Skin Dewi Tamanu Green Serum Review

Pada tahun lalu, saya sempat membuat video tentang Best Oil for Acne Prone Skin dan salah satu face oil yang saya sebutkan di dalamnya adalah Tamanu Oil. Berkat video Liah Yoo, produk Tamanu Oil ini langsung mencuri perhatian dan banyak peminatnya. Tentu saja karena khasiatnya yang mampu mengobati jerawat dan membantu menyamarkan bekasnya. Salah satu brand skincare organik lokal, Skin Dewi, meracik minyak tamanu ke dalam bentuk serum yang diberi nama Skin Dewi Tamanu Green Serum. Seperti apa wujud dan khasiatnya?

Skin Dewi Tamanu Green Serum merupakan oil based serum kedua yang saya coba. Sebelum membahas lebih lanjut tentang produk ini, saya ingin mengulang sedikit tentang apa itu minyak tamanu dan khasiatnya.

Minyak tamanu merupakan hasil ekstraksi dari biji kacang pohon tamanu dan telah digunakan sebagai bahan obat-obatan sejak berabad lalu di benua Asia, Afrika, dan Kepulauan Pasifik. Beberapa kajian menyatakan bahwa minyak tamanu dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, mengobati vaginitis, dan mengurangi gejala pada pasien terinfeksi HIV. Dalam dunia kecantikan, minyak tamanu berkhasiat merawat masalah kulit sebagai berikut:

– Jerawat
– Bekas jerawat
– Keriput
– Bintik hitam
– Kulit kering
– Menyamarkan stretch mark
– Bekas sengatan serangga
– Sunburns
– Eksim
– Perawatan rambut

Tentang Skin Dewi Tamanu Green Serum

Tekstur Skin Dewi Tamanu Green Serum
Tekstur Skin Dewi Tamanu Green Serum

Sesuai namanya, produk Skin Dewi ini merupakan serum yang berbahan dasar minyak tamanu. Dikemas dalam botol kaca dengan warna hijau lumut dan nuansa frosty doff, kemasan Skin Dewi Tamanu Green Serum tampak elegan dan berkelas. Dilengkapi dengan aplikator pompa membuat penggunaan serum ini lebih mudah.

Baca juga: Mengatasi Masalah Kulit dengan Face Oil, Bisakah?

Tekstur dan warna serum berupa cairan hijau kekuningan dengan aroma jejamuan yang pekat, sangat khas seperti minyak tamanu sebelumnya yang pernah saya pakai. Meski formatnya adalah minyak tapi teksturnya masih relatif cair, jangan bayangkan sekental minyak goreng ya. Minyak wajah ini memiliki tekstur yang lebih ringan pastinya.

Skin Dewi Tamanu Green Serum
Ingredients Skin Dewi Tamanu Green Serum

Full ingredients: 

Helianthus Annuus Seed Oil, Coco-Caprylate/Caprate, Caprylic/Capric Triglyceride, Calophyllum Inophyllum Seed Oil, Stellaria Media Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Butyrospermum Parkii Shea Butter Extract, Tocopherol, Lavandula Angustifolia Oil, Bisabolol, Peppermint Mentha Piperita Oil, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Cymbopogon Martini Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Chamomilla Recutita Flower Extract, Phytosphingosine, Hordeum Vulgare Cera, Glycine Soja Oil, Salvia Sclarea Oil

Baca juga: Punya Kulit Rentan Berjerawat? Hindari 5 Bahan Skincare Ini

Key ingredients:

  • Calendula CO2 Extract: sebagai anti inflamasi dan membantu menenangkan iritasi kulit.
  • Chickweed: Antiseptik dan Anti-fungal.
  • Tamanu Oil: tinggi anti bakteri dan dapat menyembuhkan luka melawan bakteri yang ada di dalam jerawat.
  • Phytosphingosine: memiliki efek menyembuhkan terbaik bagi kulit berjerawat.
  • Bisabolol: menstimulasi proses penyembuhan secara efektif dan memiliki sifat anti iritasi.

Sesuai moto Skin Dewi yang bergerak di bidang skincare organik, semua bahan-bahan di atas adalah 100% organik, berkualitas tinggi, dan plant based. Cocok bagi kalian yang juga mengadopsi gaya hidup vegetarian/ vegan. Selain itu, semua produk Skin Dewi juga tidak diujicobakan pada hewan (cruelty free) dan telah terdaftar di BPOM. Maka dari itu, semua produk Skin Dewi juga aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Cara pakai dan hasil pemakaian Skin Dewi Tamanu Green Serum

Cara menggunakan produk ini sangatlah mudah. Cukup keluarkan 2-3 tetes serum pada telapak tangan dan aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Bisa diawali dengan toner cair setelah cuci muka dan diakhiri dengan pelembab jika masih terasa kurang lembab. Kenapa toner cair bukannya gel? Karena menurut saya toner cair lebih cepat menyerap dan rasanya tidak begitu ‘memberatkan’ kulit karena tekstur serum yang lebih kental dan berminyak. Untuk pelembab juga saya memilih yang teksturnya cenderung watery gel dibanding creamy agar wajah tidak semakin berminyak.

Baca juga: My 5 Steps Skincare Routine for Acne Prone Skin

Minyak tamanu sejatinya lebih cocok digunakan pada kulit kering karena kondensitasnya dan cenderung memberikan efek greasy setelah pemakaian. Sensasi wajah berminyak tersebut juga saya rasakan saat menggunakan Skin Dewi Tamanu Green Serum di kulit saya yang kombinasi. Oleh sebab itu, saya lebih suka menggunakannya di malam hari ketimbang pagi hari.

Namun demikian, minyak tamanu ini tetap dapat digunakan pada kulit berminyak sebagai spot treatment yang efektif. Bagi teman-teman yang kulitnya sensitif terhadap bahan aktif AHA/ BHA seperti saya, silakan menggunakan face oil sebagai produk alternatif untuk menyembuhkan jerawat. Memang hasilnya tidaklah secepat AHA/ BHA, tapi slowly but sure akan memberikan hasil yang signifikan pada kulit berjerawat. I’ve been there.

Bicara soal hasil setelah menggunakan serum ini, silakan lihat perbandingan foto berikut. Foto ini saya ambil setelah 2 minggu pemakaian.

Kondisi awal kulit saya terlihat tidak ada jerawat, hanya ada bekas dan juga pori-pori besar yang menjadi PR saya hingga kini. Dari foto di atas bisa kita lihat perubahannya bahwa dalam kurun waktu 2 minggu saja acne scars saya mulai kelihatan berkurang dibanding sebelumnya. Surprisingly amazing!

Bagaimana pendapat teman-teman tentang produk Skin Dewi Tamanu Green Serum ini? Menurut saya produknya Skin Dewi memang nggak perlu diragukan lagi sih. Soal harga itu relatif karena setahu saya untuk memproduksi produk organik dibutuhkan beragam uji coba dan lisensi yang tidak sedikit. Jadi, wajar ada harga ada kualitas. Bagi yang masih ragu untuk mencoba produk full size, Skin Dewi juga menyediakan produk trial size yang bisa kita pilih. Untuk membeli produk Skin Dewi bisa langsung mengklik tombol di bawah ini:

Profil Skin Dewi

Skin Dewi berawal dari anak Dewi Kauw (founder Skin Dewi) yang mengalami atopic dermatitis, membuat Dewi harus mencari segala alternatif. Akhirnya, Dewi pun menggali ilmu tentang perawatan kulit organik di Formula Botanica, School of Natural Sciences, UK. Ilmu soal perawatan kulit organik terus digali Dewi dengan mengikuti kelas School of Natural Skincare dengan Robert Tisserand dan mengikuti pendidikan di Grasse Institure of Perfumery France, Prancis.

Mulai sejak saat itu, Dewi memberanikan diri untuk meracik produk skincare di bawah merek Skin Dewi. Melalui mereknya ini, ia tidak hanya sekadar menjual produk skincare, melainkan ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perawatan kulit.

Misi: Mengedukasi mentransformasi 1 juta orang untuk memiliki kulit yang lebih baik dan sehat.

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

42 Comments

  1. Wahh keren bgt kandungannyaa, banyak bgtt manfaatnyaa
    Dan hasilnya juga keliatan dong😍
    Thnks riviewnya kak♥️

  2. Produk skin dewi ini udah masuk di wish list aku, tapi belum kesampaian buat nyobainnya

  3. Menarik sihhh produk2nya brand ini tp jujur harganya bikin agak melotot gitu eheheh

  4. Perlahan tapi pasti ya, hasil pemakaian sudah terlihat di 2 minggu…kadang efek bahan alami agak lama tapi yang pasti aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang yashh

  5. Ada bau minyak2 an gitu nggak?

  6. Wishlist dari lamaa nih si skin dewi ini. Penasaran bgt pengen coba..

  7. Aku kira single oil tanamu skindewi ini,ternyata ingredients nya ada campuran yg lain ya..

  8. Lagi booming banget nih minyak tamanu

  9. aku baru denger tentang skin dewi ini, mbak. makasi sharingnya ya.. aku sendiri belum nyobain, kudu riset2 lagi nih bakal cocok gak ama kulitku kira-kira 😀

  10. walaupun aromanya khas jamu, tapi menganggu gak sih mbak skin dewi tamanu ini? penasaran sama aroma minyaknya juga . btw harganya kisaran berapa satu botol gitu?

  11. SKINDewi ini jadi idaman banget dimiliki ya kak Mels, aku juga pengen punya eheheh tapi kudu nabung nih eheheh soalnya harganya lumayan tapi kan sebanding dengan kualitasnya kan.

  12. Skincare lokal dengan kualitas terbaik ada di skin dewi, dulu aku coba vitamin C nya dan cocok

  13. Penasaran nih pengen coba serum ini. Biar tekstur kulit wajah membaik.

  14. Baru tau produk serum skin Dewi ini gara2 baca postingan ini. Mau coba juga nih mbak, kok habis baca manfaatnya saya jadi pengen coba juga

  15. Juara banget Skin Dewi yaa..
    Aku jadi pen nyoba niih…ada beberapa dark spot yang bandel banget gak mau pergi.

  16. Kalau kulit kombinasi bakal cocok ga ya mel… bru tau si brand ini dan jadi penasaran deh, tanamu staun aku mmg bagus

  17. Cari Skin Dewi Tamanu Green ini di marketplace ada ngga sih Mba? Aku masih belum ketemu deh Skin Dewi aku yang di kasih sama sepupu aku ini. Mau cobain soalnya

  18. Salfok sama founder nya. Ini sih berarti bukan cuma sekedar skincare organik yang “katanya2”, tapi founder nya memang punya ilmu tentang ini. Pantes banget kalau dalam 2 Minggu hasilnya keliatan jauuh lebih baik.

  19. Dulu pernah nyobain brand ini, yg aku masih curious sampai skrg karena diklaim organic… Ini termasuk ewg verified products ga sih? Just kepo hihihi

  20. Produk Skin Dewi memang banyak yang bilang bagus. Ini serumnya buat kulit berminyak berjerawat ya. Aku kepengen nyoba deh yang buat yang kulit keringnya.

  21. Penasaran banget sama brand ini, soalnya dulu sempat hits banget kan. Terus yang tipe ini kayanya cocok sama aku soalnya aman buat jerawat kan yah hehe

  22. Pacakgingnya menarik banget cantik botolnya warna hitam gitu terlihat elegant jadi pengen punya juga.

  23. betul pas lihat kemasannya langsung jatuh cinta gitu bagus warna dan desainnya, kebetulan saya lagi nyari produk serum mba, pakai yang sebelumnya berasa gatal-gatal nah nemu ini deh, keliatannya bagus ya soalnya baca plant based, kebetulan aku yang memang lagi fokus mengkonsumsi produk-produk seperti ini mba, bisa aku coba ah nanti

  24. Serum Skin Dewi ini aku tuh suka banget dan kebetulan akupun pakai Skin Dewi ini di rumah. Salah satu produk andalanku banget deh ini si Skin Dewi.

  25. Produk skin dewi memang ga perlu diragukan walau harganya cukup mahal tapi kualitasnya oke banget

  26. penasaran nih sama minya tanamu ini. hasil akhirnya oke banget ya, bisa memudarkan bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit. jadi pengen coba.

  27. Aku udah pernah coba skin dewi dulu, emang bagus sih… cuma yaa harganya aku ga kuat heheheh
    Tapi yaa namanya juga produk skincare ada harga pastinya ada kualitas juga

  28. Wahhhh jd penasaran deh, udh keliatan banget hasilnya, semoga nanti cocok di aku 😆

  29. Bagus ya kak hasilnya,keliatan banget before afternya. Tapi lumayan juga ya harganya hihi . Thanks kak review-nya ya, jadi ada bbrp serum yajg bisa jadi alternatif nih

  30. Before afternya keliatan banget ya mbak 😀
    Sekarang callendula ya jadi bahan skincare krn kandungannya sebagus itu buat kulit ya 😀
    Eh aku malah baru tahu ada toner gel, selama ini taunya cair aja hehe

  31. MasyaAllah perjuangan mendapatkan hasil dan prosesnnya luar biasa banget ya yang punya skin Dewi ini ya Kak Mel
    salut banget.

  32. Skin dew green serum ternyata bagus juga ya hasilnya. 1 bln.lalu aku pernah di kasih sepupu aku, cuma aku lupa taruh dimana…

  33. wah keren nih langsung kliatan cerahan beb di after efeknya mantul ya ni serum

  34. Keliatan banget hasil pemakaian tamanu oilnya ini ya jadi penasaran banget deh sama khasiat tamanu oil

  35. Frankly I haven’t used or heard this product but looks like it’s a great thing..

  36. Kebetulan aku lagi nyari produk yang mengandung Tamanu nih ternyata ada Skin Dewi Tamanu Green Serum ini yaa nanti mau coba juga ah

  37. skin dewi ini emang bagus banget sih, tapi harganya huhu mihil bingit. yaa ada harga ada kualitas sih memang ahahah

    1. Produk skindewi ini cepet meresap dikulit ga ya ce ?? Kalau buat bekas jerawat gitu apakan bisa atau tidak ce ?

  38. Wah amazing banget sih ini bisa memudarkan scar, aku juga pengen cobain ahh kebetulan ada sedikit scar dipipi kanan.

  39. skindewi ini masih jadi wishlist aku mels, harganya masih belum masuk ke budget aku soalnya 🙂 tapi kepo soalnya banyak yang bilang bagus

    1. reviewnya bagus2 ya skindewi ini, aku makin penasaran jadinya 🙂 pengen banget punya ih

  40. waa aku belum cobain nih produk iniii, jadi kepo deh pengen cobain jugaaa, beberapa temenku ada yang udah cobain juga dan katanya cocok hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
Ooops! Do not copy and share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: