Shower Oil Rintik Skincare Review: Mandi Pakai Minyak, Apa Rasanya?

shower oil rintik skincare

Shower Oil Rintik Skincare, terobosan baru dalam merawat kulit tubuh kita. Mandi pakai sabun mandi sudah biasa, tapi kalau pakai minyak apa rasanya ya? Penasaran? Sama, saya juga. Jadi, langsung saja scroll ke bawah untuk membaca review Rintik Shower Oil lebih lengkap.

Kawan Mel’s Playroom pasti sudah tidak asing lagi dengan informasi yang menyebutkan bahwa sabun mandi biasa dapat membuat kulit menjadi kering, dan pastinya tidak ramah untuk mereka yang memiliki kulit sensitif ataupun mengidap penyakit kulit seperti: eczema, psoriasis, xerosis, dan lain sebagainya. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah kandungan sulfat yang ada di dalam sabun mandi tersebut. Memang sih, sekarang ini cukup banyak produk sabun mandi yang ramah untuk kulit berkebutuhan khusus dengan tidak memasukkan SLS/ SLeS di dalamnya. Namun, tetap saja sabun mandi tersebut sebagian besar menggunakan formula berbahan dasar kimia buatan (chemical based).

Lalu apa yang membedakan sabun mandi biasa dengan shower oil Rintik Skincare? Dan kenapa lebih direkomendasikan untuk mandi menggunakan shower oil seperti ini?

3 Alasan menggunakan shower oil Rintik Skincare

Pertama, formula shower oil Rintik Skincare menggunakan formulasi plant based sebanyak 90%. Terbukti dari kandungan essential oil-nya hingga 5 jenis. Ada almond oil, sunflower oil, grapeseed oil, bergamot oil, dan cananga oil. Jenis essential oil yang kaya akan linoleic acid dan sangat baik untuk menutrisi kulit, membuat kulit terasa lebih halus dan lembab sepanjang hari. Adapun benefit dari masing-masing star ingredients tersebut adalah:

  • Almond Oil, mengandung vitamin E untuk melembabkan kulit
  • Sunflower Oil, kaya akan asam lemak, omega-6, dan vitamin E yang dapat meredakan kemerahan, iritasi, dan menghaluskan kulit
  • Grapeseed Oil, mengandung antioksidan dan memiliki fungsi antimikroba yang dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel di kulit tubuh
  • Bergamot Oil, berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi untuk kulit
  • Cananga Oil, membantu mencerahkan kulit dan bertindak sebagai aroma therapy
Baca juga:  Khasiat Argan Oil untuk Kecantikan

Kedua, Rintik Shower Oil memiliki aroma khas bunga kenanga yang dominan. Aroma ini bahkan masih bertahan hingga 2 jam setelah mandi. Beda dengan sabun mandi biasa yang paling aromanya bertahan sekitar 30 menit seusai mandi. Saat mencium aromanya ketika sedang mandi, saya tetiba berasa lagi mandi ala putri keraton karena wanginya khas Indonesia banget.

Ketiga, karena tidak mengandung sulfat, otomatis shower oil ini tidak menghasilkan busa sehingga nggak akan membuat kulit jadi kering. Sebaliknya, shower oil Rintik Skincare memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit secara lebih. Nah, untuk ini kita bisa buktikan dengan tes sederhana. Caranya:

  • Coba mandi dengan sabun biasa, setelah kering sempurna, coba garuk lembut sedikit kulit dengan kuku, kalian akan melihat adanya garis putih samar bekas garukan tersebut. Garis putih menandakan kondisi kulit yang kering.
  • Lalu, mandi dengan shower oil Rintik Skincare dan lakukan cara yang sama seperti di atas. Kalian tidak akan menemukan adanya garis putih bekas garukan tersebut di kulit! Menandakan kulit kalian sudah lebih lembab dibanding sebelumnya.

Cara di atas juga telah saya buktikan sendiri, makanya saya bisa menuliskan pengalamannya seperti di atas. 

Apakah lantas shower oil ini membuat kulit terasa berminyak setelah dibilas? 

Sama sekali nggak. Badan tetap terasa bersih dan halus tanpa ada rasa licin yang menggelisahkan. Kurang lebih rasanya seperti saat kita mengemulsi cleansing oil yang biasa kita pakai di wajah. Shower Oil Rintik Skincare ini juga mudah diemulsi dengan air hingga warnanya menjadi putih susu. 

Bagaimana cara pakai Rintik Shower Oil?

Keunikan dari Rintik Shower Oil adalah kegunaannya yang bisa dijadikan sebagai pengganti atau pelengkap sabun mandi biasa. Namun, apapun yang kalian pilih, jangan lupa untuk membasahi tubuh dan mengocok botol shower oil terlebih dulu ya.

Baca juga:  Beauty Boss Cleansing Balm Review

Cara 1 – sebagai pengganti sabun mandi

Tuang shower oil secukupnya ke telapak tangan dan balurkan ke seluruh tubuh hingga merata, lalu bilas bersih dengan air. Cara ini dapat memberikan efek kulit yang lebih lembab dan wangi tahan lama.

Cara 2 – dipakai sesudah pakai sabun mandi biasa (as body conditioner)

Di perawatan rambut, kita mengenal produk shampoo dan conditioner. Nah, Rintik Shower Oil di sini bertindak sebagai conditioner untuk badan. Kalau kawan Mel’s Playroom masih merasa kurang nyaman kalau cuma mandi pakai shower oil, kalian bisa mengawali mandi pakai sabun biasa lalu bilas bersih. Sesudahnya aplikasikan Rintik Shower Oil ke seluruh tubuh, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air.

Dari 2 cara di atas, yang pertama paling sering saya gunakan dengan alasan kepraktisan. Pemakaian shower oil Rintik Skincare juga terbilang irit karena cukup menggunakan beberapa tetes saja untuk seluruh badan.

Di mana bisa beli shower oil ini?

shower oil rintik skincare review
Rintik Shower Oil

Shower Oil Rintik Skincare bisa dibeli via Shopee seharga Rp 149.000,-/ 100 ml. Sabun minyak ini dikemas dalam botol plastik dengan tuutp flip top sederhana dan memiliki outer box dari karton. Baik kemasan maupun botolnya juga diberi ekstra pengaman berupa segel plastik. Di bagian mulut botol juga masih terdapat segel aluminium untuk mencegah kebocoran. Pengamanan porduknya sih extra safe banget ya.Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi wesbitenya di www.rintik.co.id atau akun Instagram @rintik.skincare

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

4 Comments

  1. shower oilku udah abis malah :)) aku pake selang-seling sama sabun biasa, kadang sebagai “conditioner” sabun juga.

  2. Unik bangett ini sabun+oil lembapnya pasti poll bangett.

  3. woaah aku baru tau jenis produk ini, ingredientsnya juga oke semua. nice review kak Mel! 😁

  4. waaaah, pasti jadi seger banget ya kak 😀 langsung pengen check out nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: