Review Nutrishe Melt My Day, Cleansing Balm In Tube Pertama Buatan Lokal

Nutrishe Melt My Day cleansing balm

Nutrishe Melt My Day merupakan cleansing balm in tube kedua yang pernah saya coba, tapi merupakan produk lokal pertama yang menyediakan cleansing balm anti-mainstream kayak gini. Bagaimana performanya? Apakah sebagus cleansing balm in jar pada umumnya?

Produk cleansing balm in tube pertama yang saya coba adalah dari sebuah brand Korea dan saya lumayan terkejut ketika mengetahui bahwa brand lokal Nutrishe juga menelurkan produk dengan konsep serupa. Meski secara global ide ini bukanlah ide yang baru, tapi untuk pasa dalam negeri, sepertinya baru Nutrishe yang menggunakan konsep cleansing balm in tube seperti ini. Menurut saya ini merupakan langkah strategis yang cantik agar bisa bersaing dengan produk cleansing balm lokal lain yang kini kian menjamur. Kalau tidak melakukan diferensiasi produk, pastinya akan semakin sulit untuk bersaing di pasar, bukan?

Apa beda Nutrishe Melt My Day dengan cleansing balm lainnya?

Tekstur Nutrishe Melt My Day cleansing balm
Tekstur cleansing balm Nutrishe

Dari segi packaging dan tekstur, sudah jelas keduanya berbeda. Nutrishe Melt My Day dengan kemasan tube memiliki tekstur yang lebih creamy dan tidak sepadat cleansing balm in jar. Karena teksturnya tidak padat, otomatis kita juga tidak akan menemukan gumpalan-gumpalan kecil yang kerap ditemukan pada cleansing balm in jar pada proses pengaplikasian. It melted easily!

Manfaat cleansing balm Nutrishe

  • Membersihkan wajah dari makeup, sunscreen, kotoran, dan sebum berlebih pada kulit
  • Memperkuat skin barrier, melembabkan kulit, dan mengandung antioksidan yang dapat menutrisi kulit
  • Tidak menyebabkan kulit menjadi greasy dan kering
  • Menggunakan formula dan vitamin yang natural (Tocopherol dan BHT)
  • Aman digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk acne prone skin, karena banyak mengandung bahan anti inflamasi
  • Kandungannya ramah di kulit sehingga tidak menyebabkan iritasi
Baca juga:  Review Ozora Skincare Brightening Essence dan Vitamin C Serum

Nutrishe Melt My Day Ingredients

Di sini, cleansing balm Nutrishe tidak menggunakan bahan yang terlalu njelimet dan tergolong sederhana untuk ukuran cleansing balm. Apa sajakah itu?

Beeswax

Berfungsi sebagai emolient yang dapat melembabkan kulit. Kaya akan vitamin A dan dapat membantu proses penyembuhan luka, serta merangsang pergantian kulit. Beeswax juga bisa mengurangi terjadinya TEWL dan menjaga kulit tetap lembab dan elastis. Bahan ini memiliki fungsi anti bakteri dan anti inflamasi.

Meadowfoam Seed Oil (5%)

Kandungan ini memiliki sifat kimia yang mirip dengan sebum manusia. Dapat memberikan hidrasi lebih pada kulit tanpa meninggalkan efek greasy. Berdasarkan studi in vivo, Meadowfoam Seed Oil juga dapat meningkatkan kekuatan skin barrier secara signifikan setelah diaplikasikan ke kulit.

Squalane

Berfungsi sebagai pelembab yang membuat kulit tampak lebih lembut dan halus, serta turut melindungi skin barrier. Squalane tidak memberikan kesan oily dan aman digunakan oleh kulit sensitif. Bahan ini juga berperan sebagai antioksidan alami yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Shea Butter Extract

Kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Shea butter memiliki sifat emolient yang membantu melembabkan kulit dan berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

Tocopherol (Vitamin E)

Jenis antioksidan alami yang berasal dari berbagai tumbuhan, vegetable oils, cereals, dan kacang-kacangan. Vitamin E berperan penting dalam fotoproteksi, mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang disebabkan sinar UV. Fun Fact! Penelitian menunjukkan bahwa produk bilas yang mengandung tocopherol < 0.2% ternyata dapat meningkatkan kadar vitamin E pada stratum korneum kulit manusia secara signifikan. Imbasnya kondisi skin barrier pun semakin baik.

Baca juga:  Hempas Jerawat dengan ERHA Ultimate Acne Cure

Sunflower Oil (1%)

Minyak bunga matahari memiliki fungsi sebagai anti inflamator yang baik untuk menenangkan kulit. Minyak ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kekuatan skin barrier, serta memperbaiki kondisi kulit.

Jojoba Oil

Memiliki sifat yang serupa dengan sebum kulit manusia sehingga bisa memberikan efek melembabkan dan melembutkan kulit. Efektif dalam penyembuhan luka dan mengurangi hilangnya kadar air pada epidermis kulit (TEWL), serta menjaga kulit tetap sehat dan kenyal.

Centella Asiatica Extract (0.5%)

Sangat baik untuk menenangkan kulit berkat fungsi anti peradangan dan anti bakteri yang dimilikinya. Membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan sintesis kolagen pada kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi kulit.

Cactus Stem Extract

Kaya antioksidan, anti peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan memperbaiki kondisi kulit. Berperan sebagai humektan yang membantu menarik molekul air di sekeliling kita ke dalam kulit sehinga tetap terjaga hidrasinya.

Cleansing balm Nutrishe tidak menggunakan paraben, sulfat, alkohol, silikon, dan pewangi buatan, serta tidak duji-cobakan pada hewan. Karena kandungannya berasal dari bahan natural, cleansing balm Nutrishe aman digunakan oleh remaja 13 tahun ke atas hingga ibu hamil dan menyusui.

Bagaimana efektifitasnya?

Tolok ukur cleansing balm yang baik adalah bagaimana efektifitasnya dalam membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sisa makeup. Berikut ini saya berikan hasil foto uji coba menggunakan Nutrishe Melt My Day cleansing balm dengan menggunakan produk lip tint, waterproof eyeliner, dan tinted sunscreen.

Seperti yang terlihat pada foto, rupanya cleansing balm Nutrishe masih kurang mampu membersihkan stained product seperti lip tint dan waterprrof mascara, tapi mampu membersihkan tinted sunscreen dengan baik.

Kesimpulannya menurut saya produk ini lebih cocok dipakai oleh kita yang bukan pemakai heavy makeup di keseharian. Atau untuk produk-produk yang long wear bisa kita akali denga menggunakan eye and lip makeup remover terlebih dahulu.

Baca juga:  Review Mamonde First Energy Serum & Vital Vitamin Line

Buy or Bye?

Buy jika kamu seorang yang budget sensitive dan suka dengan produk yang praktis serta bukan heavy makeup user in daily basis atau memiliki mobilitas tinggi. Harganya cukup ramah di kantong karena hanya Rp 145.000,- untuk ukuran 100 ml. Nutrishe Melt My Day bisa kalian beli melalui Nutrishe Official Store di Shopee.

Bye jika kamu setiap harinya menggunakan full makeup dan sering menggunakan produk yang bersifat long wear karena kita memerlukan waktu ekstra untuk membersihkannya.

Saya pribadi termasuk tim buy karena sesuka itu dengan teksturnya dan bukan pemakai full makeup sehari-hari. Dari segi harga dan habit, this product fits me well. Kalau kamu masuk tim buy or bye?

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

2 Comments

  1. Kemasannya yang tube gini jadi lebih enak ya buat dibawa kemana-mana. Minusnya cuma ga begitu keliatan aja sisanya ada sebanyak apa ya.

  2. Daya bersihnya berarti so so aja yah. Tapi menarik banget sih ini menurut ku buat icip-icip hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: