Review Serum Scarlett Niacinamide dan Retinol

serum scarlett niacinamide dan retinol

Akhirnya ada inovasi serum terbaru dari Scarlett untuk kita-kita yang 30+, lho! Please welcome serum Scarlett Niacinamide 5% dan Skin Smoothing Retinol Serum. Yuk, kita bedah sama-sama keunggulan kedua produk ini dan efeknya di kulit saya setelah 10 hari pemakaian rutin.

Brand Scarlett Whitening sudah lebih dulu dikenal dengan produk body care-nya sejak tahun 2017 yang dibidani oleh selebriti Felicia Angelista. Di tahun 2020, mereka mulai merilis skincare wajah dengan menelurkan seri Brightly Ever After dan Acne Care. Hingga kini mereka terus berinovasi merilis produk-produk perawatan wajah dengan konsep yang selalu dipegang teguh sejak pertama kali kemunculannya, yakni produk perawatan dengan harga rakyat. Semua produk Scarlett dibanderol dengan harga yang sama: Rp 75.000,- saja per itemnya. Di tahun ini, mereka pun kembali merilis 2 serum baru yang dikhususkan untuk merawat kulit usia 30-an: Niacinamide 5% Serum dan Skin Smoothing Retinol Serum.

Serum Scarlett Niacinamide 5%

Kalau dari namanya, mungkin kita akan berpikir, “Ah, kayaknya ini mah bakal sama kayak brightening serum lainnya, deh.” Saya pun sempat berpikir demikian, tapi setelah dipikir-pikir lagi ngapain juga ya brand merilis produk yang gunanya bakal sama dengan seri Brightly Ever After?

serum scarlett niacinamide 5%

Setelah saya baca lebih lanjut tentang informasi produknya, baru deh saya ngeh kalau ternyata Scarlett Niacinamide 5% serum ini bukan sekadar brightening serum biasa. Serum ini juga dibekali dengan formula yang tak hanya bisa membantu mencerahkan kulit, tapi juga merawat skin barrier kulit. Pas banget dengan kebutuhan kulit di usia 30+ yang berjibaku dengan noda-noda di wajah, skin barrier yang mungkin sudah tidak prima lagi, dan tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga:  Review REI Skin, Sabun Mandi Susu Kambing yang Tidak Bikin Kulit Kering

Menurut saya, serum ini dapat meringkaskan ritual skincare kita ketimbang harus layer serum berlapis-lapis yang lebih memakan waktu dan uang karena harus beli produk lebih.

Ingredients Scarlett Niacinamide 5% Serum

Di paragraf sebelumnya saya sudah menyebutkan bahwa serum niacinamide Scarlett ini tidak hanya berfungsi untuk mencerahkan wajah tapi juga bisa memperbaiki skin barrier. Nah, ingredients apa saja sih yang terdapat dalam serum ini?

Yup, selain Niacinamide 5% serum Scarlett ini juga dibekali dengan kandungan Beta Glucan, Creatine, dan Triple Ceramide Complex. Untuk manfaatnya bisa dilihat pada gambar di atas ya. Saya sangat senang dengan kombinasi ingredients ini karena benar-benar sudah merangkum kebutuhan kulit di usia 30+ seperti saya. Ada manfaat mencerahkan, anti-aging, sekaligus memperbaiki skin barrier dalam 1 botol serum saja.

serum scarlett niacinamide 5% ingredients
serum scarlett niacinamide 5% manfaat

Tekstur dan aroma

Scarlett Niacinamide 5% Serum memiliki tekstur watery gel dengan warna transparan dan ada sedikit aroma harum. Tekstur serum akan berubah menjadi air saat diratakan di kulit dan lekas meresap ke dalamnya tanpa meninggalkan rasa lengket.

Cara pakai

Serum niacinamide Scarlett bisa dipakai setiap hari pagi dan malam ya, Mates.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Setelah sempat bertanya-tanya sendiri kenapa Scarlett nggak ngeluarin serum retinol kayak brand skincare lainnya, eh ternyata di tahun 2023 ini do’i ngebrojolin juga nih serum retinolnya. Dan seperti yang kita tahu, kegunaan serum retinol sudah pasti untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan dini seperti kemunculan keriput dan garis halus. 

scarlett skin smoothing retinol serum

Ingredients Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Jenis retinol yang digunakan dalam serum ini adalah Encapsulated Retinol. Fungsinya bisa untuk membantu menyamarkan garis-garis halus, mengangkan sel kulit mati, dan merawat kekencangan kulit. Retinol ini tidak sendiri, tapi turut ditemani oleh Hexapeptide-8, Pomegranate Extract, dan Allantoin yang masing-masing manfaatnya dapat dibaca pada gambar di bawah ini.

scarlett skin smoothing retinol serum ingredients

Selain retinol, saya juga suka dengan Pomegranate Extract karena khasiatnya yang bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Yup, biar kata udah kepala 3 tapi saya tetap struggling dengan masalah jerawat bulanan a.k.a PMS. Nanti akan saya perlihatkan ya how this retinol serum affect my skin.

Menggunakan serum berbahan Encapsulated Retinol masih cenderung tricky untuk sebagian orang yang sensitif. Untungnya Skin Smoothing Retinol serum ini masih tergolong mild di kulit saya sehingga tidak menimbulkan efek perih sama sekali.

Baca juga:  7 Skincare Lokal Untuk Mencegah Dehidrasi Kulit Selama Bulan Puasa

Tekstur dan aroma

Tekstur Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ini cenderung kental dengan warna putih susu. Aromanya sedikit harum tapi bukan tipe yang menyengat.

Cara pakai

Serum retinol Scarlett hanya boleh digunakan di malam hari dan dalam seminggu sebaiknya tidak lebih dari 3x pemakaian. Selalu ingat untuk memakai sunscreen keesokan paginya agar tidak mengiritasi kulit.

scarlett skin smoothing retinol serum manfaat

Hasil pemakaian serum Scarlett Niacinamide dan Retinol

Sebelum saya spill hasil pemakaiannya, saya jelaskan dulu ya bagaimana saya menggunakan serum Scarlett Niacinamide dan Retinol tersebut.

  • Pagi: hydrating toner – Scarlett Niacinamide 5% Serumpelembab – sunscreen
  • Malam: hydrating toner – Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum (seminggu 3x) – pelembab

Untuk rutinitas skincare saya selalu berpegang pada basic skincare routine karena saya berpinsip less is better. Saya nggak gitu suka menggunakan skincare berlapis-lapis karena berasa begah aja gitu. Ada yang samaan? 

Selama menggunakan kedua serum tersebut saya tidak pernah merasakah sensasi perih sekalipun, tentunya karena memperhatikan layering ingredients-nya. Karena niacinamide dan retinol merupakan bahan yang poten, saya memilih menggunakan hydrating toner dan pelembab dengan ingredients netral agar tidak terjadi kontraindikasi yang mengakibatkan iritasi.

Seperti apa ingredients netral yang dimaksud?

Ketika menggunakan kedua serum Scarlett ini, saya menghindari adanya ingredients seperti niacinamide juga, salicylic acid, glycolic acid, dan sejenisnya agar tidak mengiritasi kulit. Jika Mates mau melakukan eksfoliasi di malam hari, sebaiknya tidak dilanjutkan dengan serum retinol. Sampai sini kira-kira paham ya? Kalau kurang paham silahkan bertanya di kolom komentar. 

Apakah kedua serum ini boleh di-layer bersamaan?

Please not! Sangat tidak dianjurkan memakai kedua serum ini di waktu yang bersamaan. Waktu terbaik adalah selang-seling seperti metode yang saya gunakan. Karena serum retinol hanya bisa dipakai di malam hari, maka serum niacinamide-nya bisa digunakan di pagi hari. Jangan sekali-kali bereksperimen ya kalau nggak mau kulitnya jadi perih ^^.

Baca juga:  Blending Moisture Cream The Plant Base Review

Perbandingan sebelum vs sesudah pemakaian serum

Efek yang paling kentara di saya adalah bekas-bekas jerawat yang lumayan berkurang. Pada hari pertama pemakaian, kondisi kulit saya masih “diwarnai” dengan adanya jerawat-jerawat matang. Setelah rutin menggunakan kedua serum selama 10 hari, area-area jerawat dan bekasnya berangsur memudar. Tekstur kulit yang saya rasakan juga jadi lebih halus, lembut, elus-able dan tampak lebih glowing deh. 

So, buat mates yang memiliki masalah kulit serupa dengan saya dan ingin kulit yang lebih cerah, bekas jerawat/ noda wajah lebih pudar, dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, cobain deh kedua serum Scarlett ini. Harganya juga ramah di kantong, lho! Jangan lupa belinya di toko resmi Scarlett agar terhindar dari produk palsu. Btw, kita juga bisa cek keaslian produk Scarlett di sini: https://verify.scarlettwhitening.com.

See you in the next post!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[instagram-feed]
error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d