SKINOIA Green Tea Series, Skincare dari Teh untuk Menenangkan Kulitmu

SKINOIA Green Tea

Teh hijau atau green tea memang sudah terkenal dengan kemampuannya untuk menenangkan kulit dan kaya antioksidan. Bagi kawan Mel’s Playroom yang lagi mencari skincare lokal berbahan dasar green tea, nih, saya kenalin SKINOIA Green Tea Series yang terdiri dari toner, serum, dan pelembabnya. Mau tahu pengalaman saya selama memakai produk ini? Langsung saja scroll ke bawah.

Setelah terkenal dengan cleansing oil-nya yang nyaman banget, SKINOIA menambah lagi variasi produknya yang mencakupi basic skincare routine untuk pemula. Kalau cleansing oil-nya memiliki aroma teh, produk terbarunya ini justru memiliki bahan baku teh hijau atau green tea. Apa saja skincare barunya SKINOIA Green Tea Series ini?

SKINOIA Rose & Tea Hydrating Toner

SKINOIA Green Tea

Toner berbahan dasar bunga mawar dan teh hijau yang berfungsi untuk melembabkan kulit secara mendalam, menyeimbangkan pH kulit, dan melembutkan kulit. Tonernya ini sangat menarik karena turut mengandung infused rose petal di dalamnya.

Kemasan

Toner SKINOIA ini dikemas dalam tabung plastik transparan sehingga memudahkan kita melihat sudah sejauh mana pemakaiannya.

Ingredients

Rosa Damascene Flower Water, Aqua, Aloe Barbadensis Leaf (juice) Extract, Hamamelis virginiana Extract, Glycerin, Niacinamide, Anhydroxylitol, Butylene Glycol, Hibiscus Sabdariffa Flower Extract, Xylitylglucoside, Xylitol, Sorbitan Caprylate, Camellia Sinensis Leaf Extract, Agar, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Allantoin.

Key ingredients:

  • Rose water – untuk menghidrasi, menenangkan, dan anti inflamasi
  • Aloe vera juice – bersifat humektan, menenangkan kulit dan jerawat
  • Glycerin – agen pelembab yang bersifat humektan
  • Green tea extract – menenangkan kulit dan membantu mengurangi produksi minyak pada kulit
  • Witch hazel extract – mengurangi puffiness dan inflamasi
  • Hibiscus extract – memiliki julukan tanaman ‘botoks’ yang kaya antioksidan dan mengandung natural AHA. berfungsi untuk melembutkan kulit dan memberihkan pori-pori yang tersumbat
  • Niacinamide 2% – mengurangi minyak berlebih dan membantu mencerahkan kulit

Tekstur dan aroma

SKINOIA Green Tea

Tekstur tonernya sangat cair bagai air dan memiliki aroma yang menyerupai alkohol tapi tidak mengandung alkohol.

Kesan pemakaian

Cairan tonernya juga memberikan efel sejuk ketika menyentuh kulit. Membuat kulit lebih terhidrasi dan menenangkan.

Baca juga:  Peluang Bisnis Skincare Bersama Perusahaan Manufaktur Kosmetik ADEV

Harga

Rp 145.000,- bisa dibeli di Tokopedia.

SKINOIA Green Tea Fresh & Calming Serum

SKINOIA Green Tea

Serum yang dapat digunakan pada pagi dan malam yang berfungsi untuk memberikan antioksidan, menenangkan, memperbaiki kulit, merawat dan mencegah jerawat datang kembali. Cocok digunakan untuk kulit yang rentan berjerawat dan sensitif, serta aman bagi kamu yang rentan dengan fungal acne.

Aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, dapar digunakan mulai dari usia 12 tahun.

Kemasan

SKINOIA Green Tea Fresh & Calming Serum dikemas dalam botol pipet kaca dengan laminasi frosty doff berukuran 20 ml.

Ingredients

Aqua, Propanediol, Niacinamide, Glycerin, Panthenol, Centella Asiatica Extract, Allantoin, Argania Spinosa Kernel Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Sorbitan Caprylate, Carbomer, Sodium Hydroxide, Sodium Cocoyl Glutamate, Benzoic Acid, Epilobium Angustifolium Flower/Leaf/Stem Extract, Pentylene Glycol, Salix Alba Bark Extract, Butylene Glycol, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Tamarindus Indica Seed Gum, 1,2-Hexadienol, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol*, Beta-Glucan, Potassium Sorbate, Sodium Metabisulfite*

* not added directly (in a compound with other ingredients)

Key ingredients:

  • Green Tea Extract – Memberikan energi dan antioksidan pada kulit sehingga membuat wajah segar dan cerah, mengurangi kulit berminyak, menenangkan kemerahan dan jerawat.
  • Niacinamide 3% – Mencerahkan kulit, mengurangi sebum berlebih
  • Salix Alba (Willow) Bark Extract – Mengandung natural salicin yang dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak, serta mengecilkan pori-pori
  • D-panthenol – melembabkan dan memperbaiki kulit
  • Centella asiatica – menenangkan kulit
  • Beta Glucanmenenangkan kulit yang iritasi

Tekstur dan aroma

SKINOIA Green Tea

Tekstur serum ini berupa cairan yang berwarna kecoklatan dengan sedikit efek licin ketika dibaurkan di kulit, dan nyaris tidak ada aroma.

Kesan pemakaian

Cairan serumnya bisa dibilang tidak lengket dan mudah meresap, serta membuat kulit terasa lebih adem.

Harga

Rp 135.000,- bisa dibeli di Tokopedia.

SKINOIA Green Tea Acne Care Moisturizer

SKINOIA Green Tea

Step terakhir, pelembab SKINOIA berfungsi untuk melembabkan kulit, memperkuat skin barrier, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Meski ditujukan untuk kulit berjerawat, pelembab ini tidak membuat kulit terasa kering, sehingga bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui serta anak di atas 12 tahun.

Baca juga:  5 Alasan Kamu Beauty Cleansing Balm Layak Dicoba

Kemasan

Kemasan SKINOIA Green Tea Acne Care Moisturizer menggunakan botol plastik berkonsep airless pump sehingga lebih higienis dan tidak akan menyisakan krim di dalam botol.

Ingredients

Aqua, Butylene Glycol, Niacinamide (4%), Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate*, Glycerin, Propanediol, Stearic Acid*, Isononyl Isononanoate, Sorbitan Caprylate, Methyl Propanediol, Panthenol, Citrus Limon Fruit Extract, Carbomer, Benzoic Acid, 4-Terpineol, Sodium Hydroxide, Albatrellus Ovinus Extract, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Hexamidine Diisethionate, Salicylic Acid (0,02%)**, Epilobium Angustifolium Flower/Leaf/Stem Extract, Centella Asiatica Extract, Chamomilla Recutita Flower Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Citric Acid, Salix Alba Bark Extract, Cucumis Sativus Fruit Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, 1,2-Hexanediol, Acetyl Dipeptide-3 Aminohexanoate

* Plant-derived
** Not added directly
(in compound with other ingredients)

Key Ingredients:

  • Niacinamide 4% – mengurangi kulit berminyak, memperbaiki skin barrier, mencerahkan kulit
  • Green Tea Extract – kaya antioksidant, mengurangi minyak berlebih
  • Truffle Extract (Albatrellus Ovinus Extract)– mengurangi kemerahan dan kulit mengelupas
  • Hexamidine – antibakteri, menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat
  • Peptide – melembabkan kulit dan meningkatkan sistem pertahanan alami kulit

Tekstur dan aroma

SKINOIA Green Tea

Tekstur pelembabnya berupa gel cream berawarna putih tulang dan tidak beraroma. Teksturnya juga memiliki efek emolien dan oklusif

Kesan pemakaian

Saat menggunakan pelembab ini, saya menemukan fakta bahwa pelembab ini tidak bisa diaplikasikan dalam kondisi kulit setengah basah karena kurang bisa well blend. Jadi pas diaplikasikan masih ada siaa putih-putih gitu, tapi lambat laun dapat menyerap dan tidak ada sisa pelembab kering di kulit.

Selain itu karena sifat oklusifnya membuat kulit terasa sedikit beminyak dan memiliki thin film layer di atasnya. Menurut saya, mereka yang punya kulit kering dan sensitif pastinya bakal suka, tapi kurang tahu bagaimana efeknya di kulit berminyak, karena kulit saya sendiri sekarang kombinasi. Suka dengan lembabnya, walau kadang pas pegang kulit rasanya jadi agak berminyak.

Buat kawan Mel’s Playroom yang punya jenis kulit kering dan sensitif bisa coba mampir ke blog Lisa and Her World milik teman saya, Elizabeth Tanaya, untuk tahu bagaimana efek skincare SKINOIA Green Tea Series pada jenis kulit tersebut.

Harga

Rp 125.000,- bisa dibeli di Tokopedia.

Pengalaman menggunakan ketiganya

Sebagai pemilik kulit kombinasi dan sensitif, saya punya pengalam unik ketika menggunakan rangkaian SKINOIA Green Tea ini secara utuh. Kulit saya terasa cekit-cekit walau sudah lewat seminggu pemakaian. Ketika mencoba konsultasi dengan PIC SKINOIA, mereka sendiri memang mengklaim bahwa efek cekit-cekit tersebut memang ada dan bakal mereda seiring berjalannya waktu.

Baca juga:  Review Mamonde First Energy Serum & Vital Vitamin Line

Usut punya usut, setelah saya menelaah tentang komposisinya, hm, saya akhirnya tahu kenapa kulit saya terus terasa cekit-cekit. Itu dikarenakan takaran Niacinamide-nya yang kalau dijadikan 1 di kulit saya, jadinya terlalu tinggi. Saya sudah punya pengalaman seperti ini sebelumnya, dimana kulit saya terasa cekit-cekit akibat layer niacinamide berlebih. Pengalaman ini bisa kalian baca di Twitter @melsplayroom. Terus, gimana cara saya mengatasinya? See the thread below.

https://twitter.com/melsplayroom/status/1379357071548809220?s=20

Dalam kasus SKINOIA Green Tea ini, saya jadinya nggak lagi menggunakan satu rangkaian full, tapi diselingi dengan produk dari brand lain. Semisal hydrating toner brand X, lalu disambung dengan serum + pelembab SKINOIA dan sebaliknya. Pokoknya mengikuti acuan di thread di atas. Dengan metode tersebut, saya nggak lagi merasakan cekit-cekit. Tapi, belum tentu kalian juga bakal merasakan efek yang sama ya. Kondisi kulit tiap orang berbeda, kebetulan saya sensitif sama Niacinamide dengan persentase tinggi. Kombinasi serum dan pelembabnya justru malah membuat kulit saya lebih nyaman.

Sebagai informasi, semua produk SKINOIA ini sudah terdaftar di BPOM, tidak diujicobakan pada hewan, bebas dari paraben, alkohol, pewangi buatan, mineral oil, dan sulfat.

Overall, bagi yang memang butuh skincare buatan lokal dengan efek calming dan bisa membantu menenangkan kulit, SKINOIA Green Tea ini bisa jadi opsi untuk kalian coba. Dari segi harga juga masih berada di level menengah. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

14 Comments

  1. Kalo cek ingredients, aku juga seharusnya bisa pakai produk ini, Krn ga ada bahan yg mentrigger alergiku. Tapi memang kalo niacinamide nya dipakai ketinggian, kulitku juga sering masalah mba, ATO cekit2 ga nyaman.

    Tapi Krn mba bilang ini sepertinya lebih cocok buat kulit kering, rasanya aku skip dulu, Krn kulitku cendrung kombinasi oily. Jadi sepertinya ga cocok pake produk yg terlalu melembabkan :D.

    Cuma sukaaa Ama packagingnya, dan seriesnya ga terlalu banyak. Ga pusing milih :D. Kalo udh terlalu banyak varian, terkadang pasti galau deh, antara mau coba semua, tapi budget pasti naik :D. Atau coba yg main product aja, tapi ga maksimal hahahah

  2. Range harga skinoia ini lumayan terjangkau juga. Serumnya punya warna yg unik kecoklatan kayak peeling gel sebenernya yaa. Menarik untuk dicobain Skinoia! 😍

  3. Keren skin skinoia sekarang ada rangkaian skincare kayak gini, btw aku kalau kebanyakan niacinamide juga suka cekit2.

  4. Kayanya lagi trend lagi kandungan matcha. Wah bisa gitu yah aku baru liat yang ngga bisa toleran sama kandungan niacinamide yang tinggi. Tapi lengkap banget sih rangkaiannya

  5. Dari 3 (tiga) produk Skinoia ini aku paling favorit serumnya ce. Kaya teh ya teksturnya

  6. Serumnya beneran kayak teh warnanya, aku tertarik serumnya deh cuma pas coba beberapa produk berteh hijau, suka adaaa aja efek sampingnya :’).

  7. finish moisturizernya ini bikin pilling ga ya, kak? btw aku suka loh sama moisturizer yang kalo dipake tuh ninggalin efek kayak berminyak gitu, bikin kulit keliatan jadi glowy sehat gitu ga sih? 😀

  8. Bahkan bisa digunakan untuk anak-anak dan ibu hamil yaa..
    Eh, anak remaja, maksudnya.
    Solusi banget menggunakan serum teh dari Skinoia yang menenangkan kulit.

  9. Dari ketiga produk terbarunya aku paling pengen cobain duluan yang moisturizernya, selain kandungannya aku juga suka sama type packagingnya yg milih pake airless pump

  10. Kalau tak ada aroma, biasanya pas buat kulit sensitif. Aku belum pernah coba tapi penasaran juga untuk mencobanya mba. Apalagi kandungan tea tak perlu diragukan

  11. Wah udah lama nggak pake skincare yg ada kandungan green tea nya. Dulu zaman masih jerawatan parah green tea salah 1 kandungan fav. Ini serum dan tonernya menarik buat dicoba. 😍

  12. Lengkap ya kak udah ada serum, toner, dan pelembabnya. Kalo makanan sih aku kurang suka yg mengandung teh hijau tapi untuk skincare sepertinya boleh dicoba

  13. Naksir rose and tea tonernya, kayaknya enak ya ke kulit yang kering, aromanya juga kayaknya bakal bikin relax 🙂

  14. udah kebayang aroma rose berpadu sama green teanya di produk mbak, belum pernah coba brand ini tapi kalo dilihat dari kandungannya menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: