka dari itu, kita harus menjawab pertanyaan sejujur-jujurnya. Di penghujung kuesioner, pelanggan akan diminta mendaftar untuk mendapatkan hasil analisa dan rekomendasi produk dari BASE. Menarik ya?

review base skincare

Kemudian, setelah kita setuju dan chek out membeli produk yang direkomendasikan tersebut, BASE akan mulai memproduksi produknya sesuai kebutuhan kulit kita tadi. Produk akan sampai di tempat kita dalam kurun waktu 3-5 hari kerja. Formulasi bahan yang digunakan oleh BASE 100% vegan dan organik serta memenuhi standard ECOCERT. Produk skincare dari BASE tidak diujikan kepada hewan (cruelty-free), tapi sudah melalui uji klinis dan mengantongi izin dari BPOM. Bahan-bahan yang digunakan di dalamnya sudah pasti aman untuk kulit kita dan tidak mengandung:

  • SLS
  • Paraben
  • Parfum buatan
  • Pewarna tambahan
  • Phtalate

Istimewanya lagi, kita tidak dibebankan ongkos kirim lho dan berlaku untuk semua kota di Indonesia.

Produk apa saja yang disediakan BASE Skincare?

Konsep produk yang diproduksi oleh BASE sejatinya merupakan basic skincare sederhana yang terdiri dari: cleanser – toner – moisturizer. Selanjutnya mari kita sebut saja sebagai basic kit supaya lebih mudah. Dengan adanya basic kit, produk BASE ini tepat banget buat para pemula yang baru mau belajar skincare tanpa harus takut mix and match.

Saya sendiri beberapa waktu lalu juga ikut menjajal Skin Test di website-nya BASE dan mendapatkan rekomendasi produk berupa:

  • Nine to Ten Nourishing Cleanser
  • Freshly Dew Toner
  • Ultra Clarify Balancing Lotion

Baca juga: Bingung Mulai Skincare Dari Mana? Ini 5 Tahap Skincare Routine yang Bisa Kamu Coba

Lalu, ketika produknya sampai di rumah saya, ternyata selain ketiga produk di atas, di dalam paketnya juga terdapat item berikut:

  • Free colorful pouch
  • Free sticker
  • Ingredients + thank you card

Setelah produknya diterima, sudah pasti saya mau langsung mencobanya dong. Tapi, sebelum lanjut review produk BASE Skincare ini satu per satu, saya ingin menjelaskan dulu secara general tentang basic kit ini.

Pendapat saya tentang produk BASE

Semua kemasan produk BASE Skincare ini terbuat dari botol keramik berwarna putih disertai penutup berupa pompa. Sebagai perlindungan, setiap produk juga memiliki outer box yang terbuat dari kardus dan dicetak menggunakan tinta soya. Nuansa warna orange yang mewarnai desain BASE memberikan kesan yang muda, ceria, dan energik. Menariknya, setiap label kemasan pada botol produk BASE sudah tercetak nama kita, lho! Rasanya jadi lebih personal lagi kan.

Dari segi penggunaan, botol dengan pompa ini tentu saja sangat praktis dan higienis. Hanya saja karena botolnya terbuat dari keramik, volume produk menjadi lebih berat dan rentan pecah. Saya paham bahwa mungkin BASE ingin mendukung penggunaan kemasan yang lebih ramah lingkungan, tapi kemasan seperti ini sangat tidak travel friendly dan harus disimpan di lokasi yang jauh dari jangkauan anak-anak. Jika ingin membawa produk BASE, kita harus pindahkan ke botol lain yang lebih travel friendly.

Baca juga: Kosmetik yang Wajib Dibawa Saat Travelling!

Kekhawatiran saya akan botol yang rentan pecah ini akhirnya terbukti. Saya baru sempat menggunakan cleanser-nya sebanyak 2x dan akhirnya dia pecah karena tergelincir dari tangan saya yang basah sewaktu ingin mencuci muka. Ya, semua sabun wajah selalu saya taruh di rak dalam kamar mandi agar lebih mudah diakses. Jadi, menurut saya penggunaan botol keramik untuk produk pembersih sebaiknya bisa diganti dengan botol plastik daur ulang yang lebih ramah lingkungan. Semoga ini bisa jadi masukan juga untuk BASE Skincare, karena jujur saja saya cukup sakit hati mendapati botolnya pecah dan isinya berhamburan keluar tidak bisa diselamatkan lagi (T.T).

Lalu karena produk BASE tidak menggunakan parfum, alhasil aroma yang terdapat dalam produknya benar-benar aroma asli campuran berbagai ingredients. Meski tidak menggunakan parfum itu sangat baik untuk menghindari iritasi kulit, terutama untuk kulit sensitif, tetap saja aromanya lumayan kurang menyenangkan untuk saya. Dari ketiga produk yang saya dapat, aroma yang masih bisa saya tolerir adalah aroma sabun wajahnya. Untuk produk toner dan lotion-nya jujur saya merasa terganggu saat memakainya. Seperti apa aromanya, nanti saya jelaskan di bawah. Tapi buat kalian yang tidak masalah sama aroma alami seperti ini mungkin tidak akan berarti apa-apa.

Baca juga: 8 Rekomendasi Online Shop Skincare Organik

Satu lagi, karena BASE menggunakan bahan organik, umur penggunaan produk terbilang sangat pendek, yakni hanya 6 bulan setelah produk dibuka. PAO ini juga turut dicantumkan dalam outer box-nya. Baiklah, sekarang kita langsung saja review produk BASE Skincare satu per satu ya. Sebelum mulai, saya informasikan dulu profil kulit, rekomendasi bahan baku, dan rekomendasi produk hasil mengisi Skin Test di website BASE.

Selanjutnya mari kita bahas lebih rinci tentang review produk BASE Skincare yang saya dapatkan.

Nine to Ten Nourishing Cleanser – 100 ml

Sabun wajah yang sempat saya cicipi selama 2x pemakaian ini sebenarnya memberikan sensasi yang menyenangkan. Teksturnya menyerupai lotion berwarna putih kekuningan dan tidak menghasilkan banyak busa, tapi tetap nyaman dipakai. Sabunnya tidak mengandung SLS sehingga tidak memberikan efek kering, kesat, dan ketarik. Sebaliknya, kulit terasa lebih bersih dan lembab.

Ingredients: Olive squalane, Niacinamide, Camellia Sinensis Leaf Extract, Pelargonium Graveolens (Geranium) Oil, Litsea Cubeba (May Chang) Oil, Glycerin, Aqua, Decyl Glucoside, Glyceryl Caprylate-Caprate, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Potassium Sorbate, Sorbic Acid, Citric Acid, Triticum Vulgare Germ Oil, Cocamidopropyl Betaine, Chamomilla Recutita Matricaria Flower Extract, Butylene Glycol, Sodium Chloride, Pullulan.

Baca juga: 8 Manfaat Niacinamide Bagi Kulit

Aroma sabun ini hampir mirip dengan lotionnya tapi masih tergolong lebih mild dan ada hint citrus-nya gitu.

Harga: Rp 98.000,-

Freshly Dew Toner – 100 ml

Toner dari BASE ini bisa digunakan dalam 3 cara, yakni sebagai:

  • Exfoliating toner – tuang toner ke kapas dan usapkan kapas ke wajah dari bawah ke atas secara merata.
  • Hydrating toner– caranya cukup tuang secukupnya ke telapak tangan, lalu tepuk-tepukan ke wajah hingga meresap.
  • DIY Mask – tuang toner ke kapas dan tempelkan di area-area wajah yang diinginkan. Bisa di dahi, pipi, dan dagu.

Tekstur tonernya sangat cair dan berwarna bening. Saat menekan pump-nya harus pelan-pelan agar cairan tidak terciprat begitu mengenai telapak tangan. Aromanya sedikit ada apaek-apeknya gitu, that’s why saya bilang di atas agak kurang nyaman dengan aromanya. Untungnya aroma tersebut tidak menempel lama di kulit.

Ingredients: Anthemis Nobilis (Chamomile) water, D-alpha tocopherol, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) extract, Glycerin, Cucumis Sativus Fruit Extract, Aqua, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Potassium Sorbate, Citric Acid, Butylene Glycol, Polyglyceryl-4 Caprate, Propanediol, Sodium Benzoate, Sodium PCA, Alcohol, Moringa Oleifera Leaf Extract

Meski sedikit nggak nyaman dengan aromanya, saya akui kalau toner ini cukup nyaman digunakan. Setelah menggunakan toner, kulit saya terasa lebih terhidrasi dari sebelumnya. Sejauh ini saya lebih suka menggunakannya sebagai hydrating toner.

Harga: Rp 159.000,-

Ultra Clarify Balancing Lotion – 30 ml

Sesuai namanya, pelembab pamungkas dari BASE ini memiliki tekstur berupa lotion berwarna putih kekuningan, tidak terlalu cair tapi juga tidak terlalu kental. Untuk ukuran pelembab, lotion ini bisa dibilang ringan dan tidak menimbulkan efek greasy setelah pemakaian.

Ingredients: Anthemis Nobilis (Chamomile) water, D-alpha tocopherol, Olive squalane, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Allantoin, Niacinamide, Salycilic Acid, Avena sativa (Oat) kernel Flour, Melaleuca Alternafolia (Tea Tree) Leaf Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Glycerin, Pullulan, Aqua, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, Citric Acid, Sodium Benzoate, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Dehydroacetic Acid, Sodium Hydroxide, Benzyl Alcohol, Benzoic Acid, Boswellia Carterii Oil

review base skincare

Aroma lotion ini sebenarnya agak sulit dideskripsikan. Aromanya familiar khas skincare organik. Kalau dibahasa awamkan, aromanya mengingatkan saya sama aroma cat tapi bercampur jamu-jamuan gitu. Tapi tenang saja, aromanya akan hilang setelah lotion meresap sempurna.

Harga: Rp 189.000,-

Kesan selama pemakaian BASE Skincare

Saya baru menggunakan BASE Skincare ini kurang lebih seminggu, jadi yang baru bisa saya sampaikan adalah pengalaman pemakaian seperti di atas tadi. Untuk perubahan yang signifikan tentunya belum terlihat, di samping khasiat melembabkan yang saya rasakan.

Dari segi konsep, saya menyukai ide BASE yang bisa menghadirkan produk personalized skincare sehingga manfaat produk lebih efektif dan tepat sasaran sesuai kebutuhan individu. Saya juga setuju dengan prinsip BASE yang ingin mendukung sustainable beauty dengan tidak menggunakan kemasan plastik. Konsep inilah yang membuat saya setuju menulis review tentang BASE Skincare ini.

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis vs Beauty Blogger

Sedikit catatan untuk produk sabun mungkin bisa dicarikan alternatif kemasan yang tidak rentan pecah ketika dipegang oleh tangan dalam keadaan basah. Saya rasa banyak orang memegang sabun wajah dalam keadaan tangan basah saat sedang mandi. Ya nggak sih?

Lalu soal harga, mungkin dari awal membaca kalian takut terkejut dengan harga yang selangit. Nggak heran sih karena biasanya skincare yang bahan bakunya vegan dan organik identik dengan harga yang lumayan menguras dompet. Nyatanya, harga yang dibanderol oleh BASE ini menurut saya masih terbilang wajar dan terjangkau.

Kenapa kamu harus coba BASE Skincare?

review base skincare

BASE skincare merupakan jawaban buat kamu yang memiliki karakter sebagai berikut:

  • Pecinta skincare vegan, organik, dan cruelty free
  • Pemula yang ingin belajar basic skincare
  • Menginginkan produk skincare yang bisa dipersonalisasi dengan harga terjangkau
  • Pendukung skincare lokal dengan kualitas terbaik
  • Penggemar non-perfumed skincare product
  • Pendukung sustainable beauty dengan mengurangi plastik

Nah, buat kalian yang mau membeli produk BASE, saya punya kode voucher diskon sebesar 30% tanpa minimal pembelian sebagai berikut:

Klik tombol untuk berbelanja

Syarat dan ketentuan:

  • Hanya berlaku untuk pembelian product ala-carte (tidak termasuk staple kit + tshirt bundle)
  • Kode voucher berlaku sampai 13 November 2020
  • Berlaku untuk 1 kali transaksi / user

Itu dia pengalaman saya selama menggunakan basic kit BASE Skincare ini. Jangan lupa follow akun Instagram mereka di @itsmybase untuk berkenalan lebih lanjut. Setelah membaca review BASE Skincare ini, gimana pendapat kawan-kawan sekalian? 

Thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com.

14 Comments

  1. Dari pas pertama liat produk BASE ini di ig langsung penasaran pengen cobain produknya juga. Btw eyecatching ya produknya

  2. Tioma karina Siagian

    Thankyouu kak

  3. I like the interesting concept that this cosmetics has and I think many will definitely benefit from it as well

  4. Keren pake banget iniii…
    Personal banget dan biar gak keliru sama pelanggan lain, apakah di masing-masing wadahnya juga ada namanya, kak Mels?

  5. Wah baru kali ini ada skincare yang dipersonalisasi. tentu mau donk. Soalnya jenis kulit kita kan emang unik dan beda ya? Walau produknya kdng tulisannya sesui tp kdng msh ada gak cocoknya. Kalau kyk gini dah yakin cocok 😀

  6. ada skintest gratisnya, dong. auto coba abis ini. saya penasaran kulit saya ini sebenarnya gimana, kadang kering tapi jg berminyak. kira2 skincare yg cocok jg yg gmn

  7. Wah asik ya, udah produk lokal dan mau membuat skin care sesuai kebutuhan kulit kita. Jarang-jarang loh ada pembuatan skin care seperti ini

  8. fresh local product yah mba, kalau produknya cocok dengan kulit kita sesuai dengan kebutuhan kulit kita, harganya terjangkaulah mba itu karena kan dibuat khusus hanya untuk kulit kita saja. untuk kemasan aq juga setuju deh mba kalau skincare lebih setuju dengan kemasan yang tdk mudah pecah dan juga travel friendly lebih aman

  9. wah asik banget ya ini punya skincare yang memang sesuai dengan kebutuhkan kulit kita ya kak. Jadi gak perlu khawatir kalau tidak cocok karena sudah memang sesuai dengan kebutuhan kulit.

  10. Aku juga udah cobain cleanser sama moisturizer nya suka banget mungkin karena disesuaikan sama jenis kulitnya

  11. penasaran sama BASE ini aku tuh, soalnya baru denger ada skincare yang dibuat berdasarkan kebutuhan dan tipe kulit kita sendiri 🙂 unik

  12. waa aku belum cobain produk inii, kayanya baru tau jugaaa, jadi kepo deh pengen cobain jugaaa, kepo sama si pelembabnyaa, kebetulan pelembab lagi abis hihihi

  13. Diantara ketiga produknya base, aku paling suka moisturizer & cleanser nya. Aku udah coba yang balancing lotion sama moisture cream, enak banget! Cleansernya bentuk gel cair gitu, dan busanya gak begitu banyak jd aku suka, minusnya perih di mata 🙁

    1. Aku juga suka sama cleansernya, sayang aja pecah huhuhu… Biar udah merem tetap perihkah?
      Lotionnya juga oke sih, yg toner sebenarnya enak cuma ya itu aromanya astagadragon wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: