So Klin White & Bright
Event Mom Blogger Gathering Tips & Tell

So Klin White & Bright Rawat Pakaian Tetap Awet dan Tahan Lama

Baru beli baju tapi kok setelah dicuci beberapa kali warna jadi pudar dan kain jadi belel? Hm, mungkin cara mencuci atau deterjennya yang kurang tepat. Yuk, simak tips berikut dari So Klin White & Bright supaya pakaian kita tetap awet dan tahan lama.

Sebelum lanjut ke tips-tipsnya, saya mau sharing dulu nih kenapa sih So Klin meluncurkan produk deterjen terbaru mereka si White & Bright ini? Rupanya dikarenakan oleh kekhawatiran mereka akan hasil limbah produksi pakaian yang berpotensi merusak lingkungan, terutama ekosistem laut karena semua limbah seperti limbah pewarna, serat kain, potongan sisa kain, dll akan bermuara ke laut. Semakin banyak kita sering membeli baju, semakin besar pula limbah yang dihasilkan. Seperti prinsip ekonomi, semakin banyak permintaan, semakin besar produksi = semakin besar limbah.

Maka dari itu, dalam kesempatan event Jakarta Fashion and Food Festival 2019 ini, So Klin bersama ESMOD Jakarta ingin mengampanyekan budaya menghemat pakaian dengan menghelat talk show bertajuk Be Sustainable, Be Fashionable yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peka terhadap pelestarian lingkungan dengan memanfaatkan kreativitas setiap individu. Acara ini juga sekaligus untuk meluncurkan produk terbaru So Klin White & Bright yang mampu merawat serat kain dan menjaga warna tetap cerah.

So Klin White & Bright JFFF 2019
Ki-Ka: Indy Barends, Patrice Desilles, Joanna, Diandra

Pada event talk show yang dipandu oleh Indy Barends, selaku brand ambassador So Klin, turut hadir sebagai narasumber yakni Patrice Desilles – Academic Program Head ESMOD Jakarta, Joanna Elizabeth Samuel – Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group), dan Diandra – Komunitas Sadari Sedari. Dalam sesi tersebut dijelaskan pula makna dari tema yang diangkat oleh So Klin, sustainable fashion, dimana para pelaku industri fashion mulai menerapkan sistem produksi zero waste pattern, yakni mengurangi pembuangan kain sisa semaksimal mungkin. Misalnya, jika ada bahan yang tadinya harus dipotong, dikemas dengan cara yang lebih sederhana dan tidak perlu ada proses pemotongan.

ESMOD Jakarta sendiri rupanya sudah menerapkan metode zero waste pattern ini ke dalam kurikulum mereka. Mengajarkan para calon desainer untuk menggunakan bahan tekstil yang ramah lingkungan, teknik pewarnaan alami, dan menempatkan label cara merawat kain dalam hasil karya mereka.

Saat ini, kami juga lebih memilih untuk menggunakan serat kain tencel yang berasal dari kayu, sehingga ketika pakaian tersebut sudah tidak dipakai lagi, dapat dengan mudah terurai ke alam. Metode ini juga kami terapkan kepada para siswa melalui kurikulum di sekolah.

Patrice Desilles – Academic Program Head ESMOD Jakarta

Dalam kesempatan tersebut, ESMOD juga turut memamerkan karya pakaian hasil daur ulang dari para alumni sebagai bukti bahwa mereka juga turut mendukung gerakan sustainable fashion. Para hadirin pun dibuat terkesima dengan hasil karya mereka. Tidak terbayangkan bahwa baju-baju yang dikenakan oleh para model merupakan hasil daur ulang dari baju seperti coat, kertas yang menyerupai bahan tekstil, dan jaket denim! Sebagai perbandingan, turut ditampilkan juga versi sebelumnya dari pakaian yang dipakai para model.

Sementara dari sisi kita sebagai konsumen, kita bisa turut mendukung sustainbale fashion dengan mengkreasikan kembali pakaian lama sehingga tampak baru dan timeless. Kita tidak perlu selalu terus mengikuti trend fashion yang ada, tapi dengan berkreasi memadumadankan serta merawat pakaian dengan benar, pakaian yang sudah kita miliki bisa tetap awet dan tahan lama. Berikut ini tips yang dapat kita lakukan untuk merawat pakaian:

  • Perhatikan instruksi mencuci pakaian yang ada pada label
  • Gunakan produk pencuci yang tepat, semisal menggunakan deterjen cair untuk serat pakaian yang lembut, sedangkan untuk jenis kain yang lebih berat bisa menggunakan deterjen bubuk
  • Perhatikan pula apakah jenis pakaian tersebut harus disetrika, digantung, dilipat, dry clean atau laundry

Konsumen harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana merawat pakaian mereka agar dapat bertahan lama, misalnya perawatan dengan deterjen yang tepat seperti kampanye So Klin White & Bright agar warna tetap cemerlang dan menonjol

Patrice Desilles – Academic Program Head ESMOD Jakarta

Untuk mendukung gerakan sustainable fashion ini, produk So Klin White & Bright sudah dibekali dengan teknologi Power Clean Action untuk merawat hingga serat kain terdalam dan Optical Brightener yang tidak hanya membantu menghilangkan noda berat pada pakaian, tapi juga dapat menjaga warna tetap cemerlang dan tidak pudar meski dicuci berulang kali. Sebagai pilihan, So Klin White & Bright juga hadir dalam 2 varian: cair dan bubuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para ibu.

Sumber: Facebook So Klin Detergent

So Klin White & Bright juga membantu meningkatkan efisiensi waktu para Ibu di rumah agar tidak perlu repot dalam memilah warna baju ketika mencuci.

Joanna Elizabeth Samuel – Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group)

Selain memberikan tips seputar mix and match pakaian lama, para tamu yang hadir juga diberikan kesempatan untuk mengikuti workshop mendaur ulang pakaian bekas. Kami diberikan setumpuk pilihan pakaian, kain perca, aksesoris, serta alat dan bahan untuk mendekor sendiri pakaian lama tersebut. Sesi yang seru sekali karena benar-benar menantang kreatifitas peserta. Tapi, karena keterbatasan waktu, saya sendiri tidak dapat menyelesaikan prakaryanya dengan sempurna hehehe…

Pada event ini juga turut memperkenalkan Komunitas Sadari Sedari, sebuah wadah yang menampung donasi pakaian bekas layak pakai untuk dijual kembali dan hasil penjualan tersebut dijadikan dana pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Komunitas Sadari Sedari membuka stand bagi siapapun yang ingin menyumbang pakaian selama event JFFF 2019 ini. Dan apabila tertarik menjadi volunteer di Komunitas Sadari Sedari, bisa mencari info lebih lanjut melalui Instagram mereka di @sadarisedari.

So Moms, yuk kita sama-sama dukung gerakan sustainable fashion ini. Selain bisa menghemat uang belanja bulanan, baju kita juga bisa selalu tampak baru. Kalau memang sudah tidak mau dipakai lagi, jangan sayang-sayang untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan, misalnya lewat Komunitas Sadari Sedari di atas. Multi benefit, kan?

So Klin White & Bright JFFF 2019

Tentang So Klin Detergent (WingsCare)

Solusi tepat untuk para ibu andalan keluarga – Selama 70 tahun, Wings melalui So Klin detergent telah ada bersama dengan para ibu di Indonesia untuk dapat memberikan hasil maksimal dan akan terus melakukan inovasi untuk dapat memberikan produk berkualitas dalam kegiatan menuci pakaian bagi para ibu di Indonesia. So Klin detergent dilengkapi dengan formula anti-bacterial pada setiap variannya, untuk dapat membantu menjaga kesehatan kulit  para penggunanya dan untuk menjaga pakaian agar tidak bau apek.

So Klin detergent hadir di Indonesia dengan beberapa varian, yakni So Klin Liquid, deterjen cair konsentrat plus anti bacterial; So Klin Softergent, merupakan perpaduan antara deterjen dengan pelembut pakaian; So Klin Pro dan So Klin Higinis, deterjen untuk membersihkan noda plus anti bakteri; dan So Klin Biomatic, deterjen yang secara khusus dibuat untuk dapat mencuci dengan menggunakan mesin cuci; So Klin Smart, deterjen konsentrat untuk mencuci dan merawat pakaian; dan kini SoKlin White and Bright. Dengan berbagai varian yang ada, So Klin detergent menjadi solusi tepat yang menjawab semua kebutuhan mencuci para ibu di Indonesia.

Info lebih lanjut:
Website | Instagram

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

24 Comments

  1. Waaah jadi pengen cobain juga pake so klin yg ini. Jadi baju aku warnanya bisa ttp tahan lama dan serat kainnya ttp bagus. Thanks for sharing beb

  2. ah aku jadi punya solusi untuk menjaga keawetan baju putih nih kak. Tengkyu lho, aku malah belum coba soklin series ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *